Review Hyundai Ioniq Electric 2020: Godaan Mobil Listrik Termurah di Indonesia

04/02/2020

Share this post:

Hyundai Ioniq 2020

Editor rate:

Lihat promo

Jika pabrikan lainnya membawa mobil listrik seharga lebih dari Rp1 miliar, Hyundai Ioniq Electric 2020 menawarkan mobil ramah lingkungan nan terjangkau.

Review Hyundai Ioniq Electric 2020: Godaan Mobil Listrik Termurah di Indonesia
Review Hyundai Ioniq Electric 2020: Godaan Mobil Listrik Termurah di Indonesia
0 Gambar

Pengantar Hyundai Ioniq 2020

Mari kita simak spesifikasi Hyundai Ioniq 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Pilihan mobil listrik termurah di Indonesia

Fitur infotainment dan keselamatan yang relatif lengkap

Modelnya yang tak jauh berbeda dibandingkan mobil konvensional

Kekurangan

Butuh penyesuaian sebelum membawa mobil ini, termasuk ketika menghidupkannya

Berjalan tanpa suara, terkadang membuat pengguna jalan lain tak mengetahui kehadiran Anda

Tanpa modul fast charging yang harus dibeli secara terpisah

Review Hyundai Ioniq Electric 2020 - Era mobil konvensional seakan terusik. Banyak pabrikan otomotif mulai mengembangkan dan memasarkan kendaraan listrik. Dan Hyundai tak ketinggalan memperkenalkan mobil bertenaga listriknya ke Tanah Air. Setelah mendapatkan kesuksesan secara global dengan penjualan yang cukup memuaskan, Hyundai Ioniq Electric 2020 yang merupakan generasi kedua Ioniq dibawa ke Indonesia.

generasi pertama Hyundai Ioniq 2016 berwarna putih 
Generasi pertama Hyundai Ioniq keluaran 2016

Memulai debutnya di Korea Selatan pada Januari 2016, tiga varian Ioniq unjuk gigi pertama kali pada Geneva Auto Show 2016. Nama Ioniq sendiri diambil dari gabungan ‘ion’ dan ‘unique’. Kehadirannya menjadi yang pertama bagi Hyundai menawarkan varian bertenaga hibrida, hibrida plug-in, dan tenaga listrik murni (pure electric) dalam satu mobil.

Sejak model pertama hingga 2019, Ioniq Electric menjadi kendaraan paling efisien dari Environmental Protection Agency (EPA) di Amerika. Hal ini berimbas pada penjualan yang laris manis. Dimana pada Januari 2018, Ioniq melampaui penjualan 106.300 unit terjual di seluruh dunia, dengan hampir 25.000 mobil listrik murni terjual.

mobil baru Hyundai Ioniq Electric 2020 berwarna putih 
Mobil baru Hyundai Ioniq Electric 2020 di Indonesia

Hyundai memang tak memperkenalkan Ioniq ke pasar otomotif Tanah Air secara eksklusif. Namun kehadirannya telah dipertegas melalui kerja sama dengan salah satu penyedia layanan transportasi daring sebagai bagian dari armada mereka. Dan bagi Anda yang ingin memiliki mobil ini, simak review Hyundai Ioniq Electric 2020 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

Eksterior Hyundai Ioniq 2020

Tampilannya yang futuristik namun tetap mempertahankan desain mobil konvensional merupakan salah satu daya tarik eksterior Hyundai Ioniq Electric 2020. Tak seperti mobil lainnya yang terlihat layaknya ‘pesawat alien’ maupun seperti mobil-mobil dalam film fiksi ilmiah, kesederhanaan desain luarnya menarik untuk dipandang.

Review Hyundai Ioniq Electric 2020: Eksterior Depan

Dari depan, Ioniq masih mempertahankan desain grille khas Hyundai. Tapi perbedaan dengan mobil konvensional adalah grille yang tertutup tanpa kisi-kisi untuk lubang udara. Pasalnya Ioniq tidak membutuhkan aliran udara untuk mesinnya layaknya mobil bertenaga listrik lainnya. Hal ini sekaligus membantu aerodinamika berkendara demi efisiensi tenaga yang lebih baik.

tampilan depan Hyundai Ioniq Electric 2020 berwarna putih 
Eksterior depan Hyundai Ioniq Electric 2020

Lampu depan sudah dilengkapi dengan teknologi LED, termasuk DRL dan Rear Combination Lamp di bagian belakang. Kedua sisi samping pada front end sudah dilengkapi lampu yang menjorok ke dalam, bertujuan untuk memecah udara yang datang dari depan. Di bawah, ada sedikit aksen silver yang senada dengan grille yang melengkapi eksterior depan Hyundai Ioniq Electric 2020.

