Review Toyota All New Veloz 2022: Buat Pecinta Avanza yang Lebih Mapan

10/11/2021

Share this post:

Toyota Veloz 2022

Editor rate:

Rp 291.500.000

Mobil Veloz bekas - Harga bekas Toyota Veloz Lihat promo

Setelah puas mengulas All New Avanza 2022, kini saatnya kita berpindah ke Toyota All New Veloz 2022 yang diciptakan untuk konsumen yang lebih mapan...

Review Toyota All New Veloz 2022: Buat Pecinta Avanza yang Lebih Mapan
Review Toyota All New Veloz 2022: Buat Pecinta Avanza yang Lebih Mapan
0 Gambar

Pengantar Toyota Veloz 2022

Mari kita simak spesifikasi Toyota Veloz 2022 di bawah ini.

Kelebihan

Fitur Safety Lengkap

Kabin Lega & Praktis

Mesin + Transmisi CVT Lebih Efisien

Kekurangan

Belum Tersedia Cruise Control

Kualitas Buatan Harusnya Bisa Lebih Baik Lagi

Versi Hybrid Belum Hadir

 

Toyota Avanza Veloz 2011

Toyota Veloz generasi pertama

Toyota All New Veloz 2022 memang diciptakan Toyota Indonesia untuk menggaet konsumen yang lebih mapan namun tetap suka dengan performa Toyota Avanza. Namun sebelum membahas mobil ini lebih jauh, ada baiknya kita bahas singkat mengenai sejarahnya.

Toyota Grand New Veloz 2015

Veloz mendapat facelift pertama di tahun 2015

Toyota Veloz generasi pertama lahir pada tahun 2011 berbarengan dengan generasi kedua Toyota Avanza. Salah satu Direktur Toyota Indonesia saat itu pak Henry Tanoto pernah bilang ke kami , bila kehadiran Veloz punya tujuan untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Toyota New Veloz 2019

Facelift kedua Toyota Veloz terjadi di tahun 2019

Kehadiran Veloz saat itu langsung disambut baik oleh konsumen di Tanah Air dan turut mendongkrak penjualan Toyota. Oleh sebab itu di tahun 2015 Veloz mendapatkan facelift pertama dan tahun 2019 mendapat facelift kedua. Minat konsumen akan model ini juga semakin tinggi.

Toyota All New Veloz 2022 Putih

All New Veloz 2022

Toyota Veloz generasi kedua akhirnya meluncur pada hari ini Rabu (10/11) secara virtual melalui akun YouTube Toyota Indonesia. Toyota All New Veloz 2022 kini tampil lebih berani tanpa mengusung emblem 'AVANZA' sama sekali. Lantas, bagaimana mobil ini menurut Cintamobil.com? Simak review Toyota All New Veloz 2022 ini hingga tuntas.

Mobil Baru Populer

Rp 251.2 - Rp 291.5 Juta
Rp 206.2 - Rp 264.4 Juta
Rp 255.2 - Rp 276.6 Juta
Rp 144.9 - Rp 170.39 Juta

Eksterior Toyota Veloz 2022

Review Toyota All New Veloz 2022: Tampilan Depan

Untuk pertama kalinya All New Veloz dan All New Avanza hadir dalam perbedaan yang signifikan. Terlihat sekali bila PT Toyota Astra Motor memang menggunakan pendekatan strategi marketing yang berbeda untuk kedua produk ini.

Toyota All New Veloz 2021

Secara umum tampilannya lebih elegan dan cocok menyasar kaum mapan

Seluruh komponen di bagian depan meliputi headlamp, bumper depan, kap mesin hingga sepatbor depan beserta dudukannya berbeda dengan All New Avanza. Bentuknya terlihat lebih dinamis dan berkelas pada All New Veloz 2022 ini. 

