Review Mitsubishi Xpander 2022: Revisi Demi Gempuran sang Rival

10/11/2021

Share this post:

Mitsubishi Xpander 2022

Editor rate:

Rp 237.900.000

Harga Mitsubishi Xpander Lihat promo

Edisi terbaru facelift Mitsubishi Xpander 2022 membawa peningkatan fitur dan efisiensi berkendara demi kenyamanan untuk menjegal ubahan signifikan sang rival.

Review Mitsubishi Xpander 2022: Revisi Demi Gempuran sang Rival
Review Mitsubishi Xpander 2022: Revisi Demi Gempuran sang Rival
0 Gambar

Pengantar Mitsubishi Xpander 2022

Mari kita simak spesifikasi Mitsubishi Xpander 2022 di bawah ini.

Kelebihan

Mendapatkan berbagai fitur baru

Ground clearance tertinggi di kelasnya

Cocok digunakan untuk medan kasar

Dengan transmisi CVT diprediksi lebih efisien dibandingkan edisi pra-facelift

Kekurangan

Perubahan kosmetik yang minimalis

Belum ada informasi mengenai harga

Ruang kaki di belakang masih belum banyak perubahan

Setelah empat tahun, Mitsubishi memperkenalkan edisi terbaru dari Mitsubishi Xpander facelift 2022 yang sudah mendapatkan berbagai peningkatan demi bersaing dengan edisi baru dari duo Toyota Avanza 2022 dan Daihatsu Xenia 2022 yang diperkenalkan pada saat yang hampir bersamaan.

mobil baru Mitsubishi Xpander 2022 berwarna silver
Mitsubishi Xpander 2022 yang diperkenalkan secara virtual

Meski hanya berupa ubahan tengah generasi, tapi Mitsubishi menawarkan beragam fitur serta teknologi baru. Dan tentu saja tampilan anyar untuk membuat mobil ini terlihat lebih maskulin dibandingkan edisi sebelumnya.

“Be The Life Xpander merupakan tagline yang diusung NEW XPANDER sebagai manifesto sebuah keyakinan bahwa “Adventure” ada di kehidupan setiap individu. Menjalani kehidupan setiap hari dengan semua tantangan serta harapannya adalah sebuah adventure,” ungkap Naoya Nakamura selaku Presiden Direktur PT MMKSI.

Berbagai peningkatan tentunya menambah kenyamanan berkendara dari produk andalan Mitsubishi ini. Berikut review Mitsubishi Xpander 2022 terbaru dari tim Cintamobil.com.

Mobil Baru Populer

Rp 206.2 - Rp 264.4 Juta
Rp 184.5 - Rp 225.9 Juta
Rp 199.4 - Rp 252.65 Juta
Rp 197.6 - Rp 250 Juta

Eksterior Mitsubishi Xpander 2022

Perubahan yang ditawarkan pada mobil ini tentunya tidak semasif edisi baru maupun pergantian generasi seperti yang dilakukan pada Toyota Avanza 2022. Namun tak membuat mobil ini kehilangan pesonanya sebagai MPV bergaya crossover yang maskulin.

Review Mitsubishi Xpander 2022: Eksterior Depan

Ciri khas Dynamic Shield yang dibawa pada generasi pertama telah berevolusi. Menghadirkan lampu depan yang dibuat lebih tipis dan sudah menggunakan proyektor. Lampu depan utama berbentuk seperti huruf T yang menggantikan penutup blok trapesium dari model pra-facelift. Sementara untuk varian GLS sebagai varian terendah masih menggunakan lampu Halogen.

eksterior depan Mitsubishi Xpander 2022 berwarna silver
Tampilan depan dari Mitsubishi Xpander 2022

Revisi pada fascia depan juga memperlihatkan tampilan bumper baru. Rakitan skid plate dibuat lebih rendah untuk mendapatkan intake yang lebih luas. Bersanding dengan foglamp halogen yang disebar pada seluruh trim Xpander.

Review Mitsubishi Xpander 2022: Eksterior Samping

Ubahan paling terlihat pada bagian samping, dimana velg berukuran 17 inci menggantikan model 16 inci yang sebelumnya dipasangkan pada trim varian teratas. Velg two tone juga menghadirkan kesan maskulin tersendiri pada mobil ini, ditambah Side Sill Garnish sebagai pelengkap.

eksterior samping Mitsubishi Xpander 2022 berwarna silver
Tampilan samping dari Mitsubishi Xpander 2022

Mitsubishi juga telah meningkatkan tinggi mobil dibandingkan sebelumnya, sehingga memberikan ground clearance 220 mm hingga 225 mm untuk varian Exceed dan GLS. Membuatnya menjadi model dengan ground clearance terbaik di kelasnya, sementara meningkatkan kinerja off-road yang bisa disebut sebagai salah satu ciri khas Xpander.

