Review Jeep Gladiator 2020

05/12/2018
editor rate: 4,7 user rate: 4,0
Mobil Off-Road paling tangguh, Jeep Gladiator, akhirnya dirilis di acara LA Auto Show 2018. Jujur, kehadirannya sangat kami tunggu-tunggu. Pesonanya yang sudah dimulai sejak tahun 1941, selalu diingat bukan dalam hal kecepatan namun dalam hal Off-Road. Seperti apa pembaruannya? Apakah model Off-Road satu ini juga mengikuti tren otomotif masa kini? Berikut simak review Jeep Gladiator 2020.

PENGANTAR Jeep Gladiator 2020

Review Jeep Gladiator 2020 - Mengapa kami menyebut tahunnya 2020? Ya, dalam debut pertamanya di acara LA Auto Show, pihak Jeep menuturkan akan memulai produksinya di pertengahan tahun 2019 dan akan siap memasarkannya di tahun 2020.

Peluncuran Jeep Gladiator dilakukan di acara LA Auto Show 2018 dan direncanakan akan dijual pada tahun 2020

Jeep Gladiator ketika dipamerkan di acara LA Auto Show 2018

Proses produksinya akan dilakukan di Toledo Assembly Complex serupa dengan pembuatan Jeep Wrangler JK. Seperti model lainnya, pembuatannya diprakarsai oleh dua supplier besar yakni Kuka dan Hyundai Mobis khususnya dalam hal bodi serta Chassis.

Varian Jeep Gladiator menyajikan empat pilihan bodi trim

Jeep Gladiator menghadirkan empat pilihan bodi trim meliputi Sport, Sport S, Overland (kiri) dan Rubicon (kanan)

All-New Jeep Gladiator adalah penerus terbaru dari model yang sudah diperkenalkan sejak tahun 1947 silam. Kini modelnya menggunakan kode bodi CJ-2A dengan bobot 1 ton serta bermode penggerak 4-Wheel Drive (4WD). Bukan ditonjolkan dalam masalah kecepatan tetapi Jeep Gladiator terbaru didesain serupa dengan pendahulunya yakni kuat dalam hal Off-Road. Ya, kapasitas Payload-nya mencapai 1.650 Pound serta Towing sebesar 7.650. Lantas di generasi terbarunya ini, hal apa yang berubah? Simak informasi selengkapnya dalam review Jeep Gladiator 2020.

EKSTERIOR Jeep Gladiator 2020

Hal paling unik dari eksterior Jeep Gladiator 2020 yakni Removable Hardtop atau Soft Top. Sebuah fitur yang mana atapnya bisa dilepas ataupun dipasang sesuai keinginan pengendara. Hal serupa juga ditemui pada keempat pintunya. Tentu fitur tersebut nampak makin selaras dengan kebutuhan para pecinta Off-Road.

Review Jeep Gladiator 2020: Eksterior Depan

“Berdiri sebagai Truk tapi sosoknya langsung mudah dikenali sebagai Jeep, The All-New Gladiator 2020 adalah kendaraan Ultimate yang siap untuk petualang Outdoor,” sebut Tim Kuniskis, Head of Jeep Brand. Memang, wajahnya cukup mudah dikenali sebagai produk Jeep. Apalagi jika mengetahui bahwa Grille depan menggunakan desain serupa dengan Wrangler, 7-Slot Grille berukuran lebih lebar.

Eksterior depan Jeep Gladiator 2020 ditunjang dengan lampu LED Daytime Running Light (DRL)

Eksterior depan Jeep Gladiator 2020 menggunakan Grille 7-Slot yang memberi kesan garang dan tangguh

Lampu depannya sendiri sudah dirancang dengan konfigurasi LED serta fitur Daytime Running Light (DRL). Dua fitur tersebut juga ditunjang kuat oleh lampu kabut sehingga memberi kesan lebih modis serta menawarkan kualitas pencahayaan lebih mumpuni. Kami rasa, para peminat setia Jeep juga akan setuju dengan perubahan modern semacam ini.

