Review Toyota Crown 2021: Kesempurnaan Mahkota Toyota

13/11/2020

Share this post:

Toyota Crown 2021

Editor rate:

Rp 684.000.000

Pembaruan harga Crown Lihat promo

Generasi ke-15 dari Toyota Crown semakin sempurna dan layak menyandang gelar mahkota Toyota, seberapa menarik Toyota Crown 2021? Simak ulasan ini sampai habis

Review Toyota Crown 2021: Kesempurnaan Mahkota Toyota
Review Toyota Crown 2021: Kesempurnaan Mahkota Toyota
0 Gambar

Pengantar Toyota Crown 2021

Mari kita simak spesifikasi Toyota Crown 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Audio semakin canggih

Varian mesin lengkap

Crown paling sporty sepanjang masa

Kekurangan

Hanya dijual di Jepang

Trim Crown Majesta, Crown Athlete, dan Crown Royal Saloon hilang

Desain aristokrat khas Toyota Crown hilang

Gambar Toyota Crown 2021

Crown jadi salah satu produk yang punya kasta tertinggi di line up Toyota

Dalam bahasa Inggris Crown diartikan sebagai mahkota, lambang kebesaran seorang Raja. Jika nama tersebut disematkan pada sebuah sedan, maka dapat diartikan bahwa sedan tersebut memiliki kasta tertinggi di merek tersebut. Dan memang, seperti kita ketahui Crown merupakan sedan yang menduduki tempat tertinggi dalam jajaran sedan Toyota terutama di Indonesia. Semakin matangnya Camry setiap berganti generasi membuatnya naik pangkat menjadi ‘kereta kencana’ para top management. Sebuah posisi yang dulunya diisi dengan sangat baik oleh Crown. Tak heran Crown harus berbenah.

Foto tampak depan Crown 2021

Tahun 2020 Toyota Crown mendapatkan beberapa revisi

Generasi ke-15 dari Toyota Crown yang meluncur tahun 2018 ini semakin sempurna dan tetap layak menyandang gelar mahkota Toyota. Namun patut dicatat, bahwa Crown termasuk salah satu lini Toyota yang memiliki evolusi versi bodi beragam dalam sejarah perjalanannya mulai generasi pertama dulu. Ada yang pakai model sedan, wagon, bahkan hingga pick up dan double cabin. Pada Toyota Crown edisi facelift ini tetap menjelma sebagai sedan atletis nan maskulin. Pun demikian ubahan tersebut tak mengurangi ciri khas elegan yang selalu menjadi daya tarik dari Toyota Crown.

Gambar tampak belakang Toyota Crown 2021

Seberapa menarik sedan mewah ini?

Lewat garis keturunan yang tak terputus dan punya inovasi terdepan, menjadikan sedan eksekutif Toyota ini selalu menjanjikan sesuatu yang 'baru' di setiap generasinya. Kendati generasi ini baru berjalan dua tahun, tetapi menjelang akhir tahun 2020 Toyota Crown mendapatkan beberapa update yang dipercaya dapat menyempurnakan posisinya sebagai sedan mahkota Toyota. Lantas, seberapa menarik Toyota Crown ini? Mari simak ulasan mengenai review Toyota Crown 2021 ini sampai habis.

Eksterior Toyota Crown 2021

Review Toyota Crown 2021: Tampilan Depan

Gambar tampilan depan Toyota Crown 2021

Crown tampil sporty di bagian depan

Eksterior Toyota Crown 2021 ini terasa sekali nuansa sporty yang biasanya selalu jadi kekuatan desain dari Toyota Crown Athlete. Pada area eksterior depan kini Toyota Crown 2021 punya fascia depan yang agresif dengan grille berbentuk bak siluet mahkota, mengikuti logo khas Toyota Crown yang ada di tengahnya. Untuk headlamp sudah dibekali dengan headlight LED (Light Emitting Diode), dan pada seluruh trim RS mendapatkan LED sequential turn signals.

