Review Mitsubishi Xpander Ultimate 2018

15/03/2018
editor rate: 4,6 user rate: 4,3
Mitsubishi Xpander adalah fenomena. Diluncurkan pada Agustus 2018, medium MPV berlogo tiga berlian ini langsung berhasil merebut perhatian keluarga Indonesia. Bahkan berhasil menduduki posisi kedua mobil terlaris Januari 2018, tertinggal 464 unit dari Toyota Avanza. Apa membuat ia begitu fenomenal? Simak review Mitsubishi Xpander Ultimate 2018 berikut.

PENGANTAR Mitsubishi Xpander 2018

Review Mitsubishi Xpander Ultimate 2018 - Bertajuk sebagai mobil Multi Purpose Vehicle (MPV), Mitsubishi Xpander meraih pencapaian luar biasa di pasar otomotif Indonesia. Konsepnya juga tergolong unik dengan menggabungkan esensi artistik MPV dan pesona maskulin Sport Utility Vehicle (SUV). Ukuran dimensi panjang di angka 4.475 mm seakan mengisyaratkan kelegaan ruang kabinnya.

Publik pun merespons positif. Sejak perkenalannya pada Agustus 2017 sukses menggiring para peminatnya dengan Market Share sebesar 27% pada bulan Januari 2018 lalu. Hingga kini, pemesanannya mencatat pemesanan sebanyak 55.000, melampaui prediksi PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). MMKSI menawarkan Mitsubishi Xpander 2018 dalam lima varian, dimana Cintamobil.com menguji model teratas Xpander Ultimate yang hanya tersedia dalam transmisi otomatis. Berikut ini adalah review Mitsubishi Xpander Ultimate 2018, selamat membaca!

EKSTERIOR Mitsubishi Xpander 2018

Sebagai varian termahal, Mitsubishi Xpander Ultimate memiliki penampilan lebih mewah dibandingkan varian GLS, GLX, Exceed dan Sport. Paling nyata, dapat dilihat pada kehadiran ornamen krom pada gril, gagang pintu, hingga spion.

 Review Mitsubishi Xpander Ultimate 2018: Desain Wajah Depan

Nuansa maskulin dan kokoh ditampilkan pada fascia depannya berkat hadirnya desain Dynamic Shield pada Front Grille-nya. Selain memberikan aksen tangguh dan gagah seperti SUV, juga memberikan fungsi menarik untuk melindungi pejalan kaki dari potensi cidera.

Adapun posisi lampu LED berukuran sipit tampil sejajar dengan kabin mesinnya, terintegrasi pada panel Front Grille-nya. Melirik pada sisi bawah Front Bumper, terlihat lampu utama diselipkan, menjadi ciri khas Xpander. Tidak lupa, lampu kabut juga disematkan pada sisi sampingnya sehingga kualitas pencahayaannya lebih optimal.

Eksterior depan Mitsubishi Xpander 2018 tampil bergaya maskulin

Tampilan depan Mitsubishi Xpander kental akan nuansa maskulin dan kokoh

Review Mitsubishi Xpander Ultimate 2018: Desain Tampak Samping

Kehadiran wheelbase 2.775 mm membuat Xpander seperti lebih panjang dibandingkan kompetitornya. Posturnya jangkung berkat kehadiran ground clearance 205 mm. Versi Ultimate hadir dengan ukuran ban 205/55 R16, sehingga ia lebih tinggi 5 mm dari model GLS dan GLX.

Eksterior samping Mitsubishi Xpander menggunakan Wheelbase berukuran 2.775 mm sehingga mampu mengisyaratkan ruang interior yang lapang

Tampilan samping Mitsubishi Xpander terlihat memanjang dengan Wheelbase di angka 2.775 mm

Review Mitsubishi Xpander Ultimate 2018: Desain Bagian Belakang

Melihat bodi belakangnya, Mitsubishi Xpander nampaknya mengerti akan kondisi masyarakat Indonesia yang memiliki tinggi rata-rata 159 cm. Hal inilah yang kemudian membuat pintu belakang Mitsubishi Xpander memiliki tinggi 1700 mm sehingga akan terasa pas untuk membuka dan menutup pintu bagasinya.

Estetika sporty dalam mobil keluarga Mitsubishi tergambar melalui kehadiran spoiler belakang. Pesan modern dan elegan sukses tersampaikan berkat hadirnya LED Stop Lamp dengan bentuk huruf “L”.

Eksterior belakang Mitsubishi Xpander menggunakan tonjolan-tonjolan maskulin

Tampilan belakang Mitsubishi Xpander menyesuaikan tinggi pintu dengan tinggi rata-rata orang Indonesia

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Mitsubishi Xpander 2018

Memasuki interior Mitsubishi Xpander Ultimate 2018, tampilannya terlihat sangat elegan dengan beberapa sentuhan garnish krom mengilap pada panel dashboard-nya. Mengusung bahasa desain elegan, Xpander Ultimate sebagai tipe tertinggi tampil sangat memukau lewat permainan warna Beige.  Meski bagi Anda memiliki anak kecil, paduan warna seperti ini agaknya menjadi kurang bijak lantaran rawan kotor. Kelegaan kabin sangat baik, bahkan layak disebut terlega di kelasnya.