Review Hyundai Ioniq Electric 2020: Eksterior Samping

tampilan samping Hyundai Ioniq Electric 2020 berwarna putih 
Eksterior samping Hyundai Ioniq Electric 2020

Tampilan sampingnya masih polos tanpa banyak lekukan. Berbeda dengan mobil konvesional yang memiliki lubang pada pelek untuk aliran udara, pelek alloy 16 inci yang digunakan pada Ioniq memiliki tampilan yang cukup unik. Diesebut dengan nama aero spoke, pelek ini dibuat agak tertutup sehingga mengalirkan udara langsung ke belakang untuk aerodinamika yang lebih baik.

Review Hyundai Ioniq Electric 2020: Eksterior Belakang

tampilan belakang Hyundai Ioniq Electric 2020 berwarna putih 
Eksterior belakang Hyundai Ioniq Electric 2020

Bagian belakangnya cukup unik, dengan lampu belakang yang minimalis serta desain pintu belakang yang sekilas mirip dengan Toyota Prius. Pada bagian tengah di eksterior belakang Hyundai Ioniq Electric 2020 mendapatkan lampu tambahan berupa fog lamp. Lampu ini akan membantu ketika Anda berada di kondisi hujan lebat, memudahkan mobil di belakang menyadarai keberadaan Anda.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:


Interior Hyundai Ioniq 2020

Tampilan futuristik bisa terasa ketika memasuki interior mobil, menghadirkan kesan modern dan bergaya masa depan dengan layar sentuh serta aksen chrome dan silver. Gabungan material soft touch memberikan kesan mewah yang lebih terasa.

Review Hyundai Ioniq Electric 2020: Dashboard

Tampilan dashboard tak ubahnya seperti mobil baru Hyundai lainnya. Bersama display audio 7 inci dengan konektivitas Apple CarPlay serta Android Auto yang menjadikan tampilannya terkesan modern. Belum lagi ambience light yang menghadirkan kesan elegan ketika berada di dalam mobil ini.

dashboard Hyundai Ioniq Electric 2020 berwarna hitam 
Dashboard Hyundai Ioniq Electric 2020

Untuk konsol tengah terdapat beberapa pilihan fitur yang bisa Anda gunakan. Termasuk tombol mode berkendara yang pilihannya bisa Anda lihat pada kluster instrument. Ada pula rem parkir yang tak lagi menggunakan tuas, namun sudah elektrik. Jadi Anda hanya perlu menekan tombol parkir, maka lampu akan menyala menandakan mobil sudah berada dalam kondisi parkir.

Review Hyundai Ioniq Electric 2020: Setir

setir Hyundai Ioniq Electric 2020 berwarna hitam 
Setir Hyundai Ioniq Electric 2020

Setir flat-bottom berlapis kulit akan menemani Anda selama berkendara. Ioniq sudah dilengkapi dengan Fungsi Tilt & Telescoping serta Audio Remote Control pada setir yang akan memudahkan Anda selama berkendara. Anda juga harus terbiasa dengan paddle shift yang terdapat di belakang setir. Ioniq memang hanya memiliki transmisi single gear, jadi paddle shift berfungsi untuk mengaktifkan fungsi regenerative brake control.

Review Hyundai Ioniq Electric 2020: Kursi

Kursi pengemudi sendiri mendapatkan Leather Seat dengan Lumbar Support dan memudahkan Anda dalam mengatur posisi berkendara yang menyenangkan. Dan jangan takut ketika berkendara di malam yang dingin, karena dua kursi depan sudah dilengkapi penghangat dengan tiga tingkatan panas.

kursi Hyundai Ioniq Electric 2020 berwarna hitam 
Kursi Hyundai Ioniq 2020

Masuk ke bangku belakang, ruang kaki yang diberikan cukup baik. Namun desain yang menghadirkan kesan coupe membuat ruang kepala tak terlalu tinggi, terlebih ketika Anda memiliki tinggi lebih dari 170 sentimeter. Karena baterai yang terletak di belakang, Hyundai harus mengorbankan kenyamanan dengan kursi yang tak terlalu rebah serta lantai belakang yang tak rata.

Review Hyundai Ioniq Electric 2020: Bagasi

 bagasi Hyundai Ioniq Electric 2020 berwarna hitam
Bagasi Hyundai Ioniq Electric 2020

Hyundai belum mengeluarkan angka resmi dari kapasitas bagasi Hyundai Ioniq Electric 2020. Tapi yang pasti ruang penyimpanan di belakang bisa menyimpan tas dan barang keperluan sehari-hari. Dikarenakan baterai yang terletak di belakang membuat lantai bagasi mobil ini cukup tinggi, memangkas kapasitas bagasinya.

