Review Toyota Fortuner Legender 2020: Fortuner yang Paling Wah

11/06/2020

Share this post:

Toyota Fortuner 2020

Editor rate:

Rp 826.200.000

Harga Toyota Fortuner Terbaru Lihat promo

Ada alasan khusus Toyota Motor Thailand melansir varian spesial dari Toyota Fortuner ini, untuk mengetahuinya simak review Toyota Fortuner Legender 2020 kami.

Review Toyota Fortuner Legender 2020: Fortuner yang Paling Wah
Review Toyota Fortuner Legender 2020: Fortuner yang Paling Wah
0 Gambar

Pengantar Toyota Fortuner 2020

Mari kita simak spesifikasi Toyota Fortuner 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Tenaga dan torsi meningkat dengan pilihan mesin 2.8L

Tampilan eksterior lebih menggoda

Fitur lebih lengkap

Kekurangan

Harga mahal

Mesin 2.8L diesel belum tentu masuk Indonesia

Ubahan kurang signifikan

Foto Toyota Fortuner 2.4 VRZ AT 2016

Toyota Fortuner generasi kedua ini sudah berumur 4 tahun

Review Toyota Fortuner Legender 2020 Tidak terasa perjalanan Toyota Fortuner mengaspal di dunia sudah menginjak usia 15 tahun. Dan selama satu setengah dekade tersebut, Fortuner sudah memiliki dua generasi. Generasi pertama lahir tahun 2005 dan terus dijual hingga sepuluh tahun setelahnya. Sampai pada tahun 2016 lahirlah All New Toyota Fortuner dengan desain yang lebih slim and sleek. Tak hanya mendapat ubahan bodi, dan interior, mesin juga mengalami ubahan total. Kini setelah beredar 4 tahun, Fortuner kembali mendapat facelift yang lebih wah, semakin spesial dengan diluncurkannya varian Toyota Fortuner Legender 2020 ini.

Foto Toyota Fortuner 2.4 Basic Facelift Thailand 2020

Fortuner base model mempertahankan bentuk ganteng dari Fortuner generasi kedua

Toyota Fortuner pada versi facelift kini punya dua versi yang berbeda, yakni Fortuner base model dan Fortuner Legender. Alasan Toyota Motor Thailand melansir Fortuner dalam dua versi ini adalah demi menyasar konsumen yang lebih luas. Untuk Fortuner Base model tetap mempertahankan bentuk ganteng dari Toyota Fortuner generasi kedua yang meluncur sejak tahun 2016. Hanya saja ia diberikan beberapa ubahan untuk menyegarkan tampilannya, seperti headlamp, stoplamp, ubahan velg, hingga bumper depan baru yang desainnya lebih agresif. Fortuner base model juga tetap mendapat pilihan mesin 2.4L diesel dan opsi 4x4.

Gambar menunjukkan Toyota Fortuner 2.8 Legender 2020

Legender jadi versi paling wah dari Fortuner

Sementara Toyota Fortuner Legender adalah sebuah model spesial dari Fortuner. Toyota Thailand menyebutnya spesial karena Fortuner Legender merepresentasikan 'The Ultimate Leader'. Menurut Toyota Thailand, Fortuner Legender ini menjadi opsi yang menarik untuk para businessman di sana, dengan tampilan eksterior mobil yang total fresh mulai dari bagian depan, samping hingga belakang. Tak hanya itu saja, ia juga dibekali dengan dua pilihan mesin yakni 2.4L dan 2.8L diesel serta opsi penggerak 4 roda. Untuk lebih jelasnya, mari simak review Toyota Fortuner Legender 2020 ini hingga tuntas.

Eksterior Toyota Fortuner 2020

Review Toyota Fortuner Legender 2020: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Toyota Fortuner Legender 2020

Tampilan depan Fortuner Legender jauh lebih menggoda dari base model

Tampilan eksterior depan Toyota Fortuner Legender 2020 ini jauh lebih menggoda dari versi base model. Fortuner Legender ini mendapatkan headlamp, grille, dan bumper dengan desain total baru. Lampu utamanya sendiri sudah menganut Light Emitting Diode (LED) High Beam and LED Bi-Projector Low Beam yang punya pancaran sinar terang, dan hemat daya. Lampu sein juga sudah full LED dan bisa menyala sekuensial dari kiri ke kanan, sehingga lebih berkesan canggih dan mirip mobil mewah keluaran Lexus.