Review Mitsubishi Xpander Ultimate 2018: Ruang Kabin 

Lekukan artistik pada bagian kiri dashboard, terasa mampu memberikan sensasi berkendara yang bukan saja mewah namun juga aksen sporty. Dua buah kisi AC sebagai penyejuk ruang kabinnya, juga telah disematkan pada setiap sisi.  Tidak lupa, pada bagian tengah dashboard terdapat panel audio multifungsi yang mampu mengoperasikan beragam hiburan atraktif.  Versi Ultimate mendapatkan audio touchscreen, lengkap dengan tampilan untuk kamera mundur.

Ruang interior Mitsubishi Xpander hadir dengan beberapa fitur multifungsi

Ruang interior Mitsubishi Xpander terlihat mewah dan dibekali fitur berlimpah

Review Mitsubishi Xpander Ultimate 2018: Setir

Kemudi Mitsubishi Xpander telah dilengkapi dengan kendali audio. Memberikan rasa aman di jalan karena Anda tak perlu lagi memindahkan tangan dari kemudi ketika ingin mengakses audio. Pada Ultimate, lengkap dengan tombol menerima dan menutup panggilan telepon.

Setir Mitsubishi Xpander menghadirkan konsep Audio Steering Wheel sehingga Anda dapat merasakan sensasi praktis dalam berkendara

Setir Mitsubishi Xpander menyuguhkan sensasi praktis lewat Audio Steering Wheel

Review Mitsubishi Xpander Ultimate 2018: Kursi 

Penataan kursi yang cerdas menjadikan ruang kabinnya tampak lega dan lapang. Ditambah perancangan kursi Mitsubishi Xpander yang membagi 60:40 untuk kursi di baris kedua dan 50:50 pada bangku deret ketiga. Hal ini bertujuan agar akses menuju bangku ketiga dapat berlangsung secara praktis. Adapun pelipatan kursi di bangku ketiga, mampu memberikan ruang penyimpanan lebih untuk menampung barang-barang bawaan Anda.

Kursi Mitsubishi Xpander dilengkapi dengan beragam fitur pelipatan kursi

Kursi Mitsubishi Xpander dirancang detail untuk menghadirkan ruang kabinnya lapang

Review Mitsubishi Xpander Ultimate 2018: Wadah Penyimpanan

Sebagaimana kodrat mobil keluarga, Mitsubishi Xpander menyediakan banyak sekali wadah penyimpanan tersebar dalam kabin. Mulai dari kotak penyimpanan tertutup, laci bawah serbaguna, seat back pocket multifungsi, instrument panel tray, cup holder baris belakang, hingga wadah penyimpanan alat cuci mobil dan ruang serbaguna di bagasi.

Wadah penyimpanan Mitsubishi Xpander terlihat unik yang terletak pada bagian bawah jok kursinya

Tersedia wadah penyimpanan tersebar dalam kabin, termasuk laci serbaguna di bawah jok

>>> Baca juga:

FITUR Mitsubishi Xpander 2018

Bukan hanya aspek eksterior dan interior yang dibuat modern, Mitsubishi Xpander juga hadir dengan fitur serta teknologi terdepan di kelasnya.

Review Mitsubishi Xpander Ultimate 2018: Fitur Keselamatan

Pada aspek keselamatan misalnya, semua tipe Mitsubishi Xpander akan mempercayakan 3PR ELR Seatbelts dan Front SRS Airbags sebagai fitur keselamatan utama.

Menyisir masalah pengereman, Mitsubishi Xpander akan tampil unggul dalam performa manuver lewat hadirnya racikan teknologi Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Serta Brake Assist (BA) dan Hill Start Assist (HSA) pada Mitsubishi Xpander Ultimate.

Teknologi Hill Start Assist menjadi salah satu fitur Mitsubishi Xpander

Fitur Mitsubishi Xpander terlihat kaya akan fitur baik pada aspek keselamatan dan pengereman

Review Mitsubishi Xpander Ultimate 2018: Fitur Pendukung

Aspek hiburan pada Mitsubishi Xpander, terlihat sangat kaya dan beragam dengan hadirnya beberapa multifungsi yang mampu menyokong sensasi praktis Anda dalam berkendara. Teknologi Engine Start/Stop misalnya, menjadikan Mitsubishi Xpander tampil bergaya dengan nuansa modern dan futuristik yang mana Anda dapat menyalakan mesin dengan satu sentuhan saja.

>>> Klik sini untuk simak review lengkap dan detail dari mobil Mitsubishi lainnya

OPERASI Mitsubishi Xpander 2018

Semua model Mitsubishi Xpander menggunakan mesin bertipe 4A91 dengan kapasitas 1.5 Liter berteknologi MIVEC. Dengan daya 104 PS pada putara 6.000 rpm, jelas lebih cukup untuk mengantar Anda beserta seluruh keluarga. Versi Ultimate hanya dibekali opsi transmisi otomatis 4-speed.

