Review Jeep Gladiator JT 2020: Jeep Paling Besar dan Brutal

22/09/2020

Share this post:

Jeep Gladiator 2020

Editor rate:

Rp 2.550.000.000

Mobil Jeep Terbaik Ada di Sini Lihat promo

Apa saja yang diberikan oleh truk pikap dengan harga Rp 2.5 miliar? Ada berbagai kemewahan dan ketangguhan dari Jeep Gladiator JT 2020 yang sangat memesona.

Review Jeep Gladiator JT 2020: Jeep Paling Besar dan Brutal
Review Jeep Gladiator JT 2020: Jeep Paling Besar dan Brutal
0 Gambar

Pengantar Jeep Gladiator 2020

Mari kita simak spesifikasi Jeep Gladiator 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Kesan maskulin khas Jeep

SUV khusus off-road nan mewah

Bak dan kabin fungsional

Kekurangan

Harga yang tinggi

Kepraktisan masuk ke dalam kabin kurang

Tenaga kalah dari Jeep Wrangler JL

Tampilannya yang mewah dan maskulin memang menjadi ciri khas tersendiri bagi model-model keluaran Jeep lainnya. Tapi dengan harga yang ditawarkan, Jeep Gladiator JT merupakan mobil pick up yang tangguh untuk dibawa ke berbagai medan. Sesuai dengan nama besar Jeep yang mampu memberikan pengalaman berkendara yang maskulin bagi penggemarnya.

pikap baru Jeep GLadiator 2018 berwarna hitam
Tampilan perdana Jeep Gladiator yang diperkenalkan tahun 2018

Jeep Gladiator sendiri merupakan truk pikap pertama yang diperkenalkan Jeep setelah Jeep Comanche tak lagi diproduksi sejak 1992. Diperkenalkan pertama kali pada Los Angeles Auto Show tahun 2018, mobil ini mulai dipasarkan di Amerika setahun setelahnya. Baru di tahun 2020 ini, Gladiator menyapa penggemar fanatik Jeep di Indonesia.

Namanya sendiri diambil dari Jeep Gladiator asli yang meluncur pada tahun 1962 hingga 1988 dan dikenal sebagai Jeep Seri-J setelah tahun 1971. Penggunaan nama Gladiator sendiri dinilai cocok dengan pengendaraan tangguh dan maskulin layaknya sang gladiator yang sedang bertarung di medan perang.

mobil baru Jeep Gladiator JT 2020 berwarna hitam
Jeep Gladiator JT yang siap dipasarkan di Indonesia

Model konsep sendiri diperkenalkan pada akhir 2004, tanpa atap yang bisa dibuka serta menggunakan mesin 3.0L Common-Rail Diesel yang sama dengan yang digunakan pada Jeep Grand Cherokee. Dengan tampilannya yang mengesankan dari bodi kekar ini, simak review Jeep Gladiator JT 2020 dari Cintamobi.com berikut ini.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Jeep Gladiator 2020

Tampilannya yang garang dan kesan maskulin yang diberikan membuatnya cocok untuk digunakan berpetualang. Dengan ground clearance yang tinggi dan bumper yang kekar, menawarkan kesan tangguh yang sesuai dengan DNA Jeep yang tak terbantahkan.

Review Jeep Gladiator JT 2020: Eksterior Depan

Tampilan depan masih menggunakan desain khas Jeep yang maskulin. Namun terdapat perbedaan antara bumper depan Gladiator JT dibandingkan Jeep Wrangler JL, yaitu bahan yang terbuat dari baja. Memang membuat bobot mobil menjadi lebih berat, tetapi mampu memberikan perlindungan ketika melewati jalanan berbatu dan medan kasar.

Tampilan depan Jeep Gladiator JT 2020 berwarna hitam
Tampilan depan Jeep Gladiator JT 2020

Ada baut dan towing berwarna merah yang menambah kesan gagah dari luar. Bumper juga dilengkapi dengan foglamp yang akan memberikan rasa aman ketika berkendara pada malam hari atau pada saat melintasi kabut tebal. Lampu depan membuat layaknya model Jeep lainnya disandingkan dengan lampu sein yang terdapat pada fender depan.