Review Mitsubishi Xpander 2022: Eksterior Belakang

bagian belakang Mitsubishi Xpander 2022 berwarna silver
Tampilan belakang dari Mitsubishi Xpander 2022

Bagian belakang tak ketinggalan mendapatkan penyempurnaan desain. Salah satunya dengan memberikan bentuk anyar dari unit lampu belakang LED digabungkan dengan lampu rem LED demi meningkatkan visibilitas selama berkendara. Dan untuk kepraktisan, Xpander sudah dilengkapi dengan Electric Switch Tail Gate Door Handle.

>>> Review Mitsubishi Xpander Sport AT 2020: Xpander Paling Rasional


Interior Mitsubishi Xpander 2022

Tampilan interior Mitsubishi Xpander 2022 menerima peralihan ke desain yang lebih elegan, walaupun ubahan yang diberikan tak terlalu jauh berbeda dibandingkan edisi pra-facelift. Tetap ada perbedaan yang cukup signifikan dari berbagai trim yang ditawarkan di Indonesia.

Review Mitsubishi Xpander 2022: Dashboard dan Setir

Trim yang lebih tinggi sudah mendapatkan panel instrument two-tone yang tentunya memberikan kesan mewah pada mobil ini. Pahatan horizontal bertugas untuk menambah kesan lapang di dalam kabin. Mengganti dashboard bergaya melengkung diagonal pada edisi sebelumnya.

interior Mitsubishi Xpander 2022 berwarna hitam
Desain interior Mitsubishi Xpander 2022

Unit infotainment diubah menjadi sistem layar sentuh 8.0 inci. Sedang pengemudi mendapatkan roda kemudi yang didesain ulang dipadukan dengan housing airbag yang lebih kecil. Di bawah ventilasi AC sentral yang sama dengan mode terdahulu, terdapat tampilan baru dari revisi kontrol AC menggunakan saklar dan layar LCD.

Sedangkan pada konsol tengah, rem parkir manual bergaya tuas tarik yang sudah ketinggalan jaman akhirnya berganti rem parkir elektrik. Selain memberikan ruang kosong di bagian tengah juga menghadirkan tempat bagi fungsi baru pada mobil ini. Ada fitur penahan rem otomatis yang berguna ketika Anda sedang berhenti di lalu lintas yang padat.

Review Mitsubishi Xpander 2022: Kursi

Mitsubishi menyebutkan bahwa edisi terbaru ini sudah mendapatkan desain kursi bergaya 3D terbaru untuk kesan elegan di dalam kabin. Sedangkan ruang kaki dan ruang kepala sepertinya tidak begitu jauh berbeda, meskipun Xpander kali ini mendapatkan berbagai peningkatan fitur bagi penumpang di dalam kabin.

kursi Mitsubishi Xpander 2022 berwarna beige
Kabin Mitsubishi Xpander 2022 yang berkapasitas 7-seater

Berbagai fitur ditawarkan demi kepraktisan berkendara selama perjalanan jauh. Ada outlet pengisian USB Type A dan Type C disematkan pada bangku baris kedua. Beberapa trim teratas juga sudah mendapatkan sandaran tangan untuk baris kedua lengkap dengan cupholder.

>>> Cari Mitsubishi Xpander Wajah Lama? Masih Ada Tapi Stok Menipis

Fitur Mitsubishi Xpander 2022

Selain perubahan pada desain luar dan interior, bisa dibilang peningkatan fitur Mitsubishi Xpander 2022 cukup signifikan walaupun mobil ini diperkenalkan sebagai ubahan tengah generasi. Sebagian besar fitur mengalami peningkatan, berikut beberapa penambahan yang diberikan.

Review Mitsubishi Xpander 2022: Fitur keselamatan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, peningkatan pada fitur keselamatan terdapat pada Electric Parking Brake dan Speed Sensitive Automatic Door Lock. Sayang fitur kedua belum bisa ditemukan pada trim terendah.

Dual SRS Airbags serta sistem pengereman ABS+EBD+BA masih tetap menjadi andalan dari sistem keselamatan Mitsubishi Xpander 2022. Sebagai pelengkap ada fitur Active Stability Control (ASC), Hills Start Assist (HAS), dan Parking Sensor dengan Rear View Camera.

