3 Cara Cek Plat Nomor Jatim dan Provinsi Lainnya yang Bisa Anda Coba

07/05/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Sebelum membeli mobil bekas, pastikan jika dokumennya asli. Anda bisa cek plat nomor Jatim maupun provinsi lainnya melalui online tanpa harus ke kantor Samsat.

Bagi Anda yang berdomisili di Jawa Timur maupun provinsi lainnya yang sedang berencana untuk membeli mobil bekas, maka disarankan untuk cek plat nomor Jatim lebih dulu. Selain untuk mengetahui nama pemilik, tindakan ini bertujuan untuk melihat besaran pajak dari sebuah kendaraan bermotor tersebut. 

Arti Huruf Pertama di Kode Plat Nomor Belakang Jawa Timur

Plat nomor Kediri

Setiap huruf menunjukkan suatu wilayah

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor memiliki kombinasi kode huruf dan angka yang menunjukkan wilayah tertentu pada huruf pertama dan kombinasi huruf di belakang plat nomor. Berikut daftar arti kode huruf pertama di plat nomor kendaraan bermotor di Jawa Timur dan sekitarnya:

Kode

Daerah

L

Kota Surabaya

M

eks Karesidenan Madura: Kabupaten Sumenep, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang

N

eks Karesidenan Malang: Kota Malang (A-C dan E) dan Kabupaten (D-J), Kota Probolinggo (P-R) dan Kabupaten (L-N), Kota Pasuruan (V,X) dan Kabupaten (S,U), Kota Batu (K), Kabupaten Lumajang (W-Z)

P

eks Karesidenan Besuki: Kabupaten Situbondo (E-H), Kabupaten Bondowoso (A-D), Kabupaten Banyuwangi (U-Z), Kabupaten Jember(K-T)

S

eks Karesidenan Bojonegoro: Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Tuban, Kota dan Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang

W

Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo

AE

eks Karesidenan Madiun: Kabupaten Pacitan (W / X / Y / Z), Kabupaten dan Kota Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Ponorogo

AG

eks Karesidenan Kediri: Kota Kediri (A-C) dan Kabupaten (D-J), Kota Blitar (P-R) dan Kabupaten (K-N), Kabupaten Trenggalek (Y-Z), Kabupaten Nganjuk (U-W), Kabupaten Tulungagung (S-T)

>>> Mudah Digunakan, Ini Dia Beragam Aplikasi Cek Plat Nomor Kendaraan

Cara Cek Plat Nomor Jatim, Jabar, dan Jakarta Online

Kini cek plat nomor kendaraan Jatim bisa dilakukan dengan sangat mudah, melalui online, aplikasi website resmi ataupun SMS. Berikut panduan cek plat nomor Jatim, Jabar, Jateng, DI Yogyakarta dan DKI Jakarta online yang bisa Anda coba. 

Cek plat nomor online

Cek plat nomor online memudahkan Anda memeriksa dokumen kendaraan

1. Cek Plat Nomor Online Jatim 

Cek plat nomor online wilayah Jawa Timur bisa dilakukan melalui aplikasi E-Smart Samsat Jatim. Anda bisa download aplikasi ini melalui Play Store. Dalam aplikasi ini, Anda bisa mengetahui informasi pajak motor sesuai plat nomor yang dimasukkan. Anda juga bisa melihat berapa nominal pajak untuk pengesahan STNK 1 dan 5 tahun, cek bea balik nama kendaraan dan pajak mutasi. 

Informasi yang ditampilkan di aplikasi E-Smart Samsat Jatim sangatlah lengkap. Ini bisa jadi alternatif selain mengunjungi website esamsat.jatimprov.go.id yang sering dikeluhkan sulit diakses. Kelemahan aplikasi ini adalah belum dilengkapi cara bayar pajak online. 

>>> Beragam Cara Cek Pemilik Plat Nomor Jogja dengan Mudah

2. Cek Plat Nomor Jateng Online

Untuk wilayah Jawa Tengah, Anda bisa gunakan aplikasi SAKPOLE e-SAMSAT JATENG yang tersedia di Google Play Store. Seluruh plat nomor di wilayah Jawa Tengah seperti Magelang, Solo, Cilacap, Purwokerto bisa dicek melalui aplikasi Sakpole. 

Banyak yang mengatakan jika aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi cek plat nomor nomor terbaik, karena hadir dengan user interface yang bagus dan fiturnya lengkap. Dibuat resmi oleh Bappeda Provinsi Jawa Tengah, beberapa fitur yang bisa Anda temui di aplikasi ini antara lain informasi pajak kendaraan bermotor, status blokir kendaraan bermotor, informasi nilai jual kendaraan bermotor, dan pencarian lokasi (kantor SAMSAT, ATM, kantor Jasa Raharja, kantor Polisi, hingga lokasi RS atau dokter). Selain cek plat nomor, Anda bisa menggunakannya untuk membayar pajak kendaraan bermotor online. 

