Review Jeep Wrangler Rubicon JL 2021: Tangguh Di Segala Medan

25/02/2021

Share this post:

Jeep Wrangler 2021

Editor rate:

Rp 1.800.000.000

Jual beli mobil Jeep Wrangler bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Indonesia Lihat promo

Bila Anda mencari SUV yang ready to off-road dan punya nilai sejarah kuat, mungkin Jeep Wrangler Rubicon JL 2021 ini cocok untuk Anda, seperti apa mobil ini?

Review Jeep Wrangler Rubicon JL 2021: Tangguh Di Segala Medan
Review Jeep Wrangler Rubicon JL 2021: Tangguh Di Segala Medan
0 Gambar

Sport 4x4

Rp 919 juta

Harga OTR

5 Kursi, 1995 cc, 270 hp, Bensin

Konsultasi gratis

Sahara 4x4

Rp 1.0 milyar

Harga OTR

5 Kursi, 1995 cc, 270 hp, Bensin

Konsultasi gratis

Rubicon 4x4

Rp 1.1 milyar

Harga OTR

5 Kursi, 1995 cc, 270 hp, Bensin

Konsultasi gratis

Rubicon 2-Door

Rp 1.4 milyar

Harga OTR

4 Kursi, 1995 cc, 270 hp, Bensin

Konsultasi gratis

Sahara 4-Door

Rp 1.6 milyar

Harga OTR

5 Kursi, 1995 cc, 270 hp, Bensin

Konsultasi gratis

Sport 2-Door

Rp 1.7 milyar

Harga OTR

4 Kursi, 1995 cc, 270 hp, Bensin

Konsultasi gratis

Sport 4-Door

Rp 1.7 milyar

Harga OTR

5 Kursi, 1995 cc, 270 hp, Bensin

Konsultasi gratis

Rubicon 4-Door

Rp 1.8 milyar

Harga OTR

5 Kursi, 1995 cc, 270 hp, Bensin

Konsultasi gratis

Pengantar Jeep Wrangler 2021

Mari kita simak spesifikasi Jeep Wrangler 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin baru dengan torsi lebih kuat

Citra merek dan gengsi tinggi

Fitur off-road lengkap

Kekurangan

Kursi belakang kurang nyaman diduduki

Jaringan servis terbatas

Tidak ada lagi deruman khas mesin V6

Foto Jeep Gladiator Rubicon JT 2021 dan Jeep Wrangler Rubicon JL 2021

Dua mobil ini diharapkan jadi value maker PT DAS Indonesia Motor

PT DAS (Deli Auto Servis) Indonesia Motor sebagai agen pemegang merek Jeep di Indonesia mengajak para awak media untuk mencicipi dua produk andalan mereka, yakni Jeep Wrangler tipe Rubicon 4 Door dan Jeep Gladiator dengan trim yang sama. Kali ini, yang akan kami ulas adalah Jeep Wrangler Rubicon JL 2021. Mobil yang punya sejarah panjang dari Jeep Wilys ini menjelma menjadi off-roader tangguh di segala medan dan siap kemana saja. Yuk simak review Jeep Wrangler Rubicon JL 2021 berikut ini.

Gambar Jeep Wrangler Rubicon JL 2021

Benarkah ia tangguh di segala medan?

Mobil Baru Populer

Rp 148.99 - Rp 167.49 Juta
Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 143.05 - Rp 173.5 Juta
Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 236.5 - Rp 273.5 Juta
Rp 255.2 - Rp 276.6 Juta
Rp 289 - Rp 299 Juta
Rp 509.9 - Rp 709.5 Juta

Eksterior Jeep Wrangler 2021

Review Jeep Wrangler Rubicon JL 2021: Tampilan Depan

Desain grill legendaris dari Jeep yang dikenal dengan nama ‘seven slot grill’ langsung terlihat di bagian depan Jeep Wrangler Rubicon JL 2021 ini. Grill ini berpadu dengan sepasang headlight bulat dengan bohlam LED (Light Emitting Diode) berukuran 7 inci yang timeless. Begitu pula dengan lampu DRL tipis yang terpasang di bagain fender depan.