Review Jeep Gladiator JT 2020: Eksterior Samping

Tampilan samping Jeep Gladiator JT 2020 berwarna hitam
Tampilan samping Jeep Gladiator JT 2020

Ground clearance yang tinggi, mencapai 254 mm, membuat mobil ini sangat nyaman dibawa ke berbagai medan. Dengan logo Gladiator pada sisi samping, footstep terbuat dari bahan besi dengan struktur kasar, sehingga memudahkan Anda untuk naik ke atas mobil tanpa takut selip akibat lumpur maupun terkena air hujan. Pintu dan tampilan samping masih sama dengan Wrangler JL yang dipasarkan saat ini.

Review Jeep Gladiator JT 2020: Eksterior Belakang

Tampilan belakang Jeep Gladiator JT 2020 berwarna hitam
Tampilan belakang Jeep Gladiator JT 2020

Tampilan belakang sama kokohnya seperti desain muka. Dimana lampu belakang dibuat kokoh dengan desain kotak serta towing hook berwarna merah yang senada dengan fascia depan. Di bawah nama Jeep pada bak belakang, terdapat kamera belakang yang akan mempermudah pengemudi ketika mundur atau memarkirkan kendaraan atau menghindari halangan ketika sedang melakukan pengendaraan off-road.

>>> Beragam review tentang Jeep bisa Anda dapatkan di sini


Interior Jeep Gladiator 2020

Patut diapresiasi bagaimana Jeep mampu mempertahankan tampilan unik yang menjadi warisannya hingga saat ini. Modul analog bersanding dengan berbagai fitur di dalam mobil yang modern. Begitu juga dengan kelebihan dari interior Jeep Wrangler Gladiator JT yang waterproof, sehingga memberikan keamanan ketika berkendara di tempat yang penuh air di alam liar.

Review Jeep Gladiator JT 2020: Dashboard

Jika dibandingkan dengan mobil penumpang lainnya, khususnya yang digunakan untuk pengendaraan harian atau berkendara bersama keluarga, tampilan dashboard dari Gladiator JT memang terasa kuno. Tak banyak gimmick maupun aksen yang ditawarkan. Tapi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, interior Gladiator JT dibuat waterproof. Jadi Anda tak perlu khawatir air masuk dan mengganggu sistem kelistrikan ketika Anda sedang berkendara.

dashboard Jeep Gladiator JT 2020 berwarna hitam
Dashboard Jeep Gladiator JT 2020

Pada bagian tengah terdapat head unit yang berukuran tidak terlalu besar. Memang, ketika berkendara di alam liar, pengemudi tak begitu fokus pada sistem hiburan yang ditawarkan. Meskipun begitu, Gladiator JT sudah mendapatkan berbagai fitur terbaru, seperti Android Auto maupun Apple CarPlay untuk mempermudah konektivitas pada smartphone Anda.

Review Jeep Gladiator JT 2020: Setir

setir Jeep Gladiator JT 2020 berwarna hitam
Setir Jeep Gladiator JT 2020

Setir multifungsi berlapis kulit dengn kualitas premium akan menyapa ketika Anda berada di belakang kemudi. Ada aksen berwarna silver dan jahitan berwarna merah yang membuat kesan setir terasa lebih mewah. Di belakang setir, terdapat panel instrument yang masih bergaya analog, layaknya model Jeep klasik yang masih dipertahankan.

Review Jeep Gladiator JT 2020: Kursi

Kenyamanan memang bukan menjadi keunggulan terbaik Jeep dibandingkan mobil penumpang lainnya. Kursi yang terasa kokoh memiliki sandaran yang cukup tegak, tak bisa direbahkan ke belakang layaknya model MPV maupun SUV lainnya serta tanpa pengaturan jok elektris. Tapi kenyamanan masih terasa, apalagi ketika berkendara di jalanan berbatu dan
bergelombang.

kursi Jeep Gladiator JT 2020 berwarna hitam
Kursi Jeep Gladiator JT 2020

Bentuknya yang dibuat kotak memberikan ruang kepala yang cukup baik bagi penumpang di belakang. Walaupun ruang kaki bisa dibilang tak selapang model MPV yang lebih panjang. Selain itu ground clearance yang cukup tinggi menyulitkan bagi anak-anak maupun para lansia untuk naik ke atas mobil. Namun footstep cukup membantu kepraktisan masuk ke dalam kabin.

Review Jeep Gladiator JT 2020: Bak belakang

bak belakang Jeep Gladiator JT 2020 berwarna hitam
Bak belakang Jeep Gladiator JT 2020

Bak belakang tetap fungsional dengan cover soft top yang datang sebagai fitur standar, bisa digunakan untuk melindungi bagian belakang dari air ketika hujan. Bak belakang mendapatkan liner dengan tekstur kasar untuk mencegah bodi lecet ketika membawa barang. Kepraktisan dan fungsionalitas mobil ini tetap terasa layaknya mobil mewah lainnya.

>>> Berita paling update seputar Jeep bisa Anda baca di sini

Fitur Jeep Gladiator 2020

Masuk ke dalam mobil, Gladiator JT sudah mendapatkan fitur keyless entry. Fitur baru yang ditawarkan pada kunci mobil adalah fungsi untuk menghidupkan kendaraan hanya dengan menekan tombol pada kunci. Memberikan kemudahan ketika Anda akan berkendara dengan menghidupkan AC pada kabin untuk mendinginkan ruangan mobil.

head unit Jeep Gladiator JT 2020 berwarna hitam
Head unit Jeep Gladiator JT 2020

Fitur lainnya yang perlu diperhatikan adalah suspensi yang dilengkapi dengan shockbreaker berperforma tinggi dari Fox. Gladiator juga didukung oleh Electronic Disconnection Sway Bar yang menghasilkan artikulasi ban yang lebih panjang untuk menghadapi jalanan off-road. Tak ketinggalan dengan differential locker pada bagian depan dan belakang.

Review Jeep Gladiator JT 2020: Fitur Keselamatan Aktif

Bahkan dengan desain dan sistem yang ditawarkan, sayangnya Jeep Wrangler Gladiator belum bisa melewati uji tabrak dengan capaian yang cukup baik. Walaupun fitur di dalam mobil sudah cukup lengkap, termasuk diantaranya Adaptive Cruise Control, Forward Collision Alert, dan Electronic Stability Control.

>>> Pilihan Mobil Jeep Bekas Harga Rp 50 Jutaan

Operasi Jeep Gladiator 2020

Dapur pacu masih menggunakan model yang sama dengan yang digunakan pada Wrangler JK, yaitu mesin Pentastar V6 3.6L yang mampu menghasilkan 289 PS pada 6.450 rpm serta ledakan torsi mencapai 353 Nm pada 4.400 rpm. Tenaga disalurkan ke semua roda menggunakan transmisi otomatis 8-percepatan.

mesin Jeep Gladiator JT 2020 berwarna hitam
Mesin Jeep Gladiator JT 2020

Gladiator JT masih mengandalkan mesin konvensional lama tanpa teknologi turbo. Walaupun memiliki torsi yang cukup besar untuk membawa mobil berkendara di semua medan. Di atas kertas, tenaga dan torsi yang ditawarkan memang masih kalah dengan Wrangler JL terbaru yang menghadirkan mesin 2.0L dengan bantuan turbo, sehingga torsinya tercatat 400 Nm.

>>> Mobil Off-road Terbaik, Jeep Wrangler, Land Rover Defender, atau Mercedes-Benz G-Class?

Spesifikasi Jeep Gladiator 2020

Dimensi Jeep Gladiator JT 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

5.539 x 1.875 x 1.882 mm

Jarak Poros Roda

3.487 mm

Ground Clearance

254 mm

Mesin Jeep Gladiator JT 2020

Tipe Mesin

3.6L V6 Pentastar DOHC

Kapasitas Silinder

3.604 cc

Tenaga Maksimal

289 PS @ 6.450 rpm

Torsi Maksimal

353 Nm @ 4.400 rpm

Transmisi

8-speed otomatis

Sistem Penggerak

4-wheel drive (4WD)

Kaki-Kaki Jeep Gladiator JT 2020

Suspensi Depan

Live axle

Suspensi Belakang

Live axle

Rem Depan

Ventilated disc

Rem Belakang

Ventilated disc

Tipe Ban

225/75 R17

Velg

17 inci

Daftar Harga Jeep Gladiator 2020

Model Jeep yang dipasarkan di Indonesia memang diimpor langsung secara utuh. Itulah yang membuat harganya termasuk tinggi dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama. Seperti pada harga Jeep Wrangler Gladiator JT 2020 yang saat ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 2.5 miliar khusus untuk harga On the Road di DKI Jakarta. Harga yang ditawarkan pun bisa berubah sewaktu-waktu.

Kesimpulan Jeep Gladiator 2020

Desainnya yang maskulin serta keunggulannya ketika dipertemukan dengan medan kayak atau pengendaraan off-road merupakan warisan dari DNA Jeep yang masih dipertahankan. Memang harga yang ditawarkan termasuk tinggi jika dibandingkan dengan model lain yang serupa. Tapi ketangguhan dan daya tahan Jeep sebagai penyedia kendaraan adventurer masih menjadi alasan untuk mendapatkan pikap bernuansa maskulin ini sebagai kendaraan Anda.

>>> Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
Share this post:
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review All New Jeep® Cherokee 2020: Tambah Gagah Dan Tangguh

Review All New Jeep® Cherokee 2020: Tambah Gagah Dan Tangguh

Rp 1.520.000.000

28/04/2020

Editor rate:

Di tengah gempuran virus Corona (Covid-19) HASCAR Internasional Motor memboyong All New Jeep® Cherokee 2020 ke pasar mobil Indonesia, seberapa hebat mobil ini?

Lihat juga
Profil Jeep Grand Cherokee 2015, SUV Tangguh Dengan Sensasi Sedan

Profil Jeep Grand Cherokee 2015, SUV Tangguh Dengan Sensasi Sedan

07/06/2018

Editor rate:

Jeep Grand Cherokee di Indonesia menjadi varian yang paling mencolok karena mobil ini mengadopsi setir kanan dan Indonesia menjadi negara pertama yang berkesempatan memperkenalkan varian setir kanan ini. Untuk tahu lebih jelas tentang mobil ini, silahkan simaklah profil Jeep Grand Cherokee 2015 di bawah ini.

Lihat juga
Review Jeep Compass 2019: Urban SUV Mewah Dari Pabrikan Legenda

Review Jeep Compass 2019: Urban SUV Mewah Dari Pabrikan Legenda

30/01/2019

Editor rate:

Mendengar merek Jeep yang terbayang adalah SUV berbadan besar dengan tampilan khas sedikit mengotak. Tapi ternyata Jeep juga punya sebuah SUV yang cocok untuk dipakai di perkotaan, dan inilah review Jeep Compass 2019.

Lihat juga
Review Jeep Gladiator 2020

Review Jeep Gladiator 2020

05/12/2018

Editor rate:

Mobil Off-Road paling tangguh, Jeep Gladiator, akhirnya dirilis di acara LA Auto Show 2018. Jujur, kehadirannya sangat kami tunggu-tunggu. Pesonanya yang sudah dimulai sejak tahun 1941, selalu diingat bukan dalam hal kecepatan namun dalam hal Off-Road. Seperti apa pembaruannya? Apakah model Off-Road satu ini juga mengikuti tren otomotif masa kini? Berikut simak review Jeep Gladiator 2020.

Lihat juga
Review Hyundai Tucson 2021: Transformasi Agresif Bergaya Futuristik

Review Hyundai Tucson 2021: Transformasi Agresif Bergaya Futuristik

TBA

21/09/2020

Editor rate:

Bukan hanya tampilan konsep, ubahan radikal Hyundai Tucson 2021 membuat tampilannya lebih agresif, didukung penambahan teknologi dan mesin baru Hyundai.

Lihat juga