Review Jeep Gladiator 2020: Eksterior Samping

Selain kapabilitas Off-Road yang tangguh, Jeep Gladiator menawarkan keunikan dalam hal Removable. Ya, pintu dan atapnya bisa dilepas secara bersamaan. Hebatnya lagi, supaya mudah dioperasikan pintunya menggunakan bahan ringan namun memiliki ketahanan yang kuat. Jeep sendiri menawarkan Tool Kit atau peralatan yang memudahkan proses pelepasan dan pemasangan pintu atau atapnya.

Eksterior samping Jeep Gladiator 2020 dibekali ban berukuran 33 inci

Eksterior samping Jeep Gladiator 2020 masih dibekali fitur unggulan yakni atap dan pintu yang bisa dibuka pasang

Atapnya sendiri terbagi menjadi dua kategori yakni Soft Top dan Hardtop. Pada Soft Top, atapnya memiliki kapabilitas untuk meredam suara bising dari luar. Sedangkan pada mode Hardtop, atapnya dibekali fitur Rear-Sliding Window bermode manual.

Review Jeep Gladiator 2020: Eksterior Belakang

Sedangkan pada sektor buritan, Jeep Gladiator 2020 menghadirkan Tail Lamps berukuran kotak dan sudah mendukung konfigurasi LED. Kualitas pencahayaannya cukup terang untuk proses pengangkutan barang-barang ke dalam bak-nya. Adapun tersedia Power Locking Tailgate dengan fungsi untuk mengunci kargonya. Nampaknya, Jeep ingin memperkaya kapabilitas Gladiator sebagai truk yang benar-benar untuk kegiatan Outdoor.

Eksterior belakang Jeep Gladiator 2020 sudah dilengkapi dengan Power Locking Tailgate dan lampu LED

Eksterior belakang Jeep Gladiator 2020 menerapkan lampu LED dengan desain kotak yang ikonik

>>> Baca juga:

INTERIOR Jeep Gladiator 2020

Seakan mengerti alur tren masa kini, interior Jeep Gladiator 2020 mengkombinasikan konsep stylish, multifungsi, aspek kenyamanan serta dibekali teknologi mumpuni. Segala halnya dirancang sangat detail, pernak-pernik interiornya dibuat dengan bahan berkualitas Premium dan penuh esensi artistik.

Review Jeep Gladiator 2020: Dashboard

Meski dipenuhi hal-hal modern namun kami masih sangat mengenali nuansa ikonik dari Jeep. Dashboard kini dirancang cukup rapi, dibalut permukaan lembut dan aksen Metal berdesain sporty. Adapun tulisan pada fitur-fiturnya terlihat cukup jelas dan mudah dijangkau oleh pengendara.

Dashboard Jeep Gladiator 2020 sudah dilengkapi dengan berbagai fitur hiburan mumpuni

Dashboard Jeep Gladiator 2020 kini dikemas mewah dan menyiratkan kesan Premium

Pada sisi tengah misalnya, terdapat fitur menarik seperti Climate Control, tombol pengaturan audio, Multimedia serta Engine Start Stop (ESS). Menariknya, tombol ESS-nya dibekali fitur anti air yang bahkan sudah menjadi fitur standar di semua variannya.

Review Jeep Gladiator 2020: Setir

Kemudi setirnya dibalut kenyamanan mewah dengan bahan kulit berkualitas. Kapabilitas Off-Road tentu akan menguras banyak tenaga bagi pengendara. Namun tak perlu khawatir, Jeep Gladiator 2020 menyediakan kemudi setir yang cukup nyaman digenggam dan terbilang responsif. Tersedia juga fitur penghangat pada setirnya yang sifatnya masih opsional.

Setir Jeep Gladiator 2020 dilengkapi dengan bahan kulit berkualitas

Setir Jeep Gladiator 2020 menggunakan model tiga palang dengan esensi desain lebih modern

Review Jeep Gladiator 2020: Kursi

Merambah ke kursinya, kapasitasnya mampu menampung hingga lima orang sekaligus. Adapun bahan yang digunakan pada kursinya dibekali dua pilihan yakni kain ataupun kulit. Menariknya lagi, semua kursi sudah ditunjang dengan Lumbar Support yang menambah esensi lebih nyaman daripada kursi konvensional.