Foto tampilan depan Jeep Wrangler Rubicon JL 2021

Grille mencirikan sebuah Jeep

Fender depan yang lebih besar di trim Rubicon berdampak pada ruang yang memadai untuk travel roda ketika sedang bermanuver saat off-road. Selain itu, pada bagian pilar A, memiliki sudut kemiringan yang lebih besar sehingga lebih aerodinamis dan efisien ketika sedang berjalan pada kecepatan tinggi. Desain sudut pilar A yang lebih ‘sleek’ ini merupakan salah satu improvement pada Jeep Wrangler JL. Tow hook berwarna merah juga menambah kesan sangar di mobil ini.

Review Jeep Wrangler Rubicon JL 2021: Tampilan Samping

Foto tampilan samping Jeep Wrangler Rubicon JL 2021

Tampak samping tak kalah sangar

Jeep Wrangler Rubicon JL 2021 yang kami review ini merupakan varian dengan soft top atau yang dikenal dengan nama Sunrider Soft Top. Atap yang dapat dibongkar pasang secara manual ini dicat dengan warna hitam, kontras dengan kelir bodi. Kaki-kaki juga tak kalah sangar untuk trim Rubicon, ia menggunakan velg berukuran 17 inci dengan ban tapak kasar atau All-Terrain (A/T) dari BF Goodrich K02 All-Terrain dengan profil 285/70R17.

Review Jeep Wrangler Rubicon JL 2021: Tampilan Belakang

Foto tampilan belakang Jeep Wrangler Rubicon JL 2021

Aura macho tergambar dari ban serep yang diletakkan di luar

Di bagian buritan, Jeep Wrangler Rubicon JL 2021 ini menggunakan lampu belakang LED (Light Emitting Diode) yang berukuran lebih besar ketimbang generasi Jeep Wrangler berkode bodi JK. Mempertegas kesan kokoh dan agar berkarakter khas Jeep, maka ban serep diletakkan di luar dengan aplikasi tire hanger. Pintu bagasinya pun menganut kontruksi 2 piece. Untuk membukanya, Anda terlebih dahulu harus menarik tire hanger, lalu membuka tutup bagasi bagian bawah terlebih dahulu baru membuka tutup bagasi bagian atas. Begitu pun sebaliknya ketika menutup bagasi.

>>> Simak juga ulasan mobil Jeep lainnya di sini:


Interior Jeep Wrangler 2021

Review Jeep Wrangler Rubicon JL 2021: Layout Dashboard

Foto layout dashboard Jeep Wrangler Rubicon JL 2021

Layout dashboard gabungan antara modern dan klasik

Masuk ke bagian dalam Jeep Wrangler Rubicon JL 2021, Anda akan disambut dengan panel dasbor yang berwarna senada dengan bodi dengan penambahan aksen warna aluminium redical anodized. Secara umum layout dashboard pada Wrangler Rubicon ini banyak mengambil elemen desain Jeep CJ (Civilian Jeep) klasik, khususnya pada area centre stack (panel bagian tengah). Tata letak tombolnya tak terlalu egronomis memang, tetapi tetap terkesan canggih dan modern.

Review Jeep Wrangler Rubicon JL 2021: Kursi

Foto kursi Jeep Wrangler Rubicon JL 2021

Posisi duduk tinggi

Duduk di kursi pengemudi mungkin Anda agak sulit mendapatkan posisi duduk yang nyaman. Karena mobil ini seperti didesain untuk postur badan non Asia. Meskipun pengaturan kursi secara manualnya cukup lengkap, tetapi serasa kurang pas untuk postur orang Asia. Meski demikian Anda akan terbantu dengan posisi duduknya yang tinggi sehingga bonnet (kap mesin) bisa terlihat jelas.

Foto kursi belakang Jeep Wrangler Rubicon JL 2021

Kursinya terasa kurang enak untuk perjalanan panjang

Begitu juga saat Anda duduk di belakang. Kursinya agak kurang baik menopang tubuh saat perjalanan jauh dan lama. Well, memang Jeep Wrangler Rubicon JL 2021 agak kurang cocok untuk menemani Anda selama perjalanan dengan durasi lama. Tapi ia adalah mobil dengan heritage tinggi dengan gaya yang jumawa. Meski demikian, seluruh kursinya sudah dilengkapi dengan headrest yang proper serta seatbelt ELR 3 titik di semua jok.