Headlamp Toyota All New Veloz 2021

LED punya respon cepat, hemat listrik, dan juga terang

Tentu saja headlamp depan sudah mengusung jenis Light Emitting Diode (LED) bersamaan dengan lampu turning signal dan positioning lamp. Tampilannya pun semakin elegan dengan bilah krom yang membentang dari pilar A pada sisi kiri dan kanan di atas headlamp tersebut.

Grille & Airdam Toyota All New Veloz 2021

Efisiensi aerodinamika diperhatikan serius oleh Toyota

Sektor aerodinamika diperhatikan serius oleh Toyota. Bisa terlihat dari foto yang kami ambil di area grille dan airdam, di sana tampak lekuk-lekuk dan bolong di area tersebut guna mengejar target aerodinamika yang lebih baik. Angin pun bisa tersalur sempurna guna mendinginkan rem depan serta menjaga suhu mesin di engine hood tak lebih dari 80°.

Review Toyota All New Veloz 2022: Tampilan Samping

Bila Anda mengira dimensi All New Veloz 2022 ini lebih melar tentu Anda tidak salah. Sebab dimensi panjang Veloz generasi kedua ini bertambah 275 mm, ia pun lebar 90 mm, mobil ini juga lebih tinggi 5 mm dari Toyota Veloz generasi sebelumnya.

Eksterior samping Toyota All New Veloz 2021

Dilihat dari samping pun ia tampak gagah tanpa meninggalkan kesan elegan

O ya wheelbase juga bertambah 96 mm yang menjamin kelegaan di dalam kabin menjadi semakin baik. Bahkan, bila Anda amati lebih teliti diketahui jarak sumbu roda yang melar ini sama persis dengan sang kakak yakni Toyota Kijang Innova Reborn. Rumah spion pun dirancang lebih baik dalam 'membelah' angin.

Ban & Velg Toyota All New Veloz 2021

Velg 17 inci dibalut ban dengan profil 205/50

Di sisi detail juga tak kalah menarik, terdapat tarikan garis krom seperti di SUV Toyota modern yakni Corolla Cross. Kemampuannya dalam menerjang genangan air pun lebih baik karena ground clearance-nya kini ada di angka 205 mm. Khusus untuk All New Veloz ia memakai 'sepatu baru' dengan diameter velg 17 inci.

Review Toyota All New Veloz 2022: Tampilan Belakang

Beralih ke bagian buritan, kesan elegan seamkin terpancar dengan penggunaan stoplamp yang memanjang dan menyatu dari sisi kiri ke kanan. Bentuk bumper belakangnya juga mendukung kesan rapi dari mobil.

Eksterior belakang Toyota All New Veloz 2021

Eksterior belakang tak kalah berkelas

Anda tak perlu khawatir lagi terjadi embun di kaca belakang, karena di All New Veloz 2022 ini sudah dilengkapi dengan elemen pemanas kaca belakang yang berfungsi untuk 'mengusir' embun di kaca itu. Kamera mundur dan dua buah sensor parkir juga akan membantu Anda saat hendak parkir mundur.

Stop Lamp Toyota All New Veloz 2021

Tampilannya kian manis dengan desain tail light seperti ini

Desain stoplamp seperti ini tidak hanya mendukung All New Veloz tampil lebih elegan. Tapi desain seperti ini juga meningkatkan kemampuannya dalam hal efisiensi aerodinamika mobil secara keseluruhan. Stoplamp LED ini juga menarik saat dilihat oleh mata ketika malam hari.


Interior Toyota Veloz 2022

Review Toyota All New Veloz 2022: Layout Dashboard

Masuk ke bagian interiornya, Anda akan langsung disambut dengan layout dashboard yang total baru. Dashboard ini menggunakan tiga paduan warna yakni hitam, krem, serta ornamen silver yang lagi-lagi memancarkan kesan elegan dari All New Veloz 2022 ini.

