Review All New Jeep® Cherokee 2020: Tambah Gagah Dan Tangguh

28/04/2020

Share this post:

Jeep Cherokee 2020

Editor rate:

Rp 1.520.000.000

Jeep Cherokee Dijual Lihat promo

Di tengah gempuran virus Corona (Covid-19) HASCAR Internasional Motor memboyong All New Jeep® Cherokee 2020 ke pasar mobil Indonesia, seberapa hebat mobil ini?

Review All New Jeep® Cherokee 2020: Tambah Gagah Dan Tangguh
Review All New Jeep® Cherokee 2020: Tambah Gagah Dan Tangguh
0 Gambar

Pengantar Jeep Cherokee 2020

Mari kita simak spesifikasi Jeep Cherokee 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Nama besar Jeep®

Fitur penunjang off-road lengkap

Mesin bertenaga

Kekurangan

Jaringan servis Jeep® di Indonesia

Hanya masuk 2 tipe di Tanah Air

Harga mahal

Gambar menunjukkan Jeep Cherokee 2013

Sebenarnya kata 'All New' kurang tepat, karena Cherokee ini masih satu generasi yang sama

Review All New Jeep® Cherokee 2020Nama Jeep Cherokee sudah lahir dari tahun 1974 dan nama ‘Cherokee’ sendiri diambil dari nama suku Indian Cherokee yang menjadi suku asli bangsa Amerika Serikat. DI Indonesia sendiri, baru kebagian jatah Jeep Cherokee generasi kedua pada tahun 1994. Sebagai salah satu SUV pertama di dunia, saat dipasarkan di sini, mobil tersebut cukup sukses melenggang di pasar mobil Tanah Air, terbukti para pejabat dan anak konglomerat banyak yang pakai mobil ini.

Gambar menunjukkan All New Jeep® Cherokee 2020

Cherokee di Indonesia tetap hadir dalam dua tipe, yakni Trailhawk dan Limited

Sayangnya, hanya Cherokee generasi kedua saja yang penjualannya cukup sukses di Indonesia. Cherokee generasi ketiga dan keempat penjualannya tidak sebanyak generasi kedua, hal tersebut salah satunya ditengarai karena bentuknya yang tak tampak setangguh generasi sebelumnya. HASCAR International Motor cukup berharap banyak pada Cherokee generasi kelima ini. Dan di tahun 2020 HASCAR membawa Cherokee terbaru ke Tanah Air, inilah review All New Jeep® Cherokee 2020.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua
Jeep Cherokee Trailhawk

Jeep Cherokee Trailhawk

Rp 1.620.000.000

Eksterior Jeep Cherokee 2020

Review All New Jeep® Cherokee 2020: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Review All New Jeep® Cherokee 2020

Kesan tangguh begitu terlihat pada Cherokee Trailhawk ini

Ubahan terbesar pada All New Jeep® Cherokee 2020 ini adalah bagian depannya, terutama headlamp. Jika sebelumnya desain lampu utamanya menyipit, maka di model facelift ini lebih melebar. Demikian juga foglamp dan bumper depan yang menyesuaikan dengan desain headlamp baru tersebut. Pada tipe Trailhawk ini terdapat hook (cantolan) berwarna merah untuk keperluan evakuasi saat mobil terjebak di medan off-road.

Review All New Jeep® Cherokee 2020: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping All New Jeep Cherokee 2020

Cherokee juga sah-sah saja melaju di perkotaan

Pada tampilan samping Jeep Cherokee tipe Trailhawk ini bernuansa lebih kekar dibandingkan dengan tipe Limited. Hal itu lantaran perbedaan desain velg pada kedua mobil. Di tipe Trailhawk menggunakan pelek bernama Off-road Aluminium Black Wheel dengan desain yang lebih kokoh dari tipe Limited yang menggunakan jenis polished. Menariknya, kedua tipe ini menggunakan tipe ban yang sama yakni jenis A/T (All-Terrain).

