Jumper Aki Mobil: Alat yang Wajib Dibawa Pengemudi

17/03/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Jumper Aki Mobil: Alat yang Wajib Dibawa Pengemudi
Sebagai komponen yang sangat vital pada mobil, aki mobil perlu perhatian khusus. Jika kualitas aki mobil menurun, mobil bisa tak berjalan normal. Melakukan jumper aki mobil dengan benar dan tepat bisa membantu kondisi mobil yang mendadak mati. Bagaimana caranya?

Kami sarankan Anda menyiapkan budget untuk membeli jumper aki mobil untuk saat ini. Aki mobil yang memiliki usia terbatas, antara satu atau dua tahun, kerap mengalami penurunan seiring dengan pemakanan mobil. Tanda-tandanya saat Anda melakukan starter mobil yang lama, mengeluarkan suara kasar, juga pancaran sinar lampu yang redup.

Bahkan dalam mobil yang jarang digunakan untuk akhir-akhir ini karena efek work from home, membuat aki mobil tekor. Untuk menggunakan jumper aki, pastikan jika Anda menggunakan kabel jumper aki yang kualitasnya bagus berbahan tebal. 

>>> 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Aki Mobil

Tips Memilih Jump Starter

Menggunakan kabel jumper aki mobil

Proses jumper aki mobil membutuhkan kabel khusus

Untuk proses jumper aki mobil, Anda membutuhkan kabel khusus. Harga kabel jumper  juga tergolong murah, mulai dari Rp 35 ribu hingga Rp 200 ribuan. Nantinya Anda bisa meminta pertolongan pada pemilik mobil lain. Pastikan prosesnya dilakukan dengan benar dan aman, supaya nggak menimbulkan percikan api, arus pendek, bahkan meledak.

Selain selalu menyediakan kabel jumper mobil, Anda sebaiknya memiliki jump starter. Khususnya untuk Anda yang sering bepergian jauh atau road trip. Sebelum membahas tentang harga jump starter, berikut ini tips memilih jump starter.

Pilih yang Sesuai dengan Kapasitas Mobil

Kebutuhan daya setiap mobil akan berbeda. Perhatikan dan sesuaikan kapasitas baterai jump starter dengan arus perpindahannya. Semakin besar nilai mAH, semakin banyak listrik yang bisa disimpan. Pada umumnya, kapasitas daya yang kecil, memungkinkan Anda hanya bisa menggunakan satu kali.

Ketahui juga kekuatan arus listrik yang dibutuhkan mesin mobil yang menyala. Arus listrik dilambangkan dengan A (ampere). Semakin besar perpindahan arusnya, semakin banyak daya yang dibutuhkan. Kami sarankan Anda memiliki jump starter dengan arus 300 A untuk mobil kecil, 400-700 A untuk mobil biasa, dan >800 A untuk mobil besar.

>>> Baterai Kendaraan Listrik Tak Bisa Digunakan di Model Mobil yang Berbeda

Pilih Jenis Baterai yang Dibutuhkan

Jump starter memiliki jenis baterai yang beragam. Mulai dari baterai timbal yang kapasitasnya besar dan harga relatif murah. Ada pula jenis baterai lithium ion, yang bentuknya compact dengan kapasitas besar dan bisa disimpan di dalam dashboard. Atau baterai lithium mangan yang cocok digunakan untuk pemula dan relatif aman. Namun, jump starter dengan jenis baterai ini harganya lebih mahal dibandingkan jenis lainnya.

Pilih Jump Starter yang Waterproof

Jump starter yang waterproof atau kedap air penting untuk menghindari risiko konsleting saat mengerjakan sistem kelistrikan di tengah hujan. Anda juga perlu membeli jump starter yang dilengkapi garansi karena perlengkapan listrik tergolong rapuh.

