Review All New Toyota Vios 2023: Makin Hemat Dan Bertabur Fitur Canggih

13/10/2022

Share this post:
Toyota Vios G 2023
Editor rate:

Rp 314.900.000 - Rp 369.900.000

Mobil Vios bekas - Harga bekas Toyota Vios Lihat promo

Sedan kecil andalan PT Toyota Astra Motor ini kini bertabur fitur canggih dan diklaim lebih hemat konsumsi BBM, seberapa menarik All New Toyota Vios 2023 ini?

Review All New Toyota Vios 2023: Makin Hemat Dan Bertabur Fitur Canggih
Review All New Toyota Vios 2023: Makin Hemat Dan Bertabur Fitur Canggih
0 Gambar

Pengantar Toyota Vios G 2023

Mari kita simak spesifikasi Toyota Vios G 2023 di bawah ini.

Kelebihan

Sudah pakai New Generation Architecture yang membuat visibilitas baik dan handling lincah

Mesin NR series dikenal hemat konsumsi BBM dan bertenaga

Fitur keselamatan aktif dan pasif tercanggih di kelasnya

Kekurangan

Harga masih tinggi, mungkin bisa ditekan jika sudah CKD (Rakitan lokal)

Transmisi manual hanya di tipe terendah (Tipe E) dan spot order (Tidak ready stock)

Desain eksterior bukan selera semua orang

Toyota Vios pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2003 untuk menggantikan Toyota Soluna yang telah lebih dahulu disukai oleh pelanggan dalam mengisi pasar sedan sub compact atau B-segment Class.

Launch All New Toyota Vios 2023

All New Toyota Vios 2023 resmi dipasarkan bulan Oktober ini di Indonesia

Dalam perjalanannya, Toyota Vios generasi pertama berhasil memenuhi harapan pelanggan sehingga dilanjutkan oleh generasi kedua tahun 2007 dan generasi ketiga tahun 2013. Kini saatnya kita membahas mengenai ulasan lengkap / review All New Toyota Vios 2023. Secanggih apa mobil ini? Let's check this out...

>>> Inilah perjalanan sejarah Toyota Vios di Indonesia

Daftar mobil termurah di Cintamobil

Hanya di Cintamobil

Mobil Toyota Kijang Innova 2016 G terbaik di DKI Jakarta

List cheapest

Jual cepat Honda HR-V E 2015 di Banten

List cheapest

Jual cepat Honda HR-V E 2015 di Banten

Rp 195.000.000

Banten

130.000 km

Honda CR-V 2.4 2016

List cheapest

Honda CR-V 2.4 2016

Rp 77.000.000

Jawa Tengah

20.158 km

Jual Honda Mobilio E 2016 harga murah di Jawa Barat

List cheapest

Jual Honda Mobilio E 2016 harga murah di Jawa Barat

Rp 132.000.000

Jawa Barat

130.000 km

Promo Mitsubishi Pajero Sport murah

List cheapest

Promo Mitsubishi Pajero Sport murah

Rp 178.000.000

Nusa Tenggara Barat

30.900 km

Toyota Fortuner 2008 Jawa Timur dijual dengan harga termurah

List cheapest

Promo Toyota Calya G MT murah

List cheapest

Promo Toyota Calya G MT murah

Rp 96.000.000

Jawa Barat

98.000 km

DKI Jakarta, Suzuki Ertiga GX 2014 kondisi terawat

List cheapest

Daihatsu Xenia Li Special Edition 2008 MT

List cheapest

Daihatsu Xenia Li Special Edition 2008 MT

Rp 80.000.000

Jawa Barat

200.000 km

Eksterior Toyota Vios G 2023

Review All New Toyota Vios 2023: Tampilan Depan

Gambaran sebuah sedan modern Toyota bergaya Keen Look yang elegant dan powerful terlihat nyata pada bagian depan All New Toyota Vios 2023. Grille trapezoidal ekstra besar begitu mendominasi wajahnya dengan bilah hitam kokoh dan bergaya tiga dimensi.

Tampilan eksterior depan Toyota Vios 2023

Eksterior depan punya karakter tegas

Di atasnya, terdapat grille tipis melintang yang tampak serasi dengan lampu depan L-shape LED diperkuat oleh lekukan kokoh dan aerodinamis yang membentuk air dam di sudut bumper depan. Lekukan kokoh terus berlanjut pada kap mesin dan dipertegas oleh garis bahu samping yang maskulin.

Review All New Toyota Vios 2023: Tampilan Samping

Ke samping, velg alloy 17 inch bergaya futuristis mendominasi sisi samping di mana posisinya mendekati ujung spatbor sehingga tampak sporty. Wheelbase lebih panjang menciptakan ruang untuk membuat kabin lebih mundur ditandai oleh jendela ketiga di belakang pintu samping (6-light window) sebagai penegas.

