Review Toyota Vios GR-S 2021: Lebih Dari Sekadar Jubah Sporty

25/12/2020

Share this post:

Toyota Vios 2020

Editor rate:

Rp. 340.000.000

Daftar Harga mobil Toyota Vios terbaru Lihat promo

Dari sirkuit ke jalanan, hal ini coba diterapkan Toyota Malaysia saat merilis Vios GR-S. Tapi jangan salah, trim ini tidak semata menjual bodykit sporty saja, penasaran? Simak reviewnya di Cintamobil.com.

Review Toyota Vios GR-S 2021: Lebih Dari Sekadar Jubah Sporty
Review Toyota Vios GR-S 2021: Lebih Dari Sekadar Jubah Sporty
0 Gambar

Pengantar Toyota Vios 2020

Mari kita simak spesifikasi Toyota Vios 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Tampilan eksterior sporty

Aura Gazoo Racing sangat terasa

Improvement teknis di sisi girboks dan suspensi

Fitur keselamatan komplit

Kekurangan

Performa mesin kurang digodok

Belum tentu masuk Indonesia

Race on Sunday, sell on Monday. seakan menjadi mantra mujarab untuk meningkatkan penjualan bagi Toyota Malaysia. APM Toyota di Negeri Jiran itu mengadakan kejuaraan balap One-Make Race (OMR) Toyota Vios Challenge yang sudah berlangsung selama 3 tahun terakhir, dan akan berlanjut di tahun 2021 sebagai musim keempat.

Gambar Toyota Vios GR-S 2021 warna putih

Race on Sunday, sell on Monday?

Terinspirasi dari kejuaraan tersebut, UMW Toyota Motor memperkenalkan Toyota Vios GR-S yang dirilis berbarengan dengan Vios facelift 2021, dan juga hot-hatchback yang tengah jadi pembicaraan, khususnya di Indonesia. Mengambil basis dari facelift terbaru Toyota Vios generasi ketiga, Vios GR-S hadir dengan ubahan eksterior dan interior yang lebih sporty sebagai pembeda dari Vios standar. 

Toyota Vios GR-S 2021

Vios GR-S mengambil inspirasi dari mobil balap Toyota Vios Challenge

Well, hal ini sudah bisa dibilang lumrah mengingat Toyota Vios di Indonesia juga pernah mendapatkan treatment serupa lewat varian TRD Sportivo yang dijual antara tahun 2014 sampai 2018. Namun berbeda dari varian TRD Sportivo yang beredar di Indonesia, ubahan yang didapat Toyota Vios GR-S lebih dari sekadar kosmetik semata. Gazoo Racing Malaysia menghadirkan beberapa ubahan mekanis yang membuat mobil tersebut terasa pantas berada di lini performa Toyota bersama GR Yaris dan GR Supra. Apakah benar Toyota Vios GR-S sespesial itu jika dibandingkan varian biasa? Simak ulasan lengkapnya di Cintamobil.com di bawah ini.

Eksterior Toyota Vios 2020

Mengambil inspirasi dari mobil balap Toyota Vios Challenge, Toyota Vios GR-S hadir dengan modifikasi eksterior yang sangat sporty dengan bodykit depan, samping, sampai belakang yang dirombak habis dan memakai velg yang lebih sporty juga.

Review Toyota Vios GR-S 2021: Eksterior Depan

Kita mulai dari depan, Toyota Vios GR-S 2021 hadir dengan basis fascia depan yang digunakan oleh Vios facelift terbaru. Headlamp yang sebelumnya projector diganti menjadi lampu LED 3-tier dengan lampu DRL LED yang berada di bawah mika lampu utama.

Tampilan depan Toyota Vios GR-S 2021

Vios GR-S hadir dengan tampilan depan ala Yaris GR

Turun ke bawah, tampilan khas Gazoo Racing sangat kerasa berkat penggunaan bumper bawah yang mirip seperti GR Yaris, di mana lower gril memiliki pattern mesh (jaring-jaring), bukan garis horizontal seperti Vios 'biasa'. Rumah foglamp juga dibuat mirip seperti GR Yaris yang memberikan kesan garang.

Review Toyota Vios GR-S 2021: Eksterior Samping

Dengan bodykit dari Gazoo Racing, ternyata berakibat pada dimensi mobil yang secara keseluruhan berubah. Bodi Vios GR-S ini memanjang 42 mm dari 4.425 mm menjadi 4.467 mm, sementara lebar mobil tidak ada ubahan, sedangkan tinggi mobil bertambah 25 mm menjadi 1.475 mm. Tidak hanya dimensi, beberapa elemen samping mobil juga turut direvisi untuk memperkuat kesan sporty.

