TIPS BELI MOBIL BEKAS: Toyota Limo Generasi Ke 2, Si Bekas Taksi Yang Tidak Kalah Aksi

10/12/2018
Toyota Vios generasi ke-2 bisa dibilang sebagai salah satu Toyota Vios yang paling laris, dan paling sukses di Indonesia, dan hal tersebut ternyata juga berdampak ke penjualan Toyota Limo-nya. Lalu apakah mobil bekas taksi ini layak beli? Apakah mobil bekas taksi itu mudah trouble? Simak tips beli mobil bekas: Toyota Limo Generasi ke-2, si bekas taksi yang tidak kalah aksi.

Toyota Vios G generasi ke-2 berwarna silver

Toyota Vios generasi ke-2 adalah Vios paling sukses di Indonesia dan menjadi cikal bakal Toyota Limo

Kami dari Cintamobil.com berani bilang, jika Toyota Vios genersi ke-2 itu adalah salah satu small sedan Toyota yang paling sukses di Indonesia. Bagaimana tidak? Kehadirannya sejak tahun 2007 lalu seakan membuat gebrakan di segmen small sedan tanah air. Bisa dibilang, sejak Vios generasi ke-2 ini muncul, pamor sedan sekelas seperti Honda City, Suzuki Baleno, Chevrolet Kalos, hingga Mazda 2 Sedan langsung meredup. Jelas saja, karena mobil ini memiliki segudang kelebihan yang membuatnya menjadi market leader dikelasnya. Mulai dari dimensi kompak, mesin bertenaga namun irit bahan bakar, fitur terlengkap dikelasnya, hingga resale value yang juara khas mobil-mobil keluaran Toyota.

>>> Mungkin Anda tertarik: Review Honda City 2018 Indonesia

Sebuah mobil Toyota Limo dari belakangnya

Toyota Limo merupakan Toyota Vios tipe terendah yang lebih diterondoli lagi fiturnya

Sisi positif tersebut ternyata menurun juga ke Limo. Sejatinya, Toyota Limo adalah Toyota Vios tipe E yang diterondolkan fitur-fiturnya dan digunakan untuk keperluan penjualan fleet dan juga kendaraan umum. Persis sama dengan Toyota Avanza Transmover yang kami buat juga ulasan atawa review mendalamnya. Bentuk membulat yang manis khas Toyota Vios turut serta diturunkan pada Toyota Limo ini. Meski juga dijual secara fleet dengan peruntukan perusahaan taksi, namun saat ini Toyota Limo juga dijual secara bebas ke masyarakat umum karena mulai kalah pamor dengan taksi MPV. Posisinya kini sebagai raja taksi mulai tergantikan oleh Toyota Avanza Transmover. Lalu apakah mobil bekas taksi ini layak beli? Apakah mobil bekas taksi itu trouble-an (rentan masalah)? Mari simak tips jual beli mobil bekas: Toyota Limo generasi ke-2, si bekas taksi yang tidak kalah aksi.

Toyota Avanza Transmover menggantikan Toyota Limo di dunia armada taksi

Toyota Avanza Transmover perlahan mulai akan menggantikan peran Toyota Limo sebagai armada taksi di tanah air

Setidaknya ada 5 parameter yang dapat menjadi pertimbangan utama bagi Anda yang harus ketahui dan perhatikan sebelum Anda meminang Toyota Limo generasi ke-2 ini.

1. Kenali Reputasi Operator Taksinya

Toyota Limo dari berbagai generasi

Blue Bird merupakan salah satu operator taksi yang sudah terjamin dan memilki reputasi yang baik

Pertama kali yang harus Anda ketahui jika ingin membeli mobil bekas taksi adalah Anda harus mengenali terlebih dahulu reputasi operator taksinya. Seperti yang kita tahu, perusahaan taksi yang beroperasi di Indonesia jumlahnya banyak sekali. Paling mudah, adalah dengan melakukan pengenalan visual, coba Anda amati apa pernah menemukan armada dari perusahaan taksi yang mobilnya sedang Anda incar kedapatan mogok di jalan, atau bermasalah. Nah, jika Anda sudah tahu perusahaan taksi yang mengoprasikan armada Toyota Limo tersebut apakah baik atau buruk, itu dapat menjadi dasar pertimbangan Anda untuk mengambil keputusan, jadi membeli mobil bekas taksi atau tidak dari operator taksi tersebut. Karena reputasi operator taksi merupakan cerminan dari armada mereka.

2. Lihat Seksama Service Record-nya

Mesin sebuah Toyota Limo 1NZ-FE

Mesin harus terawat, dan suku cadang yang sudah waktunya diganti harus diganti

Perusahaan taksi yang baik, pasti merawat armadanya secara baik dan benar. Ambil contoh perusahaan taksi Blue Bird, mereka mempunyai bengkel tersendiri di pool-nya. Dan bengkelnya itu menerapkan standar perawatan bengkel resmi Toyota. Nah, perawatan yang benar tersebut dapat menjadi nilai tambah bagi Anda jika ingin meminang mobil yang sedang Anda incar tersebut. Meski perawatannya dilakukan di bengkel dalam pool Blue Bird tersebut, namun jangan diragukan soal kualitas servisnya. Karena, mekanik yang bekerja di bengkel tersebut sudah memiliki jam terbang akan pengalaman mereparasi mobil yang cukup tinggi, sehingga pada akhirnya, kualitas mobil Toyota Limo incaran Anda terawat dan siap pakai.

>>> Baca juga: Review Toyota Kijang Innova G 2016

3. Sisihkan Dana Minimal Rp 10 Juta Untuk Perbaikan Kaki-kaki

Sebuah Toyota Limo 2007 berwarna hitam diparkir

Sisihkan dana ekstra untuk perbaikan kaki-kaki, karena mobil taksi umumnya sudah 'lelah'

Meski mesin 1NZ-FE yang diusung oleh Toyota Limo generasi kedua itu merupakan mesin dengan durabilitas yang luar biasa baiknya, namun jangan lupakan juga soal perbaikan kaki-kaki. Jalan di Indonesia yang tidak seluruhnya baik akan sangat berpengaruh ke kondisi kesehatan kaki-kaki Toyota Limo yang anda incar. Setidaknya, sediakan dana cadangan minimal Rp 10 juta untuk melakukan perbaikan kaki-kaki. Kami bilang minimal Rp 10 juta karena menggunakan parts orisinal Toyota dan dikerjakan oleh bengkel resmi yang berpengalaman dan terjamin hasil pengerjaannya. Seluruh komponen yang berhubungan dengan kaki-kaki mobil diganti total dengan yang baru. Namun, jika Anda ingin melakukan reparasi kaki-kaki di bengkel non resmi, bisa jadi biayanya akan lebih murah.

>>> Tips jual beli mobil paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

4. Usahakan Beli Dari Tangan Ke-2 Atau Seterusnya

Sebuah Toyota Limo tangan ke-3 berwarna merah

Jika Toyota Limo yang Anda incar sudah dimiliki oleh orang lain sebelumnya, biasanya sudah didandani seperti ini

Akan lebih baik jika mobil Toyota Limo yang Anda incar sudah dimiliki oleh orang lain sebelum Anda, alias tangan ke-2 atau seterusnya. Umumnya, jika mobil sudah berpindah tangan dari perusahaan taksi ke pemilik pribadi, mobil akan lebih dirawat oleh pemilik sebelumnya dan biasanya segala spare part penting yang berhubungan dengan mesin, kaki-kaki, bahkan aksesoris interior serta eksterior Toyota Limo yang Anda incar tersebut sudah di ganti. Otomatis, biaya reparasi yang seharusnya Anda tanggung ketika mobil baru Anda 'piara' akan lebih sedikit. Dan, kami sangat menyarankan Anda membeli Toyota Limo incaran dari pemilik tangan ke-2 atau seterusnya.

>>> Baca juga: Tips Penting Membantu Mengelola Kompartemen Mobil Anda

5. Berapa Kisaran Harganya?

Langsung kunjungi listing di Cintamobil.com untuk mobil yang Anda incar

Langsung cari mobil yang Anda incar di Cintamobil.com

Untuk kisaran harga, wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi pihak operator taksi memasang harga Rp 82,5 juta untuk Toyota Limo produksi tahun 2012. Sedangkan untuk Toyota Limo dengan produksi dibawah 2011 rata-rata perusahaan taksi masih memilki stok mobil Toyota Limo dan ditawarkan dengan kisaran harga Rp 79 juta hingga Rp 80 juta. Nah, jika Anda ingin mencari Toyota Limo silahkan buka Cintamobil.com, atau langsung saja klik disini saja untuk menemukan mobil Toyota Limo yang sedang Anda incar.

>>> Baca juga tips dan trik mobil lainnya disini

Arfian Alamsyah

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1