Saat Cintamobil.com menguji performa Xpander di rute Semarang – Solo, terasa bahwa tenaga dihasilkan mesin ini sangat mumpuni. Antaran tenaga saat stop-n-go halus, serta mampu berakselerasi dengan baik. Respons mesin dan transmisi saat diajak melahap tanjakan pun dapat diandalkan.

Kestabilan dan kenyamanannya juga sangat baik. Ukuran besar dan fokus pada kenyamanan memang membuat buritan mobil seperti ketinggalan saat menikung dalam kecepatan agak tinggi. Tetapi, patut diingat bahwa ini Xpander, bukan Mitsubishi Lancer Evolution. Yang penting, tidak limbung apalagi bikin mual seluruh keluarga Anda.

Operasi mesin Mitsubishi Xpander tampil bertenaga ketika dipacu di jalan tol maupun jalan berkelok-kelok

Stabil dipacu di jalan tol dan nyaman dibawa melewati jalan berkelok

>>> Untuk tahu harga mobil dalam kondisi baru dan bekas, silahkan klik sini

spesifikasi Mitsubishi Xpander 2018

Berikut ini adalah spesifikasi Mitsubishi Xpander 2018.

SPESIFIKASI MITSUBISHI XPANDER

Kategori

Mitsubishi Xpander Ultimate – Sport - Exceed

Mitsubishi Xpander

GLS – GLX

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.475 mm x 1.750 mm x 1.700 mm

4.475 mm x 1.750 mm x 1.695 mm

Wheelbase

2.775 mm

Ground Clearance

205 mm

200 mm

Radius Putar Minimum

5,2 m

MESIN

Tipe Mesin

4A91 1.5 Liter MIVEC 16 Valve DOHC

Kapasitas Silinder

1.499 cc

Daya Maksimum

104 PS / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

141 Nm / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual (Khusus Exceed) / 4 Tingkat Percepatan Otomatis

5 Tingkat Percepatan Manual

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

Disk Brake

Rem Belakang

Drum Brake

Sistem Kemudi

Rack & Pinion dengan Tilt, Telescopic dan Electronic Power Steering

Ukuran Ban

205/55 R16

185/65 R15

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Direct Injection

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

45 Liter

kelebihan & kekurangan Mitsubishi Xpander 2018

Setelah mengupas tuntas segala hal tentang mobil ini, akan terasa kurang lengkap rasanya jika Cintamobil.com belum memberikan opini tentang kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Xpander. Desainnya yang unik dengan berdiri dalam kategori MPV namun bercita rasa SUV.  Satu hal pasti, Mitsubishi mempelajari dengan betul apa saja kelebihan dan kekurangan dimiliki kompetitornya dan menghadirkan mobil yang mampu menjawab semua permasalah tersebut.

Berdiri di kategori MPV dan memiliki tampilan SUV, menjadi salah satu kelebihan Mitsubishi Xpander

Kelebihan Mitsubishi Xpander terletak pada aspek eksterior yang memiliki fungsi MPV dan tampilan SUV

Seperti pepatah “tak ada gading yang tak retak”, tentu mobil ini juga memiliki sejumlah kekurangan. Paling utama adalah lamanya calon konsumen harus menunggu, sekitar 4-5 bulan. Bagi Anda yang membutuhkan mobil dalam waktu cepat, tersedia alternatif MPV / SUV lain di rentang harga sama menawarkan daya tariknya masing-masing.

daftar harga Mitsubishi Xpander 2018

Berapa harga Mitsubishi Xpander Ultimate 2018 ini? Lihat harganya dan seluruh model Xpander lainnya di bawah ini.

Tipe Mobil

Harga Mitsubishi Xpander 2018 Baru (OTR)

Mitsubishi Xpander GLX M/T IDR. 199.100.000
Mitsubishi Xpander GLS M/T IDR. 217.600.000
Mitsubishi Xpander GLS A/T IDR. 228.600.000
Mitsubishi Xpander EXCEED M/T IDR. 224.600.000
Mitsubishi Xpander EXCEED A/T IDR. 235.000.000
Mitsubishi Xpander SPORT M/T IDR. 237.200.000
Mitsubishi Xpander SPORT A/T IDR. 247.200.000
Mitsubishi Xpander ULTIMATE A/T IDR. 255.400.000

>>> Klik di sini untuk informasi harga terkini dan program promosi Mitsubishi Xpander 2018

Video Mitsubishi Xpander 2018

Supaya anda tidak semakin penasaran dengan tampilan eksteriornya yang gagah dan macho, berikut Cintamobil.com menyuguhkan cuplikan video Mitsubishi Xpander 2018

KESIMPULAN Mitsubishi Xpander 2018

Secara keseluruhan, dari sisi produk Mitsubishi Xpander tampil nyaris tanpa saingan. Tak hanya merebut perhatian konsumen MPV, desain ala SUV juga berpotensi mengundang minat calon pembeli medium SUV.

MMKSI juga terlihat serius membenahi layanan purnajual dan jaringan dealer guna menjangkau segala lapisan konsumen. Satu-satunya isu, kembali pada kesiapan produksi pabrik Mitsubishi di Indonesia dalam memenuhi banyaknya permintaan pelanggan.

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil