Kerugian Akibat Tidak Memahami Berapa Jumlah Ampere Aki Mobil

23/05/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Memilih aki yang tidak sesuai dengan spesifikasi berisiko merusak komponen pada mobil. Berapa ampere aki mobil yang tepat untuk kendaraan Anda?

Saat memilih aki untuk kendaraan kesayangan Anda, ampere aki jadi bagian penting. Spesifikasi pada aki sudah pasti diukur oleh pabrikan yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Namun, Anda mungkin merasa bingung untuk mengetahui ukuran pasti aki mobil berapa ampere. Ampere merupakan kapasitas jumlah tenaga listrik yang disimpan dalam baterai dan digunakan sebagai sumber tenaga listrik. Nah, kesalahan dalam menggunakan ampere aki yang tidak sesuai ini membuat kendaraan rawan rusak. 

Lalu, efek buruk apa yang terjadi ketika salah memilih ampere aki? Memilih aki yang tidak sesuai dengan spesifikasi berisiko merusak komponen pada mobil. Komponen yang rusak tidak sedikit dan bisa berefek pada lampu, perangkat audio, ECU (Engine Control Unit), dan apa pun yang berkaitan dengan listrik. Hal itu disebabkan karena setiap komponen mobil telah diatur sesuai voltase masing-masing pabrikan.

Mengganti Aki Mobil dengan Ampere Lebih Besar

Aki mobil

Berapa ampere aki mobil, pilih yang sesuai dengan mobil

Kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan besar ampere yang sesuai dengan kendaraannya. Padahal, ini sangat penting. Jika Anda menggunakan aki dengan ampere lebih kecil dari standar mobil, maka bisa membuat umur aki tidak bertahan lama. Akhirnya, aki bakal lebih cepat drop karena beban dari aki diterima lebih besar dibanding ampere yang mampu ditampung. Kinerja alternator juga terganggu. 

Sementara, aki dengan ampere yang lebih besar akan menambah beban pada alternator. Bisa saja alternator tidak bisa mengisi aki sehingga membuatnya mudah rusak. Agar terhindar dari permasalahan yang membuat kendaraan tidak bekerja maksimal, akan lebih baik untuk mengetahui ukuran pasti aki mobil berapa ampere. Anda bisa membaca step berikut. 

>>> Harga Aki Kering Mobil Murah yang Tidak Perlu Merogoh Kocek Dalam

Mengetahui Aki Mobil Berapa Ampere yang Tepat 

Di dalam mobil selalu ada aki namun tidak bisa diketahui dengan pasti ukuran aki mobil berapa ampere. Sehingga, Anda tidak mengerti kapasitasnya. Aki dengan kode JIS (Japanese Industrial Standard) punya dua cara untuk membacanya karena terdapat versi lama dan baru. Kode aki JIS biasanya terletak di bodi atas aki yang dekat dengan deretan tutup ventilasinya. Anda bisa mengetahui cara melihat ampere aki mobil sebagai berikut:  

JIS versi lama dengan kode NZ35LS, dibaca:

  • NS: Versi aki yang lebih kecil dengan pengurangan daya 20% 
  • 35: Daya utama aki
  • Z: Tambahan kapasitas aki 10% setelah sebelumnya dikurangi 20% pada versi NS
  • L: Left, kepala aki/kutub negatif di sebelah kiri. Jika tidak ada kode ini maka lokasi pole ada di sebelah kanan
  • S: Aki dengan terminal besar (untuk ukuran NS)

JIS versi baru dengan kode 35B19LS, dibaca:

  • 35: Kapasitas aki, arti kapasitas sebesar 35 Ah
  • B: Kode aki, mempengaruhi ukuran lebar dan tinggi aki 
  • 19: Panjang aki, biasanya satuan centimeter
  • L: Kutub negatif di sebelah kiri
  • S: Aku dengan terminal besar

Itu merupakan contoh aki keluaran Jepang. Sedangkan, ada beberapa mobil yang memiliki kebutuhan aki berbeda. Agar mengetahui ukuran pastinya, Anda bisa membawa mobil ke bengkel resmi. Cara ini bertujuan untuk menghindari kerusakan pada kendaraan. 