Tampilan eksterior samping Toyota Vios 2023

Toyota dapat memperluas dimensi kabin tanpa perlu menambah panjang keseluruhan

All New Vios lebih lebar 10 mm dan lebih rendah 20 mm, dengan wheelbase ekstra melar hingga 70 mm. Panjangnya sudah dirasa cukup untuk sebuah Entry Sedan guna menjaganya tetap kompak sehingga mudah saat parkir dan bermobilitas di jalan perkotaan.

Review All New Toyota Vios 2023: Tampilan Belakang

Fastback Style yang diusung All New Toyota Vios 2023 membuat sentuhan khas sedan mewah kian terasa. Serta membuat kabin terasa semakin terang dan lapang. Nuansa upper class sedan terus berlanjut pada desain buritan yang simpel dan modern dengan sentuhan lampu belakang LED L-shape, aksen diffuser, antena shark fin, dan lubang udara mungil di ujung bumper belakang.

Eksterior belakang All New Toyota Vios 2023

Desain sedan kecil ini lebih berkelas dengan gaya Fastback

Fastback Style adalah desain jendela belakang melandai mendekati ujung bagasi memberikan siluet khas sedan mewah dan berkelas. Dari samping, penambahan jendela ketiga di belakang pintu samping (6-light window) menunjukkan bahwa kini kabin All New Vios lebih besar sehingga sanggup memberikan kenyamanan ekstra kepada penumpang belakang.

>>> Review Toyota Voxy 2022: MPV Menengah Bergaya Sultan nan Mewah


Interior Toyota Vios G 2023

Review All New Toyota Vios 2023: Layout Dashboard

Paduan tema desain elegant dan powerful terus berlanjut ke dalam kabin All New Toyota Vios 2023. Interior didominasi warna hitam yang tampak berkelas dan nyaman. Desain dashboard baru yang modern menggunakan bahan soft touch yang selaras dengan desain door trim.

Dashboard Toyota Vios 2023

Kabin driver oriented

Penggunaan bahan serupa berlanjut pada panel instrumen, knee pads, serta arm rest di pintu dan konsol tengah pada tipe G. Desain kokpit driver-oriented yang memberikan nuansa racing dan posisi duduk pengemudi yang pas menyediakan visibilitas keluar kabin yang memadai.

>>> Baca juga Mobil Toyota Bekas - Harga bekas Toyota di Indonesia

Review All New Toyota Vios 2023: Setir

Lingkar kemudi Toyota All New Vios 2023 bertabur tombol pengaturan fitur. Pada spoke (palang) sebelah kiri terdapat rangkaian tombol untuk mengatur audio dan voice command, sementara untuk spoke sebelah kanan untuk pengaturan fitur Cruise Control dan kontrol menu Toyota Safety Sense.

Setir All New Toyota Vios 2023

Pengaturan naik-turun dan jangkauan maju-mundur hanya ada di Vios G

Namun tombol pengaturan pada spoke sebelah kanan hanya tersedia pada Toyota Vios tipe G saja. Untuk Toyota Vios tipe E tidak tersedia, begitu juga pengaturan Tilt And Telescopic yang hanya ada di trim G (G CVT dan G CVT TSS).

Review All New Toyota Vios 2023: Bagasi

Dimensi panjang total Toyota Vios 2023 yang lebih pendek dibanding generasi sebelumnya ternyata tidak terlalu berpengaruh terhadap kapasitas bagasinya. Anda bisa lihat sendiri pada bagasi di foto di bawah ini.

Bagasi All New Toyota Vios 2023

Bagasi sebesar 1.060 Liter siap mengakomodir barang bawaan Anda

Meski masuk dalam kategori sedan kompak B-segment, All New Vios tetap mampu menyajikan ruang penyimpanan bagasi yang lega, yakni sebesar 1.060 liter. Ini membuat kepraktisannya kian baik.

Fitur Toyota Vios G 2023

Review All New Toyota Vios 2023: Ringkasan Fitur Keselamatan

All New Vios kini dilengkapi dengan teknologi keselamatan terbaik Toyota, yaitu Toyota Safety Sense (TSS). TSS pada All New Vios terdiri atas 9 fitur safety yang mengandalkan sensor dan kamera stereo di kaca depan.  Pre-Collision Warning and Braking Assist (PCWBA) adalah fitur pertama untuk mengurangi risiko menabrak kendaraan lain yang ada di depan dengan memberikan peringatan hingga pengereman, bahkan berhenti darurat jika dibutuhkan.

