Review Toyota Kijang Innova G 2016

15/10/2018
editor rate: 4,5 user rate: 4,1
Kami cukup memahami bahwa pasar Mitsubishi Xpander kini melejit, namun apakah Anda tipikal Value For Money? Jika iya, maka artikel kali ini tepat untuk Anda baca lebih mendalam. Mengapa begitu? Di rentang harga Mitsubishi Xpander baru, Anda sudah bisa mendapatkan satu unit Toyota Kijang Innova dengan fitur yang lebih lengkap dan performa mesin unggulan. Tidakkah ini cukup menggoda? Mari simak pantauan tim Cintamobil.com dalam review Toyota Kijang Innova G 2016.

PENGANTAR Toyota Kijang Innova 2016

Review Toyota Kijang Innova G 2016 – Nama Kijang Innova memang memiliki posisi sendiri di hati masyarakat Indonesia. Desainnya yang cukup gagah dengan fitur lengkap di atas Toyota Avanza, Kijang Innova nampak menggiurkan untuk menjadi kendaraan keluarga Anda. Perlu Anda ketahui juga, mobil satu ini selalu mendapatkan podium teratas dalam hal penjualan terbanyak di setiap bulannya. Tentu hal ini bisa menjadi sebuah bukti bahwa Toyota Kijang Innova sangat dipercayai oleh masyarakat Tanah Air sebagai mobil keluarga 7-Seaters bertaraf Premium.

Komparasi antara Mitsubishi Xpander dan Toyota Kijang Innova, manakah pilihan Anda?

Di rentang harga Mitsubishi Xpander, Anda sudah bisa mendapatkan Toyota Kijang Innova G 2016

Tak dipungkiri, penantang terbaru yakni Mitsubishi Xpander berhasil menggeser dominasi mobil Low Multi Purpose Vehicle (MPV) sekelas Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Namun, di ulasan kali ini, kami menemukan fakta menarik bahwa di Budget Rp. 255 juta hingga Rp. 290 jutaan Toyota Kijang Innova G 2016 bekas memiliki rentang harga sama dengan varian tertinggi Mitsubishi Xpander yakni Ultimate. Dengan kata lain, pengeluaran Budget di rentang tersebut Anda sudah bisa mendapatkan mobil Toyota Kijang Innova yang notabene berada di atas kelas Mitsubishi Xpander. Tentunya dengan berbagai fitur menarik dan semakin lengkap dibanding produk New-Comer besutan Mitsubishi tersebut.

Ada banyak hal yang Anda temui pada Toyota Kijang Innova namun tidak Anda temukan pada Mitsubishi Xpander. Menjawab hal tersebut, Cintamobil.com hendak mengulas segala kelengkapan fitur pada Kijang Innova. Mari kita simak bersama informasi selengkapnya dalam review Toyota Kijang Innova G 2016.

EKSTERIOR Toyota Kijang Innova 2016

Model yang akan kita ulas kali ini adalah varian terendah dari Toyota Kijang Innova yakni tipe G yang sering kali disebut The Grande. Desain eksterior Toyota Kijang Innova G 2016 nampak cukup gagah di setiap sudut bodinya.

Review Toyota Kijang Innova G 2016: Eksterior Depan

Dari sisi fascia depan, tampilannya terlihat gagah dengan Front Grille berlapis krom dua palang sejajar yang nampak menyatu dengan lampu utama Halogennya. Adapun desain tersebut nampak selaras dengan sisi bemper yang dikemas dengan bentuk trapesium dilapisi aksen krom mewah. Tak dipungkiri, banyak dari peminatnya sangat mengagumi desain Toyota Kijang Innova yang memiliki karakternya sendiri dibanding banyak pesaing lainnya. Tak lupa, lampu kabut dengan desain agresif nampak menghiasi wajah depannya.

Eksterior depan Toyota Kijang Innova G 2016 menggunakan lampu utama Halogen dan lampu kabut

Eksterior depan Toyota Kijang Innova G 2016 terlihat cukup gagah dan elegan dengan Front Grille berlapis krom

Review Toyota Kijang Innova G 2016: Eksterior Samping

Beralih ke sisi samping, Anda akan disuguhkan tampilan yang cukup modern. Hal ini bisa diamati pada Handle Door-nya yang dikemas serupa dengan warna dasar bodinya. Desain kaca pada bangku belakang juga menunjang kesan sporty. Bukannya dikemas dengan tampilan Flat namun kacanya dirancang lebih tajam ke arah Spoiler belakang. Sayangnya, peleknya tampil biasa saja dengan ukuran ban 16 inci.