Tampilan samping Toyota Vios GR-S 2021

Vios GR-S dipasangkan velg berukuran 17 inci, lebih besar dari Vios trim lainnya

Contohnya seperti kaca spion dan handle pintu yang diberi finishing hitam, ukuran velg juga jadi lebih besar, 17 inci yang dibalut ban performa tinggi Toyo Proxes TR1 dengan profil 205/45 R17. Tampilan tersebut dilengkapi side skirt yang mempermanis profil mobil dengan detail emblem 10-speed di bagian depannya, seolah menunjukkan bahwa Vios GR-S memang sespesial itu.

Review Toyota Vios GR-S 2021: Eksterior Belakang

Tampilan belakang Toyota Vios GR-S 2021

Vios GR-S dilengkapi bumper belakang yang lebih tebal dengan diffuser

Pindah ke belakang, Vios GR-S juga tampil dengan aura berbeda dibandingkan varian standar. Sebagai contoh, lip spoiler belakangnya hadir dengan finishing full-black, sedang Vios biasa memadukan warna body di tepian dengan hitam di tengah, begitu juga emblem GR yang seolah menunjukkan bahwa ini bukan Vios biasa. Tapi dari semua itu, ubahan paling kentara ada di bawah dengan bumper yang lebih tebal, dan juga diffuser yang sukses membuat tampilan sedan kompak ini jadi semakin agresif.

>>> Simak review Toyota lainnya di bawah ini


Interior Toyota Vios 2020

Feeling sporty Toyota Vios GR-S 2021 tidak hanya tercermin dari eksteriornya saja, kabin mobil juga dibuat lebih sporty dan agresif. Lebih dari sekadar, kosmetik, beberapa bagian mobil memang sengaja didesain untuk menciptakan feeling berkendara yang lebih sporty.

Review Toyota Vios GR-S 2021: Layout Dasbor dan setir

Setir Toyota Vios GR-S 2021

Layoutnya masih sama seperti model standar, cuma aksen merah saja di dashboard

Kalau melihat layout dasbor, hampir tidak ada perbedaan krusial antara Toyota Vios GR-S dengan Vios biasa. Layoutnya masih sama persis, paling yang jadi pembeda hanyalah aksen jahit-jahitan merah yang ada di beberapa bagian.

Cluster instrumen Toyota Vios GR-S 2021

Instrument clusternya juga diberi sentuhan khas Gazoo Racing

Mulai dari setir, persneling, sampai jok, dan emblem GR di push start button. Perbedaan lebih mencolok justru ada di instrument cluster model Optitron yang diberi aksen merah dengan jarum warna merah. Selain itu, Multi-information Displaynya memiliki animasi logo Gazoo Racing.

Review Toyota Vios GR-S 2021: Kursi

Sportseats Toyota Vios GR-S 2021

Kursi depan diganti dengan sports seats yang lebih supportif

Khusus untuk varian Vios GR-S, Toyota menyematkan sepasang sports seats dengan balutan kulit serta kombinasi suede dengan logo Gazoo Racing di head rest.  Sementara itu, kursi belakangnya tidak berbeda jauh dengan Vios standar yang bisa mengakomodasi tiga penumpang di belakang dengan hadirnya tiga buah headrest dan sabuk pengaman tiga titik.

>>> Berita terbaru seputar Toyota bisa Anda simak di sini

Fitur Toyota Vios 2020

Berbicara soal fitur, Toyota Vios GR-S tidak jauh berbeda dari Vios 2021 standar. Mulai dari head unit, driving mode (untuk varian G dan GR-S), dan berbagai fitur keamanan yang bisa dibilang sangat lengkap.

Review Toyota Vios GR-S 2021: Multimedia

Pusat multimedia Toyota Vios GR-S 2021 memakai layar sentuh 7 inci dengan konektivitas yang terhitung cukup lengkap di kelasnya. Sebut saja Bluetooth, AUX, USB, sampai fitur integrasi smartphone seperti Apple CarPlay dan Android Auto, semua ada di situ.

Head unit yang dipakai di Toyota Vios GR-S

Head unitnya kini sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto

Bukan cuma kelengkapan multimedia, kualitas audio yang dihasilkan juga cukup impresif dibandingkan facelift sebelumnya. Sebab tipe G dan GR-S dilengkapi 6 buah speaker, sedang trim di bawahnya masing-masing memakai empat dan dua speaker saja.

