Jelang Peluncuran, Nama Jeep Grand Cherokee Digugat di Amerika

23/02/2021

Pasar mobil

2 menit

Jelang Peluncuran, Nama Jeep Grand Cherokee Digugat di Amerika
Beberapa minggu sebelum peluncuran SUV Jeep Grand Cherokee baru, petinggi Cherokee Nation menggugat Jeep untuk tidak lagi menggunakan nama “Cherokee”.

45 tahun menggunakan nama Jeep Cherokee dan Jeep Grand Cherokee, Jeep beberapa kali menghadapi gugatan terhadap pengunaan nama suku asli di Amerika sebagai lini produknya. Selama delapan tahun terakhir, sejak kembalinya papan nama Cherokee di pasar Amerika, Cherokee Nation juga telah membawa masalah ini ke pengadilan.

Nama suku asli Amerika

Bagi Anda yang belum tahu, nama Jeep Cherokee dan Jeep Grand Cherokee diambil dari nama penduduk asli Amerika Serikat. Sebelum abad ke-18, mereka bertempat tinggal di daerah tenggara Amerika Serikat, seperti Carolina, Tennessee, dan Alabama. Sejak penggunaan nama tersebut, Jeep mendapatkan konfrontasi dari penggiat sejarah dan suku asli Amerika.

dua mobil baru Jeep Grand Cherokee 2021
Jeep Grand Cherokee yang akan diluncurkan di Amerika

>>> Ini Daftar After Sales dan Jaringan Dealer Jeep Indonesia

"Saya yakin ini bermaksud baik, tetapi tidak menghormati kami dengan mencantumkan nama kami di sisi mobil," kata Ketua Cherokee Nation, Chuck Hoskin Jr. kepada Car and Driver. “Saya pikir kita berada di era di mana sudah waktunya bagi perusahaan dan tim olahraga untuk menghentikan penggunaan nama, gambar, dan maskot Penduduk Asli Amerika dari produk, kaus tim, dan olahraga mereka secara umum,” sambungnya.

Sebelumnya, pihak Jeep mengungkapkan penggunaan nama tersebut dilakukan untuk menghormati suku asli Amerika. Namun hal ini ditentang oleh Hoskin. “Cara terbaik untuk menghormati kami adalah dengan belajar tentang pemerintahan kami yang berdaulat, peran kami di negara ini, sejarah, budaya, dan bahasa kami.”

>>> First Drive Jeep Gladiator Rubicon JT 2021: Pekerja Tangguh Dari Negeri Paman Sam

Kemelut sejak 1974

Jeep pertama kali menggunakan nama Cherokee untuk wagon dua pintu yang dirilis tahun 1974. Sejak saat itu, Jeep memproduksi Cherokee dari tahun ke tahun. Tapi pada tahun 2002 hingga 2013, mobil ini dikenal dengan nama Liberty di pasar Amerika Utara. Tapi ketika nama Cherokee kembali digunakan di Amerika pada tahun 2013, Cherokee Nation kembali mengungkapkan keberatannya.

helm Washington Redskins berwarna merah
Logo Indian dalam helm milik tim American Football, Washington Redskins

Genosida yang dilakukan oleh Pemerintah Amerika Utara pada awal abad ke-20 membuat penduduk asli Amerika hanya tersisa 300.000 kala itu. Bahkan mereka dianggap sebagai bagian dari mitologi dan dianggap tidak ada. Karena itu, nama dan kebudayaan penduduk asli dijadikan sebagai nama produk dan maskot, contohnya digunakan pada logo tim American Football maupun baseball modern saat ini.

Selain mengunakan nama Cherokee dan Grand Cherokee, Jeep juga menggunakan nama Mojave. Sama seperti Cherokee, ini adalah nama penduduk asli Amerika dan gurun di barat daya Amerika. Nama ini digunakan sebagai penanda trim dari SUV Jeep Gladiator.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas terbaik di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top