Review Toyota Fortuner Legender 2020: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Toyota Fortuner Legender 2020

Tampilan samping masih identik dengan Fortuner generasi kedua pre-facelift

Lanjut ke tampilan eksterior samping Toyota Fortuner Legender 2020 ini, langsung terlihat jika sebenarnya Toyota Motor Thailand tidak terlalu banyak memberikan ubahan. Kesan Fortuner generasi kedua masih kental dengan signature lekukan pada pilar C. Begitu juga dengan desain gagang pintu hingga footstep-nya. Hal yang baru pada Toyota Fortuner Legender ini ada pada velg-nya. Kini velg 20 inci yang digunakan pada Fortuner Legender punya desain baru berkelir two tone yang terlihat semakin sporty dan proporsional untuk dilihat.

Review Toyota Fortuner Legender 2020: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Toyota Fortuner Legender 2020

Kelir two tone hanya ada di Fortuner Legender

Pada bagian buritan Toyota Fortuner Legender 2020 ini nuansa fresh lebih terlihat dibanding tampak sampingnya. Hal ini ditunjukkan dengan penggunaan bumper belakang baru yang punya lekuk lebih sporty dan seolah terdapat lubang ventilasi untuk kebutuhan aerodinamika. Selain itu, stoplamp lebih berkesan sophisticated dari model lama. O ya, khusus untuk Fortuner Legender Anda dapat memilih warna two tone seperti foto di atas. Total hanya ada tiga pilihan warna two tone dan satu warna single tone di Legender.


Interior Toyota Fortuner 2020

Review Toyota Fortuner Legender 2020: Layout Dashboard

Gambar menunjukkan layout dashboard Toyota Fortuner Legender 2020

Iluminasi warna biru di Fortuner Legender ini menyala apik saat gelap

Masuk ke dalam interior Toyota Fortuner Legender 2020 ini, Anda akan disuguhi dengan penampilan dashboard yang masih sama dengan Fortuner sebelum facelift. Ini dilakukan bisa saja karena Toyota Motor Thailand menilai bahwa desain dashboard seperti ini masih modern dan relevan untuk Fortuner terbaru ini. Namun, bukan berarti tidak ada hal baru di interiornya ini, Anda akan mendapat panel meter dengan layout anyar plus lampu iluminasi berwarna biru yang menyala apik saat di malam hari.

Review Toyota Fortuner Legender 2020: Kursi

Gambar menunjukkan kursi Toyota Fortuner Legender 2020

Kursi pengemudi sudah elektris dan dapat diatur 8 arah

Bagi Anda yang pernah duduk di kursi Toyota Fortuner pasti setuju jika kursi Fortuner termasuk empuk di kelasnya. Dan kursi yang menyangga badan dengan nyaman ini terus dilanjutkan hingga Fortuner facelift ini. Terlebih, untuk kursi pengemudi dapat diatur secara elektris ke delapan arah melalui dua buah tombol di sisi kanan bawah kursi. Semua kursi juga sudah dibungkus kulit demi menambah kesan mewah dan mahal, jelas saja karena di negara asalnya Fortuner Legender ini harganya tembus Rp 800 juta.

Review Toyota Fortuner Legender 2020: Setir

Gambar menunjukkan setir Toyota Fortuner Legender 2020

Kemudi Fortuner mirip Hilux dan mantab digenggam

Setir pada Toyota Fortuner Legender 2020 ini bentuknya sama dengan Fortuner base model, lingkar kemudi ini juga nyaman dan mantab untuk digenggam karena diameternya pas serta dibungkus kulit. Setir ini juga sudah dilengkapi berbagai tombol pengatur audio, di spoke sebelah kanan untuk mengatur Multi Information Display dan palang kiri untuk pengaturan audio. Tidak hanya itu saja, karena setir ini dapat diatur secara tilt and telescopic, sehingga memungkinkan segala postur tubuh dapat menemukan posisi yang ergonomis ketika mengemudi.

Fitur Toyota Fortuner 2020

Review Toyota Fortuner Legender 2020: Wireless Charger

Gambar menunjukkan wireless charger Toyota Fortuner Legender 2020

Letakkan smartphone di konsol itu maka baterai gawai otomatis terisi

Khusus untuk Toyota Fortuner Legender 2020 ini sudah mendapatkan fitur wireless charger yang terletak di konsol depan bagian bawah tombol selector 4x4. Fitur ini dapat mengisi penuh baterai smartphone Anda. Jadi Anda tinggal letakkan saja smartphone Anda yang sudah support pengisian tanpa kabel di tempat itu. Pengisian daya nirkabel di Toyota juga relatif cepat meskipun smartphone yang Anda gunakan belum dilengkapi fitur fast charging.

Review Toyota Fortuner Legender 2020: In-Car Entertaiment System

Gambar menunjukkan In-Car Entertaiment Toyota Fortuner Legender 2020

Selain head unit touch screen 9 inch, Fortuner Legender dilengkapi dengan sound system JBL

Toyota Fortuner Legender 2020 ini sudah dilengkapi dengan perangkat in-car entertainment system yang mumpuni. Sebab, bukan hanya head unitnya sudah mengadopsi jenis layar sentuh 9 inci yang memudahkan penggunaan. Tapi khusus untuk Fortuner Legender sudah mengadopsi tatanan audio 9 speaker keluaran JBL. Jelas ini akan memanjakan telinga Anda, apalagi Fortuner Legender sudah support koneksi Apple CarPlay.

Review Toyota Fortuner Legender 2020: Panoramic View Monitor

Gambar menunjukkan panoramic View 360 Monitor Toyota Fortuner Legender 2020

Parkir jadi lebih mudah dengan bantuan kamera

Kegiatan parkir akan menjadi semakin mudah dengan Toyota Fortuner Legender 2020 ini, sebab ia sudah dilengkapi dengan empat kamera yang dapat memantau 360 derajat mobil secara presisi. Fitur ini dinamakan sebagai panoramic view monitor. Dengan adanya fitur ini, Anda tidak akan kesulitan melakukan manuver parkir dengan mobil berdimensi panjang 4,7 meter, dan lebar 1,8 meter ini.

Review Toyota Fortuner Legender 2020: Toyota Safety Sense

Gambar menunjukkan Toyota Safety Sense Toyota Fortuner Legender 2020

Khusus Fortuner Legender dilengkapi dengan fitur Toyota Safety Sense

Sebagai varian top of the line dari Toyota Fortuner, Legender ini juga dilengkapi fitur dengan Toyota Safety Sense (TSS). Fitur TSS yang dibawa pada Legender ini berupa Pre Collision System, Dynamic Radar Cruise Control, dan Lane Departure Alert. Itu semua masih didukung lagi dengan beragam fitur keselamatan aktif seperti Vehicle Stability Control, Traction Control System, Hill-start Assist Control, Brake Assist, Anti-lock Braking System, Trailer Sway Control, plus rem cakram di keempat roda.

Review Toyota Fortuner Legender 2020: Cruise Control

Gambar menunjukkan Cruise Control Toyota Fortuner Legender 2020

Perjalanan jauh kian menyenangkan dengan hadirnya cruise control

Fortuner Legender ini juga dilengkapi dengan cruise control. Menjadikan mobil ini melaju pada jalan bebas hambatan lebih nyaman dengan adanya fitur ini. Dengan mengaktifkan fitur cruise control ini, ECU alias Electronic Control Unit akan memerintahkan TPS (Throttle Position Sensor) untuk menahan bukaan throttle pada derajat tertentu guna menahan laju mobil pada kecepatan yang sudah ditentukan. Tentu di perjalanan panjang fitur ini akan sangat berguna dan menyenangkan pengemudi. Dan lebih hemat BBM di tol dengan elevasi datar.

Review Toyota Fortuner Legender 2020: Multi Information Display

Gambar menunjukkan Multi Information Display Toyota Fortuner Legender 2020

MID Fortuner Legender cukup lengkap

Toyota Fortuner Legender ini dilengkapi dengan multi information display yang cukup lengkap. Mulai dari informasi tentang konsumsi bbm rata-rata, kalkulator ‘digital’ yang dapat menghitung penghematan BBM, konsumsi bbm real time, sisa jarak tempuh yang dapat dilalui berdasarkan kalkulasi jumlah BBM di dalam tangki, indikator suhu, trip A dan B, serta odometer. Terlebih panel meter Toyota Fortuner Legender 2020 ini juga baru.

