Mudah Digunakan, Ini Dia Beragam Aplikasi Cek Plat Nomor Kendaraan

29/04/2021

Pengemudian

3 menit

Mudah Digunakan, Ini Dia Beragam Aplikasi Cek Plat Nomor Kendaraan
Ada banyak cara untuk cek plat nomor kendaraan mobil. Bisa mendatangi Samsat, melalui website, SMS, atau aplikasi cek plat nomor mobil berikut ini.

Setiap kendaraan memiliki plat nomor yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf. Plat nomor ini berfungsi sebagai identitas data kendaraan yang resmi tercatat di kepolisian RI. Mengecek plat nomor kendaraan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya yang paling umum dan mudah adalah dengan aplikasi cek plat nomor kendaraan.

Cara mengecek plat nomor kendaraan penting diketahui sebelum Anda membeli mobil bekas. Anda jadi bisa tahu kelengkapan dokumen seperti STNK dan BPKB. Caranya dengan mencocokkan data identitas kendaraan dengan kombinasi plat nomor yang tercatat. Anda juga jadi tahu tentang pajak kendaraan tersebut, mulai dari nama pemilik kendaraan, besarnya pajak tahunan, dan masa berlaku pajak kendaraan.

Arti Plat Nomor Kendaraan

Plat nomor kendaraan

Plat nomor kendaraan terdiri dari huruf dan deretan angka

Plat nomor kendaraan memiliki seri unik yang berbeda setiap kendaraan yang ada di Indonesia. Beda huruf, beda juga kode daerahnya. Penasaran apa saja arti kode pada plat nomor?

  1. Huruf awal pada plat nomor kendaraan menentukan daerah asal kendaraan. Setiap daerah di Indonesia memiliki huruf yang berbeda. Misalnya B untuk Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok; D untuk Bandung & Cimahi; T untuk Purwakarta, Karawang, dan Subang, dan lainnya.
  2. Deretan angka pada plat nomor kendaraan menandakan nomor urut suatu kendaraan. Misalnya angka 1-2999 artinya kendaraan tersebut memiliki penumpang. Plat nomor dengan angka 8000-8999 diatur untuk kendaraan pengangkut penumpang atau barang. Sedangkan untuk bus adalah 7000-7999.
  3. Huruf setelah nomor kendaraan menandakan jenis kendaraan berdasarkan golongan. Misalnya B 2899 SAT, S adalah kode daerah, A adalah jenis mobil sedan/ pick up, dan T adalah abjad pembeda.

>>> Mengenal Arti Kode Plat Nomor Belakang Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

Aplikasi Cek Plat Nomor Kendaraan

Aplikasi Cek Plat Nomor Kendaraan

Ada banyak aplikasi untuk mengecek plat nomor mobil

Untuk memudahkan pengecekan plat kendaraan, kepolisian sudah memiliki beberapa aplikasi yang bisa Anda download sesuai dengan daerah. Berikut ini aplikasi untuk cek nomor kendaraan mobil.

1. SAMBARA

Aplikasi SAMBARA atau Samsat Mobile Jawa Barat digunakan untuk masyarakat yang tinggal di kawasan Bandung, Sukabumi, Ciamis, dan sekitarnya. Aplikasi ini baru tersedia di PlayStore. Bukan hanya bisa mengecek plat nomor saja, di aplikasi SAMBARA Anda juga bisa mengecek pajak kendaraan bermotor dan bayar pajak, mengetahui info jadwal samsat keliling dan samsat gendong, serta lokasi pelayanan samsat.

>>> Mengenal Arti Kode Plat Nomor Belakang Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

2. SAKPOLE e-Samsat Jateng

Jika Anda ingin cek plat nomor mobil di wilayah Jawa Tengah, Anda bisa menggunakan aplikasi SAKPOLE e-Samsat Jateng yang dikembangkan oleh PSI-Bappeda Jawa Tengah. Bahkan jika posisi Anda di luar negeri, Anda bisa mengakses aplikasi ini. Ada beberapa fitur dari aplikasi pengecek plat nomor kendaraan ini, selain cek plat nomor kendaraan, juga bisa membayar pajak secara tunai atau non tunai serta mengetahui nilai jual kendaraan Anda.

3. PELUIT Ditlantas Polda Aceh

Sementara jika Anda berdomisili di Nanggroe Aceh Darussalam, aplikasi PELUIT Ditlantas Polda Aceh bisa jadi alternatif untuk mengecek nomor plat mobil. Bahkan di aplikasi ini, Anda juga bisa membuat atau memperpanjang SIM. Fitur lainnya seperti Layanan PJR atau layanan Patroli Jalan Raya, Tombol Laka jika Anda menemukan info kecelakaan lalu lintas, SP2HP Online untuk mengetahui kelanjutan kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi, hingga fitur Pengaduan jika Anda menemukan kasus pelanggaran lalu lintas.