3. Cek Nomor Plat Online Jawa Barat 

Tampilan Aplikasi Sambara

Aplikasi Sambara untuk mengecek plat nomor Jawa Barat

Di Jawa Barat, Anda bisa menggunakan aplikasi Samsat Mobil jawa Barat (Sambara). Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk cek plat nomor online, bayar pajak kendaraan sekaligus cek besarnya pajak sesuai nomor yang diinput. Lebih dari itu, Samsat Mobile Jawa Barat juga bisa digunakan untuk melihat update status kepemilikan kendaraan bermotor. Namun si wajib pajak harus melaporkan lebih dulu jenis kendaraan yang dijual. 

4. Cek Nomor Plat Online DI Yogyakarta

Di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bisa cek plat nomor ataupun mobil melalui website infonjkbdiy.com. Anda hanya perlu memasukkan nomor plat kendaraan yang ingin di cek, lalu submit, maka secara otomatis akan muncul informasi tentang nilai jual kendaraan, besaran pajak, dan tanggal jatuh tempo. Selain website, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Pajak Kendaraan Yogyakarta. Akan tetapi tidak disarankan untuk membayar pajak melalui aplikasi ini karena Pajak Kendaraan Yogyakarta tidak dibuat oleh pemerintah resmi Yogyakarta. 

>>> Cek Plat Nomor Jateng Dengan Sakpole e-Samsat Jateng

5. Cek Plat Nomor Online Jakarta

Bagi Anda yang ada di Jakarta dan ingin cek plat nomor online, bisa mencoba download aplikasi “Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta” di Google Play Store. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, Anda harus menggunakan akun Google pribadi untuk login. Lalu masukkan nomor kendaraan bermotor dan NIk yang dimiliki. Setelah input data-data ini, Anda bisa dengan mudah mengetahui informasi tahun produksi, nilai jual, jumlah pajak kendaraan, sampai berapa jumlah denda yang harus dibayarkan. 

Cek Plat Nomor Kendaraan Melalui SMS

Cek plat nomor lewat sms

Tanpa harus ke Samsat, cek plat nomor bisa lewat SMS

Selain menggunakan aplikasi, Anda juga bisa cek plat nomor kendaraan melalui SMS. Berikut tata cara cek plat nomor melalui SMS. 

1. Jatim 

Cara cek plat nomor melalui SMS yaitu dengan mengirim pesan ke nomor 7070 dengan format SMS JATIM (spasi) Nomor Polisi. Contoh: JATIM L5648GW kemudian kirim kirim ke 7070.

2. Jakarta

Anda yang tinggal di Jakarta, bisa mengirimkan SMS ke nomor 1717 menggunakan format Metro (spasi) nomor polisi yang ingin di cek. Anda akan dikenakan biaya Rp 1.000. 

3. Jawa Barat

Untuk Anda yang di Jawa Barat, bisa mengirimkan SMS dengan format INFO (spasi) Nomor Polisi (spasi) Warna Kendaraan. Kemudian kirim ke nomor 08112119211. Contoh format: INFO D1408MW Merah. 

>>> Cara Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online Melalui Ponsel

4. Yogyakarta

Jika lokasi Anda di Yogyakarta, Anda bisa kirim SMS ke nomor 9600. Gunakan format DIY (spasi) Plat Nomor kendaraan. Contoh formatnya DIY AB4567GO. 

Kantor Samsat

Kunjungi kantor Samsat untuk keakuratan plat nomor kendaraan

Masih ada satu lagi cara yang bisa Anda gunakan untuk cek plat nomor kendaraan online, yaitu cara termudah melalui website. Saat ini pihak kepolisian yang bekerja sama dengan pemerintah daerah udah membuat website. Cara ini bisa jadi cara cepat yang tidak akan menyita waktu Anda, cek plat nomor Jatim serta provinsi lainnya bisa didapat dengan lengkap dan akurat. Berikut beberapa website kepolisian dan pemerintah daerah yang bisa digunakan untuk cek plat nomor online. 

  1. DKI Jakarta: samsat-pkb2.jakarta.go.id
  2. Banten : dppkd.bantenprov.go.id 
  3. Jawa Barat: bapenda.jabarprov.go.id/infopkb
  4. Jawa Tengah: dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan
  5. Jawa Timur: esamsat.jatimprov.go.id
  6. DI Yogyakarta: infonjkbdiy.com

Itulah beberapa cara cek plat nomor Jatim dan beberapa wilayah di pulau Jawa lain secara online. Tapi Anda juga harus ingat bahwa metode tersebut tidak selalu akurat, untuk memastikan akuransinya, kunjungi SAMSAT di kota Anda. 

>>> Baca artikel tips & trik lainnya seputar otomotif di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Untuk plat nomor wilayah Jawa Timur apa saja?
Anda bisa selengkapnya membaca artikel https://cintamobil.com/pengemudian/daftar-lengkap-kode-plat-nomor-se-indonesia-dan-cara-cek-plat-nomor-kendaraan-aid12653
Apa arti Huruf pertama pada plat nomor kendaraan?
Kode ini memberitahukan kepada petugas/umum bahwa kendaraan tersebut didaftarkan di Samsat daerah.
Bagaimana cara cek pajak kendaraan bermotor?
Akses website Samsat, kemudian masukkan nomor plat kendaraan dan NIK untuk mendapatkan informasi pajak kendaraan bermotor.
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top