Review Toyota Crown 2021: Tampilan Samping

Gambar tampilan samping Toyota Crown 2021

Velg aluminium 18 inci memperkuat aura sporty

Terdapat nuansa a la sedan fastback di Toyota Crown 2021 ini. Hal tersebut bisa dilihat dari desain kap mesin depan yang terasa memanjang dengan rendah, serta mulai dari pilar B  hingga pilar C desain garis roofline dibuat melandai  bak sebuah mobil fastback. Guna memperkokoh presensi ini, Toyota pun meredesain area kaca Toyota Crown dengan six-side window dan frame kaca pada pintu berkelir hitam (khusus untuk varian RS). 

Review Toyota Crown 2021: Tampilan Belakang

Foto tampilan belakang Toyota Crown 2021

Kesan sporty yang kental berlanjut ke bagian belakang

Berlanjut ke buritan, efek dari desain roofline bak fastback, membuat desain eksterior belakang Toyota Crown 2021 ini terasa sangat berotot dan seksi. Hal ini juga disebabkan oleh penambahan detil berupa ducktail spoiler. Belum lagi terdapat empat buah exhaust tail pipes yang seakan menegaskan performa yang dihasilkan sedan mewah Toyota ini tidak main-main. Desain stoplamp pun dibuat pipih dan sudah mengadopi bohlam berjenis LED.

>>> Baru 2 Tahun, Toyota Crown 2021 Dapatkan Update Sistem Hiburan


Interior Toyota Crown 2021

Review Toyota Crown 2021: Layout Dashboard

Gambar layout dashboard Toyota Crown 2021

Layout dashboard terasa modern

Sama seperti dashboard Toyota Crown sebelum facelift, nuansa modern juga jadi tema besar pada Toyota Crown 2021 ini. Perbedaannya, kini tidak ada lagi split screen yang ada di Toyota Crown sebelum mengalami penyegaran. Kini layarnya menjadi satu dan lebih berkesan mewah. View angle tetap baik seperti sebelumnya, dan tetap intuitif serta seluruh tombol pada dashboardnya mudah dijangkau oleh tangan pengemudi, atau bisa juga diatur dari tombol di setirnya.

Review Toyota Crown 2021: Kursi

Gambar layout kursi Toyota Crown 2021

Kursi akan 'memeluk' tubuh Anda dengan baik

Kursi dari Toyota Crown 2021 ini didesain lebih berorientasi untuk penikmat berkendara jarak jauh dengan jok depan semi sport dan jok baris belakang lebih berkontur. Efeknya jok menjadi lebih baik dalam ‘memeluk’ tubuh, sekaligus kenyamanan untuk perjalanan jarak jauh menjadi meningkat. Tentunya Anda tidak perlu meragukan pelayanan di kabinnya, sebab mobil ini juga dipercaya menjadi 'kereta kencana' para mentri di Tanah Air.

Gambar kursi belakang Toyota Crown 2021

Meski sporty namun kenyamanan penumpang belakang juga jadi prioritas

Sebagaimana Crown, tentunya fokus utama tertuju pada penumpang belakang, di mana Toyota memberikan peningkatan melalui ruang kaki yang lebih luas. Tak ketinggalan akses keluar-masuk bagi penumpang belakang Toyota Crown 2021 ini juga diperhatikan melalui adanya handle yang diposisikan di belakang jok pengemudi dan penumpang depan, layaknya seperti yang ditemukan di Toyota Alphard dan Toyota Vellfire.

Review Toyota Crown 2021: Bagasi

Gambar bagasi Toyota Crown 2021

Bagasi luas bisa muat lebih dari satu tas golf ukuran besar

Tak hanya kabin yang lega, bagasi mobil ini juga ekstra lega, meski di brosur maupun web tidak kami temukan berapa liter kapasitas bagasi dari Toyota Crown 2021 ini, namun melihat gambar di atas kami cukup yakin jika bagasi mobil ini lega. Tentunya tidak mengejutkan, sebab ia memang didaulat sebagai sedan eksekutif kelas satu, yang wajib mampu mengantarkan 'tuan' nya pergi liburan atau hanya sekadar bermain golf saat weekend.

