Daftar Mobil Listrik Murah yang Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

21/06/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Daftar Mobil Listrik Murah yang Sudah Bisa Dibeli di Indonesia
Berikut ini Cintamobil.com akan menjabarkan mobil listrik murah hingga termahal yang sudah bisa dibeli di Indonesia. Semuanya memiliki kelebihan masing-masing.

Semakin hari semakin banyak kendaraan berbasis tenaga listrik yang masuk ke Indonesia. Hal ini memang sejalan dengan rencana pemerintah Republik Indonesia (RI) untuk menggiatkan penggunaan kendaraan yang tak lagi menggunakan bahan bakar bertimbal.

Meskipun belum seutuhnya sempurna atau setara dengan negara-negara maju di Asia bahkan Eropa, namun fasilitas untuk kendaraan listrik sudah mulai banyak tersedia. Stasiun-stasiun pengisian daya baterai pun semakin tersebar, umumnya di kota-kota besar. Hal ini lantas memacu masyarakat makin percaya diri untuk membeli mobil listrik.

Anda juga tertarik membeli mobil listrik? Simak dulu beberapa Agen Pemegang Merk (APM) yang sudah menawarkan mobil listrik untuk publik Tanah Air dari Cintamobil.com berikut ini. Beberapa diantaranya mungkin termasuk mobil listrik murah, namun ada juga yang masih kategori mobil mewah. Perlu dicatat, yang kami jabarkan kali ini adalah mobil yang seutuhnya digerakkan oleh baterai dan motor listrik, tanpa ada bantuan mesin konvensional (hybrid).

1. BMW i3

BMW i3

Desainnya mungil dan stylish

Mobil mungil dari BMW ini termasuk dalam jajaran kendaraan listrik yang sudah bisa Anda nikmati. Panjangnya hanya 4 meter (m), lebar 1,7 m, tinggi 1,5 m, dan jarak sumbu roda 2,5 m. Walau begitu desain yang ditawarkan amat stylish khas kendaraan kaum urban modern di kota-kota megapolitan. Meskipun dimensinya cukup ringkas, namun harga mobil listrik ini menyentuh Rp1,2 miliar off the road.

BMW menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 33,2 kWh sebagai sumber tenaga mobil ini. Baterai tersebut mampu digunakan untuk perjalanan sejauh 280 km dari kondisi full. Jika baterai habis maka bisa diisi ulang hanya dalam kurang dari 45 menit menggunakan fasilitas DC Fast Charging. Jika memakai BMW iWallbox yang disediakan pihak BMW, maka pengsian dapat dilakukan selama 2 jam 45 menit.

>>> Review BMW i3 2019: Baterai Tambah Besar Sempurnakan Daya Jelajah

2. DFSK Gelora E

DFSK Gelora E

Mobil listrik murah di Indonesia saat ini

Cari mobil listrik murah Indonesia 2020? Maka Anda harus pertimbangkan DFSK Gelora E. Meskipun disebut mobil serbaguna, nyatanya kendaraan ini sanggup untuk diisi 6-7 penumpang. Harganya? Mulai dari Rp469 juta saja! Mungkin inilah mobil listrik murah paling terjangkau untuk seluruh konsumen di Indonesia.

Gelora E menggunakan baterai Lithium-Ion berkapasitas 42 kWh dengan dikombinasikan motor lsitrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM). Sehingga tenaga yang dihasilkan sekitar 60 kWh yang tersalur melalui roda belakang.

>>> Review DFSK Gelora E 2020: Mobil Listrik Serbaguna Pertama Di Kelasnya

3. Hyundai Ioniq

Hyundai Ioniq

Dipakai juga sebagai armada taksi online oleh Grab Indonesia

Boleh dibilang Ioniq adalah mobil listrik murah dari Hyundai serta merupakan mobil listrik murah Indonesia 2020 yang desainnya cukup stylish. Harganya hanya Rp569 juta, jauh di bawah mobil listrik dari produsen lain di Indonesia. Menariknya, mobil ini juga dipakai sebagai armada taksi daring oleh perusahaan Grab.

Ioniq dibekali baterai listrik berkapasitas 38,3 kWh yang posisinya sejajar dengan motor listriknya. Sehingga ketika membuka kap mesin maka akan langsung terlihat jantung kekuatan mobil tersebut. Baterai ini dapat digunakan sejah 373 km dari kondisi penuh. Jika baterai habis maka baterai dapat diisi ulang 80 persen hanya dalam 54 detik dengan sistem Fast Charging. Untuk pengisian normal waktu yang dibutuhkan adalah 6 jam 5 menit.