>>> Baca juga:

Fitur Hyundai Ioniq 2020

Ioniq yang dibawa ke Indonesia memiliki fitur yang sama dengan pasar negara tetangga. Menghadirkan berbagai fitur terbaru yang dikembangkan Hyundai, Ioniq bahkan memiliki fitur penghangat pada kursi. Ada 3 tingkatan yang diberikan, dimana tingkatan ketiga terasa cukup panas, terlebih ketika dipakai di Indonesia yang bermusim tropis.

 fitur layar sentuh Hyundai Ioniq 2020 berwarna hitam
Fitur layar sentuh Hyundai Ioniq 2020

Di dalam, ada kluster instrument 7.0 inci yang menampilkan mode berkendara, kecepatan, informasi konsumsi baterai, serta kapasitas baterai dan total jarak tempuh yang tersisa. Tentu saja tanpa tachometer, karena taka da putaran mesin yang harus ditampilkan. Tampilannya yang lebar mengingatkan kita pada kluster instrument yang terdapat pada Hyundai Grand Santa Fe.

Beranjak ke tangah ada display audio 7.0 inci yang sudah mendapatkan integrasi Andriod Autolink dan Apple CarPlay dan konektivitas Aux, USB, iPod, dan Bluetooth untuk menyangga kenyamanan Anda selama perjalanan. Di bawah pengoperasian AC yang menggunakan touchpad terdapat dua soket 12V untuk mengisi daya gawai Anda dan penumpang di depan.

Fitur yang diberikan juga tak kalah mentereng. Mulai dari Tire Pressure Monitoring System, Rear View Mirror dengan Electronic Chromic Mirror (ECM), serta Parking Distance Warning. Anda juga bisa mengaktifkan auto wiper untuk membantu ketika berkendara di musim hujan. 

mode berkendara Hyundai Ioniq 2020 berwarna hitam
Ada tiga mode berkendara dalam Hyundai Ioniq Electric 2020

Komponen paling penting bagi mobil listrik adalah kabel dan modul pengecasan untuk mengisi daya baterai Anda. Sebelum membeli mobil ini, pastikan daya di rumah Anda minimal 2.200 watt atau lebih baik lagi 3.500 watt. Sayangnya, setiap pembelian Ioniq belum dilengkapi modul fast charging. Jadi Anda harus merogoh kocek tambahan atau menamfaatkan modul yang sudah diberikan.

Review Hyundai Ioniq 2020: Fitur Keselamatan Aktif

Fitur keselamatan aktif yang dipajang juga cukup lengkap. Contohnya saja Electronic Stability Control, Blind Spot Monitoring Assist, dan sistem pengereman Autonomous Emergency Braking. Ioniq juga dilengkapi Smart Cruise Control yang akan membantu Anda selama berkendara di jalan bebas hambatan. Untuk keselamatan selama berkendara, terdapat 7 airbag yang tersebar, termasuk perlindungan untuk dada dan perut serta paha.

>>> Biar Mudah Dikenali, Kemenhub Usul Pelat Nomor Kendaraan Listrik Dibikin Beda

Operasi Hyundai Ioniq 2020

New Hyundai Ionic Electric dipasarkan menggunakan baterai lithium-ion polymer berkapasitas 38,3 kW, lebih besar dibandingkan Ioniq generasi sebelumnya yang mampu menghasilkan tenaga 136 PS dan torsi maksimal 295 Nm. Dibandingkan mobil listrik lainnya, motor dan baterai listrik terletak di depan, sehingga Anda bisa melihat baterai ketika membuka kap mesin.

mesin Hyundai Ioniq 2020 berwarna hitam dan putih 
Mesin Hyundai Ioniq 2020

Ketika baterai terisi penuh, Anda bisa menempuh 373 kilometer hanya dalam sekali pengecasan. Dan Ioniq merupakan mobil listrik asli, jadi Anda bisa merasakan tarikan yang tinggi meskipun baru menekan pedal gas. Karena itu, pengemudi diharapkan lebih berhati-hati dalam mengemudikan mobil listrik.

Menggunakan stasiun pengsisian super cepat berdaya 100 kW, baterai bisa terisi hingga 80% hanya dalam 54 menit. Sedangkan pengisian standar AC (240) bisa mengisi baterai dari kosong ke 80% dalam waktu 6 jam 5 menit. Menurut pihak Hyundai, rumah dengan kapasitas 3.500 kW merupakan pasokan ideal untuk mendapatkan pengisian baterai yang cukup.

