Modifikasi Mobil Jeep Willys Jeepster Berjantung Mesin V8 Milik Ford

22/02/2021

Perawatan dan service

5 menit

Modifikasi mobil Jeep Willys yang satu ini cukup langka, mengingat unit yang dimodifikasi adalah Jeespter yang populasinya juga sedikit dan mobil ini dibekali mesin V8 baru kepunyaan Ford.

Modifikasi mobil Jeep Willys banyak dilakukan pemilik mobil ini yang mengembalikan kondisi kendaraannya jadi terlihat klasik. Wajar memang, memingat Wills merupakan kendaraan produksi Jeep yang lahir sejak tahun 1908 dan saat itu digunakan sebagai armada militer Amerika Serikat (AS) saat Perang Dunia Kedua.

Sukses sebagai kendaraan yang tangguh di medan perang, membuat Jeep akhirnya merilis versi Civilian Jeep (CJ) yang bisa dinikmati pula oleh masyarakat umum. Mungkin inilah titik awal bagaimana Willys bisa banyak dimiliki publik, bukan cuma di AS, tapi juga hampir di seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia

Meskipun usianya kini sudah lebih dari seabad, ternyata para pengemar Jeep Willys tetap ada sampai saat ini. Bahkan dengan modifikasi Jeep Willys yang tepat, kondisi mobil jadi terlihat tetap istimewa dan membuat nilainya terus bertahan.

>>> Jeep Gladiator 1963-1971 Sang Pekerja Sejati

Modifikasi Willys Jeepster

Jeep Willys Jeepster

Eksterior dan interiornya sudah direstorasi total

Pada tahun 1948 hingga 1950, pernah muncul satu model convertibe dari Willys-Overland yang saat itu disebut sebagai Jeepster. Ini merupakan persilangan antara mobil militer yang tangguh dengan berorientasi pada mobil penumpang yang stylish. Dengan hanya diproduksi sekitar 20.000 unit, populasi Jeepster memang menjadi langka. Apalagi jika kondisinya saat ini masih dalam keadan baik, maka model tersebut juga jadi salah satu collector item.

Beberapa pemilik Jeepster pun juga ada yang melakukan modfikasi mobil Jeep ini dengan beragam konsep. Tapi ada satu hasil modifikasi Willys Jeepster yang diunggah Autoevolution dan cukup menarik. Bagaimana tidak, Jeepster ini direstorasi agar keadaannya terlihat seperti baru lagi. Termasuk penggunaan warna "Ferrari Fly Yellow" yang membuat kondisi mobil makin terlihat segar.

>>> Jeep Wrangler Black Hawk Military Edition : Paket Modifikasi Serba Gelap

Cangkok Mesin Ford V8

Jeep Willys Jeepster Ford V8 engine

Mesin V8 ini dikombinasikan transmisi otomatis dan terpasang cruise control

>>> Review Ferrari Roma 2020: Sang Pangeran Penyempurna Keluarga Ferrari V8

Meskipun dari luar penampilannya sangat klimis, siapa sangka dibalik Jeepster ini sudah tersimpan jantung tenaga baru. Mesin 6 silinder 2.400 cc kepunyaan Jeep sudah dilungsurkan, gantinya mesin Ford V8 berkapasitas 4.900 cc. Mesin baru ini kemudian dikombinasikan dengan transmisi otomatis berikut dipasang fitur cruise control juga dari Ford.

Jeepster yang kini pakai interior bertema warna hitam tersebut, tercatat sedang ditawarkan di balai lelang Bring a Trailer yang memang terkenal kerap melelang mobil-mobil klasik menawan di Amerika Serikat (AS). Dan tawaran terakhir untuk model modifikasi mobil Jeep ini kabarnya ada di angka USD 37.501 atau kira-kira Rp 522 juta.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top