Review Jeep Wrangler Rubicon JL 2021: Setir

Foto setir Jeep Wrangler Rubicon JL 2021

Setir bisa diatur tilt maupun telescopic

Pada bagian setir, Jeep Wrangler Rubicon berkode bodi JL ini menggunakan desain 3 spoke dengan ukuran lebih besar dari generasi Jeep Wrangler berkode bodi JK. Selain itu juga tersedia fitur steering audio control dengan jangkauan cukup nyaman untuk dioperasikan dengan jari, ketika tangan menggenggam setir. Dimensi lingkar setir juga cukup nyaman digenggam.

>>> Berita terupdate soal merek Jeep ada di sini

Fitur Jeep Wrangler 2021

Review Jeep Wrangler Rubicon JL 2021: Off-Road Page & Fitur Fitur Off-Road

Jeep Wrangler Rubicon JL 2021 ini memiliki Off-Road Pages yang tersedia untuk membantu Anda guna mendapat informasi tentang statistik off-road, termasuk artikulasi roda, suhu transmisi, pengaturan ketinggian suspensi, dan mode drive. Layar yang intuitif dan high definition membuatnya menyenangkan ketika dilihat maupun digunakan.

Foto fitur Off-Road Page Jeep Wrangler Rubicon JL 2021

Off Road Page membantu saat off-road

Mobil ini juga telah menggunakan sistem penggerak empat roda yang dibekali teknologi Rock-Trac® part-time or full-time 4WD. Sistem ini memungkinkan mobil untuk dapat berjalan pelan di medan off-road, hal ini dimaksudkan agar pengemudi lebih mudah mengontrol kendaraan. Sistem Rock-Trac® ini juga secara pintar mampu meningkatkan torsi dari mesin agar mobil menjadi lebih mudah menapaki medan off-road.

Foto fitur Off-Rpad Jeep Wrangler Rubicon JL 2021

Gunakan fitur ini agar sakti di medan off-road

Fitur Rock-Trac® tadi juga bekerja sama dengan Selec-speed control yang membantu pengemudi dalam bermanuver di medan off road. Berbekal teknologi ini pengemudi tidak perlu lagi menginjak pedal gas dan rem, kami hanya perlu mengontrol mobil saja agar tetap berada di jalurnya. Demikian pula dengan sistem Tru-lok® Differential yang memungkinkan pengemudi untuk melakukan penguncian secara elektronik pada bagian depan dan belakang untuk meningkatkan torsi yang maksimum. Bahkan, fitur ini juga mampu memaintain terbaik saat fitur 4W digunakan di kondisi tertentu.

Review Jeep Wrangler Rubicon JL 2021: In-Car Entertaiment System

Foto speaker Jeep Wrnagler Rubicon JL 2021

Speaker di atas ini jadi salah satu ciri khas Jeep

Jeep Wrangler Rubicon JL 2021 ini juga dilengkapi oleh sembilan Alpine speakers termasuk soundbar diatas baris kedua, subwoofer untuk segala musim dan 552-watt amplifier. Fitur Uconnect 4 dengan konektivitas Bluetooth, Apple Car Play dan Android Auto dapat diatur melalui head unit berukuran 8,4 inci. O ya, sistem audio maupun semua perangkat elektronik di mobil ini sudah dijamin waterproof dan mudah dibersihkan saat terkena lumpur.

Foto subwoofer Alpine Jeep Wrangler Rubicon JL 2021

Subwoofer perkuat dentuman suara bas

>>> Modifikasi Mobil Jeep Willys Jeepster Berjantung Mesin V8 Milik Ford

Operasi Jeep Wrangler 2021

Foto mesin Hurricane Jeep-Chrysler

Mesin ini hasil kerja sama antara Fiat-Chrysler

Mesin berkode Hurricane ini menggunakan twin scroll turbocharger sehingga mampu mereproduksi tenaga 270 HP pada 5.250 rpm dan torsi 400 NM pada putaran mesin 3.000 rpm. Sistem eTorque pada mesin ini juga dapat menggabungkan beberapa fungsi penting, seperti auto stop/start, electric power assist, extended fuel shut-off  - guna menghentikan suplai BBM ketika tidak terlalu dibutuhkan -, transmission shift management, intelligent battery charging, dan regenerative braking. Kombinasi fitur ini mengakibatkan efisiensi mesin meningkat, serta performa dan kenyamanan berkendara saat kondisi start/stop menjadi lebih baik.

