Cara Mudah Cek Plat Nomor Jakarta Lewat Ponsel

08/08/2020

Pengemudian

4 menit

Cara Mudah Cek Plat Nomor Jakarta Lewat Ponsel
Ada beberapa cara mudah untuk cek plat nomor Jakarta. Cukup menggunakan ponsel, laptop atau komputer yang ada disekitar Anda saat itu.

Setiap kendaraan yang dipakai di jalan raya tentunya wajib memiliki plat nomor. Yaitu plat yang terdiri atas kombinasi huruf dan angka. Kombinasi inilah yang menjadi identitas data kendaraan tersebut yang secara resmi tercatat di kepolisian Republik Indonesia.

Tentunya sebelum membeli mobil bekas, penting juga untuk mengetahui apakah mobil tersebut dilengkapi surat-surat keterangan seperti STNK dan BPKB yang sah dan tercatat di kepolisian. Untuk mengetahuinya dengan cara mencocokkan antara data identitas kendaraan berdasarkan kombinasi plat nomor di kendaraan tersebut dengan yang tercatat di STNK serta BPKB.

Selain mengecek keabsahan STNK dan BPKB, melalui cek plat nomor Jakarta atau kendaraan di kota lain ini pula Anda bisa mengetahui tentang pajak dari kendaraan yang bersangkutan. Seperti nama pemilik kendaraan, besarnya pajak tahunan dan masa berlaku pajak kendaraan tersebut. Jadi Anda akan mengetahui kapan harus kembali membayar pajak kendaraannya.

Cara Mengecek Plat Nomor Jakarta Barat, Pusat, Selatan, Timur, dan Utara

Untuk mengecek plat nomor kendaraan yang berdomisi di Jakarta tentunya Anda bisa mendatangi kantor Samsat terdekat dari lokasi kendaraan tersebut atau posisi Anda saat itu. Namun terkadang hal ini bisa menyita waktu, tenaga, dan dibutuhkan biaya administrasi pada loket pengecekan di Samsat. Agar lebih mudah, sebenarnya ada cara mengecek plat nomor Jakarta secara online hanya menggunakan ponsel Anda.

Yaitu bisa dengan mengirim SMS, mengakses situs resmi, atau menggunakan aplikasi mobile. Selain mudah dan bisa dilakukan kapan saja serta dimana saja, pengecekan ini juga jauh lebih hemat dibanding Anda datang langsung ke kantor Samsat.

Berikut ini 3 cara mengecek plat nomor kendaraan baik yang berdomisili di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, atau Jakarta Timur.

1. Menggunakan SMS

Cek Plat Nomor SMS 1717

Ketik METRO Plat Nomor Kendaraan dan kirim ke: 1717

Ini merupakan cara cek plat nomor kendaraan Jakarta yang paling mudah. Mengingat semua tipe ponsel bisa digunakan karena tak butuh ponsel cerdas (smartphone) atau jaringan internet dan tidak perlu pula ponsel bersistem operasi Andorid atau iOS. Selain itu, cara cek plat nomor mobil Jakarta seperti ini hanya akan dikenai biaya tarif SMS regular dari masing-masing operator selular.

Anda cukup ketik METRO Kombinasi plat nomor kendaraan yang akan Anda cek. Lalu kirim SMS ke nomor: 1717. Misalnya Anda ingin cari plat nomor Jakarta B 1234 TRR, maka Anda cukup ketik METRO B1234TRR lalu kirik SMS ke 1717. Yang perlu diperhatikan ketika mengirim SMS untuk cek plat nomor mobil Jakarta adalah memperhatikan pemakaian huruf besar (kapital) dan spasi dari format SMS tersebut. Karena jika salah maka informasi mengenai  data kendaraan itu tidak akan muncul.

2. Mengakses Website

Website Samsat DKI Jakarta

Laman web Samsat DKI Jakarta

Cara kedua untuk cek plat nomor Jakarta online dengan mengakses situs resmi pajak kendaraan bermotor. Cara mengetahui informasi kendaraan berdasarkan plat nomor Jakarta cek online dengan mengakses http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/

Langkah ini bisa Anda lakukan menggunakan ponsel yang sudah terhubung dengan jaringan internet, atau menggunakan laptop maupun komputer yang juga sudah terhubung dengan jaringan internet. Tahapannya yaitu:

  • Buka aplikasi browser internet, seperti Firefox atau Google Chrome
  • Ketik alamat website http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/
  • Jika tampilan web Samsat DKI Jakarta sudah tertampil, maka isi kombinasi plat nomor mobil yang ingin Anda cari tahu infonrasinya di kolom "Nopol B:"
  • Jika Anda tidak mengetahui Nomor NIK, maka website ini juga bisa cek plat nomor Jakarta tanpa NIK. sehingga kolom ini bisa dibiarkan kosong
  • Kemudian beri tanda centang "V" dengan klik kotak kosong di sebelah tulisan "I'm not a robot"
  • Jika sudah selesai klik "Proses"

Maka selanjutnya akan terpampang informasi terkait kendaraan berdasarkan plat nomor yang diinput tadi. Seperti merk mobil, tipe mobil, warna mobil, jenis bahan bakar, termasuk besar pajak dan masa berlaku pajak dari kendaraan tersebut.

>>> Baca juga:

3. Menggunakan Aplikasi Mobile

Aplikasi Cek Ranmor DKI Jakarta

Aplikasi Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta

Untuk cek plat no Jakarta secara online lainnya juga bisa menggunakan aplikasi mobile. Jika Anda memiliki ponsel bersistem operasi Andorid, maka bisa untuk menggunakan beberapa aplikasi. Caranya tinggal buka Google Play Store di ponsel tersebut, lalu cari aplikasi "Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta". Atau bisa juga lewat aplikasi "Pajak Online DKI Jakarta"

Setelah aplikasi terunduh dan terpasang di ponsel tersebut, maka Anda bisa gunakan satu diantaranya. Misalnya untuk aplikasi Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta, maka tampilannya akan mirip dengan ketika Anda mengakses website Samsat DKI Jakarta. Yakni tinggal masukkan kombinasi angka dan huruf dari plat nomor kendaraan, maka informasi terkait kendaraan tersebut akan tertampil.

Sementara itu jika menggunakan aplikasi Pajak Online DKI Jakarta, Anda terlebih dulu harus melakukan registrasi untuk mendapatkan alamat email dan kata kunci (password). Jika sudah registrasi maka tinggal pilih menu "PKB" kemudian isi plat nomor kendaraan yang ingin Anda ketahui informasinya. Setelah itu klik "Proses" maka selanjutnya akan muncul nama pemilih kendaraan dan juga informasi kendaraan lainnya termasuk besarnya pajak kendaraan itu dan masa berlaku pajak kendaraan tersebut.

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top