Review Toyota Vios GR-S 2021: Mode berkendara

Sebenarnya ini bukan fitur baru, tapi Vios GR-S mendapatkan driving mode yang juga ada di trim G. Lewat tombol di sebelah kanan belakang lingkar kemudi, Anda bisa memilih tiga mode berkendara, ECO MODE, NORMAL, dan SPORT.

Fitur untuk mematikan VSC di Toyota Vios GR-S 2021

Selain ECO Mode dan SPORT, Anda juga bisa mematikan VSC 

Mode berkendara ini mengatur Throttle Position Sensor (TPS) dan respon girboks CVT sesuai dengan kebutuhan si pengendara. Jika ingin irit-iritan bisa memakai ECO MODE, tapi jika ingin menikmati Toyota Vios GR-S 2021 dengan lebih agresif, bisa memilih mode SPORT yang membuat respon gas dan girboks jadi lebih sigap. Asiknya lagi, di Vios facelift terbaru ada fitur untuk mematikan VSC untuk memberikan sensasi berkendara yang lebih ciamik.

Review Toyota Vios GR-S 2021: Fitur keamanan

Berbicara soal fitur safety, Toyota Vios 2021 terhitung sangat lengkap, hal ini juga termasuk varian GR-S yang kini jadi trim tertinggi. Fitur keamanan pasif seperti Airbag, front and side body impact structure, dan sabuk pengaman tiga titik untuk pengemudi dan penumpang sudah jadi standar di semua varian. Sensor parkir juga sudah lengkap baik di depan atau belakang.

Fitur Panoramic View Monitor 3D di Toyota Vios GR-S 2021

Toyota menyematkan fitur baru di Vios GR-S, yakni 3D PVM

Untuk fitur keamanan aktif, Vios GR-S sudah dipersenjatai Anti-lock Braking System (ABS) dengan EBD & BA, Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TRC), Hill-start Assist Control (HAC), dan Emergency Stop Signal (ESS), tak lupa disematkan. Toyota juga menyematkan paket driving assist Toyota Safety Sense di Vios GR-S yang meliputi Pre-Collision System (PCS) yang aktif dari kecepatan 15 km/jam, Lane Departure Alert (LDA), Blind Spot Monitor (BSM) dengan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan 3D Panoramic View Monitor (PVM). Lengkap bukan?

Operasi Toyota Vios 2020

Toyota Vios GR-S 2021 tak mendapatkan upgrade dari Vios standar untuk sektor dapur pacu. Tipe mesin yang dipakai masih sama, 2NR-FE, inline-4 1.496cc, DOHC, Dual VVT-i. Performa yang dihasilkan juga sama, yakni 105,5 HP di 6.000 rpm dan torsi 140 Nm di 4.200 rpm.

Mesin 2NR-VE Dual VVT-i yang dipakai di Toyota Vios GR-S 2021

Performa mesinnya sama persis seperti Vios standar

Bedanya adalah di sisi transmisi, masih memakai CVT, tapi Toyota memprogram girboks tersebut dengan 10-percepatan virtual. Ini lebih banyak tiga dari varian G yang punya 7-speed.  Dengan jumlah rasio virtual yang lebih banyak, Toyota mengklaim hal tersebut bisa membuat mesin selalu berada di range putaran optimal dengan limpahan tenaga dan torsi. Alhasil, respon mesin pun jadi lebih baik sehingga mobil semakin fun-to drive.

Sport Suspension yang dipakai Toyota Vios GR-S 2021

Selain girboks CVT 10-percepatan, Vios GR-S juga mendapat perombakan di sektor kaki-kaki

Cuma itu saja? Tentu saja tidak, Ferguso. Toyota Vios GR-S 2021 juga mendapat improvement di sektor kaki-kaki yang meningkatkan handling serta kenyamanan mobil. Hal ini ditunjang oleh ban performa tinggi Toyo Proxes TR1 dengan profil 205/45 R17 yang digunakan varian spesial ini.

Spesifikasi Toyota Vios 2020

Setelah membahas eksterior, interior, fitur, dan operasi mobil, simak spesifikasi Toyota Vios GR-S 2021 di bawah ini.

