Begini Cara Buat Rangkaian 3 Relay Lampu Depan Mobil

11/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Rangkaian 3 relay lampu depan mobil sebenarnya sudah tersedia dari produsen komponen aksesoris mobil dalam bentuk relay set. Tapi kalau mau sedikit berkreasi pun sebenarnya komponen ini bisa dibuat sendiri di rumah.

Relay lampu mobil digunakan oleh sebagian orang dengan alasan agar pancaran cahaya lampu depan menjadi maksimal. Tidak salah memang, namun sebenarnya relay lebih berfungsi supaya pasokan arus listrik ke lampu jadi lebih stabil dengan besaran arus yang cukup kuat.

Di pasaran umumnya relay lampu untuk mobil ini dipasarkan dalam dua macam, yaitu ada yang satu set relay beserta kabel dan sekring, dan ada yang hanya relay saja. Untuk yang relay set ada juga yang terdiri atas rangkaian 3 relay lampu depan mobil. Gunanya tentu saja menstabilkan arus listrik untuk kebutuhan lampu utama mobil yang terkadang berebda untuk sebagain tipe mobil.

>>> Gara-gara Lampu Rem Kurang Terang, Ratusan Unit Rolls Royce Cullinan Direcall

Fungsi Relay Tambahan untuk Lampu Utama Mobil

3 Selay Set Bosch

Relay bertugas agar pasokan arus listrik untuk lampu mobil lebih stabil

Relay yang terpasang pada kendaraan bermotor termasuk mobil, umumnya berbentuk kotak dengan material plastik berwarna hitam. Pada bagian bawah relay terdapat terminal yang biasanya berjumlah 3 terminal, 4 terminal, atau 5 terminal. Jumlah terminal inilah yang kerap disebut kaki relay, sehingga ada istilah relay 3 kaki, relay 4 kaki, atau relay 5 kaki.

Relay secara umum berfungsi sebagai komponen untuk mengalirkan arus listrik lebih besar namun menggunakan sistem pengendali arus listrik kecil. Dengan dipasang relay, arus listrik yang mengalir ke lampu mobil tidak lagi melalui saklar lampu namun langsung ke relay. Sehingga selain arus listrik yang masuk ke lampu bisa lebih besar, kondisi ini juga membuat saklar lampu lebih awet usia pakainya.

Perlukah Lampu Utama Mobil Pakai Relay Tambahan?

Relay Set Lampu Mobil

Kalau lampu standar sudah diganti maka wajib pakai relay

>>> Lampu Check Engine Menyala Saat Jalan? Mungkin ini Sebabnya

Seperti sudah disinggung di awal tulisan ini, jika ingin cahaya lampu mobil jadi lebih terang maka seriang kali teknisi bengkel menyarankan untuk memasang relay tambahan. Sebenarnya langkah ini untuk membuat suplay arus listrik ke lampu mobil tersebut jadi lebih stabil sehingga cahaya lampu tidka menjadi redup.

Relay tambahan baru wajib dipasang apabila Anda mengganti bohlam lampu standar di mobil dengan bohlam yang punya daya watt lebih besar. Atau saat Anda telah mengganti tipe bohlam di mobil tersebut dnegan jenis lampu berbeda, misalnya dari lampu halogen diubah jadi pakai lampu LED atau lampu HID. Maka lampu ini wajib disambungkan dengan relay tambahan agar pasokan arus listrik lebih stabil dan cahaya lampu jadi lebih maksimal.

Namun perlu diingat, mengganti lampu standar dengan yang watt lebih besar memang akan membuat pancaran lampu jadi lebih terang. Tapi ini menimbulkan konsekuensi negatif berupa panas yang dihasilkan lamu jadi berlebih dan berefek negatif pada batok lampu mobil tereseut. Inilah yang terkadang menyebabkan lampu mobil jadi menguning atau bahkan meleleh akibat sering terpapar panas berlebih.

Membuat Sendiri Rangkaian 3 Relay Lampu Mobil

Diagram Skema 3 Relay Lampu Mobil

Begini skema rangkaian 3 relay lampu mobil untuk lampu jauh dan lampu dekat

Jenis relay lampu mobil yang dijual di pasaran ada yang berupa relay set lengkap dengan kabel dan sekring, serta ada yang dijual hanya relaynya saja. Untuk relay set lampu mobil tentu lebih mudah dalam proses pemasangannya, karena tinggal menghubungkan antara soket relay dengan soket lampu. Namun harga relay set jauh lebih mahal ketimbang Anda membeli relaynya saja.

