Harga Aki Mobil Bekas Memang Murah, Tapi Malah Bikin Rugi!

12/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Harga aki mobil bekas yang murah membuat banyak pemilik mobil kepincut. Dengan harapan bisa lebih berhemat ketimbang membeli aki baru, pada kenyataannya malah sebaliknya.

Harga aki mobil bekas yang snagat murah membuat beberapa pemilik mobil berpaling ke aki kondisi seperti ini. Apalagi jika merasa dalam keadaan terdesak saat aki mobil mereka rusak atau soak sementara ketika itu ada kendala dana untuk membeli aki baru.

Memang sih, membeli aki bekas tidak akan merusak komponen mobil yang lainnya. Karena tugas aki tersebut tertap sama yaitu untuk mensuplai arus listrik demi kebutuhan beberapa komponen lain, seperti lampu-lampu, sistem audio, membunyikan klakson, sampai menstarter mesin. Tapi ada beberapa kerugian jika Anda memaksakan diri untuk membeli aki bekas.

Nah apa saja kerugian-kerugian tersebut? Bagaimana cara membedakan aki bekas yang coba dikemas lebih baik oleh penjual nakal sehingga terlihat seperti aki baru? Serta berapa harga aki bekas mobil yang banyak dijual, semuanya akan kita kupas di artikel Cintamobil.com berikut ini.

Jangan Tergiur Harga Aki Bekas yang Murah

Aki Mobil GS Bekas

Aki bekas umumnya hanya bertahan beberapa bulan saja

Seperti yang sudah disinggung diawal tulisan ini, harga aki mobil bekas memanglah jauh lebih murah dibanding harga aki baru. Tak heran banyak yang tergiur untuk membeli aki bekas ketika aki kendaraan mereka sudah tak bisa digunakan lagi.

Alasan yang dilontarkan pun sangat singkat, yaitu: Murah! Padahal sejatinya membeli aki bekas bukan berarti bisa lebih menghemat pengeluaran. Sebab aki bekas usia pakainya tidak akan bisa selama aki baru. Jika aki baru untuk mobil bisa bertahan minimal 1-2 tahun, maka aki bekas hanya akan bertahan beberapa bulan saja. Dengan usia pakai yang lebih singkat, maka Anda harus membeli aki dua kali atau lebih untuk periode 1 tahun.

Kita beri sedikit contoh perhitungannya. Misalnya Anda membeli harga aki mobil 70 ampere dalam kondisi bekas Rp 400.000. Namun ternyata aki tersebut hanya sanggup dipakai 4 bulan saja, sehingga dalam setahun setidaknya Anda harus membeli 3 aki bekas. Itu artinya, dalam setahun uang yang Anda keluarkan untuk hanya membeli aki = Rp 400.000 x 3 = Rp 1.200.000. Padahal untuk harga aki mobil 70 ampere kondisi baru, misalnya ada yang paling murah Rp 1.000.000, tapi aki tersebut sanggup bertahan 2 tahun. Mana yang lebih menguntungkan?

>>> Baca juga:

Kenali Ciri-ciri yang Jual Beli Aki Bekas Terdekat

Aki Mobil MF

Hati-hati ada aki bekas yang dikemas seolah aki baru

Harga aki mobil bekas yang murah membuat permintaan untuk aki bekas selalu ada. Sehingga cukup mudah pula menemukan para penjual aki ini. Namun sering kali penjual aki mobil bekas adalah penjual berskala kecil dan menengah yang membuka gerainya di pinggir jalan dengan ukuran lokasi gerai yang tidak terlalu besar. Bakan beberapa diantaranya hanya berupa usaha rumahan.

Umumnya para penjual ini secara terang-terangan menawarkan aki mobil bekas kepada calon konsumennya. Tapi tidak sedikit juga ada penjual nakal yang menjual aki rekondisi atau aki yang sudah bekas pakai, tapi dikemas sehingga terlihat seperti aki baru. Nah sebelum terjebak membeli aki rekonedisi ini, yuk kenali ciri-ciri aki mobil yang sudah bekas dipakai namun dijual kembali seolah-olah seperti aki baru.

1. Kemasannya Sudah Tidak Tersegel

Jika penjual tersebut mengaku kalau produk yang ia jual adalah aki baru yang masih dalam kemasan, maka coba cek kemasan aki itu. Pastikan kemasan masih tersegel dengan plastik bawaan dari produsen aki tersebut. Jika kemasan disegel menggunakan selotip biasa dan kerdus kemasan sudah terlihat lusuh atau kotor, Anda patut curiga.

2. Kepala Aki Sudah Tergores

Apabila dari kemasan cukup sulit diketahui perbedaannya apakah itu aki baru atau sudah rekondisi, maka langkah berikut perhatikan kepala kutub aki baik kutub positif maupun kutub negatif. Untuk aki yang sudah pernah dipakai, pasti terdapat goresan pada kutub tersebut. Sementara untuk aki baru, bagian ini masih sangat mulus.

>>> 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Aki Mobil

3. Perhatikan Kondisi Cover Aki

Kemudian perhatikan juga keseluruhan bagian aki termasuk cover bagian atas aki. Apabila cover aki ini sudan terlihat menggembung, maaka berarti aki tersebut pernah dibongkar untuk dilakukan rekondisi. Selain itu aki yang pernah dipakai juga umumnya memiliki warna yang sudah mulai pudar atau terliha agak kotor dibanding aki baru.

4. Garansi Cuma Beberapa Bulan

Terakhir tanyakan tentang garansi aki tersebut. Untuk aki baru, umumnya penjual menjamin garansi minimal 1 tahun terhitung sejak aki dipasang di mobil. Tapi kalau aki bekas atau rekondisi, biasanya garansi hanya 1-3 bulan, bahkan ada yang cuma berani kasih garansi 2 pekan.

Berapa Sih Harga Aki Mobil Bekas?

Jual AKi Mobil Bekas

Harga aki bekas jauh lebih murah dari aki baru

Harga jual aki mobil bekas pastilah jauh lebih murah ketimbang aki baru. Umumnya harga aki bekas ini bisa separuh lebih murah dari harga aki baru untuk merk, tipe, dan spesifikasi yang sama.

Berikut ini beberapa harga aki mobil bekas tergantung dari spesifikasinya:

  • Aki basah NS40 32 Ampere : Rp 200.000 - Rp 250.000
  • Aki basah NS40L 32 Ampere : Rp 250.000 - Rp 300.000
  • Aki basah NS40Z 35 Ampere : Rp 300.000 - Rp 350.000
  • Aki hybrid NS40 32 Ampere : Rp 250.000 - Rp 300.000
  • Aki hybrid NS40L 32 Ampere : Rp 300.000 - Rp 350.000
  • Aki hybrid NS40Z 35 Ampere : Rp 350.000 - Rp 400.000
  • Aki MF NS40 32 Ampere : Rp 400.000 - Rp 450.000
  • Aki basah NS60 45 Ampere : Rp 300.000 - Rp 350.000
  • Aki basah NS60L 45 Ampere : Rp 300.000 - Rp 350.000
  • Aki hybrid NS60L 45 Ampere : Rp 350.000 - Rp 400.000
  • Aki MF NS60L 45 Ampere : Rp 500.000 - Rp 600.000
  • Aki basah N70 70 Ampere : Rp 450.000 - Rp 500.000
  • Aki MF N70L 70 Ampere : Rp 450.000 - Rp 800.000

Harga aki mobil bekas ini tentu akan berbeda-beda tergantung kondis aki tersebut. Jika kondisi aki masih cukup baik, misalnya bekas orang tukar tambah aki, biasanya harga jual aki mobil bekas tersebut sedikit lebih mahal, apalagi jika masih ada sisa garansi dari pemakai sebelumnya.

Tapi sekali lagi, membeli aki mobil sebaiknya pilih yang baru dan bergaransi di toko yang terpercaya. Jika memang terpaksa membeli aki bekas, lakukanlah itu hanya untuk keadaan darurat yang wajib segera diganti dengan aki baru. Sayangilah kendaraan Anda, supaya kendaraan itu siap mengantarkan kemana pun kapan pun Anda butuhkan.

>>> Klik tips dan trik lainnya untuk mendapatkan informasi menarik seputar perawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa lama usia aki mobil bekas?
Aki mobil yang sudah kondisi bekas pakai umumnya hanya sanggup bertahan beberapa bulan saja tergantung kondisi aki tersebut. Jika masih cukup baik, maka aki bisa bertahan sampai 5 bulan. Tapi kalau sudah pernah dibongkar, maka aki cuma sanggup bertahan 1-2 bulan,
Dimana membeli aki mobil bekas?
Aki mobil bekas banyak dijual di toko-toko aki pinggir jalan. Tak jarang pula aki ini ditawarkan melalui e-commerce. Tak jarang pula penjual ini menawarkan sistem tukar tambah. Artinya sata Anda membeli aki bekas dari emreka, aki lama yang ada di mobil Anda akan mereka bawa.
Apakah aki bekas bisa dicas?
Aki bekas tetap bisa dicas untuk mengembalikan kemampuan tegangan listriknay menjadi kembali maksimal. Tapi umumnya kondisi tersebut hanya bersifat sementara.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top