Eksterior Samping Toyota Kijang Innova G 2016 menggunakan ban berukuran 16 inci

Eksterior samping Toyota Kijang Innova G 2016 tampil menarik dengan Door Handle berwarna padu dengan warna dasar bodinya

Review Toyota Kijang Innova G 2016: Eksterior Belakang

Sektor buritannya juga tak lepas dari aura modern dengan terintegrasinya lampu Rear Combination berdesain huruf “L” terbalik. Memberi kesan tajam namun masih elegan yang dipadukan dengan logo kebanggaan Toyota pada sisi tengahnya. Meski, mobil ini lebih ditujukan untuk pengunaan keluarga namun nampaknya Toyota memberi sentuhan sporty pada bagian belakangnya dengan menyuguhkan Rear Spoiler. Sekilas, bodi belakang Toyota Kijang Innova nampak lebih menawan daripada Mitsubishi Xpander yang menonjolkan kesan berotot.

Eksterior Belakang Toyota Kijang Innova G 2016 menghadirkan lampu Rear Combination yang dikemas dengan desain modern

Eksterior belakang Toyota Kijang Innova G 2016 dilengkapi dengan fitur Rear Spoiler

>>> Baca juga:

INTERIOR Toyota Kijang Innova 2016

Lantas bagaimana dengan desain interior Toyota Kijang Innova G 2016? Khusus pada tipe G yang kita bahas ini, auranya lebih ditekankan akan nuansa minimalis namun elegan. Tak kalah menarik dengan atmosfer interior pada Mitsubishi Xpander Ultimate.

Review Toyota Kijang Innova G 2016: Dashboard

Lini dashboard dikemas cukup menawan dengan desain yang mengalur layaknya air. Hal ini bisa diamati pada ujung kiri yang dirancang lebih datar lalu semakin naik khususnya pada posisi Multi Information Display (MID). Kategorinya sebagai mobil keluarga juga dituntut untuk memiliki banyak fitur wadah yang mampu memberikan kesan praktis bagi pengendara serta penumpang. Menariknya lagi, tersedia panel Advanced Entertainment System berukuran 7 inci yang siap menghibur Anda selama perjalanan.

Dashboard Toyota Kijang Innova G 2016 dilengkapi dengan panel Head Unit berukuran 7 inci

Dashboard Toyota Kijang Innova G 2016 menyuguhkan atmosfer minimalis dan modern

Review Toyota Kijang Innova G 2016: Setir

Desain setir Toyota Kijang Innova 2016 juga dikemas cukup menarik dengan mode tiga palang serta aksen krom sebagai pemanisnya. Logo Toyota juga nampak timbul pada sisi tengahnya, memberi kesan percaya diri bagi pengemudi. Hal yang paling kami sukai adalah hadirnya fitur Tilt dan Telescopic Steering yang memiliki fungsi untuk merubah posisi setir sesuai postur tubuh pengendara. Tentu meski berdiri sebagai varian terendah, fitur satu ini terbilang sangat berguna untuk lebih menyamankan pengendara.

Setir Toyota Kijang Innova G 2016 menyuguhkan tampilan yang modis dengan aksen krom di beberapa sisinya

Setir Toyota Kijang Innova G 2016 menyediakan fitur Tilt dan Telescopic Steering

Review Toyota Kijang Innova G 2016: Kursi

Apresiasi juga kami ucapkan terhadap rancangan Wheelbase Toyota Kijang Innova 2016 yang berada di angka 2.750 mm sehingga mampu memberikan ruang kabin yang lebih lega. Jujur, meski mobil ini sudah dipenuhi oleh tujuh orang sekaligus namun kabinnya masih terasa lega terutama dalam ruang kaki. Tim Cintamobil.com juga berpendapat bahwa hal spesial pada mobil satu ini terletak pada bangku ketiganya yang dapat mengakomodasi penumpang dewasa. Bahkan diklaim lebih lapang dibanding sebuah Mitsubishi Xpander.

