Mengenal Jenis Aki & Harga Aki GS Mobil

24/05/2021

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Ada banyak aki palsu yang beredar dengan tampilan menyerupai aki merek terkenal. Salah satu adalah aki GS Astra. Biar tidak tertipu, berikut cara membedakan sekaligus harga aki GS mobil di pasaran.

Umumnya, aki kendaraan roda empat hanya dikenal dua jenis, yaitu basah dan kering (MF / Maintenance Free). Namun, ternyata masih ada tiga jenis aki lain yang bisa digunakan. Membeli aki berkualitas bukan perkara mudah. Pasalnya, ada banyak aki palsu yang beredar dengan tampilan menyerupai aki merek terkenal. Salah satu yang sering dipalsukan adalah aki GS Astra. Biar Anda tidak ikut tertipu, berikut cara membedakan sekaligus harga aki GS mobil di pasaran. 

Jenis-Jenis Aki Mobil 

harga aki gs mobil

Ada banyak jenis aki mobil di pasaran

Sebelum lompat ke pembahasan cara membedakan aki GS Astra asli dengan yang palsu, sebaiknya kenali dulu jenis-jenis aki mobil di pasaran. Aki mobil tidak hanya sebatas basah dan kering saja, tapi juga terdiri dari jenis-jenis lain dengan spesifikasi yang berbeda pula. Jenisnya terbagi menjadi 5, yaitu: 

  • Aki Basah, jenis yang paling umum. Memiliki cairan elektrolit air aki yang bisa habis karena penguapan. Harganya jauh lebih murah dan membutuhkan perawatan rutin dengan mengisi ulang cairannya. 
  • Aki Kering, juga disebut Maintenance Free (MF). Mengandung cairan elektrolit dengan timah kalsium yang lebih hemat dalam proses penguapan. Tidak membutuhkan perawatan dan tidak perlu pengisian ulang cairan elektrolit. 
  • Aki Kalsium, tingkat penguapan yang jauh lebih kecil daripada aki pada umumnya. Kemampuannya sangat baik dalam menyalurkan listrik dan keberadaannya langka di pasaran. 
  • Aki Hybrid, merupakan kombinasi aki biasa dengan aki kalsium. Tingkat penguapan sangat minim dan tidak butuh perawatan rutin. Namun, cairan elektrolit di dalamnya bersifat korosif dan berbahaya bagi kulit manusia. 
  • Aki Gel, tidak memakai cairan elektrolit dan menggunakan gel. Usianya jauh lebih awet dibanding aki jenis lainnya. 

>>> Kerugian Akibat Tidak Memahami Berapa Jumlah Ampere Aki Mobil

Tips Membedakan Aki GS Astra Mobil Asli dan Palsu

Ada beberapa merek aki yang beredar di pasaran dan GS Astra menjadi salah satu yang populer. Aki merek ini banyak dipilih karena dinilai awet dan tahan lama. Namun, banyak produk palsu yang meniru GS Astra dan menamainya dengan nama yang sama yaitu ‘GS’.

Aki GS Astra

Cek bagian kardus dan kontainer untuk membedakan aki asli dan palsu

Agar Anda tidak tertipu, cara membedakannya bisa dilihat dari kardus pembungkus aki. Brand yang abal-abal atau KW di bagian kardus dan kontainernya tidak ada tulisan “didistribusikan oleh PT Astra Otoparts” Sementara produk palsu tidak memiliki tulisan Otoparts pada pembungkus dan aki GS Astra. 

Meskipun cukup mudah untuk diketahui, sayangnya tak sedikit konsumen yang masih terkecoh karena layout desain kardus dan kontainer aki yang masih mirip. Namun, jika ingin memastikan jika Anda menggunakan aki GS Astra yang asli, ada baiknya untuk beli di toko resmi, seperti di Shop & Drive

>>> Kenali Beberapa Musuh Aki Mobil

Daftar Harga Aki Kering Mobil

Aki adalah komponen yang penting bagi kendaraan. Fungsinya yaitu untuk menjaga bagian kelistrikan mobil agar bisa berjalan dengan baik. Salah satu jenis yang paling diminati adalah aki kering. Selain memiliki performa yang baik dalam hal kelistrikan, aki kering juga minim perawatan. Berikut daftar harga aki kering mobil:

Tipe

Kisaran Harga

GS Astra

Rp 690 ribu - Rp  925 ribu

G-Force

Rp 600 ribu - Rp 800 ribu

Yuasa

Rp 835 ribu - Rp 950 ribu

>>> Jumper Aki Mobil: Alat yang Wajib Dibawa Pengemudi

Daftar Harga Aki Mobil GS Hybrid

GS Astra Hybrid

Harga aki GS mobil bisa dibilang berbeda tergantung tipenya

Seperti yang telah dijelaskan tadi, aki hybrid termasuk jenis aki basah dan menggunakan teknologi Hybrid yang penguapan air akinya jauh lebih rendah dan lebih lama dibanding aki konvensional. Bagi Anda yang tertarik untuk membeli aki jenis ini, berikut daftar tipe dan harga aki mobil GS Hybrid:

Tipe

Spesifikasi

Harga

GS Astra Hybrid NS40

12V, 32Ah

Rp 612 ribuan

GS Astra Hybrid 34B19R

12V, 34Ah

Rp 659 ribuan

GS Astra Hybrid NS40Z

12V, 35Ah

Rp 656 ribuan

GS Astra Hybrid NS60LS

12V, 45Ah

Rp 712 ribuan

GS Astra Hybrid NS60

12V, 60Ah

Rp 881 ribuan

GS Astra Hybrid 55D23L

12V, 60Ah

Rp 885 ribuan

GS Astra Hybrid NS70

12V, 65Ah

Rp 963 ribuan

>>> Harga Aki Mobil Bekas Memang Murah, Tapi Malah Bikin Rugi!​​​​​​​

Harga Aki Mobil GS Astra Shop & Drive

Shop and Drive merupakan bisnis retail modern otomotif yang merupakan bagian dari PT Astra Otoparts. Di sini juga menyediakan banyak pilihan tipe produk aki, mulai dari ISS, Hybrid, MF, dan Premium. Berikut daftar harga aki mobil GS Astra Shop and Drive: 

Tipe Aki

Harga

GS Astra Hybrid 34B19LS

Rp 733.000

GS Astra Maintenance Free Gold 105D31L

Rp 2.140.000

GS Astra Maintenance Free ISS Q85

Rp 3.531.000

GS Astra Premium 115E41L

Rp 2.490.000

>>> Tipe dan Harga Aki Mobil INCOE Terlengkap 2021

Kelebihan dan kekurangan Aki Mobil GS Astra

toko Shop & Drive

Beli aki dijamin asli di Shop & Drive 

Aki mobil MF GS Astra kerap digunakan untuk pemilik kendaraan yang nggak mau ribet mengurus aki mobil. Pasalnya Anda tidak perlu lagi mengecek dan menambah air aki sehingga menghemat waktu dan biaya perawatan akibat kelalaian mengecek. Aki MF GS Astra memiliki daya start tinggi, dapat menyimpan energi listrik lebih lama bahkan cocok untuk digunakan pada kendaraan yang relatif jarang dipakai atau kondisi mesin mobil dingin.

Jika dibandingkan dengan aki lainnya, tentu saja harga aki GS mobil sedikit lebih tinggi. Namun yang membuat aki hybrid lebih diminati adalah tipe ini bebas korosi atau karat sehingga kebersihan mobil dan aki lebih terjaga. 

Itulah kumpulan daftar harga aki gs mobil dan motor untuk kendaraan pribadi Anda dari Cintamobil.com. Pastikan membeli aki yang sesuai dengan spesifikasi mobil dan lebih jeli dalam memilihnya agar tidak tertipu dengan aki palsu yang beredar. 

>>> Baca artikel tips & trik lainnya seputar otomotif di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa saja jenis aki mobil?
Jenis aki mobil ada Aki Basah, Aki Kering, Aki Kalsium, Aki Hybrid, Aki Gel
Berapa harga aki mobil?
Harga aki mobil berbeda-beda. Namun, harga aki mobil dimulai dari Rp 600 ribuan
Di mana beli aki mobil?
Anda bisa membelinya secara online atau di toko otomotif resmi untuk memastikan keasliannya.
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top