Review Jeep Cherokee Trailhawk 2020: Mobil Off-road Legendaris Pelibas Jimny

26/09/2020

Share this post:

Jeep Cherokee 2020

Editor rate:

Rp 1.620.000.000

Mobil Jeep Cherokee Dijual Lihat promo

HASCAR memperkenalkan tampilan anyar facelift Jeep Cherokee Trailhawk 2020 dengan penyegaran pada desain eksterior dan segudang sistem keselamatan terbaru.

Review Jeep Cherokee Trailhawk 2020: Mobil Off-road Legendaris Pelibas Jimny
Review Jeep Cherokee Trailhawk 2020: Mobil Off-road Legendaris Pelibas Jimny
0 Gambar

Pengantar Jeep Cherokee 2020

Mari kita simak spesifikasi Jeep Cherokee 2020 di bawah ini.

Kelebihan

SUV urban dengan DNA off-road

Fitur keselamatan lengkap

Lebih bertenaga dibandingkan rival

Kekurangan

Harga yang tinggi

Desain bukan selera semua orang

Bodi besar, namun kabin tidak terlalu lapang

Di tengah pandemi COVID-19, HASCAR International Motor memperkenalkan model terbaru dari Jeep Cherokee Trailhawk 2020 pada bulan April lalu. Dan kali ini, tim Cintamobil TV berkesempatan untuk mengulas SUV menengah bergaya maskulin yang siap untuk diajak berpetualang di medan offroad maupun berkendara di jalanan perkotaan yang menawan ini.

Jeep Cherokee generasi kedua berwarna merah
Generasi kedua Jeep Cherokee keluaran tahun 1984

Jeep Cherokee XJ generasi kedua (1984-2001) bisa dibilang sebagai model yang paling populer di Indonesia. Tampilannya yang gagah dengan kesan kotak dipadukan dengan kenyamanan tingkat tinggi. Walaupun bodinya terkesan memanjang ke belakang untuk menambah kapasitas ruang kabin, tapi Cherokee XJ tak menghilangkan kekuatannya sebagai mobil untuk offroad yang kekar.

Sayangnya popularitas Cherokee di Indonesia seakan memudar meski Jeep sudah membawa generasi ketiga dan keempat yang diberi nama Liberty. Hingga akhirnya Garansindo Inter Global (PT GIG) selaku distributor resmi kendaraan Jeep di Indonesia memperkenalkan generasi kelima Cherokee dengan desain yang cukup kontroversial pada tahun 2015.

Jeep Cherokee Trailhawk 2020 berwarna putih
Tampilan terbaru facelift Jeep Cherokee Trailhawk 2020

Kehadiran facelift Jeep Cherokee juga menjadi penyegaran yang dinanti dengan berbagai perubahan yang ditawarkan. Apa saja yang membedakan mobil ini dengan tampilan sebelumnya? Simak review Jeep Cherokee Trailhawk 2020 dari tim Cintamobil.com di bawah ini.

Eksterior Jeep Cherokee 2020

Desain eksterior nan kontroversial masih kembali. Membagi penggemar menjadi dua kubu: suka sekali maupun tidak suka dengan eksteriornya. Karena sifatnya sebagai edisi facelift dari generasi kelima, memang tak banyak perubahan yang diberikan pada mobil ini. Tapi pembaruan eksterior yang ditawarkan cukup menghadirkan tampilan yang lebih segar pada Jeep Cherokee di Indonesia.

Review Jeep Cherokee Trailhawk 2020: Eksterior Depan

Perbedaan paling signifikan yang terlihat jelas dibandingkan edisi sebelumnya adalah tampilan lampu utama yang sudah direvisi. Sebelumnya, lampu utama terlihat dipisahkan dengan lampu DRL pada sisi depan mobil. Kali ini, lampu utama digabungkan dengan lampu DRL dengan lampu kabut terpampang pada bumper bawah.

tampilan depan Jeep Cherokee Trailhawk 2020 berwarna putih
Tampilan depan Jeep Cherokee Trailhawk 2020

Selain itu Cherokee juga memiliki bukaan kap mesin yang unik. Jika mobil lainnya memiliki bukaan kap pada bagian atas, kap mesin Cherokee bisa dibuka mulai dari bagian bawah grille dengan bukaan yang praktis. Hal ini membuat Anda bisa langsung mengakses ruang udara berukuran besar yang mengalirkan udara ke ruang mesin.

Perbedaannya dibandingkan Cherokee Limited adalah eksterior Trailhawk dirancang untuk bisa melahap semua medan berkendara. Termasuk dengan bumper depan dan belakang Trailhawk yang dibuat lebih terangkat sehingga ground clearance mencapai 183 mm pada bagian depan dan 201 mm pada bagian belakang.