>>> Pemerintah Republik Indonesia Percayakan Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid Untuk Kendaraan Dinas Mentri

Fitur Toyota Crown 2021

Review Toyota Crown 2021: In-Car Entertaiment System

Gambar In-Car Entertaiment System Toyota Crown 2021

Head unit kini semakin canggih

Perubahan paling signifikan sangat jelas terlihat dari head unit layar sentuh yang dibuat semakin besar. Untuk model tahun 2021, sedan mewah ini mendapatkan layar sentuh 12,3 inci yang menghiasi dashboard. Head unit touchscreen ini menandai berakhirnya konfigurasi split screen yang digunakan pada Crown di awal generasi ke-15. Telah tersedia sistem Apple CarPlay dan Android Auto pada sistem in-car entertaiment terbaru Toyota Crown 2021 ini.

Review Toyota Crown 2021: Panel Instrumen

Gambar panel instrumen Toyota Crown 2021

Panel instrumen mudah dipantau

Toyota Crown 2021 menggunakan panel instrumen dengan kombinasi antara analog dengan digital. Meski terkesan kuno karena belum se-advanced rival-rivalnya asal Jerman, namun kami pribadi lebih menyukai kombinasi seperti ini, sebab panel instrumen tetap mudah dipantau baik saat siang hari maupun malam hari. Terlebih panel instrumen yang digunakan juga sudah menggunakan panel TFT beresolusi tinggi sehingga enak dipandang.

Review Toyota Crown 2021: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar Head Up Display Toyota Crown 2021

Toyota Safety Sense II juga bisa terpantau dari Head Up Display ini

Sudah menjadi standar mutlak bahwa Toyota memiliki tingkat keselamatan terbaik. Untuk itu, pengembangan fitur keselamatan tidak lagi sekedar melalui banyaknya airbag yang dimiliki (total airbag di kabin 12 buah), namun juga fitur eksternal lainnya yang membuat keselamatan baik bagi penumpang maupun pedestrian tetap terjaga baik. Untuk itu Toyota menerapkan rangkaian fitur keselamatan preventif Toyota Safety Sense II.

Gambar tampilan samping Toyota Crown 2021 warna merah

Fitur keselamatan kelas wahid lengkap di Toyota Crown 2021 ini

Fitur Toyota Safety Sense II meliputi fitur Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist (LTA), Automatic High Beam, Adaptive High Beam System, Road Sign Assist, Intelligent Clearance Sonar, dan Rear Cross Traffic Auto Brake. Adapun untuk pertama kalinya Toyota mengadopsi fitur bernama Rear Pedestrian Support Brake, yang bisa melakukan pengereman otomatis apabila mobil mendeteksi adanya pedestrian atau pejalan kaki yang tertangkap oleh kamera saat mobil melakukan gerakan mundur.

Operasi Toyota Crown 2021

Gambar mesin 8GR-FXS dan layout penggerak Toyota Crown 2021

Varian mesin V6 3.500 hybrid pakai transmisi Multi-Stage Hybrid Transmission

Toyota Crown 2021 tersedia dalam tiga mesin yang berbeda, yakni 4-silinder segaris 2.500 cc hybrid dengan kode mesin A25A-FXS serupa dengan Toyota Camry Hybrid di Indonesia. Lalu ada mesin 4-silinder segaris 2.000 cc turbo dengan kode 8AR-FTS, serta yang terakhir ada mesin V6 3.500 cc hybrid dengan kode 8GR-FXS sebagai varian top of the line. Untuk output tenaga dan torsi dari masing-masing mesin kami sudah sediakan secara lengkap di kolom spesifikasi.

Gambar basis rangka TNGA Toyota Crown 2021

Toyota Crown pakai rancang bangun TNGA dan juga tersedia dengan layout RWD

Hal menarik adalah transmisi yang diusung oleh sedan eksekutif Toyota ini. Khususnya varian hybrid, karena ada yang mengusung eCVT seperti layaknya di Prius, Corolla Cross Hybrid, Camry Hybrid, dan Corolla Sedan Hybrid di Indonesia. Ada juga yang transmisinya menggunakan gear reduction lagi, jadi output yang keluar dari mesin dan motor listrik dikasih gear ratio yang multistage. Makanya disebut dengan istilah Multi-Stage Hybrid Transmission.