>>> Review Toyota New Fortuner TRD Sportivo 2019, Kini Lebih Spesial

Operasi Toyota Fortuner 2020

Gambar menunjukkan perbandingan mesin 1GD-FTV dan 2GD-FTV Toyota Fortuner Legender 2020

Mesin 2.800 cc yang digendong Fortuner Legender makin disempurnakan

Di balik kap mesin juga menjadi pembeda Fortuner Legender dengan Fortuner Facelift base model. Jika di Toyota Fortuner facelift biasa hanya terdapat pilihan mesin tanpa busi (baca: diesel) 2.4L berkode 2GD-FTV. Maka pada Toyota Fortuner Legender terdapat opsi yang lebih bertenaga yakni unit mesin diesel berkode 1GD-FTV dengan kapasitas silinder bersih 2.755 cc. Menariknya, mesin ini sudah disempurnakan dengan penyempurnaan balancer mesin, sehingga tujuan untuk lebih mereduksi suara dan getaran dapat tercapai.

Gambar menunjukkan paddle shift Toyota Fortuner Legender 2020

Transmisi 6 percepatan bisa oper gigi via paddle shift

Penyempurnaan tersebut dilakukan ditambah sedikit tuning pada mesin dieselnya. Alhasil unit 4-silinder 2.8L ini dapat menghasilkan tenaga dan torsi mesin yang lebih besar. Tenaganya naik menjadi 204 ps atau sekitar 202,5 hp (naik 25,5 hp dari model lama) dan torsi menjadi 500 Nm (naik 50 Nm dari model sebelumnya) yang sudah dapat dirasakan sejak putaran mesin 1.600 rpm hingga 2.800 rpm. Apalagi putaran mesin idle (stasioner)-nya juga turun dari 850 rpm ke 650 rpm membuat mesinnya terasa lebih lembut dan membantu saat merayap di medan off-road.

Gambar menunjukkan Toyota Fortuner Legender 2020

Performa Fortuner Legender lebih perkasa dari Fortuner base model

Tenaga dan torsi tersebut dapat disalurkan ke dua jenis penggerak. Jika Fortuner Legender yang Anda pilih berpenggerak 2 roda, maka akan disalurkan ke dua roda belakang dan apabila Anda memilih versi 4WD maka akan tersalur keempat rodanya yang disebut Toyota sebagai sistem Sigma 4, dan tentunya akan melalui transmisi otomatis 6-percepatan konvensional yang dapat dipindahkan secara sekuensial melalui paddle shift yang terletak di balik kemudi.

Spesifikasi Toyota Fortuner 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Fortuner Legender 2020.

Mesin Toyota Fortuner Legender 2020

 Seri mesin

 1GD-FTV, 4 Silinder, VN Turbo Intercooler

 Pasokan Bahan Bakar

 Common Rail Direct Injection

 Jumlah Katup

 4 Katup Per Silinder (2 Inlet & 2 Outlet)

 Tenaga Maksimum

 202,5 Hp (204 Ps) @ 3.400 rpm

 Torsi Maksimum

 500 Nm @ 1.600 - 2.800 rpm

 Kapasitas Silinder

 2,755 cc

 Bore X Stroke

 92.0 mm X 103.6 mm

 Tipe Transmisi

 6 Percepatan Otomatis, Skuensial, 4WD

  Rangka Toyota Fortuner Legender 2020

  Panjang X Lebar X Tinggi

 4.795 mm X 1.855 mm X 1.835 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2,750 mm

 Jarak Terendah Ke Tanah

 193 mm

 Jumlah Tempat Duduk

 7-Seats

 Kapasitas Tangki

 80 Liter

  Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Fortuner Legender 2020

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: Double Wishbone with Stabilizer

 Belakang: 4 Link & Coil Suspension with Stabilizer Bar 

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Hydraulic VFC (Variable Flow Control)

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc Brake & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, Toyota Safety Sense