Kursi Toyota Kijang Innova G 2016 khususnya pada bangku ketiga menyediakan akomodasi lebih lapang

Kursi Toyota Kijang Innova G 2016 menyuguhkan tampilan yang sangat elegan

Review Toyota Kijang Innova G 2016: Ruang Bagasi

Tatanan bagasi juga tak luput dari pantauan Toyota. Meski mobil berada di kategori 7-Seaters namun kapasitas bagasinya nampak cukup lega untuk mengangkut hingga lima tas berukuran besar. Kesungguhan Toyota dalam merancang produknya memang sangat selaras dengan kebutuhan konsumennya. Sehingga, kapabilitasnya sebagai mobil keluarga nampak lega dari sisi kursi maupun bagasi.

Ruang bagasi Toyota Kijang Innova G 2016 mampu mengangkut berbagai kebutuhan keluarga Anda

Ruang bagasi Toyota Kijang Innova G 2016 menyediakan kapasitas lapang

>>> Artikel terkait:

FITUR Toyota Kijang Innova 2016

Lalu apakah ada yang menarik pada fitur Toyota Kijang Innova G 2016? Tentu jawaban kami adalah fiturnya tampil sangat lengkap di berbagai aspeknya, tak kalah dengan varian tertinggi Mitsubishi Xpander Ultimate.

Review Toyota Kijang Innova G 2016: Fitur Keselamatan

Selain menyuguhkan fitur keselamatan standar, Toyota Kijang Innova 2016 juga dilengkapi dengan hal menarik khususnya pada aspek pengereman. Pasalnya, mobil keluarga satu ini menerapkan teknologi pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) sehingga mampu menjanjikan proses pengereman lebih handal dan empuk. Di sisi lain, fitur ISOFIX Tether Anchor untuk menjaga posisi duduk si bayi. Fitur satu ini terbilang sangat memenuhi kebutuhan konsumennya.

Fitur keselamatan Toyota Kijang Innova G 2016 tampil lengkap di berbagai aspeknya

Fitur keselamatan Toyota Kijang Innova G 2016 sudah dilengkapi pengereman ABS dan EBD

Review Toyota Kijang Innova G 2016: Fitur Hiburan

Aspek hiburan sendiri ditunjang kuat oleh hadirnya panel Advanced Entertainment System berukuran 7 inci yang sudah mendukung teknologi Touchscreen. Pengoperasiannya sendiri terbilang cukup mudah untuk dipahami bahkan untuk seorang pemula. Dari sisi kepraktisan? Jangan salah, panel audionya  sudah didukung format sekelas USB, AUX, Bluetooth, Voice Command serta SD Card. Sehingga, Anda bisa memutar musik favorit dari Gadget dengan cara yang praktis. Sementara itu, fitur penyejuk juga masih manual saja belum mendukung tampilan Digital maupun teknologi Climate Control. Meski begitu, kesejukan dalam kabinnya masih terasa nyaman untuk tujuh orang sekaligus.

Fitur hiburan Toyota Kijang Innova G 2016 juga menyuguhkan panel audio yang sudah didukung format modern

Fitur hiburan Toyota Kijang Innova G 2016 dilengkapi Head Unit berukuran 7 inci

>>> Bandingkan kedua model ini dengan mobil MPV lainnya sehingga Anda dapat memilih sesuai selera dan kebutuhan

OPERASI Toyota Kijang Innova 2016

Berdasarkan pengalaman penggunanya, operasi mesin Toyota Kijang Innova G 2016 berhasil menyuguhkan performa luar biasa baik dari sisi kecepatan maupun efisiensi bahan bakar. Memang tak dipungkiri, model unggulan besutan Toyota ini menawarkan dua pilihan tenaga yakni bensin dan diesel. Namun kami sangat merekomendasikan varian dieselnya yang menggunakan mesin berkode 2GD-FTV DOHC VNT Intercooler. Dipadukan dengan Ground Clearance yang cukup tinggi, performa mesinnya sangat kuat dalam hal tanjakan. Berkapasitas silinder sebesar 2.393 cc, mesinnya mampu memperoleh daya makimum di angka 149 PS setara 3.400 Rpm dengan torsi puncak sebesar di kisaran 1.200 Rpm hingga 2.800 Rpm.

Operasi Mesin Toyota Kijang Innova G 2016 menggunakan kapasitas silinder sebesar 2.393 cc

Operasi mesin Toyota Kijang Innova G 2016 khususnya pada varian diesel menggunakan kode 2GD-FTV

>>> Tentukan pilihan Anda dengan mengetahui segala kelengkapan Mitsubishi Xpander Ultimate yang pernah kami ulas sebelumnya

spesifikasi Toyota Kijang Innova 2016

Supaya Anda semakin mengenal sosoknya yang tangguh, berikut tersedia informasi lengkap tentang spesifikasi Toyota Kijang Innova G 2016.