Review Jeep Cherokee Trailhawk 2020: Eksterior Samping

tampilan samping Jeep Cherokee Trailhawk 2020 berwarna putih
Tampilan samping Jeep Cherokee Trailhawk 2020

Dari samping Cherokee terlihat mengusung tampilan yang minimalis. Mengingat ground clearance yang tak setinggi Jeep Wrangler, Jeep juga belum menempatkan footstep pada sisi samping mobil ini. Sedangkan gaya sporty untuk offroad Cherokee terasa dengan kehadiran roof rail yang akan memudahkan Anda ketika membawa barang pada atap mobil.

Review Jeep Cherokee Trailhawk 2020: Eksterior Belakang

tampilan belakang Jeep Cherokee Trailhawk 2020 berwarna putih
Tampilan belakang Jeep Cherokee Trailhawk 2020

Ubahan lainnya yang terlihat pada sisi eksterior adalah desain lampu belakang yang baru. Dilengkapi dengan roof spoiler yang terintegrasi dengan pintu belakang. Kepraktisannya cukup mengagumkan.  Dimana pintu belakang mendapatkan teknologi Power Tailgate. Hanya sedikit sentuhan kaki pada bagian bawah, maka pintu akan membuka secara otomatis. Ada emblem 4x4 dan logo Trailhawk dengan aksen merah, membedakannya dengan varian Limited.

>>> Review All New Jeep® Cherokee 2020: Tambah Gagah Dan Tangguh


Interior Jeep Cherokee 2020

Kesan maskulin dan elegan juga bisa dirasakan pada tampilan dalam. Meskipun tak semewah pesaingnya di segmen yang sama, namun interior Cherokee tetap menawarkan berbagai kemudahan dan kepraktisan dari fitur-fitur yang diberikan, apalagi dengan sistem keselamatan yang terbilang lengkap.

Review Jeep Cherokee Trailhawk 2020: Dashboard

Desain dashboard bisa dibilang tak begitu banyak berubah. Dimana tombol pengaturan konvensional masih banyak digunakan alih-alih ditransformasikan pada sistem pengaturan digital. Jeep menghadirkan sistem infotainment Uconnect dengan layar sentuh 8,4 inci pada bagian tengah dashboard dengan kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto.

dashboard Jeep Cherokee Trailhawk 2020 berwarna hitam
Dashboard Jeep Cherokee Trailhawk 2020

Di bawah head unit terdapat beberapa tombol pengaturan, termasuk pengaturan AC yang masih menggunakan kenop putar. Berbagai fitur bisa Anda akses dengan mudah melalui kenop dengan aksen silver yang terdapat pada konsol tengah. Melengkapi konsol tengah terdapat armrest yang bisa dibuka sebagai tempat untuk meletakkan barang-barang ketika berkendara.

Review Jeep Cherokee Trailhawk 2020: Setir

setir Jeep Cherokee Trailhawk 2020 berwarna hitam
Setir Jeep Cherokee Trailhawk 2020

Kenyamanan berkendara di dalam mobil didukung oleh setir multifungsi berlapis kulit. Akses yang mudah ditawarkan melalui berbagai tombol pada setir. Begitu juga dengan paddle shift untuk menawarkan pengendaraan yang lebih sporty dari transmisi otomatis yang digunakan,

Review Jeep Cherokee Trailhawk 2020: Kursi

Rasa berkendara di depan kemudi sangat menyenangkan dengan kursi berlapis kulit khas Jeep. Pengaturan kursi elektris memudahkan bagi pengemudi untuk mendapatkan posisi duduk yang Anda inginkan. Kursi depan mendapatkan fitur memori yang akan kembali pada pengaturan terakhir yang Anda simpan ketika mobil dihidupkan.

kursi Jeep Cherokee Trailhawk 2020 berwarna hitam
Kursi Jeep Cherokee Trailhawk 2020

Cherokee mampu mengakomodir kenyamanan penumpang di belakang. Ruang kaki dan ruang kepala yang ditawarkan cukup baik. Bangku baris kedua dapat digeser ke depan dan belakang, guna memaksimalkan ruang kaki atau menambah ruang pada bagasi belakang. Kursi baris kedua bisa dibuat rebah, meningkatkan rasa nyaman apalagi ketika berkendara jarak jauh. Walaupun tentu saja kenyamanan tertinggi bisa didapatkan ketika mengendarai mobil ini.

Review Jeep Cherokee Trailhawk 2020: Bagasi

bagasi Jeep Cherokee Trailhawk 2020 berwarna hitam
Bagasi Jeep Cherokee Trailhawk 2020

Kapasitas bagasi cukup besar mengingat dimensi Cherokee yang memanjang ke belakang. Ada ruang tambahan yang bisa digunakan untuk meletakkan tool kit selama berkendara. Sayangnya kepraktisannya sedikit berkurang mengingat lantai bagasi yang cukup tinggi. Namun ada hal lain guna memudahkan Anda menutup pintu bagasi: tombol penutup pintu terletak pada sisi kiri bagasi. Sehingga Anda tidak perlu susah menjangkau pintu bagasi yang memang terangkat cukup tinggi.