Kursi Jeep Gladiator 2020 mampu menampung lima orang sekaligus

Di bagian bawah kursi Jeep Gladiator 2020 terdapat fitur wadah mekanis

Di bawah kursi juga tersedia ruang kosong yang difungsikan untuk wadah perlengkapan mekanik. Untuk mengetahuinya, Anda cukup melipat kursi belakangnya ke mode 'Stadium’ dan wadah yang kami maksudkan akan Anda temui. Jeep mengaku bahwa fitur wadah menjadi salah satu esensi penting kendaraan Outdoor seperti Gladiator 2020 ini.

>>> Artikel terkait:

FITUR Jeep Gladiator 2020

Sebagai kendaraan Off-Road tentu fitur Jeep Gladiator 2020 tak perlu diragukan lagi. Dari data yang berhasil Cintamobil.com himpun, Gladiator menggunakan racikan spesial untuk menunjang kegiatan Outdoor Anda.

Review Jeep Gladiator 2020: Fitur Keselamatan

Perlu Anda ketahui, Gladiator adalah kendaraan terbaik dalam hal Towing maupun 4x4 Payload. Dari racikan bodinya saja, Jeep Gladiator menggunakan bahan berbobot ringan serta menjamin daya tahan unggul di medan berat. Tentu, bobot bodi yang lebih ringan akan meningkatkan performa mesin sehingga mampu tampil lebih efisien. Dibanding Jeep Wrangler 4-Pintu, Gladiator memiliki dimensi bodi dan Wheelbase lebih panjang. Semakin panjang jarak poros roda maka beratnya akan tampil lebih stabil khususnya ketika mengangkut muatan. Di sisi lain, Gladiator juga menempatkan empat buah Skid Plates dan Bars, yang mampu memproteksi komponen penting ketika melaju di medan terjal seperti halnya tangki bahan bakar dan wadah oli transmisi.

Fitur keselamatan Jeep Gladiator 2020 tampil sangat lengkap di berbagai aspeknya

Fitur keselamatan Jeep Gladiator 2020 dirancang khusus untuk mendapatkan kapabilitas Towing dan Payload terbaik di antara pesaing lainnya

Tak perlu khawatir untuk berkendara On-Road maupun Off-Road. Jeep Gladiator 2020 juga dirancang nyaman untuk aktivitas perkotaan. Hal tersebut bisa diamati dari penggunaan suspensi Five-Link Coil yang diklaim mampu memberi sensasi berkendara lebih nyaman. Adapun Springs-nya telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk memberi ketahanan tangguh di medan Off-Road, esensi nyaman di area perkotaan tanpa peduli adanya muatan pada kargo atau tidak. Hal ini cukup mengesankan, seakan Jeep ingin menawarkan kapabilitas Gladiator yang bukan hanya tangguh dan legendaris di medan terjal namun juga nyaman digunakan untuk aktivitas perkotaan.

Performa Jeep Gladiator 2020 ditunjang kuat dengan suspensi handal

Suspensi Five-Link Coil juga menjanjikan kapabilitas berkendara lebih nyaman meskipun berada di medan berat

Dari pantauan kami, Jeep Gladiator 2020 juga dibekali teknologi canggih masa kini seperti halnya Blind-Spot Monitoring, Rear Cross Path Detection, ParkView, Adaptive Cruise Control, Forward-Facing Off-Road Camera serta Electronic Stability Control (ESC).

Review Jeep Gladiator 2020: Fitur Hiburan

Setelah kita tahu bahwa Jeep Gladiator juga dirancang untuk aktivitas perkotaan, tentu faktor kenyamanan pada kabinnya juga dipoles menarik. Pada dashboard misalnya, Gladiator dilengkapi sistem audio yang disebut UConnect generasi keempat. Tersedia tiga unit yakni 5 inci, 7 inci dan 8,4 NAV. Panel tersebut mampu memberikan sajian Multimedia Full Color LED serta menyuguhkan fungsi navigasi. Menariknya lagi, pengoperasiannya cukup mudah karena sudah didukung format modern sekelas Apple CarPlay, Android Auto, SiriusXM Radio, Travel Link, Traffic dan Connected Services secara Real-Time.

