Catat, Ini Jadwal Servis Rutin Rem Mobil Anda

13/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Catat, Ini Jadwal Servis Rutin Rem Mobil Anda
Servis rutin rem mobil perlu dilakukan secara insentif agar komponen ini bekerja maksimal. Namun servis tidak selalu harus dilakukan ke bengkel, Anda pun dapat mengerjakannya sendiri di rumah.

Selain mesin, rem merupakan komponen vital pada sebuah kendaraan. Rem berfungsi untuk menahan laju kendaraan agar tidak terjadi tabrakan. Karena itulah merawat rem mobil perlu dilakukan secara berkala dan intensif agar perangkat ini selalu bekerja dengan maksimal.

>>> Kenali Gejala Rem Tangan Rusak Jika Tarikannya Sudah Tak Nyaman Lagi

Karena letaknya di bagian bawah, maka bagian rem mudah sekali terkena debu, kotoran, maupun lumpur. Untuk itulah perlu diperhatikan kapan sebaiknya jadwal servis rutin rem mobil Anda.

1. Tiap 4000 Kilometer

perbaikan rem mobil

Perawatan rem bisa melihat pada jadwal servis berkala

Untuk menentukan kapan waktu paling tepat untuk servis rutin rem mobil Anda, sebaiknya mengacu pada buku panduan servis berkala yang dikeluarkan oleh pihak pabrikan mobil Anda. Namun Anda bisa juga melakukan hal ini tiap 4000 km.

>>> Promo mobil baru paling menarik ada disini

Jangan biarkan rem mobil Anda tanpa perawatan untuk waktu yang lama. Merawat rem mobil bisa lebih sering dilakukan jika Anda baru saja melibas genangan banjir, atau melintasi jalan berlumpur. Karena jika dibiarkan tanpa perawatan, khawatir rem akan berkarat dan merusak komponen rem lainnya seperti cakram.

2. Bisa Dilakukan Sendiri

Membersihkan rem mobil

Bersih-bersih komponen rem bisa juga dilakukan sendiri

Sebenarnya, servis rutin rem mobil bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan mekanik. Misalnya dengan mengecek kondisi minyak rem pada tabung reservoir. Jika minyak rem berkurang, maka sebaiknya ditambah sesuai sepsifikasi minyak rem mobil Anda.

>>> Cari mobil bekas berkualitas disini

Kemudian lakukan juga perawatan rem dengan membersihkan bagian brake pad, kaliper, serta cakramnya. Lakukan permbersihan dengan menggunakan brake cleaner untuk menghilangkan debu dan kotoran.

Servis rutin rem mobil juga tidak perlu menunggu jadwal servis berkala. Jika dirasa sudah timbul bunyi-bunyian saat pedal rem diinjak, maka sebaiknya lakukan perawatan pada rem mobil tersebut.

>>> Tips dan trik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

5 Tanda Adanya Masalah pada Rem

Rem merupakan salah satu komponen mobil yang berguna untuk menahan laju kendaraan. Kesalahan maupun tidak berfungsinya bagian ini bisa berarti malapetaka untuk pengendara dan mobil lain. Karena itu, lakukan pencegahan ketika anda menemukan masalah pada rem yang terjadi pada mobil anda. Ada beberapa keadaan yang menandakan masalah pada rem anda, dan Cintamobil akan memberikan beberapa daftar tanda-tanda rem anda mengalami masalah dan harus dilakukan pengecekan.

Lihat juga

Kapan Kampas Rem Harus Segera Diganti?

Kampas rem mobil adalah unsur vital yang sangat penting dalam sistem pengereman. Jika performa kampas rem tidak didukung secara bagus, tentunya Anda tidak akan merasa nyaman dan aman selama melakukan perjalanan. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan kampas rem baik kualitas maupun usianya. Kalau kampas rem mobil anda sudah habis atau tipis, anda harus segera menggantinya. Kapan kampas rem harus segera diganti? Berikut adalah ciri-ciri yang menunjukkan kampas rem harus diganti.

Lihat juga

Tips Memilih Minyak Rem Sesuai Kebutuhan Mobil

Rem menjadi salah satu bagian penting pada mobil. Saat ini rata-rata mobil sudah memakai transmisi otomatis yang membuat kerja rem semakin banyak. Berikut ini adalah tips memilih minyak rem sesuai kebutuhan mobil.

Lihat juga

Review Peugeot 5008 2020: Saat Negeri Mode Meracik SUV 7-Seater

720000000

01/07/2019

Editor rate:

Menyusul kesuksesan Peugeot 3008 yang diperkenalkan tahun lalu, Peugeot kembali menghadirkan model lainnya di Indonesia, New Peugeot 5008, dan menjadi penantang baru di segmen SUV 7-Seater yang saat ini masih dikuasai pabrikan Jepang.

Lihat juga

Harga mobil Rio terbaru Januari 2021 & Promosi

01/01/2021

Kia

Kehadiran kabar paling ditunggu dari KIA Rio, terhenti pada tanggal 1 Juli 2015 lalu. Memperkenalkan KIA New Rio yang diberikan beragam perubahan dari sisi eksterior maupun interiornya. Berdiri dalam kategori Hatchback, menuntut tampilannya mengikuti zaman seiring dengan minat masyarakat Indonesia saat ini. Berapa harga KIA Rio ini?

Lihat juga
 
back to top