4 Cara Sederhana Merawat Ban Mobil

06/05/2021

Perawatan dan service

3 menit

Bingung bagaimana cara merawat ban mobil? Lakukan saja empat cara sederhana merawat ban mobil di bawah ini supaya kualitasnya terjaga dan tahan lama.

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting menunjang keselamatan dalam berkendara. Terbuat dari bahan karet, komponen yang satu ini juga menjadi kunci perjalanan yang aman dan menyenangkan.

Melihat pentingnya komponen yang satu ini, maka dari pemilihan ban untuk kendaraan kesayangan Anda harus benar-benar diperhatikan. Tak hanya memilihnya saja, perawatannya juga perlu diperhatikan.

Menggunakan ban mobil dengan kondisi yang tidak baik tentunya akan sangat berbahaya saat berjalan di jalan yang lincin atau baru saja terkena hujan. Maka dari itu simak tips di bawah ini dari Daihatsu Indonesia cara merawat ban mobil dengan baik agar keselamatan berkendara selalu terjaga.

>>> Intip Skema Kredit Daihatsu Rocky 2021, TDP Mulai Rp 20 Jutaan

Gambar menunjukan Ban mobil

Periksa kondisi ban mobil Anda secara berkala

1. Perlakukan Ban dengan Baik

Penting untuk Anda menyesuaikan gaya mengemudi Anda sehari-hari dengan jenis ban yang akan digunakan. Jika Anda memilih ban dengan ukuran dan tapak yang lebar, maka jangan sekali-kali untuk bermanuver melebihi kapasitas. Kebiasaan seperti ini ternyata bisa membawa pengaruh buruk karet dan masa ban. 

Kemudian apabila medan atau jalan yang sering dihadapi sehari-hari terbilang sulit, jangan paksakan untuk mencoba melewatinya. Akan jauh lebih nyaman untuk Anda mulai mencari jalan alternatif lainnya untuk bisa dilewati agar menjaga umur ban lebih tahan lama.

2. Perhatikan Tekanan Angin

Hal lain yang wajib Anda perhatikan yakni tekanan ban pada mobil kesayangan Anda. Lakukanlah pengecekan tekanan angin ban mobil secara berkala. Sekurang-kurangnya lakukanlah pengecekan setidaknya satu bulan sekali.

Pastikan juga tekanan angin ban mobil Anda sudah sesuai dengan yang direkomendasi yang dianjurkan pabrikan. Jangan sampai kurang atau bahkan lebih untuk mencegah terjadinya kerusakan pada tapak ban mobil Anda. 

>>> Merawat Panoramic Sunroof Agar Fungsinya Terjaga

Gambar menunjukan Ban mobil

Ban salah satu komponen penting dalam menunjang kenyamanan dan keamanan dalam berkendara

3. Merotasi Ban

Langkah selanjutnya untuk merawat ban mobil yang tak boleh ketinggalan yaitu merotasi ban mobil. Lakukanlah pergantian posisi ban mobil Anda untuk memperpanjang usia pemakaiannya. Rotasi ban sebaiknya dilakukan tiap 7.500 hingga 10.000 kilometer.

Sebaiknya ban dirotasi setiap 10.000 km. Caranya cukup sederhana dengan menukar posisi dari keempat ban dari depan hingga belakang dengan cara menyilang.

4. Balancing

Kemudian yang perlu Anda ketahui juga bahwa ban mobil perlu diseimbangkan agar lebih nyaman saat digunakan. Lalu untuk meningkatkan kenyamanan Anda juga bisa melakukan spooring ban mobil Anda dalam jangka waktu tertentu sebagai salah satu perawatan ban mobil.

>>> 3 Pengaturan Penting Sebelum Berkendara

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top