Jeep Grand Cherokee 2021 Pakai Platform Alfa Romeo dan Mesin V6 Diesel

20/04/2020

Mobil baru
Share this post:
Jeep Grand Cherokee 2021 Pakai Platform Alfa Romeo dan Mesin V6 Diesel
Sudah 10 tahun sejak generasi WK2 diperkenalkan, iterasi terbaru Grand Cherokee tengah disiapkan dengan menggunakan platform seperti Alfa Romeo Stelvio, dan mesin diesel V6 untuk varian termahalnya.

Sudah satu dekade sejak generasi saat ini diluncurkan, sudah saatnya Jeep Grand Cherokee mendapatkan pembaruan signifikan. Nah, menurut pemberitaan Car and Driver, FCA sudah menyiapkan generasi terbaru Grand Cherokee untuk menggantikan generasi WK2 yang akan mendapat ubahan signifikan di berbagai sektor.

>>> HASCAR boyong Grand Cherokee 2020 ke Indonesia, hadir dalam dua varian

Jeep Grand Cherokee 2020 varian SRT

Grand Cherokee generasi WK2 sudah dijual sejak 2010

Pakai platform Alfa Romeo Stelvio

Seperti yang dijelaskan eks CEO FCA, Sergio Marchionne sekitar tiga tahun lalu, Grand Cherokee 2021 akan memakai platform Giorgio sama seperti Alfa Romeo Stelvio, yang akan jadi basis dari sebagain besar mobil FCA setelah berinvestasi lebih dari 1 miliar Euro (setara Rp 16,7 triliun) untuk pengembangan platform baru ini.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Spyshot Jeep Grand Cherokee dengan tiga baris tempat duduk

Spyshot samping Jeep Grand Cherokee dengan tempat duduk tiga baris

Spyshot belakang Jeep Grand Cherokee dengan bangku tiga baris

Spyshot Grand Cherokee 2021 dengan format bangku tiga baris

Sampai saat ini, platform Giorgio baru dipakai di Alfa Romeo Stelvio dan Giulia. Namun, FCA mengatakan bahwa platform tersebut bisa diadaptasi sebagai basis untuk line-up lainnya, termasuk Jeep Grand Cherokee.

Peralihan platform sendiri akan meningkatkan panjang wheelbase dari generasi WK2, yang saat ini memiliki panjang 2,91 meter. Hal ini tentu akan meningkatkan kelapangan kabin untuk model dua baris tempat duduk, dan memungkinkan hadirnya varian tiga baris. Tentu saja dengan kapabilitas off-road mumpuni khas Jeep.

Akan hadirkan varian V6 Diesel

Menurut informasi tambahan dari Car and Driver, Jeep Grand Cherokee 2021 varian paling rendah akan memakai mesin 2.000cc hybrid inline-4. Untuk varian menengah, mesin Pentastar V6 dengan eTorque akan jadi pilihan utama, dengan mesin plug-in hybrid akan menyusul.

>>> Jangan lewatkan berita paling update seputar mobil baru di sini

Yang menarik tentu saja kehadiran mesin diesel pada Grand Cherokee 2021, menggunakan mesin dari Ram 1500 Ecodiesel, powertrain V6 diesel 3.000cc akan menghasilkan tenaga 260 HP dan torsi 651 Nm.

Mesin Dodge RAM 1500 Ecodiesel

Grand Cherokee 2021 akan menghadirkan mesin V6 Diesel milik RAM 1500 Ecodiesel

Jadi, kapan kita bisa melihat sosok Grand Cherokee baru? Menurut Head of Design FCA, Ralph Gilles, mengatakan bahwa mid-size SUV itu akan hadir pada pertengahan atau akhir 2020, itupun belum pasti mengingat kondisi terkait pandemi Covid-19 yang belum mereda, bukan tidak mungkin peluncurannya ditunda sampai tahun depan.

Selain Jeep Grand Cherokee dan varian tempat duduk tiga barisnya, line-up SUV ikonik asal Amerika itu juga akan kembali menghadirkan Wagoneer dan Grand Wagoneer yang kemungkinan memakai platform truk RAM.

>>> Berita otomotif terbaru, tips & trik otomotif terlengkap, serta pilihan mobil baru dan bekas berkualitas bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Derry Munikartono
Share this post:

Berita lain

HASCAR Boyong All New Jeep® Cherokee 2020 ke Indonesia

03/04/2020

Mobil baru

3 menit

Di tengah gempuran virus Corona (Covid-19) HASCAR Internasional Motor mendatangkan kembali mobil SUV All New Jeep® Cherokee 2020 ke pasar mobil Indonesia

Lihat juga

Jeep Varian Plug-in Hybrid Hadir Tahun ini, Termasuk Wrangler?

07/01/2020

Pasar mobil

4 menit

Setelah memberikan bocoran akan kehadiran varian hybrid dan elektrik, Jeep varian plug-in hybrid dikabarkan sudah siap untuk melakukan debutnya pada tahun ini

Lihat juga

Jeep Varian Hybrid dan Elektrik Akan Diperkenalkan di Tahun 2022

15/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Jeep varian hybrid dan elektrik ini diklaim mampu menunjang kemampuannya sebagai kendaraan dengan kemampuan jelajah tinggi di segala medan

Lihat juga

Jeep Hadirkan Compass 7-Seater Untuk India dan Brazil

04/12/2019

Mobil baru

3 menit

Jeep Compass 7-Seater akan hadir tak hanya dengan kapasitas penumpang lebih banyak, namun juga tampilan lebih modern

Lihat juga

Harga Baru Lebih dari 1 M, Berapa Harga Jual Mobil Jeep Wrangler Bekas?

15/07/2019

Jual beli

2 menit

Jeep selalu dihubungkan sebagai ‘kendaraan pria’ dengan tampilan maskulin, salah satunya Jeep Wrangler. Bagi Anda penyuka off-road yang ingin kendaraan macho, berapa harga Jeep Wrangler bekas di pasar mobil bekas di Tanah Air?

Lihat juga