Gambar radius putar Toyota Crown 2021

Meski dimensinya bongsor, hebatnya para insinyur Toyota berhasil membuat radius putar mobil ini hanya 5,3 meter

Intinya setelah tenaga 'diproses' mesin + motor, outputnya langsung ditransfer ke "transmisi otomatis 4 speed", atau 4 stage (multi stage). Sehingga tipikal powernya bisa berubah-ubah sesuai kebutuhan dan kondisi jalan, dari tenaga besar, tapi speednya rendah atau low stage sampai yang high speed begitu juga dengan sebaliknya. Tujuannya agar penyaluran tenaga bisa lebih halus, minim energy loss dan tetap bisa responsif saat dibutuhkan. 

Gambar Toyota Crown 2021 sedang melaju

Rancang bangun TNGA menjamin keasyikan mengemudi

Toyota Crown 2021 ini juga sudah menggunakan rancang bangun TNGA (Toyota New Generation Architecture). Perpaduan arsitektur mobil dengan centre of gravity rendah, serta suspensi yang dioptimalisasi demi rigiditas saat berkendara membuatnya asyik dikemudikan. O ya mobil ini juga mengalami serangkaian pengujian di sirkuit Nurburgring, Jerman. Alhasil Toyota Crown 2021 mampu menyajikan karakter handling responsif dan cekatan serta tetap stabil saat kecepatan tinggi, sekaligus tetap nyaman kala digunakan di kecepatan rendah.

Spesifikasi Toyota Crown 2021

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Crown 2021.

Mesin Toyota Crown 2021
 Seri mesin

 A25A-FXS, 4 Silinder Segaris, Dynamic Force Engine Hybrid System

 8GR-FXS, V6 Multi-stage Hybrid System, VVTi-L

 8AR-FTS, 4 Silinder Segaris, Direct-Injection Turbo Engine

 Pasokan Bahan Bakar

 A25A-FXS: Electronic Fuel Injection with Atkinson Cycle

 8GR-FXS: D-4S with Atkinson Cycle

 8AR-FTS: Direct Injection with Otto Cycle

 Jumlah Katup

 A25A-FXS: 16 Katup (2 Inlet dan 2 Outlet Per Silinder)

 8GR-FXS: 24 Katup (2 Inlet dan 2 Outlet Per Silinder)

 8AR-FTS:  16 Katup (2 Inlet dan 2 Outlet Per Silinder)

 Tenaga Maksimum

 A25A-FXS: Total 327 PS (184 PS engine output + 143 PS electric motor)

 8GR-FXS: Total 479 PS (299 PS engine outpur + 180 PS electric motor)

 8AR-FTS: 245 PS @ 5.200 - 5.800 rpm

 Torsi Maksimum

 A25A-FXS: 521 NM (221 NM engine output + 300 NM electric motor)

 8GR-FXS: 656 NM (356 NM engine output + 300 NM electric motor)

 8AR-FTS: 350 NM @ 1.650 - 4.400 rpm

 Kapasitas Silinder

 A25A-FXS: 2,487 cc

 8GR-FXS: 3,456 cc

 8AR-FTS: 1,998 cc

 Bore X Stroke

 A25A-FXS: 87,5 mm X 103,4 mm

 8GR-FXS: 94,0 mm X 83,0 mm

 8AR-FTS: 86,0 mm X 86,0 mm

 Tipe Transmisi

 A25A-FXS: eCVT (Tersedia pilihan penggerak 4 roda maupun 2 roda)

 8GR-FXS: Multi-Stage Hybrid Transmission

 8AR-FTS: 8-speed Super ECT

  Rangka Toyota Crown 2021
 Panjang X Lebar X Tinggi

 4.910 mm X 1.800 mm X 1.455 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2.920 mm

 Radius Putar

 5,3 Meter

 Jumlah Tempat Duduk

 5 Tempat Duduk

 Kapasitas Tangki

 66 Liter

  Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Crown 2021
Suspensi Depan & Belakang

