5 Resep Berbeda Modif Fortuner Biar Makin Sangar

24/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

5 Resep Berbeda Modif Fortuner Biar Makin Sangar
Modif Fortuner berikut ini bisa menjadi referensi jika Anda hendak membangun Toyota Fortuenr yang terlihat lebih gagah bukan hanya di penampilannya namun juga performa dan tenaga mesinnya.

Modif Fortuner seperti layaknya modifikasi kendaraan lain yang memiliki tema berbeda-beda. Ada pemilik Fortuner yang senang tampilan mobilnya klimis dengan velg besar berharga mahal. Ada juga yang suka dibuat ala mobil off road, dan yang lain ingin agar mesin dari SUV Toyota ini jauh lebih bertenaga.

Banyaknya ragam aliran modifikasi ini ditunjang juga dari populasi Toyota Fortuner yang cukup besar di Indonesia. Apalagi Fortuner juga dipasarkan di beberapa negara lain seperti di Thailand. Dan di negara itu modifikasi mobil Fortuer juga berkembang dengan varian yang cukup banyak. Sehingga terkadang hasil modif mobil Fortuner di negara tetangga, jadi inspirasi pula para pemilik mobil ini yang ada di Nusantara.

Anda juga saat ini termasuk golongan yang punya Toyota Fortuner di garasi rumah dan berniat untuk sedikit memolesnya jadi lebih beda? Tenang, Cintamobil.com punya beberapa resep ampuh modif Fortuner berikut ini.

>>> Sudah 2,2 Juta Orang Indonesia Jadi Pemilik Innova dan Fortuner

1. Toyota Fortuner Modifikasi Velg dan Ban Besar

Modifikasi Toyota Fortuner Ban Besar

Pakai velg dan ban besar bikin tampilannya makin gagah

Saat hendak modif Fortuner tapi tak mau ribet merembet ke sektor yang lain, maka cara paling jitu dan simpel adalah ganti velg. Mengingat ruang fender dari mobil ini yang cukup lebar, maka velg-velg dengan ukuran besar juga masih bisa terpasang di Toyota Fortuner.

Misalnya Anda bisa memilih velg dengan diameter 18 inci, 19 inci, atau bahkan 20 inci. Namun semakin lebar diameter velg, maka profil ban yang terpasang juga semakin tipis. Jika mobil hanya diperuntukan di jalan-jalan perkotaan, tentu tak masalah. Namun kalau sesekali menemui jalan rusak atau berkerikil, maka sebaiknya pertimbangkan untuk pakai velg yang lebih kecil tapi pakai ban yang cukup tangguh di jalan-jalan seperti itu.

Selain ukuran velg, perhatikan juga PCD roda di mobil ini. Adapun Toyota Fortuner menggunakan baut roda berjumlah 6 buah dengan jarak masing-masing baut tersebut 139,7 mm. Dengan demikian PCD Toyota Fortuner 6x139,7. Sehingga utnuk mencari velg yang tepat terpasng di mobil ini, maka wajib cari yang juga punya PCD serupa.

>>> Modifikasi Toyota Land Cruiser FJ55, Siap Adventure Pakai Mesin Lexus

2. Modifikasi Fortuner VRZ Pakai Velg Trendy

Modifikasi Toyota Fortuner VRZ velg besar

Pilihan velgnya selaras dengan desian Fortuner yang stylish

Masih seputar modifikasi velg di Toyota Fortuner, jika Anda pemilik Fortuner VRZ maka supaya mobil tersebut terlihat makin mewah, bisa lakukan modifikasi Fortuner VRZ dengan mengganti velg ke ukuran 19 inci atau 20 inci. Mengingat velg standar dari mobil ini sudah berdiameter 17 inci, maka ketika terpasang velg 20 inci pun tidak perlu ada ubahan apapun di ruang fender atau suspensi.

Sementara untuk pilihan modelnya, jika ingin modif Fortuner yang terlihat galak maka bisa lirik velg-velg bermotif sangar dari KMC atau XD. Tapi kalau mau yang bernuansa stylish, maka bisa coba dari brand Lenso, Vossen atau Advanti. Sementara kalau mau bertema racing atau sporty, bisa tunjuk brand-brand velg yang sudah terkenal di arena balap seperti Enkei, Rays, atau OZ.

Semua velg-velg ini banyak disediakan di toko-toko velg dan ban yang ada di loaksi terdekat dengan Anda. Kalau mau terlihat branded, silahkan pilih velg yang original, namun kalau mau sedikit berhemat, maka tak ada salahnya juga pilih yang versi replikanya.

>>> Harga Tembus Rp 700 Jutaan, Pilih Toyota Fortuner Baru atau Model Lain?

3. Toyota Fortuner Modifikasi Off Road

Modifikasi Toyota Fortuner Off Road

Fortuner juga siap jika ingin dibawa off road

Resep ganteng modif Fortuner berikutnya adalah menjadikan SUV ini siap untuk diajak bermain off road. Untuk bisa membuat mobil Fortuner modifikasi off road, tentunya cukup banyak yang harus dirombak dari kondisi standar mobil tersebut.