Aki mobil pada Mercy C300

Kode DIN/ETN biasa digunakan pada mobil Eropa

Selain kode JIS, ada juga kode DIN (Deutsche Institut Für Normug – Jerman) yang saat ini mulai diganti ke ETN (Europe Type Number). Biasanya kode DIN/ETN kerap digunakan pada mobil-mobil Eropa, seperti BMW, Mercedes-Benz, Volkswagen, Mini Cooper, dan mobil Eropa lainnya. 

Apa yang membedakan antara aki mobil JIS dan DIN/ETN? Salah satunya adalah peletakan kutubnya yang dibuat sejajar dengan bodi aki. Untuk kode DIN/ETN biasanya diletakkan di pada sisi samping bodi aki, meskipun ada yang juga diletakkan di bagian atas seperti kode JIS. 

DIN/ETN memiliki format kode digit lima angka, namun yang perlu Anda perhatikan hanyalah tiga digit Angka di depan, berikut cara membacanya:

  • Jika angka pertama 5, maka diubah menjadi 0
  • Jika angka pertama 6, maka diubah menjadi 1
  • Jika angka pertama 7, maka diubah menjadi 2

>>> Begini Cara Cas Aki Mobil dengan Benar

Mengetahui Berapa Ampere Aki Motor

Aki mobil

Berapa ampere aki mobil bisa dicek pada kode yang tertera

Sama seperti pada kendaraan bermobil, cara mengetahui berapa ampere aki motor yaitu dengan membaca kode yang tertera pada aki. Misalnya saja seperti kode SAE 10W-40, maka aki juga punya kode semisal 12 V-9 Ah/10 hr dan sebagainya. 

Jika di aki tertulis 12 V-12 Ah/20 hr maka aki terpakai habis dalam kurun 20 jam kapasitasnya 12 Ah. Namun, jika dipakai habis kurang dari 20 jam maka nilainya kurang dari 12 Ah. Artinya, aki awet dipakai karena kapasitasnya dihabiskan minimal dalam waktu 20 jam atau lebih. Jadi, akan lebih baik untuk pilih aki dengan nilai hr sekecil mungkin. 

>>> 3 Cara Jumper Aki Mobil yang Aman Saat di Jalan

Menstabilkan Tegangan Bila Voltase Aki Mobil Turun

Pada dasarnya voltase atau tegangan aki harus berada di atas 12 volt. Angka tersebut ditetapkan untuk menjaga kinerja sistem kelistrikan tetap stabil. Jika tegangan berada di bawah angka 12 volt, maka ada dampak negatif yang dirasakan. 

Aki yang tidak dirawat bisa menimbulkan beberapa masalah, mulai dari soak, aus, atau mati total. Jika satu dari masalah tersebut muncul, maka kinerja sistem kelistrikan mobil jadi tidak stabil. Akhirnya tidak bisa digunakan dengan maksimal dan mati total. Cara menstabilkan voltase aki mobil turun sangat mudah. Anda cukup rutin memeriksa kondisi air aki, melakukan charge ulang, dan menghindari aksesori tambahan yang butuh daya listrik besar. 

Mulai sekarang, hindari kesalahan dalam memilih besar aki mobil berapa ampere secara asal. Pasalnya, bisa berdampak buruk pada kendaraan dan membuat komponen lainnya ikut rusak. Cara maintain-nya, yaitu dengan mengetahui ukuran ampere yang sesuai pada kendaraan Anda terlebih dahulu. Lalu, mengganti daya ampere yang tidak terlalu besar dan kecil dan jaga voltasenya agar tidak menurun. Voltase yang turun akan menyebabkan masalah pada komponen lainnya atau membuat mobil jadi tidak bisa dinyalakan. 

>>> Baca artikel tips & trik lainnya seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Pertanyaan Sering Diajukan

Di mana bisa beli aki mobil?
Anda bisang datang ke toko jual aki mobil atau bisa membeli online di e-commerce.
Apa merek aki mobil yang bagus?
Ada beberapa merek aki mobil, seperti Aki mobil GS Astra, Aki mobil GForce, Aki mobil Yuasa, Aki mobil Power Plus dan Aki mobil Massiv.
Apa yang membuat aki cepat rusak?
Ada beberapa penyebab aki rusak, seperti Mobil Jarang Digunakan, Tingginya Intensitas Penggunaan Mobil, Kecilnya Ampere Aki Mobil, Penambahan Aksesoris Mobil dan Pemakai Yang Lalai.
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top