4 Hasil Modifikasi Mobil Lamborghini Buatan Lokal yang Paling Gokil

20/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil Lamborghini berikut ini menarik untuk diulas, karena ternyata mobil eksotis itu bukan berasal dari Italia, melaikan kreasi modifikator-modifikator lokal dari sejumlah daerah di Indonesia dan juga beberapa negara lain.

Modifikasi mobil Lamborghini pastinya dilakoni oleh mereka yang sudah super kaya raya. Bagaimana tidak, harga Lamborghini dalam kondisi standarnya saja sudah bikin mata melotot. Ketika ditambah komponen modifikasi, sudah pastinya butuh biaya tambahan yang tak kalah mahalnya.

Namun rupanya, harga yang teralu tinggi ini membuat beberapa pihak mewujudkan sendiri Lamborghini kreasi mereka. Mobil Lamborghini modifikasi tersebut memang bukan berbasis Lamborghini sebenarnya yang dari Italia, tetapi dari mobil lain yang lantas di modif mobil jadi Lamborghini.

Mungkin sebagian orang akan mencibir jika mereka-mereka ini melakukan plagiat. Tetapi sebenarnya tak salah juga jika kita memberikan apresiasi pada pelaku modifikator tersebut. Karena nyatanya mereka bisa membuat sebuah mobil biasa jadi Lamborghini, bahkan mungkin menjadi mobil Lamborghini modifikasi terkeren berharga terjangkau.

Menarik bukan? Karenanya kali ini Cintamobil.com akan membahas apa aja modifikasi mobil Lamborghini yang pernah dibuat oleh modifikator-modifikator lokal yang ada di Indonesia serta beberpaa negara lain, yang sebenarnya berbasis mobil lain yang kita temui sehari-hari.

>>> Lamborghini Essenza SCV12, Hypercar Balap Yang Tak Bisa Dibawa Pulang

Spesialis Modifikasi Mobil Lamboghini Bandung

Bengkel Modifikasi Lamborghini Bandung

Lamborghini made in Bandung sudah terkenal hingga ke daerah lain

Kalau bicara modif mobil jadi Lamborghini, Indonesia punya tokoh yang sudah cukup tenar dengan hasil kreasinya. Yaitu ia sering berhasil mengubah mobil biasa menjadi sebuah mobil Lamborghini modifikasi.

Sosok tersebut adalah Ronny Nopirman pemilik bengkel Extreme Modifikasi Bandung yang berada di kawasan Belendah, Kabupaten Bandung, Jawa barat. Ronny sudah terkenal karena bisa mengubah mobil biasa jadi mobil Lamborghini atau supercar lain. Misalnya ia pernah membuat satu unit Lamborghini Countach dari mobil Citroen.

Modifikator yang awalnya mengaku membuat mobil Lamborghini modifikasi atas dasar hobi, kini sudah memantapkan diri untuk berbisnis. Dan hasil modifikasi mobil Lamborghini made in Bandung buatan Ronny ini pun sudah terkenal hingga ke daerah lain. Harga untuk satu unit mobil Lamborghini buatan Ronny dihargai mulai Rp 200 jutaan.

>>> Inspirasi Modifikasi Mobil Katana, Bisa Bermacam Gaya Lho!

Replika Lamborghini Aventador dari Gunung Kidul

Bengkel Modifikasi Lamborghini Gunung Kidul Yogyakarta

Bengkel di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta juga berhasil membuat Lamborghini Aventador

Masih dari Indonesia nih, kali ini kita akan beranjak ke kawasan Dusun Nogosari III, Gunung Kidul, Yogyakarta. Karena ternyata disana ada modifikator yang mampu menyulap mobil sedan biasa jadi sebuah Lamborghini.

Adalah Suharyanto yang kerap membuat beberapa mobil Lamborghini modifikasi keren tapi berbasis mobil sedan yang sering Anda temui. Misalnya pada tahun 2019 lalu, ia pernah berhasil menciptakan modif mobil Lamborghini Aventador dari Mitsubishi Galant tahun 2000.

Sama seperti Ronny, saat hendak modifikasi mobil Lamborghini, Suharyanto juga melihat dari miniatur serta gambar mobil yang akan ia buat. Misalnya saat hendak membuat Lamborghini Aventador, maka ia melihat dulu sosok supercar itu dari miniatur yang banyak dijual di pusat-pusat perbelanjaan serta dari gambar mobil Lamborghini Aventador modifikasi yang banyak beredar di dunia maya.