Utamanya pada kaki-kaki seperti suspensi. Anda wajib memasang suspensi yang lebih tinggi dan karakternya lebih keras. Dengan begini bodi mobil juga ikutan menjadi lebih tinggi sehingga nantinya tak khawatir saat harus melewati medan berbatu atau berlumpur. Jangan lupa juga amankan jalur udara masuk dan kabel-kabel supaya tidak menjadi masalah dikemudian hari.

Langkah berikutnya pasang ban off road. Anda bisa ganti velg standar Fortuner dengan velg aftermarket yang punya kekuatan cukup baik, serta dibalut ban tipe MT (Mud Terrain) atau AT (All Terrain). Pilihan velgnya tidak peru berukuran besar, misalnya cukup yang diameter 15-16 inci, namun bannya boleh pakai ukuran besar seperti ban 30 atau 31.

Kemudian Anda juga dapat modif Fortuner dengan ubah bemper depan dengan memasnag bemper aftermarket untuk kebutuhan off road. Langkah ini supaya ban tidak mentok ke fender saat berbelok. Bemper baru itu kemudian dapat juga ditambahkan lampu tembak untuk penerangan saat adventure di pegunungan maupun hutan di malam hari. Kalau semuanya sudah dilakukan, maka Toyota Fortuner Anda pun siap untuk diajak berpetualang di medan liar.

>>> 4 Hasil Modifikasi Mobil Lamborghini Buatan Lokal yang Paling Gokil

4. Modif Fortuner Biar Tenaganya Makin Kuat

Modifikasi Toyota Fortuner Remap ECU

Dengan remap ECU dan pasang Piggyback, tenaga mobil ini melonjak drastis

Kalau modifikasi mobil Fortuner yang satu ini sedang banyak diminati umumnya untuk para pemilik Toyota Fortuner bermesin diesel. Sebab ternyata dengan sedikit racikan saja, tenaga mesin diesel dari Toyota ini bisa meletup lebih besar dari kondisi standarnya.

Caranya pertama-tama Anda bisa lakukan remap ECU mobil tersebut. Saat ini sangat banyak bengkel-bengkel performance yang bisa melakukan remap ECU Toyota Fortuner. Dengan cara tersebut tenaga SUV ini bisa naik secara instan dan makin responsif di putaran bawah maupun atas.

Selain remap ECU, modif mobil Fortuner supaya makin bertenaga bisa juga dengan melancarkan aliran udara masuk dan keluar dari mesin. Yaitu dengan memasang filter udara aftermarket, dan memasang exhaust system yang lebih lapang. Langkah ini bisa juga sekaligus dibarengi setting pada bagian turbo dan memasang piggyback agar didapat racikan tenaga yang lebih optimal.

>>> Review Toyota Fortuner Legender 2020: Fortuner yang Paling Wah

5. Modif Fortuner Pakai Bodykit

Modifikasi Toyota Fortuner bodykit Lexus

Paket bodykit Fortuner ala Lexus

Resep terakhir untuk membangun mobil Fortuner modifikasi yang terlihat keren adalah dengan memasang bodykit. Langkah tersebut dapat dipilih jika Anda ingin penampilan SUV tersebut benar-benar beda dari kondisi standarnya.

Cukup banyak pilihan bodykit untuk SUV Toyota paling laris ini. Mulai dari yang hanya terpasang secara add on pada bemper depan dan belakang, ada yang bodykit full bumper, ada juga yang berikut grilnya.

Yang jual bodykit untuk modif Fortuner juga sangat mudah ditemui, baik dari dalam negeri atau dari negara tetangga. Bahkan di Indonesia pun ada juga yang menyediakan paket bodykit modif mobil Fortuner berubah jadi Lexus. Semuanya tentu bisa Anda pilih mana yang paling sesuai dengan selera.

Itu tadi beberapa resep ampuh untuk modif Fortuner Anda jadi berbeda dari pemilik Toyota Fortuner lainnya. Mana yang menurut And apaling cocok tentu saja kami kambalikan lagi kepada Anda sebagai pemilik mobil tersebut.

>>> Silahkan klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya mengenai mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berpa abiaya modifikasi Toyota Fortuner?
Untuk modifiaksi Toyota Fortuner dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sebab untuk mengganti velg saja, untuk yang replika dalam kondisi bekas harganya paling murah Rp 6 jutaan belum berikut ban. Sementara untuk velg original bisa di atas Rp 15 juta belum termasuk ban.
Apakah modifikasi Toyota Fortuner off road masih bisa dipakai di jalan raya?
Meskipun dimodif ala mobil off road namun mobil ini juga bsia dipakai di jalan beraspal. Namun mobil tidak akan senyaman sebelum di modifikasi.
Berapa biaya remap ECU Toyota Fortuner?
Biaya remap ECU untuk mobil diesel termasuk Toyota Fortuner umumnya berkisar mulai dari Rp 5 jutaan dengan penegrjaan yang hanya sekitar 1 jam.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top