5 Fungsi Volt Stabilizer Aki Mobil

31/05/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Volt stabilizer aki menjadi sebuah komponen yang bisa ditambahkan pada mobil Anda jika mobil yang Anda miliki mempunyai masalah pada kelistrikannya.

Mempunyai mobil mungkin memang mudah jika Anda mempunyai uang yang cukup, tapi untuk urusan merawat mobil sepertinya tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik. Selain merawat bagian eksterior dan interior mobil, ternyata komponen listrik pada mobil juga harus dirawat. Tapi untuk hal ini, Anda bisa menggunakan volt stabilizer aki mobil supaya sistem kelistrikan pada mobil Anda bisa terjaga.

Volt stabilizer merupakan alat yang mampu meredam noise voltage di sistem kelistrikan pada mobil. Semakin kecil nilai capacitance, maka akan menunjukan bursar dari tingkat frekuensi yang harus diredam volt stabilizer aki. Biasanya noise ini muncul melalui generator ataupun alternator. Tapi bisa juga sistem pengapian yang menghasilkan noise tersebut yang bisa membuat sistem kelistrikan bermasalah.

Fungsi Stabilizer Mobil

Jika Anda mempunyai masalah pada sistem kelistrikan di mobil, Anda tidak perlu khawatir. Karena dengan adanya volt stabilizer aki, semua noise yang ada pada sistem kelistrikan bisa diredam hingga titik yang paling minim. Dan juga dengan begitu masalah sistem kelistrikan di mobil Anda tidak akan mudah terganggu. Selain merawat sistem kelistrikan mobil, ini dia fungsi lain dari volt stabilizer aki mobil:

1. Membuat aliran listrik pada internal mobil menjadi stabil

Jika Anda sering menemukan masalah soal kelistrikan mobil, Anda harus waspada. Karena hal ini bisa jadi aliran listrik pada mobil Anda tidak mengalir dengan stabil. Ada beberapa perangkat mobil yang memerlukan tenaga listrik yang bisa menghasilkan noise. Walaupun noise tersebut berasal dari salah satu komponen, tapi noise tersebut juga bisa menghambat kinerja kelistrikan dari komponen lain dalam mobil. Jika noise tegangan listrik semakin mengganggu, ada baiknya Anda memasang volt stabilizer aki ke dalam sistem kelistrikan mobil Anda.

>>> Langkah-langkah Mengisi Air Aki Mobil yang Benar

stabilizer membuat aliran listrik pada internal mobil stabil

Stabilizer mobil bisa membuat performa mobil lebih baik

2. Memudahkan Anda melakukan starter untuk menghidupkan mobil

Jika mobil Anda sulit distater, Anda bisa memasang volt stabilizer aki pada kendaraan Anda. Adanya stabilizer aki masalah kelistrikan bisa terselesaikan dengan lebih baik. Contohnya Anda bisa dengan mudah melakukan starter pada mobil untuk menghidupkan mesin mobil. Anda bisa rasakan perbedaannya jika mobil Anda sudah dipasangkan stabilizer aki.

3. Nyala lampu mobil bisa lebih terang

Selain memudahkan Anda untuk melakukan starter mobil, stabilizer aki juga bisa membuat kinerja lampu menjadi lebih baik. Dengan kinerja lampu yang lebih terang dari sebelumnya, Anda akan lebih dimudahkan pada saat berkendara di malam hari. Dengan adanya stabilizer aki motor, berkendara Anda juga menjadi lebih aman dan jauh dari resiko kecelakaan karena lampu yang redup.

4. Kinerja AC mobil menjadi maksimal

Fungsi volt stabilizer aki juga mampu memaksimalkan kinerja AC pada mobil Anda. Itu karena kestabilan arus listrik yang terjaga oleh volt stabilizer aki yang dipasang ke dalam kendaraan Anda. Pada saat ini, AC mobil menjadi hal yang paling penting karena bisa membuat mobil menjadi lebih nyaman selama perjalanan. Apalagi jika Anda akan melalui perjalanan yang jauh, tentu AC sangat dibutuhkan. Jadi Anda bisa pasangkan volt stabilizer aki mobil agar kinerja AC di mobil Anda semakin maksimal.