>>> Review Hyundai Ioniq Electric 2020: Godaan Mobil Listrik Termurah di Indonesia

4. Tesla Model 3

Tesla Model 3

Mobil listrik termurah milik Tesla

Yap, kalau Anda sering mendengar nama Tesla, pabrikan yang dimotori oleh Elon Musk ini juga sudah bisa dinikmati oleh pabrik Indonesia. Antara lain melalui Model 3 yang sebenarnya adalah mobil listrik murah dari Tesla. Walau begitu harga mobil ini ketika masuk ke Indonesia masih di atas Rp1 miliar.

Sumber tenaganya mengandalkan motor elektrik di as roda belakang dimana baterai listriknya sanggup dipakai menjelajah sejauh 560 km dalam keadaan full sampai baterai benar-benar habis. Untuk pengisian daya baterai, kalau menggunakan Home Charging Tesla maka hanya butuh 4 jam sampai baterai full 100 persen. Selain itu mobil ini juga sanggup melesat 0-100 km/jam dalam 4,6 detik dengan kecepatan maksimum 233 km/jam.

>>> Review Tesla Model 3 2019, Spesifikasi dan Harganya

5. Tesla Model X

Tesla Model X

SUV futuristik bertenaga listrik

Satu lagi model Tesla yang juga telah masuk ke Indonesia, yakni Model X. Berbeda dengan Model 3, model X datang dalam format SUV yang futuristik. Dengan mekanisme bukaan pintu mirip sayap burung camar itu, Model X diklaim sanggup dipakai berkendara sejauh 505 km jika baterai dalam kondisi full.

Baterainya sendiri berkapasitas 75 kWh dengan kemampuan memproduksi daya 329 hp. Walau tanpa suara, mobil ini memiliki daya lesat 0-100 km hanya dalam 5,2 detik berkat sistem penggerak roda All Wheel Drive yang dimilikinya. Sayangnya, Tesla Model X bukan golongan mobil listrik murah yang bisa dinikmati seluruh rakyat Indonesia. Mengingat harga mobil ini menyentuh di atas Rp3 miliar.

6. Tesla Model S

Tesla Model S

Varian lain dari Tesla yang juga sudah masuk ke Indonesia adalah Model S. Bentuknya landai dan aerodinamis layaknya mobil sport konvensional. Namun unsur-unsur fituristik tetap terlihat pada kendaraan yang ditawarkan mulai dari Rp3 miliar tersebut.

Karena ditujukan bagi penyuka sport car namun ingin yang ramah lingkungan, maka Tesla menyematkan baterai bertenaga 100 kWh untuk Model S. Baterai yang tersambung dengan dua motor listik ini sangup menghasilkan tenaga setara 762 hp. Jangan khawatir kehabisan daya baterai ketika menjelajah bersama Model S. Karena baterai dapat digunakan sejauh 500 km jika digunakan secara normal. Kalau untuk diajak berakselerasi tentu baterai akan lebih cepat habis.

>>> Tips dan trik lainnya seputar mobil baru dan mobil bekas ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Soal Mobil Listrik, Ferrari Tunggu Teknologi Yang Pas

17/05/2020

Mobil baru

4 menit

Setelah meluncurkan SF90 Stradale dengan teknologi plug-in hybrid, kehadiran BEV Ferrari tinggal menunggu waktu saja. Namun, The Prancing Horse belum mau mengadopsi teknologi ini waktu dekat karena alasan teknologi.

Lihat juga

Ini Dia Bagian Terpenting Dari Mobil Listrik

18/04/2020

Mobil baru

5 menit

Dinamo Permanent Magnet Synchronous Motor mulai banyak digunakan oleh pabrikan mobil sebagai sumber penggerak mobil listrik, yuk ketahui keunggulannya

Lihat juga

Harap Sabar! Mercedes-Benz Masih Tahan Luncurkan Mobil Listriknya

12/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Mercedes-Benz masih menahan untuk meluncurkan mobil listriknya. Hal itu dilakukan Mercedes-Benz lantaran aturan pasti insentif mobil listrik belum dirilis.

Lihat juga

Kemenhub Siapkan Aturan Adanya Suara untuk Mobil Listrik

07/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Sebelum semester satu tahun ini, tepatnya di bulan Juni, Kementerian Perhubungan dikabarkan akan hadirkan aturan untuk adanya suara untuk mobil listrik.

Lihat juga

Mobil Listrik Terendam Banjir? Anda Tak Perlu Khawatir

27/02/2020

Pengemudian

4 menit

Musim banjir bikin mobil listrik terendam banjir? Jangan khawatir, tiga hal teknis ini yang bikin mobil listrik lebih aman terobos banjir dari mobil 'biasa'

Lihat juga
 
back to top