Layout dashboard Toyota All New Veloz 2021

Tersedia juga fitur Wireless Charger untuk memudahkan mengisi ulang daya gadget Anda

Terdapat emboss VELOZ pada sisi kiri dashboard tepat di depan kursi penumpang depan untuk menandakan ini adalah Veloz yang berbeda dengan All New Avanza. Tak lupa terdapat fitur auto climate control pada AC di Veloz terbaru ini yang mampu menjaga suhu kabin secara otomatis tetap dingin meski cuaca terik.

Review Toyota All New Veloz 2022: Kursi

Desain kursi juga total baru, joknya kini lebih pas dengan egronomi badan orang Indonesia. Kursi pengemudi di All New Veloz 2022 ini bisa diatur secara reclining untuk sandarannya dan juga tinggi rendahnya melalui fitur height adjuster.

Kokpit Toyota All New Veloz 2021

Posisi duduk terasa pas saat kami coba

Khusus di model Veloz, mendapat kursi dengan paduan bahan kulit serta fabric untuk menunjang aura mewah di kabin. Kursi ini pun mampu menopang tubuh dengan baik, baik kala bermanuver cepat maupun jalan santai, serta terasa empuk saat diduduki.

Kursi pengemudi Toyota All New Veloz 2021

Kursi terasa empuk diduduki

Semua penumpang termasuk pengemudi juga dijamin aman, karena masing-masing kursi ini tetap dilengkapi dengan headrest yang dapat diatur tinggi-rendahnya serta sabuk pengaman tiga titik yang menjamin keselamatan utama.

Kursi baris kedua Toyota All New Veloz 2021

Terdapat dudukan ISOFIX di kursi baris kedua dan jarak sliding di baris kedua ini 20 cm

Hal baru yang bisa Anda temui di kursi All New Veloz ini adalah long sofa mode. Jadi kursi dapat diatur sedemikian rupa untuk dapat menjadi sofa dengan merebahkan sandaran kursi baris kedua hingga habis ke belakang dan mencopot headrest agar tercipta long sofa mode ini.

Review Toyota All New Veloz 2022: Setir

Pun demikian dengan lingkar kemudinya yang total baru. Pengaturan setirnya pun sudah lengkap dengan tilt and telescopic, tapi sebenarnya menurut kami saat mencobanya, andai ia hadir tanpa telescopic sekalipun posisinya sudah cukup pas untuk kebanyakan orang Indonesia.

Setir Toyota All New Veloz 2021

 Posisi setirnya terasa makin pas dengan tilt and telescopic

Hal ini karena sudah disesuaikan postur tubuh orang indonesia sehingga bisa cover posisi mengemudi hanya dengan tilt steering. Untuk lingkar kemudinya seperti biasa untuk spoke (palang) sebelah kiri dan kanan ada tombol untuk mengatur Multi Information Display, Toyota Safety Sense (pada All New Veloz tipe Q TSS), audio, hingga bluetooth. Sedangkan di kanan ada tombol untuk mengatur Drive mode.

Review Toyota All New Veloz 2022: Bagasi

Keunggulan dari layout penggerak roda depan alias Front Wheel Drive (FWD) langsung terasa ketika membahas tentang bagasi mobil ini. Dalam keadaan semua kursi tegak saja kapasitas bagasinya masih tergolong memadai. Sekadar info kapasitas bagasi mobil ini ada di angka 400 liter (posisi jok digunakan semua).

Bagasi All New Veloz & All New Avanza 2021

Lantai bagasi rata membuat lebih fleksibel

Apalagi saat bangku baris kedua dan ketiga direbahkan. Volume bagasi mobil ini terasa sangat memadai apalagi didukung dengan lantai bagasi yang rata membuat Anda lebih fleksibel dalam memasukkan segala jenis barang di bagasi ini.

>>> Berita terupdate soal merek Toyota ada di sini:

Fitur Toyota Veloz 2022

Review Toyota All New Veloz 2022: Toyota Safety Sense® & Ringkasan Fitur Keselamatan

Khusus untuk Veloz terbaru ini ia menggunakan sistem yang lebih advance dibanding All New Avanza yakni rem cakram di keempat roda. Sistem Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD) & Brake Assist (BA) turut menjamin pengereman tetap aman dilakukan dalam kondisi apapun.