>>> 5 Penyebab Mesin Mobil Berat saat AC Menyala

 lampu mobil lebih terang

Stabilizer dapat membantu membuat nyala lampu pada mobil terlihat lebih terang 

5. Membuat usia aki mobil panjang

Aliran listrik yang tidak stabil bisa menyebabkan usia aki menjadi pendek. Oleh karena itu dengan adanya stabiliser aki mobil pada kendaraan Anda, bisa membuat aki mobil Anda panjang umur. Secara singkat, aliran listrik mobil yang stabil akan mempermudah kinerja aki mobil. Kondisi ini, membuat aki melepaskan daya dengan konsisten sehingga umur aki mobil Anda bisa menjadi lebih awet.

>>> Mengenal Jenis Aki & Harga Aki GS Mobil

Harga Volt Stabilizer Mobil

Menjadi alat yang punya banyak kegunaan dan berguna untuk mobil, banyak orang yang mencari stabilizer aki mobil terbaik. Berikut ini Cintamobil rekomendasikan beberapa volt stabilizer terbaik beserta harganya:

1. Hurricane XCS 5

Volt stabilizer ini bisa meningkatkan tenaga mobil Anda dan bisa menghemat bahan bakar sebesar 20%. Hurricane XCS 5  asal jepang ini juga bisa memperpanjang umur aki dan meningkatkan kualitas audio mobil. Selain itu suara mobil juga akan menjadi lebih halus. Harga Hurricane XCS 5 di e-commerce mulai dari Rp 2 jutaan.

stabilizer Hurricane XCS 5

Stabilizer aki merek hurricane xcs 5

>>> Kenali Beberapa Musuh Aki Mobil

2. Eravolt XZR

Merek ini bisa membuat tarikan mobil menjadi lebih enteng, untuk menghemat bahan bakar juga bisa menggunakan volt stabilizer ini karena mampu menghemat hingga 20%. Dengan menggunakan volt stabilizer ini juga akselerasi mobil lebih nyaman. Harga Eravolt XZR mulai dari Rp 900 ribuan.

3. Hurricane XCS Twin Turbo

Stabilizer aki yang bagus merek ini cocok untuk kendaraan Anda karena mampu menambah usia komponen kelistrikan dan juga performa mobil Anda menjadi lebih baik lagi karena stabilitas pengapian yang besar di ruang pembakaran mesin mobil. Untuk harga volt stabilizer ini mulai dari Rp 5 jutaan.

>>> Kerugian Akibat Tidak Memahami Berapa Jumlah Ampere Aki Mobil

Cara Pasang Stabilizer Aki Mobil

Memasang alat stabilizer aki menjadi salah satu cara untuk menghemat bahan bakar. Oleh karena itu, banyak orang yang tertarik untuk memasang stabilizer aki mobil. Cara pasang stabilizer aki juga cukup mudah, Anda bisa memasangnya sendiri dirumah dengan menggunakan kunci ring. Berikut cara pasang stabilizer aki mobil:

gambar orang sedang memasang stabilizer aki

Gambar orang sedang mencoba untuk memasang stabilizer aki 

  • Pertama pastikan terlebih dahulu kunci kontak dalam posisi off dan buka kap mesin mobil,
  • Buka penutup aki supaya terminal positif dan negatif bisa disambungkan dengan kabel dari alat stabilizer aki mobil,
  • Sambungkan kabel hitam ke negatif aki dengan cara memasukan ring yang tersambung pada ujung kabel,
  • Setelah itu pasang baut untuk mengunci kabel dan Anda bisa kencangkan menggunakan kunci ring,
  • Sambungkan juga kabel yang berwarna merah ke terminal positif aki dengan memasukan ring yang tersambung pada ujung kabel,
  • Pasang baut dan jangan lupa dikencangkan agar kabel tidak terlepas,
  • Tempel stabilizer aki mobil di dekat aki, tapi biasanya pada bagian bawah stabilizer aki mobil sudah terpasang perekat yang kuat untuk memudahkan Anda.

Bagaimana, apakah Anda juga tertarik memasang stabilizer aki pada kendaraan yang Anda punya? Melihat banyak keuntungan yang didapat, sepertinya penggunaan stabilizer aki ini menjadi hal yang menarik bagi pecinta otomotif.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Stabilizer aki untuk apa?
Mempertahankan voltase aki pada kondisi maksimal.
Apa itu volt stabilizer?
Komponen tambahan yang digunakan untuk menstabilkan aliran listrik dari aki mobil.
Perlukah memasang volt stabilizer?
Pemakaian volt stabilizer wajar jika mobil sudah mengalami modifikasi terutama pada bagian kelistrikannya.
Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top