Tak hanya bisa digunakan untuk aki mobil saja, jump starter juga memiliki fitur tambahan lainnya. Salah satunya adalah fitur charging untuk smartphone dan kamera digital. Juga dilengkapi lampu LED untuk penerangan di malam hari. Jadi sebelum membeli jump starter, ada baiknya mengetahui fitur tambahan lainnya.  

>>> Memilih Aki Mobil, Lebih Baik Aki Kering atau Basah?

Berapa Harga Jumper Aki Mobil?

jump starter powerbank

Selalu sediakan jump starter di dalam mobil

Berbicara tentang jumper mobil, saat ini sudah tersedia powerbank jumper aki untuk menjawab kebutuhan. Memungkinkan Anda memiliki jumper aki mobil tanpa kabel sehingga nggak perlu lagi meminta tolong ke pengendara lain. Powerbank yang dimaksud tentu saja memiliki kapabilitas khusus aki. Barangnya pun mudah ditemukan, Anda bisa membeli dengan harga terjangkau di e-commerce kesayangan.

Lantas berapa harga jump starter? Berikut ini kami berikan rekomendasinya.

Wealthy Jump Starter Mobile Power Bank

PT Welty Indah Perkasa merilis Wealthy Jump Starter Mobile PowerBank yang bisa dalam kondisi mobil berhenti di mana pun. Hadir dalam kapasitas 8.000 mAh, jump starter ini memiliki teknologi Smart Clip sebesar 400 Ampere, yang bisa menghidupkan mobil berkapasitas mesin maksimum 2.500 cc. Bentuknya kecil seperti smartphone¸tapi bisa digunakan hingga 50 kali tanpa recharge ulang dengan harga Rp 2 jutaan.

>>> Tipe dan Harga Aki Mobil INCOE Terlengkap 2021

70mai Car Jumper Starter

70mai merupakan anak perusahaan Xiaomi yang merilis jump starter dengan penggunaan yang mudah. Jump starter ini bisa menyalakan berbagai jenis mesin, seperti mesin diesel, truk, mobil, SUV, hingga sepeda motor.

Diklaim mudah, kuat, dan praktis, hanya 5 menit untuk bisa membuat mobil Anda nyala. Produk ini mampu bertahan di suhu ekstrem pada kisaran -20 hingga 55 derajat. Produk ini dijual online dengan harga mulai Rp 590 ribu.

RAVPower Car Jumper Starter

Sedang mencari power bank jumper aki mobil sekaligus penolong saat smartphone Anda sekarat? RAVPower 14000 mAH Car Jumper Starter RP-PB063 bisa menjadi solusi. Alat ini dilengkapi dengan teknologi iSmart Charging, sehingga nggak gampang aus atau rusak. Harga mulai Rp 890 ribu.

Shell Jump Starter Power Bank

Shell Jump Starter Power Bank SH990 memiliki kapasitas 7.000 mAH dengan jenis baterai lithium polymer. Menawarkan klaim aman dengan sepuluh jenis perlindungan, alat jumper aki mobil ini aman terhadap korsleting, percikan api, dan pemasangan kutub plus dan minus yang terbalik. Harga alat ini mulai dari Rp 1.099.000.

Setelah memiliki jump starter, sekarang Anda nggak perlu khawatir lagi mobil tiba-tiba mogok akibat daya aki yang habis. Selamat memilih!

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa yang membuat aki cepat soak?
Aki dibiarkan kotor berdebu, pemasangan aksesori yang berkaitan dengan listrik, air aki mendidih ketika kendaraan dipakai dalam waktu lama.
Apakah saya perlu punya jumper aki mobil power bank?
Sebaiknya pengemudi memiliki jumper aki mobil untuk berjaga-jaga jika mobil mogok di tengah jalan dan tak ada bantuan.
Bagaimana memilih mobil untuk bantuan jumper aki?
Pastikan mobil yang diminta bantuan memiliki daya yang cukup karena setiap mobil berbeda-beda.
Share this post:
Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top