Tips Penting Membantu Mengelola Kompartemen Mobil Anda

Share this post:
Kompartemen menjadi bagian penting dari interior sebuah mobil. Keberadaannya menambah kenyamanan suasana dalam kabin. Tentu saja untuk mendapatkan hasil kenyamanan yang maksimal, ada hal-hal yang perlu diperhatikan dengan seksama. Tips berikut membantu mengelola kompartemen mobil Anda secara baik.

Kabin merupakan bagian interior mobil dimana penumpang dan pengemudi berada. Terdapat beberapa bagian dari kabin dengan fungsi yang berbeda – beda. Salah satu bagian dari kabin yang membutuhkan perhatian khusus dalam penataan dan pemeliharaan adalah kompartemen. Kompartemen biasanya terletak pada sisi dalam pintu mobil atau tepat di bawah jendela.

Foto kompartemen di sisi dalam pintu mobil

Kompartemen di sisi dalam pintu punya banyak fungsi

Fungsi kompartemen mobil ini adalah sebagai tempat menyimpan atau meletakkan barang bagi penumpang yang ada di dalam mobil. Karena alasan itulah umumnya kompartemen dapat ditemui di samping setiap tempat duduk. Bahkan pada mobil dengan tiga baris bangku penumpang; di samping bangku baris ketiga yang tidak dilengkapi pintu; juga terdapat kompartemen yang berfungsi untuk meletakkan atau menyimpan barang milik penumpang.

Kompartemen umumnya juga ditemui di bagian tengah atau antara bangku pengemudi dan penumpang di baris terdepan. Bagian dashboard umumnya juga dilengkapi kompartemen untuk mengakomodir kebutuhan meletakkan atau menyimpan sesuatu bagi pengemudi dan penumpang di bangku terdepan.

Mengelola kompartemen mobil menjadi bagian penting dari mengelola interior sebuah mobil. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memudahkan mengelola kompartemen sebuah mobil.

>>> Untuk Menjaga Kenyamanan, Berikut 5 Tips Mengatasi Aroma Tidak Sedap Pada Kabin

Gunakan Sesuai Fungsinya

Foto kompartemen di dashboard Toyota Prius

Foto kantong kompartemen di belakang kursi

Gunakan kompartemen sesuai peruntukannya

Salah satu tips penting untuk mengelola kompartemen mobil adalah menggunakannya sesuai fungsi. Pada sebuah mobil umumnya terdapat beberapa kompartemen dengan bentuk dan letak yang berbeda – beda. Bahkan kompartemen di posisi bangku atau pintu yang berbeda mungkin memiliki desain yang juga berbeda.

Salah satu tips penting dalam hal ini adalah menggunakan kompartemen sesuai fungsinya. Umumnya terdapat kompartemen berbentuk bulat dengan lubang yang cukup dalam. Kompartemen ini umumnya digunakan untuk meletakkan gelas atau botol minuman. Sedangkan kompartemen di bagian pintu dengan bentuk memanjang dan cukup dalam bisa digunakan untuk meletakkan barang yang digunakan di dalam mobil tetapi tidak selalu dipegang. Bagian tersebut dapat digunakan untuk meletakkan makanan, ponsel ataupun buku. Hindari meletakkan dompet di kompartemen pintu karena selalu ada resiko terjatuh saat pintu dibuka dan ditutup.

>>> Barang Bawaan Banyak, Begini Cara Mengatur Di Bagasi Yang Baik

Bersihkan Kompartemen Setelah Mobil Digunakan

Foto kompartemen di bawah kursi mobil

Selalu bersihkan kompartemen setelah mobil digunakan

Kebersihan kompartemen merupakan bagian dari kebersihan interior mobil. Ada baiknya bagi pemilik mobil untuk membersihkan kompartemen setelah mobil digunakan membawa penumpang. Pengemudi umumnya tidak dapat memantau aktivitas penumpang dan mengetahui barang apa saja yang diletakkan ataupun ditinggalkan di dalam kompartemen mobil.

Sampah sangat umum ditinggalkan di dalam kompartemen; mulai dari plastik pembungkus makanan, botol atau gelas minuman hingga kertas tisu yang telah digunakan. Sampah yang tidak segera dibersihkan tidak hanya akan mengotori interior mobil; tetapi bisa membuat kabin menjadi tidak nyaman jika menimbulkan bau karena membusuk ataupun menyebabkan kelembapan yang tinggi.

Bersihkan sampah yang ada di dalam kompartemen dengan cara diambil dan dibuang ke tempat yang seharusnya. Bersihkan bagian dalam atau dasar kompartemen dengan menggunakan lap basah. Cara ini bisa memudahkan membuang debu ataupun kotoran berukuran kecil. Kemudian lap dengan menggunakan kanebo untuk menyerap kelembaban ditinggalkan oleh lap basah.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

Tambahkan Tempat Sampah Di Dalam Mobil

Foto tempat sampah mini di dalam mobil

Sediakan tempat sampah portable agar sampah tak tersebar dimana-mana

Cara lain untuk mengelola kompartemen mobil agar tidak digunakan sebagai tempat membuang atau menyimpan sampah adalah dengan menambahkan tempat sampah khusus di dalam mobil. Tempat sampah di dalam mobil sebaiknya dipilih yang memiliki tutup cukup rapat. Hal ini untuk menghindari sampah tumpah serta mencegah bau sampah menyebar di dalam kabin. Pastikan untuk membuang sampah dan membersihkan tempat sampah setiap kali ada kesempatan seperti saat berhenti untuk beristirahat atau saat telah sampai di tujuan.

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top