Catat, Ini Jadwal Servis Rutin Rem Mobil Anda

13/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Servis rutin rem mobil perlu dilakukan secara insentif agar komponen ini bekerja maksimal. Namun servis tidak selalu harus dilakukan ke bengkel, Anda pun dapat mengerjakannya sendiri di rumah.

Selain mesin, rem merupakan komponen vital pada sebuah kendaraan. Rem berfungsi untuk menahan laju kendaraan agar tidak terjadi tabrakan. Karena itulah merawat rem mobil perlu dilakukan secara berkala dan intensif agar perangkat ini selalu bekerja dengan maksimal.

>>> Kenali Gejala Rem Tangan Rusak Jika Tarikannya Sudah Tak Nyaman Lagi

Karena letaknya di bagian bawah, maka bagian rem mudah sekali terkena debu, kotoran, maupun lumpur. Untuk itulah perlu diperhatikan kapan sebaiknya jadwal servis rutin rem mobil Anda.

1. Tiap 4000 Kilometer

perbaikan rem mobil

Perawatan rem bisa melihat pada jadwal servis berkala

Untuk menentukan kapan waktu paling tepat untuk servis rutin rem mobil Anda, sebaiknya mengacu pada buku panduan servis berkala yang dikeluarkan oleh pihak pabrikan mobil Anda. Namun Anda bisa juga melakukan hal ini tiap 4000 km.

>>> Promo mobil baru paling menarik ada disini

Jangan biarkan rem mobil Anda tanpa perawatan untuk waktu yang lama. Merawat rem mobil bisa lebih sering dilakukan jika Anda baru saja melibas genangan banjir, atau melintasi jalan berlumpur. Karena jika dibiarkan tanpa perawatan, khawatir rem akan berkarat dan merusak komponen rem lainnya seperti cakram.

2. Bisa Dilakukan Sendiri

Membersihkan rem mobil

Bersih-bersih komponen rem bisa juga dilakukan sendiri

Sebenarnya, servis rutin rem mobil bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan mekanik. Misalnya dengan mengecek kondisi minyak rem pada tabung reservoir. Jika minyak rem berkurang, maka sebaiknya ditambah sesuai sepsifikasi minyak rem mobil Anda.

>>> Cari mobil bekas berkualitas disini

Kemudian lakukan juga perawatan rem dengan membersihkan bagian brake pad, kaliper, serta cakramnya. Lakukan permbersihan dengan menggunakan brake cleaner untuk menghilangkan debu dan kotoran.

Servis rutin rem mobil juga tidak perlu menunggu jadwal servis berkala. Jika dirasa sudah timbul bunyi-bunyian saat pedal rem diinjak, maka sebaiknya lakukan perawatan pada rem mobil tersebut.

>>> Tips dan trik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top