Toyota Konversi Land Cruiser 70 Series EV, Untuk Keperluan Tambang

10/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Toyota Konversi Land Cruiser 70 Series EV, Untuk Keperluan Tambang
Umumnya, konversi EV mobil klasik dikerjakan modifikator. Tapi, bagaimana jika pabrikan yang menggarapnya? Contohnya Land Cruiser 70 Series garapan Toyota Australia ini.

Pernah membayangkan bagaimana caranya Toyota Land Cruiser dengan powertrain EV? Sebenarnya sudah ada proyek serupa dengan basis FJ40, namun konversi kali ini dilakukan oleh Toyota Australia.

Konversi Resmi

Toyota Australia berkolaborasi dengan BHP, perusahaan tambang ternama di Australia untuk sebuah pilot project kendaraan elektrik untuk pertambangan. Proyeknya masih berskala kecil, di mana hanya satu mobil yang dikonversi.

>>> Bagaimana jadinya jika Toyota Land Cruiser FJ40 dikonversi jadi sebuah EV?

Konversi Toyota Land Cruiser EV ini menggunakan basis Land Cruiser 70 Series yang masih cukup populer di Australia. Jadi, mobil dengan model single-cab itu dikonversi menjadi sebuah EV oleh Divisi Product Planning and Development Toyota Australia di Port Melbourne, jadi bisa dibilang ini adalah konversi resmi.

Pengetesan Toyota Land Cruiser 70 EV

Penempatan motor listrik ada di balik kap depan, menggantikan mesin V8 Turbodiesel

Namun, tidak diketahui soal spesifikasi motor listrik atau kapasitas baterai yang dipakai Toyota Land Cruiser EV satu ini. Yang jelas, posisi motor listriknya berada di balik kap mesin, di mana mesin V8 turbodiesel 4.5L bersemayam.

Namun, sepertinya kisi-kisi bagian gril mobil sudah ditutup, di mana mobil bisa melewati genangan air yang sangat dalam sampai menutup sebagian gril depan.

>>> Toyota Land Cruiser FJ40 Terpilih Menjadi yang Terbaik di IMX 2019

Solusi Kendaraan Tambang Ramah Lingkungan

Berbicara soal proyek konversi Toyota Land Cruiser EV ini, Toyota Australia dan BHP ingin coba mengurangi emisi pada armada mobil operasionalnya. Kedua perusahaan sudah berhubungan dekat selama 20 tahun, dan proyek ini mendemonstrasikan bahwa keduanya bisa berkolaborasi untuk mengubah masa depan.

“BHP dan Toyota memiliki hubungan erat selama 20 tahun terakhir, dan proyek ini merupakan sebuah bukti yang valid bagaimana kami dapat berkerja sama sebagai perusahaan terkemuka di masing-masing industri untuk mengubah masa depan,” ujar Presiden dan CEO Toyota Australia, Matthew Callachor.

Sebagai catatan, saat ini mobil operasional tambang didominasi mobil bermesin diesel. Jika proyek konversi Land Cruiser EV ini sukses dan bisa dipakai sebagai mobil operasional tambang, maka itu akan mengurangi ketergantungan pada diesel, sekaligus membantu perusahaan mencapai target untuk mengurangi emisi pada kegiatan operasional sekitar 30% tahun 2030.

Pengisian baterai Toyota Land Cruiser 70 EV

Proyek ini ditargetkan memangkas emisi kegiatan operasional sampai 30% tahun 2030

Lalu, apakah proyek mobil tambang elektrik ini akan berdampak ke R&D mobil listrik Toyota, apalagi untuk sebuah Toyota Land Cruiser elektrik? Well, menarik untuk ditunggu.

>>> Jangan lewatkan berita terbaru dan terlengkap seputar otomotif di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top