Gambar grafik dyno Pentastar vs Hurricane

Grafik tenaga dan torsinya mengungguli mesin generasi sebelumnya yakni Pentastar

Sistem 4WD di mobil ini yang sudah sedemikian pintar membuat pengemudi awam sekalipun akan dengan mudah melewati trek off-road. O ya, ketangguhan mobil ini makin hebat dengan penggunaan gardan Dana 44 pada gandar depan dan juga belakang. Sebab material yang digunakan lebih tebal dan kuat bila dibandingkan dengan trim di bawahnya seperti tipe Sahara dan Sport yang masih mengandalkan gardan bermerek sama tapi seri Dana 30 dan 35 untuk masing-masing gandarnya.

Foto tuas transmisi dan transfercase Jeep Wrangler Rubicon JL 2021

Perpindahan giginya cukup halus

>>> GM Powerglide & Turbo-Hydramatic, Transmisi Otomatis Tertua Dan Tersukses Di Dunia

Spesifikasi Jeep Wrangler 2021

Berikut ini adalah spesifikasi Jeep® Wrangler Rubicon JL 2021:

Mesin Jeep® Wrangler Rubicon JL 2021
 Seri mesin

 HURRICANE, 2.0-Liter Turbo inline-4, DOHC

 Sistem Pasokan Bahan Bakar

 Direct Injection

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet dan 2 Outlet Per Silinder)

 Tenaga Maksimum

 270 Hp @ 5.250 rpm

 Torsi Maksimum

 400 Nm @ 3.000 rpm

 Kapasitas Silinder

 1,995 cc

 Bore X Stroke

 84,0 mm X 90,0 mm

 Tipe Transmisi

 Otomatis, 8 Percepatan, Penggerak 4 Roda (4WD)

 Jenis Gardan (Depan & Belakang)

 Depan: Dana 44

 Belakang: Dana 44

  Rangka Jeep® Wrangler Rubicon JL 2021
 Panjang X Lebar X Tinggi

 4.785 mm X 1.875 mm X 1.869 mm

 Jarak Sumbu Roda

 3.008 mm

 Approach Angle

 44°

 Breakover Angle

 22.6°

 Departure Angle

 37°

 Ground Clearance

 274,32 mm
 Jumlah Tempat Duduk

 5 Tempat Duduk

 Kapasitas Tangki

 70 Liter

  Suspensi/Kaki-Kaki Jeep® Wrangler Rubicon JL 2021
Suspensi Depan & Belakang

 Depan: Solid Axle, Link Coil, Leading Arms, Track Bar, Coil Springs, Stabilizer Bar

 Belakang: Solid Axle, Link Coil, Leading Arms, Track Bar, Coil Springs, Stabilizer Bar

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion with Hydraulic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, Traction Management System

Teknologi Safety Sasis

 Safety Design By Jeep®

Struktur Sasis

 Ladder Frame, SUV D-Segment

Pelek

 Alloy, 17 Inch

Jenis Ban

 BF Goodrich Mud Terrain T/A, 285/70R17

Daftar Harga Jeep Wrangler 2021

Gambar Jeep Wrangler Rubicon JL 2021

Harganya bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kurs

Jeep Wrangler Rubicon JL 2021 ini dibanderol sekitar Rp 1.800.000.000 dan bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari kurs mata uang. Sebuah harga yang pantas untuk dibayarkan mengingat kapabilitas mobil ini yang luar biasa dan nilai sejarah yang tinggi berpotensi membuat harga jualnya tetap bertahan ketika Anda hendak menjualnya di kemudian hari.

Kesimpulan Jeep Wrangler 2021

Foto kesimpulan review Jeep Wrangler Rubicon JL 2021

Kalau Anda punya banyak uang, beli saja mobil ini ia tak akan mengecewakan Anda

Jeep Wrangler Rubicon JL 2021 ini adalah SUV yang jago off-road. Berbekal pengalaman 80 tahun merek Jeep membuat kendaraan 4x4, menghasilkan sebuah produk yang mumpuni seperti mobil ini. Ia juga dibekali banyak fitur canggih yang menunjang saat off-road. Meski demikian, jaringan servis merek ini di Indonesia belum sekuat merek lainnya asal Eropa bahkan Jepang.

>>> Simak artikel review mobil baru maupun bekas yang paling komperhensif hanya di Cintamobil

Arfian Alamsyah
Share this post:

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top