Pahami 6 Perbedaan Vios dan Limo Supaya Tak Tertipu

16/06/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Pahami 6 Perbedaan Vios dan Limo Supaya Tak Tertipu
Ada beberapa perbedaan Vios dan Limo yang wajib Anda ketahui untuk menghindari penjual mobil bekas curang, karena perbedaan-perbedaan ini sulit dimanipulasi.

Solusi untuk memiliki mobil jenis sedan namun dengan harga yang terjangkau adalah dengan membeli mobil bekas taksi. Walau sering dicap negatif, namun nyatanya peminak mobil eks taksi juga tidak pernah sepi. Alasannya, apalagi kalau bukan harganya yang cukup menggoda dengan kondisi yang masih terbilang cukup baik.

Bagaimana tidak, para operator taksi biasanya hanya menggunakan armadanya selama 5 tahun saja. Setelah itu mereka akan melakukan peremajaan armada. Armada yang sudah tak terpakai inilah lantas dijual kepada publik. Meskipun awalnya menggunakan plat nomor kuning, namun ketika dibeli oleh individu, maka plat nomor bisa diganti jadi atas nama pribadi.

Biaya kepemilikan mobil bekas taksi pun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang dipatok mulai dari Rp45 jutaan hingga Rp80 jutaan. Biaya itu sudah termasuk pengecatan ulang dengan warna sesuai permintaan pelanggan, serta biaya balik nama sesuai nama sang konsumen.

Beberapa produsen mobil juga pernah terlibat dalam pengadaan armada taksi. Diantaranya Toyota, Nissan, dan Wuling. Nah satu diantara beberapa mobil eks taksi yang peminatnya masih cukup banyak sampai saat ini adalah Toyota Limo. Mobil ini tak lain merupakan kembaran dari Toyota Vios yang dijadikan armada sejumlah perusahaan taksi.

Dengan banderol yang jauh lebih murah dibandingkan Toyota Vios bekas, banyak konsumen yang melirik Toyota Limo eks taksi. Sayangnya, ada oknum yang melakukan kecurangan dengan memanfaatkan selisih harga jual ini. Yaitu menawarkan Toyota Limo namun seharga Toyota Vios.

Lalu apa saja perbedaan Vios dan Limo yang bisa dikenali? Ternyata banyak sekali lho. Nah berikut ini Cintamobil.com akan menjelaskan secara lengkap satu per satu.

1. Lihat Odometer

Speedometer Toyota Vios

Jika odometer sudah terlalu tinggi wajib curiga jika itu sebenarnya Limo

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengetahui perbedaan Vios dan Limo adalah dengan memperhatikan odometer dari kendaraan tersebut. Jika mobil menunjukkan angka kilometer jarak tempuh sudah cukup tinggi namun usia mobil belum terlalu tua maka patut waspada. Karena bisa jadi mobil yang Anda incar sebenarnya adalah Toyota Limo.

Pasalnya, sebagai armada taksi tentu mobil akan lebih banyak jalan dari pada kendaraan pribadi. Sayangnya, beberapa penjual mobil bekas juga melakukan kecurangan untuk hal ini. Yaitu melakukan reset odometer. Jadi tetap berhati-hati ya!

>>> Jangan Tertipu, Ini Tips Mengetahui Odometer Putaran

2. Perhatikan Rem Belakang

Toyota Vios Gen 2

Vios sudah pakai rem cakram di roda belakang

Masih dari bagian eksterior, perbedaan Vios dan Limo juga bisa diperhatikan pada roda bagian belakang. Sejatinya, Toyota sudah menerapkan rem model disc brake pada roda depan dan roda belakang untuk Vios. Jadi jika roda belakang mobil yang sedang Anda incar masih pakai drum brake alias rem tromol, maka patut dicurigai jika mobil itu sesungguhnya adalah Toyota Limo eks taksi.

>>> Catat, Ini Jadwal Servis Rutin Rem Mobil Anda

3. Cuma Ada Transmisi Manual

Interior Toyota Limo

Limo hanya tersedia dengan transmisi manual dan tidak ada tombol audio pada setir

Komponen lainnya yang sulit untuk dimanipulasi dari sebuah Toyota Limo adalah pada bagian transmisi. Model ini cuma hadir dengan transmisi manual, sementara untuk Toyota Vios hadir dalam transmisi manual dan otomatis. Komponen ini sulit untuk diakali oleh penjual mobil bekas curang, lantaran untuk menggantinya dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

4. Lampu-lampu

Toyota Vios front

Vios pakai foglamp

Perbedaan Vios dan Limo juga bisa dilihat dari beberapa lampu-lampu yang dipakai pada kedua mobil tersebut. Untuk Vios misalnya, Toyota sudah membekali dengan lampu kabut (foglamp) dan juga lampu sein LED pada spion luar. Sementara untuk model Limo, dua lampu ini tidak ada. Walau begitu, banyak pemilik Limo yang sudah melakukan upgrade kedua komponen tersebut sehingga cukup sulit untuk dibedakan.

>>> Review Toyota New Vios 2016, Hadir dengan Mesin dan Transmisi Baru

5. Perhatikan Kondisi Power Windows dan Audio Steering Switch

Toyota Vios doortrim

Kalau kondisi power windows kurang rapih, patut curiga jika itu part aftermarket

Fitur yang tersedia pada Toyota Vios sudah cukup lengkap. Antara lain adanya electric power windows serta keberadaan audio steering switch. Sementara pada Toyota Limo fitur ini belum tersedia. Walau sudah banyak penjual aftermarket yang menyediakan part ini agar bisa dipasang di Toyota Limo, namun sebaiknya perhatikan bekas-bekas pemasangannya. Jika terlihat kurang rapih, maka pertanda fitur tersbeut dipasang secara optional bukan dari pabrikan Toyota.

6. Cek STNK dan BPKB

STNK dan BPKB

Keterangan pada STNK dan BPKB akan menunjukan Vios atau Limo

Terakhir sebagai pamungkas untuk mengetahui perbedaan Vios dan Limo adalah melalui STNK dan BPKB. Karena walaupun mobil tersebut sudah dimodifikasi dengan semua kelengkapan pada Toyota Vios, maka pada STNK dan BPKB akan tetap tercetak keterangan Toyota Limo. Mengingat keterangan ini berasal dari dokumen kendaraan saat pertama kali dilekuarkan oleh pihak kepolisian.

>>> Tips dan trik menarik seputar mobil yang terlengkap bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top