Mesin Toyota Vios GR-S 2020
Seri mesin 2NR-FE, 4 Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i
Jumlah Katup 16 katup (2 inlet dan 2 outlet per piston)
Tenaga Maksimum 105,5 Hp (107 Ps) @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum 140 Nm @ 4.200 rpm
Kapasitas Silinder 1.496 cc
Bore X Stroke 72,5 mm X 90,6 mm
Tipe Transmisi Otomatis CVT with 10-Speed Sequential Mode, FWD
Rangka Toyota Vios GR-S 2020
Panjang X Lebar X Tinggi 4.467 mm x 1.730 mm x 1.475 mm
Jarak Sumbu Roda 2.550 mm
Ground Clearance N/A
Track Roda Depan & Belakang Depan: 1.468 mm
Belakang: 1.455 mm
Kapasitas Tangki 42 L
Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Vios GR-S 2020
Suspensi Depan & Belakang Depan: MacPherson Strut with Stabiliser (Tuned for Sports Performance)
Belakang: Torsion Beam with Stabiliser (Tuned for Sports Performance)
Sistem Kemudi Electric Power Steering (EPS)
Rem Depan & Belakang Ventilated Disc / Solid Disc
Teknologi Sistem Pengereman ABS with EBD & BA
Teknologi Safety Sasis G.O.A Body, Side Impact Beam
Struktur Sasis Semi Monokok, B-Segment
Pelek Alloy 17 inch
Jenis Ban Toyo Proxes TR1 205/45 R17

Daftar Harga Toyota Vios 2020

Mobil ini tersedia dalam dua pilihan warna, White Pearl dan Red Mica Metalic, Toyota Vios GR-S dibanderol RM97.500 (setara Rp 340 juta), dan hanya tersedia di GR Garage dan dealer Toyota yang berpartisipasi di Vios Challenge.

Kesimpulan Toyota Vios 2020

Dari ulasan ini, tak bisa dipungkiri Toyota Vios GR-S cukup mencuri perhatian kami. Bagaimana tidak, Gazoo Racing berhasil mentransformasi sedan kompak yang cenderung tidak Sporty jadi memiliki aura agresif. Ubahan tersebut tidak cuma jubahnya saja, sektor mekanis yang berpengaruh terhadap performa mobil juga digodok. Pemasangan sports seats untuk kursi depan juga membuat unsur kesenangan berkendara jadi semakin nikmat.

Toyota Vios GR-S 2021 dengan mobil balap Vios Challenge

Seru sih kalo Toyota Vios GR-S 2021 bisa masuk Indonesia

Tapi, agak sedikit disayangkan soal performa mesin yang tetap dibiarkan standar. Selebihnya udah oke banget, jadi gimana PT Toyota Astra Motor (TAM), berminat memasukan sedan kompak dengan aura Gazoo Racing ini ke Indonesia? Rumor yang kami dengar, PT TAM sudah ancang-ancang memperkenalkan Gazoo Racing di Indonesia, bahkan salah satu mobil GR kabarnya sudah ada di Tanah Air. So? We'll see...

>>> Simak review mobil lain yang tak kalah menariknya di sini

Derry Munikartono Ahnas Putra
Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

Review lain

Review Toyota Yaris 1.5 E CVT 2018: Trim Paling Terjangkau Yaris

Rp. 197.000.000

20/10/2020

Editor rate:

Inilah trim yang punya harga paling terjangkau dari Toyota Yaris, yakni sebuah Toyota Yaris 1.5 E CVT 2018 yang dijual mitra dealer kami CARRO Indonesia

Lihat juga

Review Toyota Innova Venturer 2020: Ubahan Minimalis Dan Menawan

Rp. 495.700.000

30/10/2020

Editor rate:

Baru-baru ini PT Toyota Astra Motor melansir dua model terbarunya ke pasar Tanah Air, salah satu yang menarik perhatian kami adalah Toyota Innova Venturer 2020

Lihat juga

Review Toyota Crown 2021: Kesempurnaan Mahkota Toyota

Rp 684.000.000

13/11/2020

Editor rate:

Generasi ke-15 dari Toyota Crown semakin sempurna dan layak menyandang gelar mahkota Toyota, seberapa menarik Toyota Crown 2021? Simak ulasan ini sampai habis

Lihat juga

Review Toyota Fortuner TRD Sportivo AT 2020: SUV yang Jadi Simbol Status

Rp. 568.000.000

31/10/2020

Editor rate:

Tak bisa dipungkiri SUV ladder frame ini seakan sudah menjadi simbol status pemiliknya, lantas seberapa menarik Toyota Fortuner TRD Sportivo AT 2020 ini?

Lihat juga

Review Toyota Yaris Cross 2020: Groovy Untuk Segala Medan

TBA

29/04/2020

Editor rate:

Toyota Yaris hatchback tahun lalu diluncurkan ke publik dengan mengembalikan desain yang makin funky dan groovy, kini giliran Toyota Yaris Cross 2020 yang siap mengaspal

Lihat juga
back to top