Lampu Check Engine Menyala? Ini yang Harus Dilakukan

21/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Lampu Check Engine Menyala? Ini yang Harus Dilakukan
Saat lampu check engine menyala tentu sebagai indikator ada masalah pada bagian mesin mobil Anda. Namun adakalanya, lampu indikator ini menyala saat mobil tengah melaju. Lalu apa yang harus dilakukan?

Para pemilik mobil mungkin pernah mengalami kejadiaan lampu check engine menyala saat mobil tengah digunakan. Lampu ini biasanya berbentuk menyerupai gambar mesin dan menyala di panel instrument pada sisi pengemudi.

Jika lampu check engine menyala, tentu ada sesuatu hal yang terjadi pada mesin. Sehingga sistem komputer di mesin menilai ada kejadian yang tidak biasa pada kinerja mesin tersebut.

Tapi tidak perlu langsung panik, saat lampu indikator ini menyala ketika Anda tengah berkendara, maka Anda bisa cari tempat yang aman untuk berhenti. Kemudian lakukanlah beberapa hal berikut ini:

1. Matikan Mesin

Gambar menunjukkan kunci starter mobil di bagian setir mobil

Matikan mesin sesaat kemudian coba hidupkan lagi

Saat mobil sudah terparkir di pinggir jalan atau tempat yang aman, maka matikan mesin mobil Anda. Diamkan sekitar 2-3 menit, lalu coba nyalakan mesin kembali. Lihatlah, apakah lampu check engine masih tetap menyala atau tidak. Jika tidak, Anda bisa lanjutkan perjalanan.

2. Periksa Kondisi Mesin

Gambar menunjukkan sebuah mesin mobil

Cek apakah ada kabel atau selang yang putus

Jika lampu masih tetap menyala walaupun sudah mencoba untuk mematikan dan menghidupkan mesin 2-3 kali, maka coba periksa kondisi mesin. Bukan kap mesin, dan perhatikan kondisi mesin mobil Anda. Namun terlebih dulu pastikan jika mesin sudah dalam kondisi dingin, agar tak melukai bagian tubuh Anda.

Kemudian periksa beberapa bagian penting di mobil. Misalnya periksa radiator, air radiator, kipas radiator, sistem AC, kabel aki, kabel busi, selang-selang, dan kabel-kabel lainnya. Mungkin saja lampu check engine menyala karena ada selang atau kabel yang putus.

>>> Berapa Jarak Ideal Nyalakan Lampu Sein Mobil Saat Berbelok?

3. Copot Pasang Aki

Gambar menunjukkan bagian aki mobil

Copot kepala kabel aki Minus lalu pasang kembali

Kalau lampu indikator masih terus saja menyala, Anda bisa mencopot kemudian memasang lagi bagian aki. Tapi ingat, cukup lakukan copot pasang pada kepala aki yang bertanda Minus (-). Tidak perlu membongkar secara keseluruhan ya.

Copot kepala aki lalu biarkan 3-5 menit kemudian pasang kembali. Dengan mencopot kepala aki ini sama dengan melakukan reset pada sistem kompoter kendaraan Anda. Jadi jangan heran jika pengaturan radio juga akan kembali seperti sediakala seperti sebelum Anda setting.

>>> Lampu Indikator Rem ABS Jeep Wrangler JK Menyala Setelah Off-Road, Kenapa?

4. Scan Kondisi Mobil

Gambar menunjukkan seorang yang sedang lakukan engine scan

Scan engine untuk mengetahui kerusakan apa yang terjadi

Kalau cara 1-3 masih gagal untuk menghilangkan lampu check engine menyala, maka satu-satunya cara yang harus dilakukan adalah melakukan scan engine. Namun langkah ini harus Anda lakukan di bengkel dengan bantuan teknisi. Karena scan engine hanya bisa dilakukan menggunakan alat khusus untuk mengetahui kerusakan bagian mesin yang mana sehingga membuat lampu check engine manyala.

>>> Tips dan trik lainnya cek disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top