Berikutnya adalah Pedal Misoperation Control (PMC) yang mengurangi potensi kecelakaan akibat kesalahan penerapan pedal gas dengan menyalakan alarm peringatan, melakukan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga sehingga laju mobil tertahan.

Ketiga adalah Lane Departure Warning (LDW) yang membaca marka jalan untuk selanjutnya memberikan alarm peringatan jika terjadi deviasi atau pergerakan mobil yang menjauh dari posisi seharusnya.

Lane Departure Prevention (LDP) mencegah mobil pindah lajur di jalan dengan memberikan suara alarm saat mobil bergerak menyamping di jalan lurus. Kelima, Auto High Beam (AHB) yang bekerja dengan menyalakan lampu jauh atau high beam untuk meningkatkan daya pandang pengemudi di malam hari dan mengembalikan ke lampu utama (low beam) ketika terdeteksi ada kendaraan di depan.

TSSToyota Vios 2023

Fitur keselamatan yang lengkap ini hanya ada di Vios tipe G

Tidak berhenti di situ, fitu Blind Spot Monitoring (BSM) juga disematkan untuk dapat memberikan sinyal lewat grafis di kaca spion samping sebagai peringatan ketika ada mobil lain di area blind spot, sehingga pengemudi lebih waspada. Rear Cross Traffic Allert (RCTA) mendeteksi kendaraan atau obyek lain yang mendekat di belakang ketika parkir untuk selanjutnya memperingatkan pengemudi dengan suara dan konfirmasi visual.

Fitur Adaptive Cruise Control (ACC) dapat memantau keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman dengannya sehingga sangat efektif ketika cruising di jalan tol. Terakhir, Front Departure Alert (FDA) memberikan peringatan suara ketika mobil di depan tiba-tiba mundur saat mengantri di jalan macet untuk mencegah tabrakan.

Selain TSS, All New Vios juga memiliki Safety features lainnya, mulai dari fitur rem ABS+EBD+BA yang dimaksimalkan oleh piringan cakram di seluruh roda. Terdapat pula Dual Airbags, Parking Sensors, Rear Parking Camera, Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC) pada semua grade All New Vios. Khusus untuk flagship All New Vios CVT TSS masih ditambahkan dengan Traction Control (TC) untuk membantu safety driving di jalan.

>>> Daftar Kredit Toyota Vios 2023 Semua Tipe, Cicilan Mulai dari Rp7 Juta

Review All New Toyota Vios 2023: In-Car Entertaiment System

Untuk makin mewujudkan fun to drive dan kenyamanan berkendara yang semakin kental, pada All New Vios telah disematkan panel instrumen berukuran 7-inch TFT dan Digital LED Speedometer yang terlihat menyatu dan modern, serta dilengkapi Multi Information Display (MID) dengan pilihan tampilan antarmuka 4 pattern mengikuti selera pengemudi. Sementara, area kokpit driver-oriented memudahkan siapapun yang berada di balik kemudi supaya lebih fokus dalam mengendalikannya.

Head Unit All New Toyota Vios 2023

Konektivitas kekinian dukung gaya hidup saat ini

Sistem audio menggunakan layar sentuh 9 inch floating di tengah dashboard yang menyajikan kemudahan dan kenyamanan akses pada sistem hiburan kendaraan. Semakin menyesuaikan dengan trend terkini, Toyota meng-update entertainment system dengan meningkatkan smartphone connection di head unit melalui pengaplikasian Apple CarPlay dan Android Auto Support (AACP).

Review All New Toyota Vios 2023: Panel Instrumen

Panel instrumen pada All New Toyota Vios 2023 ini mampu menampilkan beberapa hal penting soal fitur TSS, pilihan mode berkendara, speedometer, takometer, tripmeter, real time fuel consumption, avarage fuel consumption dan lain sebagainya

Panel Instrumen All New Toyota Vios 2023

Panel instrumen canggih ini hanya ada di Vios G

Tapi, meter cluster yang canggih ini hanya tersedia di Vios G. Untuk Vios tipe E masih mengusung model jarum yang konvensional, meski sudah optitron yang pendaran cahayanya nyaman di mata.

Operasi Toyota Vios G 2023

All New Vios menggunakan engine berkode 2NR-VE 1.500 cc 4-silinder yang dikenal efisien dan hemat bahan bakar bermodalkan teknologi Dual VVT-i yang memiliki kurva tenaga dan torsi merata di seluruh putaran mesin.

Sehingga, pengemudi dapat memaksimalkan performanya di segala kondisi jalan dan kebutuhan tanpa khawatir boros bensin. Kalau dari hasil pengetesan kami terhadap Vios generasi sebelumnya konsumsi BBM ada di angka 18 kilometer per liter, di generasi ini klaimnya bisa lebih dari 20 kilometer per liter.

Performa All New Toyota Vios 2023

Performa mesin akan kami buktikan pada pengetesan lengkap khas Cintamobil.com, tungguin ya

Dapur pacu All New Vios menyediakan tenaga 78 Kw pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm. Sangat memadai untuk sedan kompak yang menghabiskan banyak waktu bermobilitas di jalan perkotaan. Distribusi tenaga ke roda depan disalurkan melalui opsi transmisi manual 5-speed atau CVT.

Bodi lebih rendah memberikan pusat gravitasi lebih baik untuk meningkatkan kualitas berkendara tanpa mengurangi kenyamanan penumpang karena ruang kepala tetap memadai. Ubahan pada dimensi bodi pun membuat sedan kompak ini tampak begitu sporty dan powerful sekaligus elegant dan berkelas.

>>> Harga Toyota Vios 2023 Naik Rp11 Juta, Kini Lebih Besar dan Punya TSS

Spesifikasi Toyota Vios G 2023

Berikut ini adalah spesifikasi All New Toyota Vios 2023:

Mesin All New Toyota Vios 2023

Seri mesin

2NR-VE, 4-Silinder Segaris, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i

Pasokan Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection

Jumlah Katup

16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

Tenaga Maksimum

104,6 (78 kW) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

138 Nm @ 4.200 rpm

Kapasitas Silinder

1,496 cc

Bore X Stroke

72,5 mm X 90,6 mm

Tipe Transmisi

D-CVT & Manual 5-Percepatan, Penggerak Roda Depan (FWD)

Dimensi All New Toyota Vios 2023

Panjang X Lebar X Tinggi

4.410 mm X 1.740 mm X 1.480 mm

Jarak Sumbu Roda

2.620 mm

Ground Clearance

160 mm

Radius Putar

Tipe G: 5,2 Meter

Tipe E: 4,8 Meter

Kapasitas Tangki

40 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki All New Toyota Vios 2023

Suspensi Depan & Belakang

Depan: MacPherson Strut

Belakang: Torsion Beam

Sistem Kemudi

Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

Tipe G: Ventilated Disc & Disc

Tipe E: Ventilated Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

ABS, EBD, BA, HSA, EPB, Toyota Safety Sense ®

Teknologi Safety Sasis

Toyota New Global Architecture (TNGA)

Struktur Sasis

Monokok, Sedan B-Segment

Pelek

Tipe G: Alloy, 17 Inch

Tipe E: Alloy, 16 Inch

Jenis Ban

Tipe G: Radial, 205/50R17

Tipe E: Radial, 195/60R16

Daftar Harga Toyota Vios G 2023

PT Toyota Astra Motor menawarkan tiga pilihan tipe Toyota Vios generasi keempat yang dipasarkan di Indonesia, yaitu tipe E bertransmisi manual dan tipe G dengan opsi  otomatis baik yang sudah dilengkapi TSS maupun non TSS.

Berikut harga Toyota Vios 2023 terbaru di tiap varian yang tersedia:

  • Toyota Vios 1.5 E M/T: Rp 314.900.000
  • Toyota Vios 1.5 G CVT: Rp 355.200.000
  • Toyota Vios 1.5 G CVT (Premium Color): Rp 356.700.000
  • Toyota Vios 1.5 G CVT TSS: Rp 368.400.000
  • Toyota Vios 1.5 G CVT TSS (Premium Color): Rp 369.900.000

Menariknya konsumen bisa mendapatkan program after sales Toyota T-CARE yang menawarkan program Bebas Biaya Servis Berkala untuk biaya jasa dan suku cadang maksimal 3 tahun atau 60.000 kilometer. Termasuk tambahan extended warranty 1 tahun/20.000 km jika pelanggan melakukan servis tepat waktu di seluruh outlet resmi Toyota di Indonesia.

Kesimpulan Toyota Vios G 2023

Review Toyota Vios 2023 - Sejak awal kehadirannya nyaris 20 tahun lalu, Vios selalu hadir dengan paket menarik dan value for money yang tinggi. Dan Toyota Vios 2023 ini bukan suatu pengecualian. Harga jualnya menarik dipadu dengan fitur berlimpah membuatnya patut dipertimbangkan.

All New Toyota Vios 2023

Toyota Vios 2023 tawarkan Value For Money yang baik

Toyota Vios tipe G sangat pas untuk keluarga modern dan dinamis yang ingin tampil bergengsi dan terdepan. Sementara Toyota Vios tipe E sangat pas untuk kebutuhan corporate atau komersil.

>>> Simak review mobil baru lainnya hanya di sini

Arfian Alamsyah
Share this post:
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Head of Content di Cintamobil.com   About Arfian Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebe

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top