Review Toyota Sienta Welcab 2020: Untuk Kebutuhan Khusus

30/09/2020

Share this post:

Toyota Sienta 2020

Editor rate:

Rp 380.400.000

Harga mobil Toyota Sienta & Promo Lihat promo

Secara mengejutkan PT Toyota Astra Motor mengeluarkan versi khusus dari Toyota Sienta, inilah Toyota Sienta Welcab 2020 yang dibuat untuk kebutuhan khusus

Review Toyota Sienta Welcab 2020: Untuk Kebutuhan Khusus
Review Toyota Sienta Welcab 2020: Untuk Kebutuhan Khusus
0 Gambar

Pengantar Toyota Sienta 2020

Mari kita simak spesifikasi Toyota Sienta 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Sistem welcab memudahkan keluar masuk

Mesin efisien

Pengendalian terbaik di kelasnya

Kekurangan

Hanya tersedia 5-seater

Harga bertambah cukup tinggi

Radius putar Sienta kurang baik

Gambar brosur Toyota Sienta Welcab 2020

Sienta Welcab mengambil basis Toyota Sienta tipe V

Tahun 2020 ini PT Toyota Astra Motor begitu agresif mengeluarkan produk baru. Dari mulai Toyota Alphard dan Vellfire di awal tahun, Agya, Corolla Cross, Innova TRD Sportivo, Hilux hingga mobil yang akan kita bahas kali ini yakni Toyota Sienta Welcab 2020. Sienta adalah produk Welcab ke 2 yang resmi dijual oleh PT TAM guna memenuhi kebutuhan khusus, karena saat itu di 2016 PT TAM sempat meniagakan Toyota NAV1 Welcab Limited dengan berbasis NAV1 tipe V. Lantas seberapa menarik mobil ini? Simak review Toyota Sienta Welcab 2020 hingga tuntas

Eksterior Toyota Sienta 2020

Review Toyota Sienta Welcab 2020: Tampilan Depan

Foto tampilan depan Toyota Sienta Welcab 2020

Grille ada ubahan sedikit

Toyota Sienta sebenarnya tidak terlalu banyak mengalami ubahan saat mengalami penyegaran tahun 2019 lalu. Highlight ubahan ada di bagian grille yang kini disematkan ornamen chrome yang menambah kesan mewah. Sementara desain bumper depan berikut housing foglampnya masih sama dengan tipe sebelum facelift. Satu hal yang menyenangkan adalah headlampnya sudah bermodel proyektor dan dapat diatur ketinggian sorot lampunya meski belum mengusung bohlam LED.

Review Toyota Sienta Welcab 2020: Tampilan Samping

Gambar tampilan samping Toyota Sienta Welcab 2020

Tampilan samping tak ada beda dengan sebelum facelift

Lanjut ke tampilan samping Toyota Sienta Welcab 2020 ini, bisa dibilang tidak ada beda apapun dibandingkan dengan Toyota Sienta pre-facelift. Namun Anda akan menemukan aura unik dan tidak biasa pada mobil ini. Hal tersebut lantaran ukuran pintu yang tidak sama antara pintu depan dengan pintu belakang, lantas dipadukan dengan guratan-guratan membulat di pintu belakang  membuat aura semakin unik mencuat. Pintu geser elektrik ini mampu dibuka hanya melalui sentuhan ringan dari dalam kabin.

Review Toyota Sienta Welcab 2020: Tampilan Belakang

Gambar tampilan belakang Toyota Sienta Welcab AT 2020

Hanya stiker itu yang jadi pembeda

Pembeda paling terlihat antara Sienta Welcab dengan Sienta ‘biasa’ maupun pre-facelift adalah adanya stiker difabel berbentuk kursi roda berwarna biru di pojok sebelah kanan kaca belakang mobil ini. Berbicara soal kaca belakang, ia sudah dilengkapi dengan defogger yang berfungsi untuk memanaskan kaca belakang agar tidak mengembun. O ya, Ketebalan dinding ban di Sienta tipe V ini lebih tipis dari tipe G bahkan Q, hal itu membuat handlingnya lebih menawan dibanding kedua tipe lainnya tadi.

>>> Honda BR-V Vs Toyota Sienta, Beda Karakter Pilih yang Mana?


Interior Toyota Sienta 2020

Review Toyota Sienta Welcab 2020: Layout Dashboard

Foto layout dashboard Toyota Sienta tipe V

Layout dashboard modern dan praktis

Layout interior Sienta adalah salah satu yang menjadi favorit kami. Karena begitu unik desainnya, namun tetap tidak meninggalkan unsur kepraktisan. Ambil contoh seperti glove box yang ada dua buah terletak di depan, lalu ada coin tray di depan tuas transmisi, dan dua buah cup holder yang sanggup menggenggam botol minum 1,5 liter. Tapi, ia hadir bukan tanpa kelemahan, semua bahan dasbor masih full plastik keras dengan motif jahitan plastik yang mengurangi aura kemewahan.

Review Toyota Sienta Welcab 2020: Kursi

Gambar kursi Welcab di Toyota Sienta Welcab 2020

Mekanisme Welcab memudahkan akses keluar masuk difabel

Kursi adalah keunggulan utama dari Sienta Welcab ini. Kursi sebelah kiri bagian belakang dapat bergeser ke luar dan bergerak hingga luar pintu. Semua itu dimungkinkan berkat adanya mekanisme Welcab pada Sienta yang basisnya tipe V ini. Penumpang yang berstatus difabel dapat dengan sendirinya mengatur kursi keluar masuknya kursi ini melalui sebuah remote. Sebagai informasi saja, jika terjual sebagai aksesoris, Welcab ini punya harga sekitar Rp 50 - 60 juta tergantung dari mobil apa yang dijadikan basis.

Review Toyota Sienta Welcab 2020: Bagasi

Gambar bagasi Toyota Sienta Welcab 2020

Bagasi bisa memuat kursi roda dengan mudah

Bagasi juga jadi pembeda antara Sienta ‘biasa’ dengan versi Welcab. Pada Sienta biasa terdapat 7-seat, sementara pada Toyota Sienta Welcab 2020 ini hanya ada lima tempat duduk. Pihak Toyota beralasan dihilangkan kursi paling belakang sebelah kiri adalah tempat untuk meletakkan kursi roda, dan alasan tersebut logis adanya. Otomatis pelipatan ‘dive in seat’ khas Sienta hanya ada di kursi paling belakang sebelah kanan, dengan beberapa langkah kursi paling belakang dapat ‘bersembunyi’ di bawah kursi penumpang tengah.

>>> Selisih Rp 1 Jutaan, Beli Toyota Sienta G CVT 2019 atau Mitsubishi Xpander Ultimate 2019?

Fitur Toyota Sienta 2020

Review Toyota Sienta Welcab 2020: In-Car Entertaiment System

Foto head unit Toyota Sienta tipe V

Kualitas suara audionya cukup baik

Head unit yang diusung oleh Toyota Sienta Welcab 2020 ini sama persis dengan tipe diatasnya yakni tipe Q. Dan ia juga memiliki kemampuan untuk miracast, memutar file dari USB, iPhone dan Android, menangkap sinyal radio dan input AUX, serta koneksi Bluetooth. Asyiknya, kualitas reproduksi suara yang tersedia dari 4 speaker + 2 tweeter di mobil ini cukup baik dan suara vokal serta dentuman bassnya cukup terasa (dengan setup / staging audio yang tepat tentunya).

Review Toyota Sienta Welcab 2020: Multi Information Display

Foto Multi Information Display Toyota Sienta tipe V

Informasi MID cukup lengkap

Layar Multi Information Display (MID) pada Toyota Sienta Welcab 2020 ini cukup lengkap. Karena mampu memberikan informasi mengenai konsumsi BBM rata-rata, konsumsi BBM real time, sisa jarak tempuh yang dapat dilalui berdasarkan kalkulasi jumlah BBM di tangki, jam digital, odometer, dan juga tripmeter A dan tripmeter B. Sayangnya, karena berbasis Sienta tipe V maka font yang digunakan mirip kalkulator jaman dulu dan tidak full colour seperti MID Toyota kekinian lainnya.

Review Toyota Sienta Welcab 2020: iON AC

Gambar tombol iON AC Toyota Sienta Welcab 2020

AC dilengkapi Air Purifier

Toyota Sienta Welcab 2020 ini dilengkapi dengan fitur pembersih udara atau Integrated Air Purifier (Car Ionizer) yang berfungsi untuk membersihkan udara di dalam kabin yang menghasilkan ion negatif sehingga kualitas udara di dalam kabin meningkat. Fitur ini juga dilengkapi dengan intelligence air quality control untuk menunjukkan kondisi kualitas udara di dalam kabin. Integrated Air purifier (Car Ionizer) ini terintegrasi pada register A/C yang ada pada kabin kendaraan dan dapat bekerja secara otomatis maupun manual.

>>> Lebih Dekat Dengan Fitur Dive In Toyota Sienta Yang Fleksibel

Operasi Toyota Sienta 2020

Foto mesin Toyota Sienta tipe V

Mesin terbukti efisien mengolah bahan bakar

Toyota Sienta Welcab 2020 ini mengusung mesin 4-silinder 1.500 cc berkode 2NR-FE. Mesin ini dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i yang mampu mengoptimalkan tenaga mesin tanpa harus kehilangan kemampuannya dalam mengolah BBM dengan efisien. Mesin ini punya output tenaga 107 PS atau sekitar 105,5 HP pada putaran 6.000 rpm, serta torsi sebesar 14,3 Kgm atau sekitar 140,24 NM di putaran 4.200 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi otomatis berjenis CVT atau manual 6-percepatan yang punya rasio rapat.

>>> Beli Kijang Innova TRD Sportivo Limited dan Sienta Welcab di Auto2000 Tanpa Khawatir

Spesifikasi Toyota Sienta 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Sienta Welcab 2020

Mesin Toyota Sienta Welcab 2020

Seri Mesin

 2NR-FE, 4 Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i

Jumlah Katup

 16 katup (2 inlet dan 2 outlet per piston)

Tenaga Maksimum

 105,5 Hp (107 Ps) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

 140,24 Nm (14,3 Kgm) @ 4.200 rpm

Kapasitas Silinder

 1.496 cc

Bore X Stroke

 72,5 mm X 90,6 mm

Tipe Transmisi

 Manual 6 Percepatan, FWD

Rangka Toyota Sienta Welcab 2020

Panjang X Lebar X Tinggi

 4.235 mm X 1.695 mm X 1.695 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.750 mm

Jumlah Tempat Duduk

 7 seat

Radius Putar

 N/A

Kapasitas Tangki BBM

 45 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Sienta Welcab 2020

Suspensi Depan & Belakang

 MacPherson Strut with coil spring & Torsion Beam with coil spring

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Solid Disc 15 inch

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS

Teknologi Safety Sasis

 Side Impact Beam

Struktur Sasis

 Monokok, B-Segment

Pelek

 Machining Alloy, 16 inchi

Jenis Ban

 Bridgestone Turanza, 195/60 R16

Daftar Harga Toyota Sienta 2020

Gambar Foto Toyota Sienta Welcab 2020

Sienta Welcab seperti mobil tes kami kali ini dihargai Rp 380.400.000

Harga Toyota Sienta Welcab (On The Road DKI Jakarta):

  • Sienta Welcab M/T : Rp 362.700.000
  • Sienta Welcab CVT: Rp 380.400.000

Kesimpulan Toyota Sienta 2020

Gambar ilustrasi harga Toyota Sienta Welcab 2020

Mobil Toyota paling pas untuk kaum difabel

Bila Anda mempunyai kerabat yang menyandang status difabel, atau hendak menyenangkan orang tua Anda yang senang jalan-jalan namun kesulitan saat ingin keluar dan masuk mobil, maka membelikan Toyota Sienta Welcab 2020 ini bisa menjadi hadiah yang tak ternilai bagi mereka. Sebab, itu merupakan wujud perhatian dan kasih sayang Anda terhadap mereka. Toyota Sienta Welcab merupakan kendaraan untuk kebutuhan khusus. Apalagi Sienta juga fun to drive saat dikemudikan, serta konsumsi BBM-nya cukup hemat.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

Review lain

Review Toyota Sienta Q Limited CVT 2017

13/08/2019

Editor rate:

Mobil yang akan kita ulas lengkap dan mendalam kali ini hanya tersedia 30 unit saja dan hanya di jual pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017. Apa saja sih keistimewaan unit ini? Simaklah review Toyota Sienta Q Limited CVT 2017 ini.

Lihat juga

Review Dan Test Drive Toyota Sienta 1.5 V M/T 2016: Transmisi Manualnya Menyenangkan

26/09/2019

Editor rate:

Tidak hanya mobil keluaran terbaru yang kami tes jalan secara lengkap, mobil yang statusnya sudah used alias bekas juga kami ulas secara mendalam. Tentunya agar Anda sebagai pembaca memahami betul mobil yang Anda incar. Ini adalah salah satu MPV andalan Toyota yang nyaris tak punya rival sebanding di kelasnya, inilah Review Dan Test Drive Toyota Sienta 1.5 V M/T 2016

Lihat juga

Review Toyota Sienta Q CVT 2020 Facelift: Tampil Lebih Segar dan Semakin Nyaman

17/01/2020

Editor rate:

Toyota Sienta Q CVT 2020 Facelift bisa menjadi pilihan MPV keluarga yang mempuni. Kenyaman terbaru yang ditawarkan bisa jadi pertimbangan tambahan untuk Anda.

Lihat juga

Review Toyota Sienta 2019 Indonesia: Penyegaran Kosmetik dan Peningkatan Kenyamanan Penumpang

02/09/2019

Editor rate:

Toyota Sienta 2019 Indonesia resmi mendapatkan beberapa perubahan kosmetik serta penambahan beberapa fitur di dalam mobil. Dengan harga yang masih sama, apa saja perubahan yang diberikan untuk satu-satunya MAV (Multi Activity Vehicle) Toyota di Indonesia ini?

Lihat juga

Review Toyota Sienta 2019

14/09/2018

Editor rate:

Memasuki tahun produksi ketiga, Toyota Sienta 2019 bersolek sedikit demi memberikan kesan wajah fresh. Tanpa menghilangkan jati dirinya sebagai MPV sliding door yang memiliki jiwa fun & active, generasi kedua Toyota Sienta ini siap kembali menjadi ikon mobil keluarga berjiwa muda.

Lihat juga
back to top