Kenali Beberapa Musuh Aki Mobil

21/05/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Penting untuk mengenali berbagai musuh aki mobil dengan tepat karena perangkat tersebut memiliki peran vital bagi kelancaran operasional kendaraan bermotor.

Baterai pada kendaraan bermotor (sepeda motor, mobil, bus, truk) mempunyai tugas utama memasok daya listrik untuk memutar motor starter dan peralatan listrik lainnya ketika mesin dalam kondisi mati. Setelah mesin hidup, pasokan daya listrik tak lagi mengandalkan aki mobil, untuk sistem kelistrikan kendaraan bermotor menjadi tugas utama perangkat alternator.

>>> Isi Baterai Mobil Listrik di Shell Recharge Pluit Bisa Gratis

Itu sebabnya, baterai memiliki peran sangat penting bagi kendaraan bermotor. Siapa yang tidak kesal saat harus terburu-buru pergi ternyata mesin tidak bisa dihidupkan gara-gara baterai lemah? Kalau tidak ingin mengalami kekecewaan tersebut, pahami dengan cermat kondisi baterai kendaraan Anda.

Perawatan

Secara umum, usia pakai aki mobil mencapai sekitar dua tahun namun bisa lebih pendek atau lebih panjang. Salah satu musuh baterai yang membuat usia pakai aki menjadi lebih pendek dari dua tahun adalah minim perawatan. Selalu perhatikan kondisi cairan elektrolit (untuk baterai jenis basah) agar berada di antara batas lower level dan upper level.

gambar baterai

Perawatan menjadi persyaratan penting untuk mengoptimalkan  usia pakai baterai

Periksa kondisi terminal (kutub) baterai dan bersihkan jika kotor. Terminal baterai yang kotor (terutama terminal positif) menyebabkan gangguan aliran daya listrik kepada motor starter dan ECU sehingga kedua perangkat itu tidak mampu berfungsi dengan optimal.  

Panas

Reaksi kimia dalam tubuh baterai antara cairan asam sulfat (sulphuric acid) dan lempengan timbel (lead) menyebabkan proses penuaan secara alami dan menjadi salah satu musuh baterai. Suhu lingkungan kerja baterai yang panas membuat proses penuaan tadi berlangsung semakin cepat ditambah lagi penguapan cairan asam sulfat yang bersifat ekstrem. Makanya, disarankan untuk selalu memantau kondisi cairan dalam aki mobil.

gambar baterai

Pelindung panas untuk aki mobil agar tidak mengalami demam tinggi

Masalahnya, ruang mesin yang “sumpek” membuat temperatur kerja baterai relatif panas. Tidak heran kalau banyak pabrikan mobil yang memindahkan lokasi aki mobil ke ruang bagasi, ke dalam kabin, atau di belakang ruang mesin. Selain itu, komponen aki mobil juga kerap dilengkapi dengan semacam “selimut”  agar suhunya tidak terlalu panas karena temperatur tinggi menjadi salah satu musuh baterai sehingga usia pakainya menurun. 

Pengisian

Secara umum, baterai jenis basah (konvensional, lead acid) akan mencapai usia pakai yang optimal jika berada dalam kondisi terisi (charged) 90%-100%. Pengisian arus listrik dan tegangan listrik yang berlebihan (overcharging) di atas 100% oleh sistem pengisian  menyebabkan suhu cairan asam sulfat cepat memanas dan cepat menguap sehingga mengurangi usia pakai baterai.

gambar alternator

Pasokan arus listrik untuk baterai oleh alternator harus disesuaikan dengan kebutuhan

Pada sisi lain, pengisian arus listrik dan tegangan listrik yang kurang (undercharging) menyebabkan baterai tidak bisa menyimpan daya listrik dalam jumlah cukup sehingga pada saat dibutuhkan terjadi kondisi baterai tidak kuat untuk memutar motor starter. Itu sebabnya, kondisi kesehatan alternator harus selalu prima agar tidak menjadi salah satu musuh baterai.      

Guncangan

Musuh baterai lainnya yang berperan mengurangi usia pakai baterai adalah guncangan yang terjadi selama perjalanan. Ketika ban kendaraan membentur lubang di jalan akan terjadi guncangan yang menyebabkan komponen internal baterai terutama lempeng timbel mengalami kerontokan. Satu kali benturan sama dengan satu kerontokan.

gambar guncangan

Guncangan menyebabkan bagian dalam baterai mengalami kerontokan

Alhasil tinggal menghitung sisa usia pakai baterai jika kendaraan sering mengalami guncangan dalam perjalanan. Karenanya, sebisa mungkin hindari guncangan ekstrem selama perjalanan karena menjadi salah satu musuh baterai dan pastikan aki  selalu terikat erat dengan klemnya. 

>>> Cara Aman dan Mudah Untuk Memperpanjang Daya Tahan Baterai

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top