Selanjutnya bodi mobil dimoulding menggunakan galvalum untuk selanjutnya mencetak bahan fiber agar sesuai hasil yang diharapkan. Hasil modifikasinya ini pun cukup presisi dan sepintas terlihat seperti Lamborghini asli dari Italia. Namun mobil ini kabarnya dijual Rp 300 jutaan, masih jauh dari harga asli sebuah Lamborghini asal Bologna, Italia.

>>> Trik Membedakan Setir Racing Asli dan Replika Biar Tidak Tertipu

Modifikasi Mobil Lamborghini Veneno dari Toyota MR2

Lamborghini Veneno Thailand

Paket bodykit bergaya Lamborghini Veneno ini juga dijual

Hasil modif mobil Lamborghini berikutnya yang juga cukup menarik lantaran bukan berasal dari Italia adalah karya dari bengkel modifikasi PS Modify. Bengkel yang ada di Thailand ini mampu menciptakan sebuah Lamborghini Veneno namun berbasis Toyota MR2.

Untuk merubah bodi Toyota MR2 menjadi Lamborghini Veneno, tim dari bengkel ini menggunakan teknik full custom. Modifikasi juga mempertimbangkan bentuk lampu depan dan belakang, bemper, sampai wing belakang. Bahkan modifikasi juga dilakukan dengan memperhatikan detil interior mobil ini.

Spesifikasi teknik dari Lamborghini veneno dari Toyota itu memang tidak dijelaskan secara spesifik, namun bagi yang berminat untuk memesan bodykit ala Lamborghini Veneno, pihak PS Modify pun menjualnya seharga Rp 600 jutaan.

Dan bengkel modifiksi ini juga bukan kali pertama melakukan modifikasi supercar. Sebab melalui video resminya yang mereka bagikan, ada juga gambar mobil Lamborghini Aventador modifikasi, serta ada hasil modifikasi Honda Prelude berwujud McLaren.

>>> Review Lamborghini Huracán Sterrato 2019: Ketika Lamborghini Menciptakan ‘Tamiya’ Hidup

Modifikasi Mobil Lamborghini Aventador dari Honda Civic

Lamborghini Aventador Honda Civic

Lamborghini ini berbasis Honda Civic tahun 2009

Modif mobil Lamborghini yang cukup ekstrim berikutnya adalah yang dilakukan Executive Mod Trendz (EMT) yang berbasis di Mumbai, India. Mengapa ekstrim? Karena mereka berhasil membuat modif mobil jadi Lamborghini Aventador. Adapun bahan untuk Lamborghini Aventador ini adalah sebuah Honda Civic produksi tahun 2009.

Meskipun dikategorikan replika, namun Honda Civic berwujud mobil Lamborghini modifikasi terkeren ini patut diacungi jempol. Karena selain bodi yang dibuat begitu mirip dengan mobil aslinya, detil interior juga diperhatikan dengan seksama. Antara lain menggunakan aksen serat karbon pada dasbor, jok sport dengan dilapis material kulit berwarna cerah, serta pada bagasinya sudah diletakkan seperangkat sistem audio yang lengkap.

Dan Lamborghini Aventador berkelir hitam dof ini kabarnya hanya menghabiskan biaya modifikasi tidak lebih dari Rp 200 juta. Wow, tidak sampai separuh harga Lamborghini aslinya ya!

Itu tadi beberapa modifikasi mobil Lamborghini buatan tangan-tangan kreatif. Walau banyak dicibir, tapi sebenarnya hasil kreasi mereka cukup mengagumkan. Setuju?

>>> Temukan tips dan trik menarik lainnya tentang mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya modifikasi mobil bias ajadi Lamborghini?
Untuk merubah mobil biasa jadi Lamborghini sebenarnya tidaklah murah. Dari beberapa bengkel yang mampu melakukan hal ini, setidaknya butuh dana mulai dari Rp 200 juta. Tapi tentunya harga ini masih jau lebih mruah dibandingkan membeli Lamborghini yang asli.
Mobil apa yang bisa diubah jadi Lamborghini?
Sebenarnya hampir semua mobil dapat diubah jadi Lamborghini. Tapi umumnya yang dipilih adalah mobil jenis sedan dengan pertimbangan masih bisa menggunakan sebagin sasisnya.
Apakah mobil biasa bisa pakai mesin Lamborghini?
Untuk menjejealkan mesin Lamborghini ke mobil baisa tentunya butuh sejumlah penyesuaian. Mulai dari ruang mesin, posisi engine mounting, kesesuaian dengan gearbox, smapai kesanggupan sasis, suspensi dan pengereman, untuk menopang kinerja mesin Lamborghini yang jauh diatas tenaga mesin standar mobil tersebut.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top