4. E-Smart Samsat Jatim

E-Smart Samsat Jatim

Splikasi E-Smart Samsat Jatim untuk Anda berdomisili di Jatim

Untuk Anda yang tinggal di area Jawa Timur, aplikasi cek plat nomor kendaraan adalah e-Smart Samsat Jatim. Di aplikasi ini, Anda juga bisa mendapatkan informasi mekanisme pelayanan Samsat dan BPKB, informasi tempat pelayanan samsat, besaran pajak kendaraan baru, hingga layanan online Bea Balik Nama.

>>> Arti Kode Plat Nomor R Pada Kendaraan Bermotor di Indonesia

5. Ranmor & Pajak DKI Jakarta

Aplikasi Ranmor & Pajak DKI Jakarta bisa diakses secara gratis dengan mendownload di PlayStore. Aplikasi ini digunakan untuk mengecek pajak dan plat nomor kendaraan di DKI Jakarta. Cara mengeceknya pun Anda tinggal memasukkan nomor kendaraan dan NIK dan aplikasi akan menampilkan data info kendaraan hingga besaran pajak yang harus dibayar.

6. e-Dempo Samsat Sumsel

Aplikasi e-Dempo merupakan aplikasi untuk masyarakat di Provinsi Sumatera Selatan untuk memudahkan informasi seputar cek plat nomor mobil dan kewajiban pajak. Di aplikasi ini, Anda bisa melakukan pembayaran dan pengesahan tahunan secara online, baik untuk pajak, SWDKLLJ, dan PNBP. Download aplikasinya di PlayStore.

7. Samsat Delivery NTB

Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (Bapenda) Nusa Tenggara Barat (NTB) merilis aplikasi untuk memudahkan pengemudi. Ada dua aplikasi, yaitu Go-SIM untuk memperpanjang SIM dan Samsat Delivery Apps untuk pembayaran PKB. Pemilik hanya perlu mengirimkan pesan berisi nomor HP, foto KTP, STNK, dan notifikasi pajak ke nomor yang diminta.

>>> Mobil Selain Plat H Dilarang Lewat GT Kalikangkung

8. E-samsat Kepri

Untuk Anda yang berdomisili di Kepulauan Riau, aplikasi besutan BP2RD e-Samsat Kepri wajib untuk didownload jika Anda ingin mengecek plat nomor dan mengetahui pemilik kendaraan. Aplikasi ini gratis Anda download di PlayStore dengan UI yang simple digunakan. 

9. RC Polda Kalimantan Tengah

Aplikasi lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengecek plat nomor kendaraan adalah melalui aplikasi RC Polda Kalimantan Tengah. Ada banyak fitur yang bisa Anda pakai di sana, tak hanya untuk cek plat nomor kendaraan, tapi fitur menarik lainnya. 

Beberapa fitur yang bisa Anda gunakan adalah Cross Cek Barcode BPKB, transaksi pendaftaran dan pembayaran Samsat, informasi jumlah data ranmor di Polda Kalimantan Tengah dan jajaran, pertambahan kendaraan baru, info proses BPKB, mekanisme & persyaratan BPKB, pendaftaran BBN 2 untuk perubahan data pemilik, hingga pendaftaran reminder STNK dan data reminder yang telah didaftarkan. 

Nah, itu dia aplikasi cek plat nomor kendaraan mobil. Sebenarnya ada beberapa cara lain. Misalnya mengunjungi website resmi samsat, datang ke kantor samsat jika memungkinkan, dan mengirim SMS ke pihak kepolisian. Pilih yang paling memudahkan untuk Anda.

>>> Dapatkan berbagai tips & trik tentang otomotif di Cintamobil.com

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa arti Huruf pertama pada plat nomor kendaraan?
Kode ini memberitahukan kepada petugas/umum bahwa kendaraan tersebut didaftarkan di Samsat daerah.
Untuk plat nomor wilayah Jawa Timur apa saja?
Anda bisa selengkapnya membaca artikel https://cintamobil.com/pengemudian/daftar-lengkap-kode-plat-nomor-se-indonesia-dan-cara-cek-plat-nomor-kendaraan-aid12653
Berapa biaya membuat plat nomor cantik?
Biaya akan berbeda-beda tergantung jumlah angka.
Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top