Fitur hiburan Jeep Gladiator 2020 hadirkan fungsi navigasi pada sistem audionya

Fitur hiburan Jeep Gladiator 2020 menyajikan berbagai fungsi menarik

>>> Jika Anda tertarik, simak ulasan terbaru dari lini Truck modern lainnya

OPERASI Jeep Gladiator 2020

Di acara perilisan pertamanya, operasi mesin Jeep Gladiator 2020 menawarkan 3.6 Liter Pentastar V6 yang sudah terbukti unggul di berbagai medan berat. Kapasitasnya yang besar mampu menghasilkan daya maksimum 285 HP dan lonjakan torsi hingga 260 Lb.ft. Saking bangganya Jeep akan performa mesin ini, 3.6 Liter Pentastar V6 telah diproduksi sebanyak 8,6 juta unit sejak perakitannya di tahun 2010. Adapun transmisinya ditunjang dengan 6 tingkat percepatan manual sebagai standar dan 8 tingkat otomatis yang bisa diaplikasikan secara opsional.

Operasi mesin Jeep Gladiator 2020 mampu memberi lonjakan daya sebesar 260 HP dengan torsi 442 Lb.ft

Operasi mesin Jeep Gladiator 2020 menawarkan spesifikasi 3.0 Liter EcoDiesel V6

Tersedia juga pilihan mesin lebih spesial yakni 3.0 Liter EcoDiesel V6 yang rencananya baru akan dirilis di tahun 2020. Teknologi yang digunakan terbilang spesial, memboyong Turbocharger dipadukan dengan Low-Friction Bearing serta Low-Friction Piston. Racikan tersebut berhasil memberikan performa mesin yang lebih efisien, ramah lingkungan dan meningkatkan proses Combustion pada diesel. Terbukti dari perolehan daya hingga 260 HP dan torsi puncak sebesar 442 Lb.ft. Lebih daripada itu, transmisinya juga menggunakan 8 tingkat percepatan otomatis untuk menunjang sensasi berkendara lebih halus dan nyaman. Kami pastikan, mesin satu ini akan sangat menyenangkan untuk dikendarai di area Off-Road.

>>> Jika Anda pecinta Jeep, simak ulasan menarik dari model lainnya

KESIMPULAN Jeep Gladiator 2020

Jeep Gladiator 2020 nampaknya menghadirkan definisi terbaru bagi kepiawaian pabrikan Ohio, Amerika Serikat. Ya, sudah lama kami mengenalnya khususnya dalam menciptakan kendaraan berkapasitas Off-Road. Namun pada Gladiator generasi terbaru ini, nampaknya Jeep juga ingin menyasar masyarakat perkotaan. Definisi gagah, sensasi berkendara nyaman dengan suspensi Five-Link Coil serta mesin diesel terbaru EcoDiesel, seakan menjadi penawaran menarik di tahun 2020 mendatang. Lebih daripada itu, sentuhan interior juga dirancang lebih Premium dan dibekali teknologi masa kini. Jujur, hal yang paling kami sukai pada Jeep Gladiator adalah perubahan terbarunya tidak menghilangkan esensi ikonik dan historis dari Jeep. Hebat, cukup hebat.

Apa pendapat Anda apabila Jeep Gladiator 2020 Indonesia hadir? Kira-kira hal menarik apa yang Anda sukai dari generasi terbarunya kali ini? Coba sampaikan pendapat Anda di kolom komentar ya sobat.

Jeep Gladiator 2020 Indonesia apakah akan dirilis?

Apakah Anda cukup sabar untuk menunggu serta merasakan ketangguhan Jeep Gladiator 2020?

>>> Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Franky Pratama
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

  • Review Jeep Wrangler Rubicon 4-Door 2019

    Nama Jeep Wrangler saat ini masih diidentikan sebagai sang ‘koboi’ tangguh yang bisa diajak ke mana saja, mau menembus ...

    SUV User rate: 4,5 Editor rate: 3,6
  • Review Jeep Wrangler JK 2007

    Jeep Wrangler JK adalah salah satu produk legendaris yang diperkenalkan sejak tahun 2006 lalu. Bahkan bisa dibilang, JK ...

    SUV User rate: 4,5 Editor rate: 4,1
  • Review Jeep Wrangler JL 4 Door 2019

    Bagi pecinta off road sejati, Jeep menjadi salah satu kendaraan paling berkesan dan tidak bisa hilang karena ketangguhannya ...

    SUV User rate: 4,5 Editor rate: 4,5

Cari review mobil

Iklan terkait