3 Pengaturan Penting Sebelum Berkendara

05/05/2021

Pengemudian

3 menit

Jangan tergesa-gesa untuk jalan. Demi keselamatan dan keamanan Anda wajib melakukan 3 pengaturan penting sebelum berkendara sampai posisinya benar-benar nyaman.

Keselamatan berkendara dipengaruhi berbagai faktor. Dari kondisi kendaraan yang prima, tubuh yang fit dan sehat, kondisi lalu lintas yang kondusif, hingga cuaca yang bersahabat. Tidak kalah penting, pengaturan yang tepat fitur kendaraan juga berpengaruh besar. Lakukan hal tersebut sesaat sebelum berkendara dimulai.

“Dalam berkendara, pengemudi wajibnya memperhatikan 3K dalam berkendara yaitu, Komunikasi, Kenyamanan, dan Kontrol.” tulis Jasa Marga di akun Instagramnya @official_jasamarga.

3 pengaturan penting sebelum berkendara

Selaku pengelola jalan tol yang bertanggung jawab terhadap keselamatan berkendara di jalan tol, Jasa Marga menganjurkan pengemudi melakukan beberapa pengaturan penting sebelum berkendara agar posisinya benar-benar nyaman. Semua harus dilakukan saat masih berhenti alias sebelum perjalanan dimulai. Alasannya; pengaturan saat kendaraan sudah berjalan berpotensi menimbulkan bahaya. Bisa menjadi distraksi yang mengganggu kontrol kendaraan.

>>> Sering Dilakukan, Aktivitas Ini Sebenarnya Mengganggu Konsentrasi Mengemudi

  • Posisi sabuk pengaman

Foto mengemudi memakai sabuk pengaman

Sabuk pengaman wajib dikenakan saat berkendara

Enaknya mobil-mobil terbaru sudah dilengkapi dengan fitur seatbelt warning. Saat pengendara lupa memakainya peringatan akan berbunyi disertai lampu indikator yang menyala. Namun untuk kendaraan yang tidak memiliki fitur tersebut, pengemudi wajib melakukan pengecekan mandiri. Sabuk pengaman wajib dipakai dari sebelum kendaraan berjalan. Selain untuk keselamatan juga mentaati aturan berlalu lintas. Pastikan sabuk pengaman terpasang secara benar berada di tulang belikat. Bukan melewati belakang leher atau melintang di bawah ketiak.

Penting untuk diperhatikan, kondisi sabuk harus berfungsi dengan baik. Pengemudi bisa cek, coba tarik dengan daya kejut. Jika sabuk berhenti berarti berfungsi baik. Jika tidak berarti sabuk bermasalah dan perlu perbaikan. Kendaraan harus segera dibawa ke bengkel resmi atau spesialis seatbelt untuk mendapatkan penanganan terbaik.

  • Posisi duduk

Jok mobil Tata Nexon 2017, sudah ajdustable dan bisa diatur sesuai keinginan pengemudi

Mengatur posisi duduk harus dilakukan dalam keadaan mobil berhenti

Dalam kondisi masih berhenti posisi duduk harus diatur hingga benar-benar nyaman. Atur kedekatan tempat duduk dengan kemudi dan atur tegak miringnya sandaran. Akan lebih nyaman jika kendaraan memiliki fitur Electric Seat Adjuster. Pengaturan tempat duduk bisa dilakukan dengan lebih mudah menggunakan tuas elektrik.

Khusus untuk kendaraan yang dilengkapi fitur Tilt dan Teleskopik sebaiknya atur juga posisi kemudi hingga dapat posisi paling nyaman, meliputi posisi pegangan tangan dan visibilitas ke arah depan.

  • Posisi kaca spion

Posisi kaca spion wajib diatur sebelum berkendara, baik itu spion samping kiri dan kanan maupun spion tengah. Pastikan posisinya benar-benar nyaman saat dilihat. Pastikan juga spion bisa meminimalisir blind spot dan memberikan visual yang maksimal.

>>> Ini Fungsi Tuas Pada kaca Spion Tengah Mobil Anda

 

Foto mengatur spion mobil

Atur spion untuk mendapatkan visibilitas terbaik

Spion samping kiri dan kanan bisa diatur memanfaatkan fitur electric retract jika pengaturan sudah elektrik. Jika belum, lakukan pengaturan secara manual. Pengemudi harus sudah duduk pada posisi paling nyaman agar mendapatkan pengaturan spion paling pas.

Untuk spion tengah posisinya harus memberikan visual belakang kendaraan tanpa terhalang apapun. Posisinya visualnya juga harus benar-benar di tengah. Perhatikan juga untuk tidak meletakkan sesuatu yang menghalangi pandangan ke belakang, seperti barang bawaan dan yang lain. Sebaiknya disingkirkan atau tumpukannya dibikin rendah di bawah batas kaca pintu bagasi.

Itulah 3 pengaturan penting sebelum berkendara. Jika kendaraan terlanjur jalan dan ketiganya belum diatur pada posisi yang pas, sebaiknya segera menepi dan berhenti. Setelah itu setting ulang ketiganya hingga mendapatkan posisi paling nyaman. Sedikit berkorban waktu lebih baik dibanding mengorbankan keselamatan.

>>> Mengenal Fitur Canggih yang Tersemat pada Daihatsu Rocky

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top