Modifikasi Toyota Land Cruiser FJ55, Siap Adventure Pakai Mesin Lexus

25/01/2021

Perawatan dan service

5 menit

Toyota Land Cruiser FJ55 ini dimodifikasi bukan hanya dari bannya saja yang sudah pakai ukuran lebih besar, namun jantung tenaga mobil ini pun sudah mengalami operasi dengan menggunakan mesin Toyota modern.

Toyota Land Cruiser FJ55 ini memang merupakan kendaraan offroad yang sudah tak lagi muda. Tapi urusan tenaganya, SUV (Sport Utility Vehicle) tangguh itu punya kemampuan yang boleh disandingkan dengan SUV modern.

Bagaimana tidak, Land Cruiser kelahiran 1974 ini sudah dibekali mesin dari 'kakak kandungnya'. Hal itu membuat Toyota Land Cruiser tersebut sangat siap untuk dipakai adventure di hutan atau mendaki gunung sekalipun.

>>> Toyota Konversi Land Cruiser 70 Series EV, Untuk Keperluan Tambang

Pakai Mesin Toyota Modern

Mesin 2UZ Toyota

Pakai mesin 2UZ-FE 4.700 cc V8

Dikutip dari Autoevolution, Senin (25/01/2021), Toyota Land Cruiser ini tercatat memiliki nomor sasis FJ55046688 yang artinya model tersebut masuk dalam seri FJ55. Dalam kondisi standar, Toyota Land Cruiser FJ55 menggunakan mesin straight-six 3.900 cc, namun ternyata tidak dengan FJ55 berkelir kombinasi putih biru ini.

Karena di bonetnya sudah tersimpan mesin 4.700 cc V8 DOHC berkode 2UZ-FE. Oleh Toyota mesin ini dipakai untuk Lexus LX produksi 1998-2005, Toyota Tundra, Toyota Sequoia, dan juga Toyota Land Cruiser produksi 1998-2005. Dengan mesin baru itu, mobil tersebut mampu memproduksi daya 228 Hp dengan torsi 410 Nm.

>>> Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Melakukan Engine Swap?

Sudah Pakai Aksesoris Offroad

Modifikasi Toyota Land Cruiser FJ55

Penampilannya tua tapi tenaganya setara SUV modern

>>> Review Toyota Land Cruiser 1960: Si Legendaris Hardtop FJ40, Rajanya 4x4

Selain dijeboskan satu mesin baru, beberapa penyesuaian pun dilakukan agar mesin itu bsia bekerja dengan sempurna pada rangka dan bodi FJ55. Diantaranya melakukan penggantian water pump, timing belt, alternator, valve gasket, dan coil. Kemudian transmisinya pakai 4 percepatan otomatis yang terhubung dengan 2-speed transfer case.

Tak cukup disitu, sejumlah akesoris dan part untuk kebutuhan offroad juga sudah dipasang di mobil ini. Antara lain sudah dilakukan pemasangan axle baru, radius arm bushing baru, rocking radius arm dari Delta, damper Tokico, suspensi offroad keluaran Old Man Emu, dan sistem power steering RedHead. Makin lengkap, velg baja yang terpasnag di mobil ini juga sudah dibungkus dengan ban BFGoodrich Mud-Terrain T/A KM3.

Kemudian selain mesin, ruang kabinnya juga sudah disegarkan. Jok pakai copoton dari FJ80 yang dilapis ulang oleh material kulit, kabin dipasang AC dan pemanas, serta head unit baru dengan fitur Bluetooth.

Kalau Anda mau memiliki Land Cruiser FJ55 ini, ternyata mobil tersebut sedang mencari orang yang mau merawatnya. Dipasarkan oleh Bring a Trailer, banderol yang tertera untuk SUV tangguh ini adalah USD 30.000 atau kira-kira Rp 415 juta.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top