Review Mitsubishi Xpander 2022: Fitur hiburan

Pusat dari semua sistem hiburan terletak pada head unit 8.0 inci pada model Sport dan Ultimate, serta 7.0 inci pada model Exceed dan GLS. Semua model telah mendapatkan fungsi pemutar radio, Bluetooth dengan Hands-Free Function, Voice Recognition. Khusus untuk model 8.0 inci mendapatkan pengaturan Smartphone Linked Display Audio (SDA).

AC Digital pada Mitsubishi Xpander 2022
Xpander facelift sudah mendapatkan layar AC digital

Konsol tengah juga telah didesain ulang untuk mengakomodasi ruang penyimpanan terbuka yang bisa Anda gunakan untuk menampung smartphone Anda. Sementara trim tertentu mendapatkan sandaran tangan yang bisa digunakan untuk menampung hingga 4 botol minuman 600 ml.

>>> All New Honda BR-V vs Mitsubishi Xpander Ultimate, Mana Lebih Menarik?

Operasi Mitsubishi Xpander 2022

Meskipun berupa facelift, namun Mitsubishi tetap memberikan beberapa peningkatan dalam hal mekanisme teknis. Xpander facelift menerima transmisi variabel kontinu (CVT) otomatis, setara dengan transmisi otomatis 8-percepatan, sebagai pengganti transmisi otomatis 4-percepatan yang sebelumnya ditemukan pada generasi pertama. Perubahan ini disebut mampu meningkatkan efisiensi dibandingkan transmisi otomatis lama.

mesin Mitsubishi Xpander 2022 berwarna hitam
Mesin 1.5 liter yang masih digunakan pada Xpander facelift

Sedang pilihan mesin yang digunakan masih mempertahankan model 4A91 MIVEC DOHC dengan 16 katup berkapasitas 1,5 liter dengan keluaran tenaga dan torsi yang masih tetap sama. Tapi ada penambahan sistem resirkulasi gas buang eksternal atau exhaust gas recirculation (EGR) untuk mobil ini meningkatkan efisiensi bahan bakar. Membantunya bertarung dengan Toyota All New Avanza.

Mitsubishi mengungkapkan Xpander menerima peningkatan kekakuan pada pemasangan strut di depan. Sementara peredam di belakang dilengkapi dengan silinder yang lebih besar untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Sementara itu, katup peredam performa tinggi disematkan di depan dan belakang untuk meningkatkan kualitas pengendaraan.

>>> Mitsubishi Xpander Facelift Pakai CVT, Apa Plus dan Minusnya?

Spesifikasi Mitsubishi Xpander 2022

Mesin Mitsubishi Xpander 2022

Seri Mesin

4A91 MIVEC DOHC 16 valve

Kapasitas Mesin

1.499 cc

Bore x Stroke

75.0 x 84.8 mm

Tenaga Maksimum

105 PS @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

141 Nm @ 4.000 rpm

Transmisi

CVT dan 5-percepatan manual

Sistem Penggerak

Front-Wheel Drive

Dimensi Mitsubishi Xpander 2022

Panjang x Lebar x Tinggi

4.595 x 1.750 x 1.750 mm

Jarak Sumbu Roda

2.775 mm

Ground Clearance

225 Nm

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

45 liter

Kapasitas Bagasi

N/A

Kaki-Kaki Mitsubishi Xpander 2022

Suspensi Depan & Belakang

MacPherson Strut

Torsion Beam

Rem Depan & Belakang

Disc

Drum

Sistem Kemudi

Electronic Power Steering, Rack And Pinion

Velg

17 inci

Ban

205/55 R17

Daftar Harga Mitsubishi Xpander 2022

Berdasarkan laporan yang diterima Cintamobil.com, Mitsubishi masih mempertahankan 4 trim dari generasi sebelumnya, mulai dari GLS, Exceed, Sport, dan Mitsubishi Xpander Ultimate sebagai varian tertinggi serta 7 pilihan warna yang tersedia. Sayangnya belum ada informasi lebih lanjut mengenai harga Mitsubishi Xpander 2022.

Kesimpulan Mitsubishi Xpander 2022

Perubahan yang diberikan pada Mitsubishi Xpander 2022 tentunya tak bisa dipisahkan dari generasi terbaru Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Revisi desain memberikan kesan yang lebih maskulin dari revolusi Dynamic Shield milik Mitsubishi. Sedangkan di dalam, peningkatan kepraktisan dan fitur membawa tambahan kenyamanan sepanjang perjalanan. Termasuk pengembangan mesin dan transmisi CVT baru yang mampu meningkatkan efisiensi dari Xpander sendiri.

Padli Nurdin
Share this post:

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top