Untung Rugi Beli Mobil Premium Bekas Taksi

23/05/2018

Jual beli

4 menit

Share this post:
Untung Rugi Beli Mobil Premium Bekas Taksi
Banyak mobil premium bekas taksi dijual dengan harga menarik. Apa untung ruginya beli mobil premium eks taksi?

Saat ini mobil bekas yang dijual di pasaran Indonesia tentunya beraneka ragam. Mulai dari model city car, sedan, MPV sampai middle dual cabin pun ada. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa langsung cek di listing kami di Cintamobil.com. Beragam mobil bekas tersedia disana. Nah sekarang Cintamobil.com mau kasih tips bagaimana dengan dana cekak (sedikit) Anda bisa mendapatkan sebuah mobil dengan gengsi yang lebih tinggi.

Salah satu opsi yang akan Cintamobil.com bahas adalah mobil premium bekas taksi. Namun Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu mobil premium bekas taksi. Mobil premium bekas taksi adalah kendaraan yang sebelumnya digunakan untuk operasional oleh perusahaan taksi tertentu. Sebut saja BlueBird, Express dan lainnya. Uniknya, hanya BlueBird saja yang gencar melakukan promosi terhadap mobil premium bekas taksi ini.

Cukup banyak unit yang mereka tawarkan kepada calon pembeli mobil premium eks taksi. Sebut saja beberapa di antaranya Mercedes-Benz E 200 Kompresor, Toyota Camry G versi Australia, Mercedes-Benz C 200 Kompresor. “Unit yang ditawarkan rata-rata mempunyai tahun produksi antara tahun 2009 hingga 2010,” sebut Hendra salah satu sales counter pool BlueBird Sutoyo kepada Cintamobil.com.

gambar menunjukkan Armada taksi Silver Bird BlueBird

Armada taksi Silver Bird BlueBird Group

Keuntungan Membeli Mobil Premium Bekas Taksi

Coba Anda bayangkan, dengan uang berkisar antara Rp 135 juta hingga Rp 150 juta mobil mewah di atas tahun 2000 apa yang bisa Anda beli? Kalau pilihan pembaca Cintamobil.com jatuh ke mobil baru, paling hanya mendapatkan mobil dikelas LCGC. Sementara mobil premium memiliki kelas yang berbeda dengan mobil “biasa” pada umumnya. Perlu di ingat, meskipun berstatus mobil bekas taksi, namun tetap memiliki fitur premium yang tidak dimiliki oleh mobil dengan kelas dibawahnya.

Oke, ambil contoh Mercedes-benz E 200 Kompresor tahun 2009 yang Cintamobil.com lihat di pool BlueBird Sutoyo beralamat di Jl. Halim Perdana Kusuma, No.1, Jakarta Timur. Dalam kondisi standar saja, mobil sudah dilengkapi dengan cruise control, multi information display yang lengkap, jok kulit hingga trim dan kontrol AC climate control yang memiliki pengaturan sangat lengkap.

gambar menunjukkan seorang wanita sedang di samping sebuah mobil eks taksi berwarna silver

Mercedes E-Class eks taksi milik armada BlueBird Group

Membeli mobil premium bekas taksi tidak selalu merugikan, asal Anda mendapatkan unit yang prima. Terlebih semua unit mobil bekas premium eks taksi BlueBird selalu dirawat dengan benar. Baik itu sektor mesin, kaki-kaki hingga bodi.

“Nantinya pembeli juga akan mendapatkan garansi cat apabila memilih unit yang sudah di cat ulang, garansi mesin hingga 3.000 kilometer, dan kelistrikan. Pokoknya kalau ada masalah selama masa garansi bawa saja kesini,” papar Wyanda Fama salah satu sales girl yang mendampingi Hendra yang Cintamobil.com temui.

>>> Mengupdate Perubahan Harga Mobil Di Pasar Tanah Air, Inilah Harga Mobil Terbaru Yang Ditawarkan Oleh Cintamobil.com

Potensi Masalah Mobil Premium Bekas Taksi

Nah inilah harus diperhatikan seksama oleh Anda pembaca Cintamobil.com yang tertarik dengan mobil premium bekas taksi. Pasalnya, apapun mobilnya meski kelasnya premium namun kalau sudah berstatus bekas taksi, pasti memiliki ciri khusus. Diantaranya, sepengamatan Cintamobil.com rata-rata untuk unit eks taksi yang dijual sudah menempuh jarak tempuh lebih dari 340 ribu kilometer.

Jarak 340 ribu kilometer bukanlah jarak yang dekat. Jika mengikuti saran buku servis, pasti sudah banyak part apkir yang harus diganti. Baik itu dari mesin maupun kaki-kaki. Meskipun pihak BlueBird sudah merawat mobil sesuai anjuran, namun tetap saja, perihal test drive tidak boleh sampai ketinggalan, seperti yang Cintamobil.com simulasikan untuk Anda.

>>> Ingin Mencari Tahu Tips & Trik Jual Beli Mobil Lainnya, Jangan Abaikan Tulisan Tulisan Di Sini

Test Drive Mobil Premium Bekas Taksi

Kami sengaja memilih secara acak mobil premium bekas taksi yang ada di pool tersebut. Pilihan jatuh kepada satu unit Mercedes-Benz E 200 Kompresor tahun 2009. Kunci model pistol khas Mercedes-Benz sudah kami pegang. Pertama kali menyalakan mesin mobil terasa cukup tokcer. Meski suara staternya terdengar agak berat namun bagi kami ini tidak begitu masalah. Namun saat mobil stasioner kabin terasa agak bergetar, disinyalir engine mounting dari mobil yang kami tes ini sudah lemah dan perlu diganti demi kenyamanan.

