Lampu Check Engine Menyala Saat Jalan? Mungkin ini Sebabnya

29/12/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Lampu Check Engine Menyala Saat Jalan? Mungkin ini Sebabnya
Lampu check engine menyala saat sedang mengendarai mobil, ini jelas bukan pengalaman yang mengenakkan. Tapi jangan panik, cari tahu dulu penyebabnya di sini.

Pada umumnya, lampu check engine menyala saat mobil dalam keadaan stand by, dan akan mati saat mobil menyala. Namun saat indikator tersebut menyala saat mobil telah menyala, atau bahkan saat mobil tengah jalan, itu baru bikin was-was. Biasanya, lampu indikator check engine yang menyala itu menandakan ada hal yang terjadi pada mesin, sehingga ECU mobil menemukan hal atau kejadian tak biasa pada kinerja mesin. Tapi jangan panik, ada beberapa hal yang menyebabkan lampu tersebut nyala, apa saja? Simak uraiannya di bawah ini.

>>> Lampu Indikator Check Engine Menyala? Ini yang Harus Dilakukan

Masalah Di Balik Kap Mesin

Kap mesin mobil terbuka

Umumnya, hal pertama yang dilakukan saat indikator check engine menyala adalah memeriksa kap mesin

Saat lampu check engine menyala, hal pertama yang umumnya dilakukan ialah langsung membuka kap mesin. Ini karena dugaan pertama ada kesalahan di sistem mesin. Kesalahannya beragam, dari hal remeh seperti penutup radiator atau dipstick oli tidak terpasang secara proper, bisa jadi juga karena ada selang atau kabel yang putus.

Filter Udara Kotor

Filter udara mesin kotor

Filter udara mesin kotor dapat mempengaruhi pasokan udara yang masuk ke dalam mesin terganggu

Salah satu komponen yang bisa memicu indikator check engine menyala adalah filter udara yang sudah kotor, atau tidak prima lagi. Semisal sudah terlalu kotor atau berdebu sehingga harus diganti.  Karena jika fliter udara sudah terlalu kotor, tentu akan menghambat suplai udara yang masuk ke ruang bakar, membuat mass airflow sensor rusak, dan pada akhirnya membuat indikator check engine menyala.

>>> Spesial Diskon Paket Servis 20% Dari Mitsubishi Selama Desember

Cabut Dan Pasang Aki

Hal lain yang bisa menyebabkan indikator check engine menyala adalah masalah di aki mobil. Kita tahu sendiri seberapa krusial peranan aki untuk mobil, jelas jika aki bermasalah maka mobil akan sulit menyala, dan indikator check engine pun menyala.

Cabut dan pasang lagi aki baterai

Cara ini juga bisa sekaligus mereset sistem ECU kendaraan

Solusinya, Anda bisa mencopot kepala aki bertanda minus (-) dan diamkan 3-5 menit kemudian dipasang kembali. Sebagai catatan, cara ini sama seperti reset pada sistem komputer kendaraan Anda. Oleh karena itu, jangan heran jika pengaturan radio akan kembali seperti semula.

Tutup Bensin Tidak Rapat

Jika semuanya terlihat aman dan tidak ada masalah, tapi lampu check engine tak mau padam? Well, bisa jadi ini karena tutup bensin yang tidak rapat. Hmm, kok bisa Terdengar remeh memang, tapi di mobil modern tutup tangka bensin yang tidak rapat bisa menyebabkan lampu indicator check engine nyala, kenapa? Kebanyakan mobil modern memiliki sensor tangka yang sudah tersambung langsung dengan ECU.

Tangki bensin terbuka

Remeh memang, tapi hal seperti ini juga bisa membuat indikator check engine menyala

Saat tutup tangki mobil tidak tertutup dengan rapat, sensor menginformasikan ke ECU sebagai hal berbahaya dan memicu check engine menyala. Wajar saja, kejadian seperti ini meski remeh tapi bisa menyebabkan kebakaran mobil. Cara tersebut bisa dilakukan jika lampu check engine menyala tapi tidak ada gejala-gejala aneh yang dirasakan oleh mobil seperti mesin pincang atau tarikan yang terasa brebet, baiknya mobil jangan dipaksa. Segera panggil derek serta kunjungi bengkel kepercayaan Anda.

>>> Tips & trik lain seputar otomotif yang tak kalah menariknya bisa Anda simak di sini

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Jangan Langsung Panik Jika Indikator Check Engine Chevrolet Captiva Menyala

19/02/2020

Perawatan dan service

5 menit

Mungkin And apernah mengalami lampu indikator check engine Chevrolet Captiva menyale terus menerus. Penyebabnya bisa beberapa hal.

Lihat juga

Ingat, Tak Perlu Geber Gas Sebelum Matikan Mesin Mobil!

21/12/2020

Perawatan dan service

5 menit

Ada kebiasaan dipara pengemudi mobil, yaitu jika ingin matikan mesin mobil maka harus geber mesin dnegan cara menginjak-injak pedal gas. Benarkah demikian?

Lihat juga

Mengenal Ragam Sistem Komponen Mesin Mobil

18/08/2020

Perawatan dan service

4 menit

Ada begitu banyak komponen pada sebuah mobil, bahkan untuk satu sistem saja, mungkin bisa terdiri dari pulihan jenis komponen. Yuk mari mengenal beberapa diantaranya.

Lihat juga

Bisa Dirumah, Ini Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil

28/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Tanpa disadari, mesin yang terlihat bersih bisa mengalami penumpukan kerak. Selagi #DirumahAja, Anda bisa mencoba cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil untuk menjaga performa berkendara.

Lihat juga

Amankah Mengisi Bensin Tanpa Mematikan Mesin Mobil?

03/12/2020

Pengemudian

4 menit

Pengendara pastinya sudah biasa dengan imbauan mematikan mesin mobil di SPBU. Tapi sebenarnya apa bahaya di balik mengisi bensin tanpa mematikan mesin mobil?

Lihat juga
 
back to top