Beragam Cara Cek Pemilik Plat Nomor Jogja dengan Mudah

29/04/2021

Pengemudian

3 menit

Beragam Cara Cek Pemilik Plat Nomor Jogja dengan Mudah
Cek pemilik plat nomor jogja sekarang caranya cukup mudah. Hanya bermodalkan smartphone, Anda bisa cek plat kendaraan Jogja tanpa harus mendatangi Samsat

Bagi Anda yang tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta, kini cara cek pemilik plat nomor Jogja semakin mudah tanpa perlu mendatangi Samsat. Hanya bermodalkan ponsel, Anda bisa mengetahui siapa pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor yang menempel pada mobil atau motor tersebut. Cara cek plat kendaraan ini boleh dilakukan oleh masyarakat umum, yang artinya tidak terbatas pihak kepolisian saja.

Dari pengecekan ini, Anda bisa mengetahui informasi mengenai kendaraan tersebut, mulai dari warna kendaraan, tipe kendaraan, nomor mesin, hingga pajak kendaraan. Anda cukup memasukkan informasi tentang  plat nomor secara lengkap pada website resmi dari Samsat khusus area Jogja. Selain cek plat kendaraan Jogja pada website, Anda juga bisa dilakukan pada aplikasi atau menggunakan cara manual dengan kirim SMS. Berikut ini langkah-langkah cek pemilik plat nomor kendaraan Jogja yang bisa Anda lakukan dari mana saja menggunakan ponsel. 

Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan

Mengecek pemilik plat kendaraan bermotor secara online dapat dilakukan dengan mengakses website resmi dari Samsat masing-masing daerah di Indonesia.  Beberapa sistem kerja di lingkungan kepolisian saat ini telah memanfaatkan kemajuan teknologi. Terbukti dengan adanya kemudahan dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online hingga pengecekan plat nomor kendaraan secara online pula.

Seperti yang diketahui bahwa plat nomor dianggap sebagai identitas penting bagi sebuah kendaraan bermotor. Pengecekan ini sering dilakukan untuk beberapa tujuan, seperti misalnya kepentingan jual-beli kendaraan bekas di Jogja sehingga membutuhkan pelacakan keabsahan unit. Cek plat nomor kendaraan Jogja juga sering digunakan untuk pemecahan kasus kriminal seperti kecelakaan lalu lintas hingga pencurian kendaraan bermotor yang terjadi di area DI Yogyakarta. 

Cara cek plat kendaraan

Contoh plat kendaraan di wilayah Jogja  

Setiap daerah memiliki website khusus untuk mengecek plat nomor yang sesuai dengan domisili asal kendaraan tersebut. Ketika Anda ingin melakukan cek pemilik plat nomor kendaraan Jogja, maka website yang digunakan tentu berbeda dengan area Jakarta atau Jawa Timur. Untuk dapat menggunakannya, Anda bisa menggunakan browser pada ponsel atau komputer yang terhubung dengan internet.

1. Cara Cek Plat Nomor Jogja Secara Online

Cek plat kendaraan online

Cek plat kendaraan online lewat HP 

Bagi warga DI Yogyakarta, Anda bisa langsung mengakses website (website apa?) kemudian masukan kode plat nomor kendaraan secara lengkap. Hasilnya akan ditampilkan informasi tentang kendaraan tersebut mulai dari merek kendaraan, tipe kendaraan, hingga nama pemiliknya. Perlu diingat bahwa website ini hanya bisa digunakan untuk cek pemilik plat nomor wilayah Jogja saja.

>>> Cek Plat Nomor Jateng Dengan Sakpole e-Samsat Jateng

2. Cek Plat Nomor Jogja Melalui SMS

Mengecek plat kendaraan bisa melalui online

Mengecek plat kendaraan bisa melalui online

Jika Anda sedang mengalami keterbatasan jaringan internet, cara cek pemilik plat nomor kendaraan Jogja juga bisa dilakukan melalui SMS resmi kepada pihak kepolisian. Cara ini hanya membutuhkan biaya tarif SMS reguler yang tetapkan oleh masing-masing operator dan ditanggung oleh pengirim pesan. 