Sementara kalau membeli relay saja, maka Anda harus paham skema pemasangan relay dengan lampu utama mobil dan ke komponen lainnya seperti aki mobil. Disinilah wajib diperhatikan, mana terminal relay yang disambung ke saklar lampu, mana yang disambung ke kutub positif (+) aki mobil, mana yang menuju ground, mana yang ke soket lampu mobil, serta mana yang tersambung dengan kutub negatif (-) aki mobil.

Kemudian beberapa jenis mobil juga membutuhkan rangkaian 3 relay lampu depan mobil. Tentunya ini untuk mendukung kebutuhan arus listrik untuk lampu tersebut yang mungkin berbeda dengan tipe lampu di mobil lain. Jika membeli relay set, sudah tentu ada yang menjual dalam bentuk rangkaian 3 relay lampu mobil. Tetapi lagi-lagi umumnya model 3 relay set ini dipatok dengan harga cukup tinggi tapi tentu saja pemasangannya jauh lebih mudah.

Jika ingin yang menghemat biaya, solusinya Anda bisa buat rangkaian 3 relay lampu depan mobil sendiri. Caranya cukup dengan menyiapkan 3 buah relay kaki 4 atau kaki 5 beserta soketnya. Jangan lupa siapkan pula kabel tembaga dengan ukruan yang cukup panjang untuk membuat rangkaian paralel dari ketiga relay tersebeut. Sebaiknya siapkan kabel dengan warna berbeda untuk membedakan mana yang akan dihubungkan ke kutub postitif dan kutub negatif. Lalu perhatikan skema rangkaian 3 relay lampu mobil.

Jika semua yang diperlukan sudah tersedia, berikut cara penyambungan ketiga relay tersebut:

  • Pada semua relay, terminal 30 disambung ke fuse atau sekring serta disambung juga ke kutub positif (+) aki mobil.
  • Pada relay pertama, sambungkan kabel di terminal 85 ke kabel bawaan mobil. Terminal 87 disambungkan ke soket lampu, dan terminal 86 disambung ke groudn atau kutub negatif (-) aki mobil.
  • Pada relay kedua, sambungakn terminal 85 ke kabel bawaan mobil. Terminal 87 ke soket buat lampu yangs udah disiapkan. Terminal 86 ke ground atau kutub negatif (-) aki mobil.
  • Pada relay ketiga, sambungkan terminal 85 ke kebel bawaan mobil. Terminal 87 ke soket lampu yang sudah disiapkan. Terminal 86 ke ground atau kutub negatif (-) aki mobil.
  • Supaya sambungan antar soket lebih rapih dan tidak berpotensi menimbulkan konsleting,s ebaiknya Scoen kabel dan setiap sambungan diberi isolasi yang cukup.

Apabila masih kurang jelas cara penyambungan rangkaian 3 relay lampu depan mobil tersebut secara paralel, maka Anda bisa juga tanyakan kepada teknisi yang mengerti tentang hal ini. Atau Anda bisa saksikan video berikut ini:

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya tentang perawatan mobil sendiri di rumah

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa Rangkaian 3 Relay Lampu Depan Mobil?
Relay secara umum berfungsi sebagai komponen untuk mengalirkan arus listrik lebih besar namun menggunakan sistem pengendali arus listrik kecil. Dengan dipasang relay, arus listrik yang mengalir ke lampu mobil tidak lagi melalui saklar lampu namun langsung ke relay. Sehingga selain arus listrik yang masuk ke lampu bisa lebih besar, kondisi ini juga membuat saklar lampu lebih awet usia pakainya.
Fungsi Relay Tambahan Pada Lampu Mobil itu apa?
Relay pada mobil bisa berfungsi sebagai saklar elektromagnetik menggunakan magnet listrik
Merek lampu LED apa yang paling bagus?
Fortuna LED H4 ETI, Autovision LX8 LED Headlight H4 6500K, Autovision LED Carbon P1 9-30V 45W 5700K, Hypersonic LED H11, Osram LED Headlight, Philips X-Treme Ultinon H4 adalah beberapa rekomendasi dari Cintamobil.com untuk Anda.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top