 Depan: Multi-Link Coil Spring

 Belakang: Multi-Link Coil Spring

Sistem Kemudi

 Rack and pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Ventilated Disc

Teknologi Sistem Pengereman  ABS, EBD, BA, Regenerative Brake
Teknologi Safety Sasis

 Toyota New Global Architecture (TNGA)

Struktur Sasis

 Monokok, Sedan D-Segment

 Pelek

 Alloy, 18 Inch

Jenis Ban

 Radial Performance Tire, 225/45ZR18

Daftar Harga Toyota Crown 2021

Gambar harga Toyota Crown 2021

Toyota Crown tipe G-Executive jadi mobil dinas menteri saat ini

Menurut informasi yang diperoleh oleh tim Cintamobil.com, Toyota Crown 2021 ini akan dibanderol dengan harga mulai dari 4.899.000 yen di Jepang, atau setara dengan Rp 684 jutaan dalam kurs saat ini. Terdapat total 21 pilihan tipe, mulai dari 13 pilihan trim dari mulai Crown B, Crown S, Crown G dan Crown G-Executive seperti yang digunakan untuk mobil dinas mentri. Serta ada 8 pilihan tipe sisanya adalah pilihan trim RS, dimana RS Advance menjadi top of the line mobil ini.

Kesimpulan Toyota Crown 2021

Gambar kesimpulan review Toyota Crown 2021

Kesempurnaan Mahkota Toyota tetap terjaga di Crown terbaru ini

Sedan eksekutif Toyota yang kembali diproduksi di Motomachi Plant, Toyota Motor Corporation ini sukses menjaga kesempurnaan mahkota sedan Toyota. Fiturnya yang kian canggih, desain eksterior atletis, kaya pilihan varian dan tetap 'menjaga' kenyamanan khas sedan mewah Toyota menjadi kunci sukses Toyota Crown 2021 ini. Sayangnya, ia hanya tersedia untuk pasar Jepang saja, kecuali pemerintah Indonesia kembali mengorder Crown G-Executive untuk jadi mobil dinas petinggi di Indonesia.

>>> Klik sini untuk lanjut simak review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

Review lain

Profil Toyota Crown 2018: Inovasi Tiada Henti Sedan 'Mahkota' Kebanggaan Negeri Sakura

28/06/2018

Editor rate:

Usia Toyota Crown yang sudah menginjak lebih dari 6 dekade tidak menghentikan sedan eksekutif ini untuk terus berinovasi. Lewat generasi ke-15, Toyota Crown 2018 memupuk asa menjadi sedan eksekutif Jepang yang memiliki inovasi tiada henti di segala aspek kenikmatan dan kedinamisan berkendara.

Lihat juga

Review Toyota Crown 2003

07/12/2018

Editor rate:

Pangsa pasar Toyota Crown terbilang masih populer di Indonesia. Terbukti dari banyaknya komunitas Crown di kota-kota besar yang masih ramai membicarakan pesonanya. Kira-kira apa alasan Toyota Crown masih diminati hingga di tahun 2018 ini? Simak jawabannya dalam review Toyota Crown 2003.

Lihat juga

Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: Sedan Hemat yang Nyaman

Rp. 758.700.000

23/05/2020

Editor rate:

Jika Anda mencari sebuah sedan besar dengan kehematan mobil sekelas LCGC (Low Cost Green Car) maka Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 ini layak dipertimbangkan

Lihat juga

Review Toyota Camry 3.5 Q V6 AT 2006: Sedan Pejabat Dengan Mesin Berotot

Rp120.000.000

03/06/2020

Editor rate:

Bagaimana jika sebuah sedan mewah yang lekat dengan karakter sedan pejabat dipasang mesin yang berotot? Simaklah Review Toyota Camry 3.5 Q V6 sampai habis...

Lihat juga

Review Toyota Camry Grande 1998: Penerus Hegemoni Toyota Corona

Rp. 45.000.000

04/09/2020

Editor rate:

Inilah sedan besar pabrikan triple elips yang menjadi penerus hegemoni Toyota Corona di Tanah Air, PT Toyota Astra Motor memperkenalkan Toyota Camry Grande 1998

Lihat juga
back to top