Velg Toyota All New Veloz 2021

Rem cakram ada di keempat roda

Vehicle Stability Control (VSC) turut menjamin mobil tidak akan oversteer maupun under steer saat melibas tikungan. Hill Start Assist (HSA) pun menjaga mobil agar tidak mundur di tanjakan. Sistem HSA ini turut bekerja sama dengan Electric Parking Brake & Brake Hold.

All Round View Camera All New Veloz 2021

All Around View Camera membantu pengemudi memantau kondisi sekitar mobil

6 buah Airbags juga akan menjaga seisi kabin tetap aman ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. O ya mobil All New Veloz 2022 yang kami review ini adalah tipe Q dengan Toyota Safety Sense (TSS), sehingga mobil ini dilengkapi dengan enam fitur TSS tersebut.

Stoplamp Toyota All New Veloz 2021

Lampu rem darurat juga akan terlihat dari sini saat panic brake

Fitur TSS tersebut meliputi Pre Collision System (PCS) yang mencegah mobil menabrak, Lane Departure Assist (LDA) yang mampu menjaga mobil tetap pada lajurnya, Blind Spot Monitoring (BSM) akan menginformasikan objek yang tidak terlihat di kaca spion.

Toyota All New Veloz 1.5 Q TSS 2021

Sensor Toyota Safety Sense ada di balik spion tengah pada kaca depan

Lalu ada lagi fitur Pedal Misoperation Control yang membantu mencegah Anda menginjak pedal gas secara tidak sengaja. Fitur Front Departure Alert akan memberi informasi ke Anda melalui suara dan keterangan di MID bila ada mobil di depan Anda sudah melaju namun Anda belum segera jalan. Terakhir ada fitur Rear Cross Traffic Alert (RCTA) akan memberi notifikasi ke Anda via suara saat hendak parkir mundur apabila ada kendaraan melaju di belakang mobil Anda.

Review Toyota All New Veloz 2022: Panel Instrumen

Salah satu keistimewaan All New Veloz bila dibandingkan dengan All New Avanza adalah pada panel instrumen yang diusungnya. Di All New Veloz 2022 ini sudah full digital yang tampilannya bisa dipilih via tombol di setir dan tentunya lebih mudah dipantau.

Panel Instrumen Toyota All New Veloz 2021

Informasi tersaji lengkap di sini

Banyak sekali informasi yang disajikan oleh panel instrumen berukuran 7 inci ini, di antaranya ada outside temperature, odometer, tripmeter, jam digital, speedometer bahkan inclinometer dan juga mampu menyajikan informasi mengenai fitur Toyota Safety Sense pada mobil ini.

Review Toyota All New Veloz 2022: In-Car Entertaiment System

Untuk sistem hiburan Toyota mengandalkan head unit baru dengan bentang layar 9 inci pada All New Veloz 2022 ini. Head unit ini memiliki kemampuan mengakomodir beragam konektivitas seperti Android Auto maupun Apple CarPlay® yang kekinian.

Interior Toyota All New Veloz 2021

Kabin hening makin menambah performa reproduksi suara di All New Veloz

Kualitas reproduksi suaranya juga terbilang memadai dari keenam speaker (termasuk dua buah tweeter di pilar A) yang ada pada mobil ini. Dan juga jangan lupa, mengatur audio juga kian mudah dengan adanya audio steering switch pada lingkar kemudinya.

Operasi Toyota Veloz 2022

All New Toyota Veloz 2022 hanya memiliki satu varian mesin dan dua pilihan transmisi. Yakni unit berkode 2NR-VE berkapasitas 1.500 cc yang spesifikasinya sudah kami sajikan lengkap di boks spesifikasi. Tenaga dan torsi yang meningkat 2 PS dan 0,1 Kgm di mesin ini disalurkan ke dua roda depan melalui pilihan transmisi D-CVT maupun manual 5-percepatan.

