Cara Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online Melalui Ponsel

09/06/2020

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Cara Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online Melalui Ponsel
Setidaknya ada tiga cara cek pemilik plat nomor kendaraan online hanya dengan meggunakan ponsel tanpa Anda harus repot datang ke gerai Samsat. Berikut caranya!

Perkembangan teknologi informasi kini semakin pesat dan mempermudah perilaku kehidupan masyarakat. Termasuk juga dalam hal yang berkaitan dengan peraturan lalu lintas dan industri otomotif. Mislanya kita semua mengetahui, di sejumlah kota besar di Indonesia kini diterapkan sistem tilang elektronik. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, para pelanggar peraturan lalu lintas akan tercatat di kepolisan melalui plat nomor kendaraan yang tertangkap kamera CCTV tilang elektronik tersebut.

Melalui plat nomor kendaraan inilah akan diketahui siapa pemilik dari kendaraan tersebut. Untuk selanjutnya pemilik akan dikirimkan bukti surat tilang yang wajib dibayarkan. Jika tidak, maka surat kendaraan dari mobil tersebut dinyatakan tidak sah. Namun kini bukan hanya polisi yang bisa mengetahui siapa pemilik dari sebuah kendaraan berdasarkan plat nomor polisinya. Karena Anda pun dapat melakukan cek pemilik plat nomor kendaraan online hanya bermodal ponsel dalam genggaman.

Berikut ini Cintamobil.com akan jabarkan, setidaknya ada tiga cara yang dpaat digunakan ketika ingin cek pemilik plat nomor kendaraan online cukup melalui ponsel Anda tanpa harus datang ke gerai Samsat.

1. Menggunakan Aplikasi Mobile

Aplikasi SAKPOLE

Ada banyak aplikasi mobile gratis yang bisa diunduh dan terbagi atas masing-masing wilayah kepolisian

Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, kini ada beberapa aplikasi mobile yang dpaat Anda unduh ke ponsel berisistem operasi Andorid maupun Apple iOS. Anda tinggal mengunduhnya secara gratis ke ponsel Anda, lalu jalankan aplikasi tersebut.

Setelah aplikasi terbuka, yang perlu Anda lakukan hanya memasukkan plat nomor kendaraan secara lengkap, misalnya B 1234 ABC. Nantinya akan tertampil data merk kendaraan, tipe kendaraan, warna kendaraan, tahun pembuatan, masa berlaku pajak kendaraan, sampai nama pemilik dan alamatnya.

Agar lebih fokus, kini pihak kepolisan mengembangkan aplikasi pengecekan plat nomor mobil dan motor yang terbagi atas masing-masing wilayah. Berikut daftar aplikasi untuk mengecek plat nomor kendaraan berdasarkan wilayahnya:

Wilayah Nama Aplikasi Mobile
Aceh PELUIT DITLANTAS POLDA ACEH
Jakarta Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta
Jawa Barat SAMBARA
Jawa Tengah SAKPOLE e-SAMSAT JATENG
Jawa Timur E-SMART SAMSAT JATIM
Kalimantan Tengah RC POLDA KALIMANTAN TENGAH
Kalimantan Utara eSAMSAT Kalimantan Utara
Lampung Info Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Lampung
NTB SAMSAT DELIVERY
Pontianak Samsat Pontianak
Riau ESamsat KEPRI
Sulawesi Selatan e-Dempo Samsat Online Sumsel
Sulawesi Utara Info Pajak Kendaraan Sulut
Yogyakarta PAJAK KENDARAAN JOGJAKARTA

2. Melalui Website

Website Samsat Online DKI Jakarta

Website bisa diakses pula menggunakan komputer atau laptop yang terhubung jaringan internet

Selain menggunakan aplikasi mobile, untuk cek pemilik plat nomor kendaraan online juga bisa melalui website resmi dari Samsat masing-masing daerah. Keuntungan cara ini, Anda bisa melakukannya tanpa perlu lebih dulu mengunduh aplikasi melalui Google Play Store maupun Apple Store.

Cukup memakai ponsel yang sudah memiliki jaringan internet dan mempunyai browser, maka tinggal masukkan alamat-alamat beberapa Samsat di wilayah Indonesia berikut ini. Nantinya akan tertampil informasi mengenai merek kendaraan, modelnya, tahun produksi, hingga nama pemiliknya.

Berikut alamat website Samsat beberapa wilayah di Indonesia:

Wilayah Alamat Website
Aceh http://esamsat.acehprov.go.id/
Banten http://ditlantas.banten.polri.go.id/e-samsat-nasional/
Jawa Barat https://bapenda.jabarprov.go.id/sipolin-samsat-jabar/
Jawa Tengah http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
Jawa Timur https://esamsat.jatimprov.go.id/
Yogyakarta http://infonjkbdiy.com/

3. Mengirim SMS

SMS Cek plat nomor

Contoh notifikasi informasi data kendaraan yang dikirim melalui balasan SMS

>>> Baca juga:

Cara terakhir untuk mengetahui pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor mobilnya yang paling mudah adalah dengan mengirim SMS. Cara ini pasti dapat dilakukan siapapun dengan ponsel jenis apapun tanpa membutuhkan jaringan internet. Biaya yang ditanggung hanya tarif SMS regular yang diterapkan oleh masing-masing operator jaringan selular.

Tanpa perlu ponsel yang canggih, dan tidak membutuhkan sistem operasi Andorid atau iOS, Anda tinggal mengirim SMS dengan format seperti tabel di bawah ini. Ingat, perhatikan format SMS yang dianjurkan, termasuk pemakaian huruf besar dan huruf kecil. Karena jika salah, informasi terkait keterangan pemilik kendaraan tidak akan muncul.

Wilayah Format SMS
DKI Jakarta

KETIK : METRO Nopol
Kirim Ke : 1717
Contoh: METRO B1234ABC

Jawa Barat KETIK : poldajbr Nopol
Kirim Ke : 3977
Contoh: poldajbr D1234FED
Jawa Tengah KETIK : JATENG Nopol
Kirim Ke : 9600
Contoh: JATENG H7689GJK
Jawa Timur KETIK : JATIM Nopol
Kirim Ke : 7070
Contoh : JATIM L3434MNO

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil bisa Anda baca disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top