>>> Sistem Keamanan Mobil Listrik: Amankah Mobil Listrik Ketika Menghadang Banjir?

Spesifikasi Hyundai Ioniq 2020

Jika secara global Ioniq diperkenalkan dengan tiga varian – Hybrid, Plug-in Hybrid, dan Electric – di Indonesia hanya ada varian listrik murni yang dipasarkan. Dimana spesifikasi Hyundai Ioniq Electric 2020 tak berbeda jauh dibandingkan varian lainnya.

Dimensi Hyundai Ioniq Electric 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

4.470 x 1.820 x 1.450 mm

Jarak Poros Roda

2.700 mm

Mesin Hyundai Ioniq Electric 2020

Tipe Motor

38,3 Lithium-ion

Tenaga Maksimal

136 PS

Torsi Maksimal

295 Nm

Jarak Tempuh

373 kilometer

Transmisi

Single Gear

Sistem Penggerak

FWD

Kaki-Kaki Hyundai Ioniq Electric 2020

Ukuran Ban

205/60 R16

Daftar Harga Hyundai Ioniq 2020

Harga yang ditawarkan Hyundai terhadap Ioniq menjadi daya tarik tersendiri. Dibandingkan mobil listrik lainnya yang dipasarkan dengan banderol lebih dari Rp1 miliar, harga Hyundai Ioniq Electric 2020 dimulai dari Rp569 jutaan (Off the Road). Harga yang cukup murah, menjadikannya mobil listrik penuh termurah di Indonesia.

Kesimpulan Hyundai Ioniq 2020

Butuh waktu 3 tahun bagi Hyundai membawa mobil listriknya ke Indonesia. Namun penantian Anda tak sia-sia. Karena Hyundai Ioniq Electric 2020 bisa dibilang mobil listrik termurah yang bisa Anda dapatkan saat ini di Indonesia. Mengingat konsumen di Jakarta juga sudah mendapatkan bebas pajak balik nama untuk mobil listrik serta tak dikenakan peraturan ganjil genap.

mobil baru Hyundai Ioniq berwarna putih di Indonesia 
Hyundai Ioniq 2020 menambah lini mobil listrik baru di Indonesia

Tampilan yang mengesankan dan fitur yang menawan membuat Grab Indonesia tertarik menggunakan Ioniq sebagai bagian dari armadanya di Indonesia. Meski tentu saja, masalah mobil listrik saat ini adalah stasiun pengisian yang tak bisa ditemukan di mana saja. Tapi dengan jangkauannya yang cukup jauh, memiliki Hyundai Ioniq Electric 2020 bisa dibilang sebagai sebuah kemewahan.

>>> Klik sini untuk lihat semua mobil dijual dengan harga terbaik di seluruh Indonesia

Padli Nurdin
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

POWER AUTO

Banten

MOCIL DIPO

DKI Jakarta

Palbapang Motor Yk

DIY Yogyakarta

Review lain

Review Mazda 2 GT 2020: Kompromi Positif Demi Raih Tahta Raja Hatchback Compact

31/01/2020

Editor rate:

Versi facelift dari Mazda 2 akhirnya masuk ke Indonesia di Indonesia. Apakah ubahan yang diberikan pada Mazda 2 GT 2020 mampu menambah daya tarik hatchback ini?

Lihat juga

Review Toyota GR Yaris 2020: The Road Legal WRC Cars!

27/01/2020

Editor rate:

Beginilah jadinya bila mobil spesifikasi WRC di 'road legal' kan. Toyota GR Yaris 2020 merupakan salah satu mobil yang paling ditunggu di tahun 2020 ini

Lihat juga

Review Suzuki New Baleno 2020: Tampil Makin Agresif!

26/12/2019

Editor rate:

Suzuki New Baleno 2020 resmi meluncur. Setelah ramai diperbincangkan dan beredar foto spyshootnya, inilah ulasan lengkap tentang Suzuki New Baleno 2020

Lihat juga

Review KIA All New Picanto GT Line AT 2019: Menggoda Dengan Fitur Berlimpah

24/12/2019

Editor rate:

KIA All New Picanto GT Line AT 2019 merupakan varian tertinggi dari Picanto. Dengan fitur yang berlimpah, ia berusaha menggoda penikmat mobil kelas city car

Lihat juga

Review Honda Jazz 2020: Ganti Generasi, Semakin Ramah Lingkungan

29/10/2019

Editor rate:

Honda Jazz terus mengembangkan teknologi mesin mobil yang efisien dan ramah lingkungan, tanpa mengurangi kepraktisan dan keasyikan berkendara khas Honda. Apakah bergantinya generasi hatchback legendaris ini akan mempertahankan rumus tersebut?

Lihat juga