Fitur Jeep Cherokee 2020

Semua fitur yang diberikan pada Cherokee Trailhawk memberikan pengendaraan off-road yang lebih mengesankan dibandingkan varian Limited. Terlihat dari knop yang terletak pada sisi samping persneling, berupa mode off-road 4x4. Memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin memilih mode berkendara yang tersedia, mulai dari Auto, Salju, Sport, Tanah/Lumpur, hingga Batu.

mode berkendara Jeep Cherokee Trailhawk 2020 berwarna hitam
Mode berkendara Jeep Cherokee Trailhawk 2020

Cherokee memiliki nyawa petualang yang di membuatnya garang ketika dihadapkan pada jalanan off-road. Terlihat dengan kehadiran fitur Differential Locker sebagai pembeda antara mobil ini dengan pesaingnya, semisal BMW X3 maupun Mercedes-Benz GLC. Cherokee sudah dilengkapi dengan sistem Cruise Control untuk kestabilan berkendara serta Hill Descent Control yang mempermudah pengendaraan di jalanan menurun.

Fitur kenyamanan lainnya yang ditawarkan pada mobil ini termasuk sistem yang bisa menghidupkan mobil meskipun Anda tidak berada di dalam mobil. Sama seperti yang ditemukan pada Honda Civic Turbo. Cherokee tak luput dari fitur panoramic sunroof yang lebar, memberikan kesan lega hingga kemewahan ketika berada di dalam kabin.

Review Jeep Cherokee Trailhawk 2020: Fitur Keselamatan Aktif

Bahkan dengan keterampilannya di jalanan off-road, Jeep masih menghadirkan berbagai fitur keselamatan dalam mobil ini. Mulai dari Blind Spot Monitoring Assist, Forward Collision Alert, hingga Adaptive Cruise Control yang bisa Anda akses melalui setir multifungsi dengan mudah. Kelengkapan lainnya termasuk sistem Lane Departure Assist untuk membantu Anda ketika berkendara.

>>> Modifikasi Jeep Grand Cherokee SRT8, Ceper Custom dari Ferrada

Operasi Jeep Cherokee 2020

Perubahan yang paling signifikan terletak pada ruang mesin dengan kehadiran mesin berkapasitas lebih kecil. Ada mesin 2.0L berteknologi turbo yang disematkan pada edisi facelift kali ini. Memberikan tenaga yang lebih besar dengan daya maksimal mencapai 273 PS dan torsi puncak 400 Nm. Daya yang besar untuk mengangkut bobot yang tak bisa dibilang ringan.

mesin Jeep Cherokee Trailhawk 2020 berwarna hitam
Mesin Jeep Cherokee Trailhawk 2020

Tenaga disalurkan ke semua roda melalui transmisi otomatis 9-percepatan. Dengan transmisi ini, diharapkan Cherokee memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih irit dengan perpindahan gigi yang lebih banyak, sehingga lebih mudah dalam menyesuaikan pengendaraan yang Anda inginkan. Menggunakan teknologi turbo, maka bahan bakar yang disarankan menggunakan RON 95 atau lebih agar mesin lebih awet serta mampu menjaga performa mesin.

>>> Jeep Grand Cherokee 2021 Pakai Platform Alfa Romeo dan Mesin V6 Diesel

Spesifikasi Jeep Cherokee 2020

Dimensi Jeep Cherokee Trailhawk 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

4.645 x 1.904 x 1.724 mm

Jarak Poros Roda

2.720 mm

Mesin Jeep Cherokee Trailhawk 2020

Tipe Mesin

2.0L 4-silinder turbo

Kapasitas Silinder

1.995 cc

Tenaga Maksimal

274 PS @ 5.200 rpm

Torsi Maksimal

400 Nm @ 3.000 – 4.400 rpm

Transmisi

9-speed otomatis

Sistem Penggerak

4-wheel drive (4WD)

Kaki-Kaki Jeep Cherokee Trailhawk 2020

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-link

Rem

Disc

Tipe Ban

245/65 R17

Velg

17 inci

Daftar Harga Jeep Cherokee 2020

Cherokee merupakan salah satu model Jeep dengan harga yang menengah dibandingkan varian Jeep lainnya di Indonesia. Sedangkan untuk harga Jeep Cherokee Trailhawk yang notabene sebagai varian tertingginya, Jeep Indonesia sendiri memperkenalkan mobil ini dengan harga mulai dari Rp 1,6 miliar. Harga yang pantas untuk kesan maskulin namun elegan yang tertanam pada mobil ini.

Kesimpulan Jeep Cherokee 2020

Eksterior memang menjadi faktor penting dalam memilih model Jeep yang eksentrik ini. Meskipun harga yang ditawarkan cukup tinggi untuk sekelas SUV, tapi gaya maskulin dan kegarangannya ketika dibawa ke jalanan off-road membuatnya jauh mengungguli pesaingnya di segmen yang sama. Apalagi Jeep Cherokee Trailhawk 2020 mengandalkan berbagai sistem keselamatan terbaru yang membantu Anda berkendara lebih mudah di segala medan.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top