Sebelum jalan, Cintamobil.com mencoba untuk mengatur spion terlebih dahulu. Hal yang perlu di notice, adalah pengaturan spion elektrik baik sisi kanan maupun kiri tidak berfungsi dengan baik. Namun hal minor tersebut kami abaikan. Lanjut transmisi kami geser ke D untuk segera jalan. Gerungan mesin terdengar agak kasar masuk ke kabin, mungkin selain efek getaran engine mounting yang sudah apkir tadi, juga bisa dari material peredam yang sudah waktunya minta ganti.

gambar menunjukkan sebuah mobil eks taksi berwarna silver

Selalu lakukan test drive sebelum membeli mobil premium eks taksi

Secara umum tidak ada keluhan khusus pada sektor interior mobil. Beberapa interior mobil sudah mulai aus seperti setir, tombol-tombol disetir, pedal-pedal dan tuas transmisi adalah hal yang wajar. Hanya saja, ketika Cintamobil.com coba untuk menyalakan AC entah kenapa tidak bisa cepat dingin. Padahal seperti yang diketahui, Mercedes-Benz E 200 Kompresor dalam kondisi standarnya sudah dilengkapi dengan fitur climate control.

>>> Baca juga: Review & Test Drive Mobil Lainnya Di Sini

Ketika melewati jalan dengan permukaan konblok, tidak ada suara kaki-kaki masuk ke kabin. Menandakan kaki-kaki mobil yang kami tes ini masih cukup sehat. Sayangnya ketika setir diputar ke kanan maupun ke kiri terasa agak berat. Kami mencurigai terjadi masalah pada sistem power steeringnya. Hal ini ditambah dengan respons pedal gas yang terasa agak delay. Namun itu wajar, mengingat tidak jarang mobil premium bekas taksi ini di isi bahan bakar berjenis Premium.

Well, yang namanya mobil bekas ya pasti ada potensi masalah. Tak terkecuali mobil premium bekas armada taksi. Beberapa hal yang Cintamobil.com temui diatas pasti berbeda antara mobil satu dengan lainnya. Karena sejatinya setiap kondisi antara mobil berbeda. “Jangan khawatir, sebelum mobil kami serah terima ke pembeli, kami akan cek keseluruhan terlebih dahulu. Bahkan mobil akan kami salon dulu,” tukas Wyanda sapaan akrab dari Wyanda Fama.

>>> Mungkin Anda tertarik, Inilah Daftar Mobil Mercedes Benz Yang Dijual Di Seluruh Indonesia

Program Pembelian Yang Ditawarkan

Ini yang menarik dari membeli mobil bekas taksi. Ada beberapa opsi pembelian yang ditawarkan oleh BlueBird kepada calon pembelinya. “Untuk pembelian cash, kami bisa kasih diskon unit sampai Rp 15 juta. Jika ingin mengajukan lebih dari penawaran diskon tersebut, kami akan bantu untuk pertimbangkan,” tambah wanita ramah ini. Bagaimana jika ingin mengambil mobil premium bekas taksi ini secara kredit? Ada program DownPayment Rp 25 juta, dan cicilan Rp 4,7 juta selama 3 tahun. Cukup menarik bukan?

Berikut daftar harga mobil premium eks taksi ditawarkan BlueBird:

  • Mercedes-Benz E200 Kompresor 2009 Rp.135.000.000
  • Toyota Camry G Australia Version 2009 Rp. 133.000.000
  • Mercedes-Benz E200 Kompresor Repaint 2009 Rp. 139.000.000

>>> Bosan dengan mobil kamu, jual saja di cintamobil.com dan dapatkan harga yang menguntungkan!

Kesimpulan

Apakah mobil premium bekas taksi layak untuk dibeli? Itu semua tergantung dan dikembalikan lagi ke Anda. Jika menginginkan mobil yang kelasnya mewah namun bisa didapat dengan harga LCGC maka mobil premium bekas taksi layak menjadi pilihan Anda. Namun jangan lupa, banyak hal yang harus diperhatikan ketika Anda akan membeli mobil bekas taksi. Mulai dari mesin, kaki-kaki, interior hingga ke bodinya. Saran kami siapkan dana lebih jika hendak meminang mobil premium bekas taksi.

gambar menunjukkan sebuah mobil eks taksi yang terlihat dari belakangnya

 Banyak hal yang harus diperhatikan ketika Anda akan membeli mobil bekas taksi​

>>> Punya mobil jangan coba-coba, baca dulu tips dan triknya di cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Daftar Harga Mobil Bekas Murah Eks Taksi, Ini Pilihannya

22/12/2019

Jual beli

3 menit

Mobil eks taksi itu memang menggoda, dengan harga murah Anda bisa mendapatkan mobil dengan tahun muda, dan inilah daftar harga mobil bekas murah eks taksi

Lihat juga

Cara Mengecek Kaki-Kaki Mobil Eks Taksi

12/10/2020

Perawatan dan service

5 menit

Sebelum Anda tertarik meminang mobil bekas taksi, sebaiknya Anda cek kaki-kaki mobil terlebih dahulu, sebab perbaikannya membutuhkan biaya yang cukup besar

Lihat juga

Keuntungan Beli Mobil Bekas Taksi

21/07/2020

Jual beli

8 menit

Berikut ini adalah pilihan mobil bekas taksi berkualitas dengan harga termurah yang bisa Anda dapatkan. Termasuk beberapa keuntungan lainnya seperti promo dan diskon.

Lihat juga
 
back to top