Review All New Jeep® Cherokee 2020: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang All New Jeep Cherokee 2020

Tampilan buritan berkesan modern

Lanjut ke tampilan belakang eksterior Cherokee, sebenarnya secara garis besar masih sama dengan model sebelum facelift yang sama-sama mengusung kode bodi KL. Hanya saja untuk Cherokee terbaru ini desain stoplampnya sudah menggunakan teknologi LED (Light Emitting Diode). Pintu belakang juga sudah bisa diaktifkan dengan otomatis melalui fitur power liftgate yang dapat dibuka tanpa menggunakan tangan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Jeep Cherokee 2020

Review All New Jeep® Cherokee 2020: Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor All New Cherokee 2020

Dasbor berkesan modern dan fungsional

Masuk ke interior, nuansa modern langsung terasa. Dasbor All New Jeep® Cherokee 2020 ini didominasi oleh desain tarikan garis membulat. Hal tersebut membuat aura dashboard ini menjadi lebih modern, apalagi bahan yang digunakan pakai material soft touch, membuat nuansa mewah makin terasa. Desain setir lebih modern dengan hadirnya berbagai tombol pengatur untuk Multi Information Display maupun sistem audio.

Review All New Jeep® Cherokee 2020: Kursi

Gambar menunjukkan kursi All New Jeep Cherokee 2020

Kelir gelap membuat aura elegan dan sporty kian mencuat

Lima penumpang dewasa dapat duduk di kursi Jeep Cherokee ini dengan nyaman, salah satu sebabnya adalah kursi yang sudah berlapis kulit plus pengaturan kursi yang lengkap, mulai height adjuster, pengaturan reclining hingga lumbar support. Sayangnya, pengaturan kursinya belum elektris di semua tipe baik Trailhawk maupun Limited. Untunglah sudah tersedia fitur panoramic roof yang membuat aura kabin terasa lebih lega.

Review All New Jeep® Cherokee 2020: Bagasi

Gambar menunjukkan bagasi All New Jeep Cherokee 2020

Total volume bagasi mencapai 714 liter 

Berpetualang menjadi makin mudah dengan kapasitas bagasi yang lapang. All New Jeep® Cherokee 2020 ini menyediakan kapasitas bagasi hingga 591 liter, apabila masih kurang kursi baris kedua dapat dilipat dan digeser dengan mudah dengan sebuah tuas dan menjadikan total volume bagasi Cherokee ini mencapai 714 liter. Ditambah membuka pintu bagasi lebih mudah berkat fitur power liftgate yang dapat dibuka tanpa sentuhan tangan.

>>> Baca juga:

Fitur Jeep Cherokee 2020

Review All New Jeep® Cherokee 2020: Traction Management System

Gambar menunjukkan All New Jeep Cherokee berkendara off-road

Traction Management System membuat Cherokee tangguh di medan off-road

Cherokee dilengkapi dengan lima mode off-road bernama Traction Management System untuk melewati medan ekstrim. Selain itu Jeep Cherokee tipe Limited dilengkapi oleh sistem 4WD Jeep Active Drive dengan Rear Axle Disconnect yang mampu membuat konsumsi BBM lebih efisien dengan mengubah mode dari 4x4 menjadi 4x2 saat sistem 4WD-nya tidak diperlukan. Khusus untuk Cherokee Trailhawk terdapat sistem Jeep Active Drive Lock yang memiliki fitur 4L sehingga akan membantu saat jelajah medan off-road yang relatif berat.

Review All New Jeep® Cherokee 2020: Konektivitas

Foto konektivitas All New Jeep Cherokee 2020

Uconnect® mampu mengakomodasi konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto

All New Jeep® Cherokee 2020 ini dilengkapi dengan sistem multimedia canggih bernama Uconnect®. Sistem ini dapat mengatur konektivitas dan beberapa fitur melalui layar sentuh 8,4 inci berikut dengan voice command. Bukan hanya audio 6 speaker saja yang dapat diatur, melainkan sistem AC climate control juga dapat disesuaikan dari sistem Uconnect® ini. Smartphone Anda dapat terhubung dengan mudah melalui bluetooth. O ya, sistem ini juga memiliki fitur konektivitas Apple Carplay dan Android Auto.

Review All New Jeep® Cherokee 2020: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan ringkasan Fitur Keselamatan All New Jeep® Cherokee 2020

SUV asal negeri Paman Sam tak perlu diragukan keamanannya

Fitur keselamatan All New Jeep® Cherokee 2020 sangat lengkap. Mulai dari kuncinya yang sudah immobilizer bernama Sentry Key®, lalu ada Electronic Stability Control (ESC) dan Electronic Roll Mitigation (ERM) guna mencegah mobil meluncur tak terkendali hingga terbalik. Lantas, sistem tersebut ditambah dengan Hill Start Assist dan kontrol traksi yang berfungsi mencegah mobil mundur di tanjakan dan roda kehilangan traksi. Terakhir delapan buah airbag siap melindungi seisi kabin jika terjadi kecelakaan.

>>> Review Jeep Wrangler JL Sahara Unlimited 2019: Varian Menengah Yang Tetap Menggoda

Operasi Jeep Cherokee 2020

Gambar menunjukkan mesin 2000 cc 4 silinder turbo Jeep

Mesin buatan Fiat-Chrysler ini mampu menelurkan tenaga dan torsi besar

All New Jeep® Cherokee 2020 ini menggunakan mesin 4-silinder berkapasitas 2.000 cc twin scroll turbocharger buatan Fiat-Chrysler. Mesin ini mampu mereproduksi tenaga 270 hp pada 5.250 rpm dan torsi lebih besar ketimbang versi V6-nya, yakni mendapai 400 Nm pada 3.000 rpm.. Mesin ini juga punya fitur mild hybrid yang mampu menonaktifkan mesin bensin untuk beberapa saat (fitur start/stop). Selain itu, Cherokee ini juga telah dilengkapi dengan fitur Electronic Power Assist atau eTorque yang mampu memberikan torsi ekstra saat diperlukan di medan off-road atau on-road. 

Gambar menunjukkan dyno graphic on Wheels Jeep Pentastar V6 Engine vs Turbo I4 Engine

Tenaga dan torsi mesin turbo ini lebih besar dari mesin V6 konvensional

Sistem eTorque dapat menggabungkan beberapa fungsi penting, seperti auto stop/start, electric power assist, extended fuel shut-off  - guna menghentikan suplai BBM ketika tidak terlalu dibutuhkan -, transmission shift management, intelligent battery charging, dan regenerative braking. Kombinasi fitur ini mengakibatkan efisiensi mesin meningkat, serta performa dan kenyamanan berkendara saat kondisi start/stop menjadi lebih baik. Hebatnya mesin turbo berkapasitas kecil ini lebih bertenaga bila dibandingkan dengan mesin V6, hal tersebut terbukti dari hasil dynotest yang dilakukan media Australia.

>>> Review Jeep Renegade 2019: Pakai Mesin Baru dan Tambah Fitur

Spesifikasi Jeep Cherokee 2020

Berikut ini adalah spesifikasi All New Jeep® Cherokee 2020:

Mesin All New Jeep® Cherokee 2020
 Seri mesin

 2.0-Liter Turbo inline-4, DOHC

 Sistem Pasokan Bahan Bakar

 Direct Injection

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet dan 2 Outlet Per Silinder)

 Tenaga Maksimum

 270 Hp @ 5.250 rpm

 Torsi Maksimum

 400 Nm @ 3.000 rpm

 Kapasitas Silinder

 1,995 cc

 Bore X Stroke

 84,0 mm X 90,0 mm

 Tipe Transmisi

 Otomatis, 8 Percepatan, Penggerak 4 Roda

  Rangka All New Jeep® Cherokee 2020
 Panjang X Lebar X Tinggi  4.623 mm X 1.903 mm X 1.723 mm
 Jarak Sumbu Roda  2,720 mm
 Berat Kotor  1.927 Kilogram
 Jumlah Tempat Duduk  5 Tempat Duduk
 Kapasitas Tangki  60 Liter
  Suspensi/Kaki-Kaki All New Jeep® Cherokee 2020
Suspensi Depan & Belakang  MacPherson Strut & Multi Link
Sistem Kemudi  Rack And Pinion with Electronic Power Steering
Rem Depan & Belakang  Ventilated Disc & Disc
Teknologi Sistem Pengereman  ABS, EBD, BA, Traction Management System
Teknologi Safety Sasis  Safety Design By Jeep®
Struktur Sasis  Monokok, C Segment
Pelek  Alloy, 17 Inch
Jenis Ban  Radial, 275/65R17

Daftar Harga Jeep Cherokee 2020

Berikut ini adalah daftar harga All New Jeep® Cherokee

Tipe  Harga on the road All New Jeep® Cherokee
All New Jeep® Cherokee Limited Rp 1.520.000.000
All New Jeep® Cherokee Trailhawk Rp 1.620.000.000

>>> Klik sini untuk lanjut membaca review mobil Jeep lainnya

Kesimpulan Jeep Cherokee 2020

Gambar menunjukkan ilustrasi kesimpulan review All New Jeep Cherokee

Gengsi dan citra merek Jeep sudah tidak diragukan lagi

All New Jeep® Cherokee 2020 sangat tepat jika Anda memang tengah mencari SUV segala medan dan memiliki nilai heritage yang tinggi. Tak hanya citranya yang kuat sebagai sebuah legenda SUV tangguh, mobil ini juga sukses tampil lebih keren dan punya performa yang lebih tangguh. Kombinasi desain keren, fitur berlimpah plus mesin bertenaga namun tetap efisien menjadikan mobil All New Jeep® Cherokee 2020 ini menjadi salah satu SUV yang layak untuk dipinang. Salah satu hal yang perlu diingat hanyalah soal purna jual merek Jeep yang saat ini memang masih terbatas.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak review mobil yang menarik lainnya

 

Arfian Alamsyah
Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Jeep Wrangler JL Sahara Unlimited 2019: Varian Menengah Yang Tetap Menggoda

03/08/2019

Editor rate:

PT Hascar International Motor akhirnya memperkenalkan Jeep Wrangler JL Sahara Unlimited yang merupakan varian menengah dari jajaran Jeep Wrangler JL. Meski popularitasnya tak ‘segagah’ varian Rubicon, namun varian Sahara tetap menggoda dengan sosok yang lebih kalem dan elegan layaknya sebuah kendaraan 4x4 perkotaan.

Lihat juga

Review Jeep Compass 2019: Urban SUV Mewah Dari Pabrikan Legenda

30/01/2019

Editor rate:

Mendengar merek Jeep yang terbayang adalah SUV berbadan besar dengan tampilan khas sedikit mengotak. Tapi ternyata Jeep juga punya sebuah SUV yang cocok untuk dipakai di perkotaan, dan inilah review Jeep Compass 2019.

Lihat juga

Review Jeep Gladiator 2020

05/12/2018

Editor rate:

Mobil Off-Road paling tangguh, Jeep Gladiator, akhirnya dirilis di acara LA Auto Show 2018. Jujur, kehadirannya sangat kami tunggu-tunggu. Pesonanya yang sudah dimulai sejak tahun 1941, selalu diingat bukan dalam hal kecepatan namun dalam hal Off-Road. Seperti apa pembaruannya? Apakah model Off-Road satu ini juga mengikuti tren otomotif masa kini? Berikut simak review Jeep Gladiator 2020.

Lihat juga

Review Dan Spesifikasi Mercedes-Benz GLA 200 AMG Line 2017 : Citra SUV Yang Elegan

16/04/2018

Editor rate:

Mercedes-Benz merupakan mobil pabrikan asal negeri Jerman yang eksis karena mobil-mobil mewah yang dibuatnya.Pada tahun 2017, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia kembali mengeluarkan Mercedes-Benz GLA. SUV mewah ini sudah mendapatkan polesan terbarunya yang semakin ciamik. Berikut ini adalah spesifikasi Mercedes-Benz GLA 200 AMG Line 2017.

Lihat juga

Review BMW X6 2019: SUV – Coupé BMW dengan Gril Menyala

07/07/2019

Editor rate:

BMW X6 2019 akhirnya diperkenalkan dengan generasi baru. Crossover terbesar dari BMW mendapatkan lebih banyak pahatan di luar, lebih kuat, dan mendapatkan lebih banyak teknologi dibandingkan generasi sebelumnya.

Lihat juga