Mesin Toyota All New Veloz 2021

Mesin 2NR-VE hasilkan output tenaga 106 PS dan torsi 14 Kgm

Khusus Toyota All New Veloz, memiliki dua mode berkendara yakni POWER Mode dan ECO Mode yang bisa dipilih via tombil di sebelah kanan bawah setir. Dengan menekan tombol tersebut komputer akan mengatur output mesin via mapping ECU sesuai dengan mode yang dipilih. Bahkan tak hanya mapping saja, mode berkendara ini turut serta mengintervensi AC agar lebih optimal sesuai mode yang dipilih.

Kaki-kaki belakang Toyota All New Veloz 2021

Suspensi juga diriset serius oleh Toyota

Suspensi pada All New Veloz 2022 ini juga berbeda dari All New Avanza, meskipun menggunakan lingkar roda 17 inci namun berkat fine tuning pada suspensi dan penggunaan ban yang diracik khusus oleh GT Radial membuat bantingan suspensi pada All New Veloz terasa empuk namun tetap stabil di kecepatan tinggi. Hal ini tentunya tak lepas dari peran serta tim riset dan pengembangan Toyota yang secara serius meriset mobil ini agar sesuai dengan kebutuhan orang Indonesia.

Spesifikasi Toyota Veloz 2022

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota All New Veloz 2022:

Mesin Toyota All New Veloz 2022

 Seri mesin

 2NR-VE, 4-Silinder Segaris, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i

 Pasokan Bahan Bakar

 Electronic Fuel Injection

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

 Tenaga Maksimum

 104,6 (106 Ps) @ 6.000 rpm

 Torsi Maksimum

 137,3 Nm (14 Kgm) @ 4.200 rpm

 Kapasitas Silinder

 1,496 cc

 Bore X Stroke

 72,5 mm X 90,6 mm

 Tipe Transmisi

 D-CVT & Manual 5-Percepatan, Penggerak Roda Depan (FWD)

Rangka Toyota All New Veloz 2022

 Panjang X Lebar X Tinggi

 4.475 mm X 1.750 mm X 1.700 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2.750 mm

 Ground Clearance

 205 mm

 Radius Putar

 5,0 Meter

 Kapasitas Tangki

 43 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Toyota All New Veloz 2022

 Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: Torsion Beam

 Sistem Kemudi

 Rack And Pinion with Electronic Power Steering

 Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Disc

 Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, HSA, Toyota Safety Sense ®

 Teknologi Safety Sasis

 Toyota New Global Architecture (TNGA)

 Struktur Sasis

 Monokok, MPV B-Segment

 Pelek

 Alloy, 17 Inch 

 Jenis Ban

 GT Radial Champiro Ecotec, 205/50R17

Daftar Harga Toyota Veloz 2022

Toyota All New Veloz 2021

Toyota All New Veloz termahal ternyata tidak sampai Rp 300 juta

Harga Toyota All New Veloz mulai dari Rp 251.200.000 untuk varian manual bermesin 1.500 cc. Sedangkan untuk tipe Q bertransmisi CVT dibanderol Rp 272.100.000 dan untuk top of the line yakni All New Toyota Veloz Q TSS CVT harganya Rp 291.500.000.

Kesimpulan Toyota Veloz 2022

Toyota All New Veloz 2021 & Toyota All New Avanza 2021

Mobil ini layak dipertimbangkan sebagai pilihan Anda

All New Veloz benar-benar naik kelas, dan ini berita baik untuk Anda. Apalagi dengan ukuran wheelbase yang serupa dengan Kijang Innova Reborn membuat kabinnya kian lega dan juga stabil. Juga jangan lupa, ia diklaim tetap kuat melibas tanjakan terjal sekalipun. Bila Anda mencari MPV modern mobil ini sangat layak untuk Anda pilih.

>>> Simak artikel review mobil baru maupun bekas yang paling komperhensif hanya di Cintamobil

Arfian Alamsyah
Share this post:

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

back to top