Teknologi Safety Sasis

 G.O.A Body by Toyota

Struktur Sasis

 Ladder Frame, SUV C-Segment

 Pelek

 Alloy, 20 inch

Jenis Ban

 Radial, 265/50 R20

Daftar Harga Toyota Fortuner 2020

Gambar menunjukkan tampilan belakang Toyota Fortuner basic facelift dan Toyota Fortuner Legender 2020

Harga jual Fortuner Legender di Thailand tembus Rp800 jutaan

Toyota Fortuner facelift ini baik yang base model maupun Legender belum dijual di Tanah Air, namun kabarnya akan segera dijual di Indonesia dalam waktu dekat. Di negeri Gajah Putih sana, untuk Fortuner facelift biasa alias base model dijual dengan rentang harga Rp 586,2 jutaan hingga Rp 664 jutaan, sementara Fortuner Legender dijual mulai Rp 701,6 jutaan hingga Rp 826,2 jutaan.

>>> Simaklah harga dan promosi saat membeli mobil Toyota Fortuner terlengkap di sini

Kesimpulan Toyota Fortuner 2020

Gambar menunjukkan kesimpulan review Toyota Fortuner Legender 2020

Meski mesin diesel 2.800 cc kemungkinan kecil masuk Indonesia, tapi tampang Fortuner Legender akan ada di Tanah Air 

Toyota Fortuner Legender 2020 ini adalah SUV ladder frame yang kami rekomendasikan untuk Anda, apabila Anda mencari SUV yang kokoh, dan mampu dibawa off-road. Apalagi nama besar Toyota seakan menjadi jaminan layanan purna jual yang luas bahkan hingga ke pelosok. Sayangnya, jika Anda menginginkan versi mesin 2.8L ini kemungkinan besar tidak akan masuk Indonesia. Hal itu lantaran skema pajak di Tanah Air tidak ramah terhadap mobil dengan cc besar. Tapi jangan khawatir, Fortuner dengan model eksterior Legender ini tetap akan masuk Indonesia kok. Jadi harap sabar menunggu ya...

>>> Klik sini untuk lanjut simak review mobil lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Dwi Jaya Mobil

DIY Yogyakarta

POWER AUTO

Banten

MOCIL DIPO

DKI Jakarta

Review lain

Review Toyota New Fortuner TRD Sportivo 2019, Kini Lebih Spesial

01/08/2019

Editor rate:

Bisa dibilang mobil yang satu ini menjadi mobil wajib para eksekutif muda di daerah perkotaan. Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 ini akhirnya varian top of the line dari Toyota Fortuner ini mengalami cukup banyak ubahan. Apa saja ubahannya? Simak terus ulasan mengenai mobil Toyota New Fortuner TRD Sportivo 2019 ini.

Lihat juga

Review Toyota Fortuner TRD Sportivo Thailand Spec 2019

31/01/2019

Editor rate:

Kali ini tim Cintamobil.com mendapat kesempatan untuk mengulas Toyota Fortuner TRD Sportivo Thailand Spec 2019, mengapa mobil ini bisa dikatakan istimewa bila dibandingkan dengan model yang dijual di Indonesia?

Lihat juga

Review Toyota Fortuner VRZ 2017: Lebih Sporty, Modern dan Mewah!

01/01/2020

Editor rate:

Toyota Fortuner VRZ 2017 bisa menjadi pilihan SUV yang menarik dengan tawaran berbagai keunggulan dan kemewahan yang bisa memanjakan Anda ketika berkendara.

Lihat juga

Review Toyota Fortuner Diesel TRD 2017, Varian Ter-Sporty Keluarga SUV Tangguh Toyota

16/04/2018

Editor rate:

Dengan sejumlah ubahan pada bodi dan kabin, Toyota Fortuner TRD hadir dengan penampilan lebih sporty dibandingkan model-model lainnya. Berikut ini adalah review Toyota Fortuner Diesel TRD 2017. Selamat membaca.

Lihat juga

Review Toyota Fortuner 2.7L 2005: Awal Popularitas SUV Toyota

Rp 140.000.000

30/05/2020

Editor rate:

Sejak pertama kali diperkenalkan, Toyota Fortuner langsung menjelma menjadi SUV populer di Indonesia. Kali ini, kita kupas apa saja yang ditawarkan oleh Toyota Fortuner 2005.

Lihat juga