Bagi warga Jogja, Anda bisa mengirimkan SMS dengan format DIY (spasi) plat nomor lengkap tanpa spasi. Kemudian kirimkan ke 9600. Contohnya: DIY AB2300BB, lalu kirimkan ke 9600. Sekali lagi, format ini hanya bisa digunakan untuk cek pemilik plat nomor Jogja saja. 

>>> Modus Baru Pemudik Masuk ke Jakarta, Ganti Plat Nomor!

Aplikasi Cek Plat Nomor Kendaraan Area Jogja

Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta juga memiliki aplikasi untuk cek pemilik plat nomor Jogja secara online. Aplikasi ini dapat ditemukan dengan mudah pada Google Playstore untuk android atau Apple Store untuk iOs.

Cek plat Jogja menggunakan aplikasi caranya cukup mudah, pertama download dulu aplikasi Pajak Kendaraan Yogyakarta di Playstore atau Appstore. Sebelum melakukan pengecekan, terlebih dahulu Anda diminta untuk daftar akun atau login dengan mengisi beberapa data yang diminta. Aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk plat nomor yang terdaftar di wilayah Jogja saja. 

Beberapa aplikasi yang bisa Anda pakai untuk cek plat kendaraan selain di Jogja adalah sebagai berikut:

DKI Jakarta

Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta

Jawa Barat

SAMBARA

Jawa Tengah

Sakpole e-SAMSAT Jateng

Yogyakarta

Pajak Kendaraan Yogyakarta

Jawa Timur

E-Smart Samsat Jatim

>>> Arti Kode Plat Nomor S Pada Kendaraan Bermotor di Indonesia

Cek pemilik plat nomor kendaraan Jogja menggunakan aplikasi benar-benar sangat mudah dan menghemat waktu. Yang dibutuhkan hanya kuota internet saja untuk bisa mengetahui informasi seputar kendaraan bermotor tersebut. 

Sayangnya, beberapa website cek pemilik plat nomor Jogja dan wilayah lainnya terkadang tidak bisa diakses karena beberapa alasan. Sampai saat ini, belum semua daerah di Indonesia memiliki halaman website untuk melakukan pencarian pemilik kendaraan. 

Plat Nomor AB Wilayah Jogja

Untuk wilayan Jogjakarta, Anda bisa menemukan banyak plat nomor AB

Tetapi sangat disayangkan, masih ada beberapa website yang terkadang tidak bisa digunakan. Selain itu, masih banyak daerah yang belum tersedia laman website untuk melakukan pencarian. Semoga kedepannya semua plat nomor daerah di Indonesia sudah bisa dilakukan pengecekan secara online. 

Demikian informasi mengenai cara mengecek pemilik plat nomor Jogja tanpa harus mendatangi Samsat. Semoga informasi ini dapat membantu siapa pun yang hendak melakukan pengecekan pemilik plat nomor untuk berbagai keperluan. Saran kami, jika memang Anda membutuhkan informasi yang lebih valid dan kredibel sebaiknya datangi Samsat terdekat, tentunya ada syarat dan ketentuan yang berlaku karena petugas tidak akan sembarangan memberikan informasi identitas pemilik.

Kami juga mengingatkan bahwa melalui kemudahan dan keterbukaan informasi yang sudah  diberikan ini, sebagai warga negara yang baik, gunakan fasilitas ini hanya untuk kepentingan yang baik saja. Misalnya mencari tahu informasi pemilik ketika kendaraan atau ketika hendak mencari tahu keabsahan dokumen sebelum melakukan transaksi jual beli mobil bekas. 

>>> Arti Kode Plat Nomor R Pada Kendaraan Bermotor di Indonesia

Pertanyaan Sering Diajukan

Bagaimana cara cek pajak kendaraan bermotor?
Akses website Samsat, kemudian masukkan nomor plat kendaraan dan NIK untuk mendapatkan informasi pajak kendaraan bermotor.
Apakah pembayaran pajak bisa dilakukan secara online?
Tidak bisa. Yang bisa dilakukan secara online adalah cek pemilik plat nomor saja. Untuk pembayaran pajak dapat dilakukan secara langsung di kantor Samsat terdekat.
Apakah warga luar Jogja bisa mengecek plat nomor Jogja?
Bisa. Layanan di atas hanya bisa digunakan untuk mengecek plat nomor Jogja saja. Pengecekan dapat dilakukan dari mana saja, tidak terbatas lokasi.
Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top