SPESIFIKASI TOYOTA KIJANG INNOVA G 2016

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.735 mm x 1.830 mm x 1.795 mm

Jarak Poros Roda

2.750 mm

Jarak Pijak Depan

1.540 mm

Jarak Pijak Belakang

1.540 mm

MESIN

Tipe Mesin

2GD-FTV 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC VNT Intercooler

Kapasitas Silinder

2.393 cc

Daya Maksimum

149 PS / 3.400 Rpm

Torsi Maksimum

36,7 Kg.m / 1.200 – 2.600 Rpm (Transmisi Otomatis)

34,9 Kg.m / 1.200 – 2.800 Rpm (Transmisi Manual)

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual / 6 Tingkat Percepatan Otomatis

HANDLING

Suspensi Depan

Double Wishbone dengan Pegas Koil dan Stabilizer

Suspensi Belakang

4-Link dengan Pegas Koil dan Lateral Road

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

205/65 R16 Alloy

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Diesel

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection dengan Common Rail

kelebihan & kekurangan Toyota Kijang Innova 2016

Mengingat model satu ini adalah varian terendah, tentu ada beberapa kekurangan yang kami temukan. Berikut Cintamobil.com menyampaikan kelebihan dan kekurangan Toyota Kijang Innova G 2016.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Value For Money di rentang harga sama dengan Mitsubishi Xpander Ultimate

Dibanding varian tertingginya, banyak fitur-fiturnya tampil kurang menawan

Performa mesin diesel sangat mumpuni di area tanjakan sekalipun

Karena ulasan mobil kali ini adalah mobil bekas sehingga Anda harus benar-benar mengecek segala kelengkapan dan kualitasnya

Desain eksterior sangat modern, terkesan lebih Premium

-

Pencarian sparepart lebih mudah dan biaya perawatan terjangkau

-

daftar harga Toyota Kijang Innova 2016

Salah satu hal spesial yang kami bahas di ulasan kali adalah daftar harga Toyota Kijang Innova G 2016 yang setara dengan harga Mitsubishi Xpander Ultimate baru.

TIPE MOBIL

HARGA TOYOTA KIJANG INNOVA BEKAS 2016

Toyota Kijang Innova G Diesel 2016

IDR. 255.000.000 – IDR. 290.000.000

*Catatan:

  • Rentang harga bekasnya memang terlihat bervariasi sesuai dengan jarak tempuh, kualitas eksterior, kualitas interior, performa mesin dan hal penting lainnya
  • Direkomendasikan untuk mengecek segala kelengkapan berkendara mulai dari surat-surat, riwayat servis berkala serta melakukan uji coba kendaraan

>>> Simak segala harga lengkap dari Toyota Kijang Innova bekas yang dijual di Listing Cintamobil.com

Video Toyota Kijang Innova 2016

Tim Cintamobil.com juga telah menyediakan video Toyota Kijang Innova G 2016 yang menyuguhkan perbandingan dengan Mitsubishi Xpander Ultimate terbaru. Simak informasi selengkapnya dan dukung kami dalam memberikan konten-konten video spesial lainnya.

KESIMPULAN Toyota Kijang Innova 2016

Melejitnya nama Mitsubishi Xpander, membuat jalanan kota dipenuhi dengan sosoknya. Mungkin sebagian dari Anda cukup bosan dengan tampilannya dan ingin memiliki kendaraan yang berada di atasnya. Hal tersebut terjawab dari ulasan kali ini yang mana Toyota Kijang Innova 2016 bekas nampak sangat menggiurkan dengan segala kelengkapannya serta desain bertaraf Premium. Siapa tak kenal dengan sosoknya? Dipercaya akan performanya yang tak tertandingi serta segala kapabilitas disuguhkan untuk kebutuhan keluarga. Sehingga tak ada salahnya untuk melakukan pengecekan di Listing Cintamobil.com terkait model unggulan satu ini. Jika artikel kali ini dirasa menarik, Anda bisa memberikan pendapat maupun saran di kolom komentar ya sobat.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lihat daftar mobil dijual di pasar Indonesia dengan harga terbaik di seluruh Indonesia

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil