Review BMW i3 2019: Baterai Tambah Besar Sempurnakan Daya Jelajah

23/03/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Bicara mobil listrik sepenuhnya, Indonesia memang masih menanti kesiapan. Walau demikian sejumlah pabrikan terlihat sudah memiliki produk yang cocok untuk mengisi kategori mobil ramah lingkungan tersebut, sebut saja BMW i3 yang versi 2019-nya telah meluncur di pasar global. Untuk mengenalnya lebih dekat, simak review BMW i3 2019 yang sudah diracik spesial untuk sobat.

PENGANTAR BMW i3 2019

Review BMW i3 2019: Gambar menujukkan mobil BMW i3 2019 berwarna Orange sedang berjalan di jalan Indonesia

BWM i3 2019 melanjutkan visi BMW dalam menghadirkan mobil canggih dan ramah lingkungan.

Review BMW i3 2019 - Sebelum masuk lebih dalam pada review BMW i3 2019, ada baiknya kita menengok latar belakang lahirnya mobil ini. BMW memiliki ambisi besar untuk menunjukkan kepada dunia bahwa mereka mampu menciptakan mobil futuristis. Bukan hanya canggih, namun mobil tersebut juga mengusung sumber tenaga yang ramah lingkungan. Karena itulah BMW i3 hadir untuk pertama kali pada tahun 2013. Berbeda dengan i8 yang notabene adalah mobil plug-in hybrid, i3 mengusung sumber tanaga yang sepenuhnya menggunakan daya elektris.

Konstruksi rangka BMW i3 2019 dan visual baterai serta mesin.

BMW i3 2019 meluncur dengan membawa baterai lebih besar.

Bahkan pada i3 2019, pabrikan asal Jerman ini menambah kapasitas baterai mobil ini demi daya jelajah makin jauh. Baterai dengan kapasitas 33-kwh yang tertanam pada versi sebelumnya kini digantikan dengan sumber tenaga lebih besar, yaitu baterai 42.2-kwh. Lebih lengkap mengenai pembaruannya, mari kita simak aspeknya satu per satu dalam review BMW i3 2019 yang telah disiapkan oleh tim redaksi CintaMobil.com.

EKSTERIOR BMW i3 2019

Aspek pertama yang akan kita bahas adalah eskterior BMW i3 2019. Di mana sebenarnya sangat sulit untuk mencari perbedaan dengan versi tahun sebelumnya, atau memang tidak ada?

Review BMW i3 2019: Desain Bagian Depan

review BMW i3 2019: gambar menunjukkan sebuah mobil BMW i3 2019 melaju malam hari.

Tidak ada lagi lampu kota bulat yang sebelumnya berada di bawah lampu utama.

Mesti diakui bahwa BMW i3 memiliki penampilan yang unik. Mobil ini pastinya menjadi pusat perhatian di jalan raya. Jika melihat eksterior BMW i3 2019 tampak depan maka kita akan disuguhkan lampu utama dengan desain cukup mungil. Teknologi yang tertanam di dalamnya meliputi automatic high beam dan adaptive LED headlight.

Lalu apabila bicara desain, depan kita akan disuguhkan visual yang seolah-olah bertingkat antara kap mesin dan bumper depan. Oiya, kami juga tak melihat adanya lampu kota berbentuk bulat yang pada versi sebelumya berada di bawah lampu utama.

Review BMW i3 2019: Desain Bagian Samping

Gambar mobil BMW i3 2019 berwarna coklat dilihat dari sisi samping

Tarikan garis kaca dibuat turun pada pintu penumpang.

Secara keseluruhan desain BMW i3 terlihat boxy yang mungkin mengingatkan sebagian orang pada kei car atau mobil mungil di Jepang. Di bagian samping eksterior BMW i3 2019 kita bisa melihat tarikan garis kaca menurun di pintu penumpang. Bukan tanpa alasan, kami menilai hal ini merupakan cara pabrikan memberikan kesan lapan untuk penumpang di bangku baris kedua dengan menyediakan visibilitas yang lega.

Satu hal yang menjadi catatan pada visual samping mobil ini ialah overhang mobil yang terlihat sangat minim. Mungkin pabrikan berniat untuk membuat eksteriornya seringkas mungkin, namun justru janggal di pandangan mata.

Review BMW i3 2019: Desain Bagian Belakang

Desain body belakang BMW i3 2019 berwarna coklat sedang beralan di jalan Indonesia

Nyaris tak ada perubahan di bagian belakan BMW i3 2019.

Nyaris tak ada perubahan di bagian belakang BMW i3 2019. Kecuali desain bumper yang dibuat sedikit lebih berotot. Selebihnya sobat masih bisa melihat lampu belakang LED dengan desain futuristis dan spoiler mungil di bagian atas body. Dari belakang juga nampak ban yang digunakan mobil ini terlihat kurus. Profil yang dipakainya menyesuaikan dengan konsep mobil ramah lingkungan yang berupaya mengejar efisiensi terbaik.

>>> Mungkin Anda juga tertarik membaca:

INTERIOR BMW i3 2019

Sekarang kita beranjak masuk ke interior BMW i3 2019. Jika membaca ulasan mengenai mobil ini dari media-media asing, tak sedikit yang menyebut bahwa penampilan interior yang tersuguh sangat mewakili gaya desain khas Jerman: sederhana, terlihat clean, namun tetap berkelas.

Review BMW i3 2019: Dashboard

Dashboar BMW i3 2019 berwarna putih terang

Layout dashboard BMW i3 terlihat simpel dan modern.

Pada dashboard-nya sobat bisa menemui material wood panel yang mengisi bagian yang menghadap kursi penumpang depan. Pada bagian tersebut terlihat desain bertingkat sehingga melahirkan dimensi menarik.

Kesan clean pada dashboard di interior BMW i3 2019 dikombinasikan secara apik dengan penggunaan headunit layar sentuh berukuran 10,2 inci. Hanya saja jika melihat sedikit ke bawah, pengaturan AC terlihat terlalu ramai diisi tombol yang membuatnya seperti tak sejalan dengan desain keseluruhan.

Review BMW i3 2019: Setir

Gambar menunjukkan desain bagian Setir mobil BMW i3 2019

Setir BMW i3 2019 menggunakan tipe rack-pinion.

Desain modern dan simpel pada dashboard juga bisa ditemui di bagian setir BMW i3 2019. Hanya saja kini ada pemanis berupa aksen garis cukup tebal yang mengelilingnya. Oiya, BMW seolah-olah ingin menegaskan bahwa mobil ini merupakan produk canggih ramah lingkungan dengan konsep mengacu pada kendaraan masa. Mereka memberikan lingkaran berwarna biru di sekeliling logo BMW yang ada di tengah. Pengaturan di setir meliputi cruise control, telephonee, dan ada juga audio steering. Sedangkan di belakang setirnya kita bisa menemui tuas transmisi.

Review BMW i3 2019: Bangku Penumpang

Gambar menunjukkan desain bagian Kabin dan bangku mobil BMW i3 2019.

Ruang kaki bangku baris kedua banyak menjadi keluhan.

Interior BMW i3 2019 menyuguhkan dua baris bangku penumpang. Jika melihat bentuknya, kami menebak tak ada masalah dengan jok depan BMW i3. Desainnya terlihat cukup baik untuk menopang tubuh pengendara. Namun jika menengok ke belakang, rasanya orang dewasa tak akan betah berlama-lama di sana, leg room-nya hanya 787 mm.

Review BMW i3 2019: Bagasi

Gambar menunjukkan desain bagian Bagasi mobil BMW i3 2019

Bangku tengah bisa dilipat rata dengan lantai bagasi.

BMW i3 memiliki bagasi yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk membawa barang-barang. Kapasitasnya dalam kondisi bangku depan berdiri sekitar 425 liter. Jika itu belum cukup, tinggal lipat bangku tengah untuk menambah kapasitasnya menjadi 1.135 liter.

>>> Mungin Anda juga tertarik membaca:

FITUR BMW i3 2019

Aspek selanjutnya yang akan kita lihat dalam review BMW i3 2019 ini adalah fitur-fiturnya. Dengan harga mobilnya yang terbilang mahal, maka sudah sepatutnya fitur BMW i3 2019 diisi teknologi-teknologi terkini. Lalu ada apa saja di dalamnya?

Review BMW i3 2019: Fitur Kenyamanan

Gambar menunjukkan Pintu BMW i3 2019 terbuka.

Akses penumpang ke kabin nyaman dengan desain pintu yang unik.

Namun sebelum kita membahas teknologi-teknologi yang melengkapi mobil ini, kami ingin menyoroti satu bagian yang sifatnya mendasar, yaitu pintu. Pintu BMW i3 2019 sangat unik dan berbeda dengan mobil kebanyakan. Desainnya sangat berorientasi pada kenyamanan penumpang.

Untuk pintu depannya bisa dibuka tutup dengan arah yang normal. Tapi untuk pintu belakang dibuka ke arah sebaliknya alias ke belakang. Jika pintu depan dan belakang sama-sama dibuka maka kabin mobil ini benar-benar bisa diakses dengan mudah. Desain ini otomatis menambah kenyamanan penumpang untuk keluar masuk mobil, bukan?

Review BMW i3 2019: Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan mobil BMW i3 2019 test drive safety course.

Fitur keselamatan BMW i3 2019 lengkap mengikuti standar tinggi BMW.

Berbicara mengenai keselamatan, pastinya fitur BMW i3 2019 sudah mengikuti standar tinggi yang diterapkan oleh BMW. BMW i3 memiliki begitu banyak air bag dengan berbagai posisi untuk melindungi penumpang. Terdapat air bag yang posisinya berada di frontal depan pengemudi dan penumpang. Kemudian di setiap sisi interior, baik untuk penumpang depan dan belakang. Selain itu kontrol traksi, kontrol stabilistas (ESC), dan side impact beam juga tersedia untuk memastikan pengendaraan yang aman.

Review BMW i3 2019: Fitur Hiburan

Gambar menunjukkan bagian Headunit mobil BMW i3 2019

Selain sebagai pusat hiburan, layar sentuhnya juga menjadi pusat kontrol BMW iDrive.

Pusat hiburan BMW i3 2019 memanfaatkan head unit layar sentuh 10,2 inci. Keberadaannya juga menjadi pusat kontrol dari sistem canggih BMW iDrive. Konektivitas yang tersedia pada fitur BMW i3 2019 adalah Apple Carplay. Sedangkan menu utama pada head unit tersebut meliputi multimedia, radio, navigasi, office, ConnectedDrive, dan informasi seputar kendaraan.

>>> Suka mobil-mobil BMW? Simak ulasan setiap mobil BMW yang baru keluar di sini!

OPERASI BMW i3 2019

Gambar menunjukkan Baterai dan mesin listrik BMW i3 2019

BMW i3 2019 menggunakan baterai baru yang lebih besar.

Untuk menunjang lajunya, mesin atau operasi BMW i3 2019 memanfaatkan paduan antara motor listrik 170 hp yang dayanya disuplai dari baterai berkapasitas 42,4 kwh. Baterai baru ini setidaknya bisa membawa BMW i3 2019 melaju sejauh 246 km. Bukan hanya satu, operasi BMW i3 2019 juga tersedia dalam pilihan mesin yang lebih bertenaga melalui varian i3s. Mesin yang dipakainya memiliki tenaga puncak hingga 184 hp, namun dengan menggunakan baterai yang sama.

Jika jarak tempuh ini masih menjadi masalah buat konsumen, tersedia paket Range Extender (Rex) yang bisa dibeli. Bentuknya adalah mesin dua silinder yang diambil dari mesin motor BMW. Namun nanti kerjanya bukan langsung untuk menggerakkan roda kendaraan, melainkan berperan sebagai generator untuk mengisi baterai mobil. Dengan menggunakan Range Extender tersebut jarak tempuh bisa bertambah hingga 145 km.

>>> Perbandingan Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik, Plug-in Hybrid, dan Hibrida​

spesifikasi BMW i3 2019

Tak lengkap rasanya jika review BMW i3 2019 ini tanpa disertai dengan spesifikasi teknisnya. Untuk itu simak tabel spesifikasi BMW i3 2019 yang sudah CintaMobil.com rangkum untuk Anda.

Mesin BMW i3 2019

Mesin

Full Electric

Bahan Bakar

Listrik

Tenaga Maksimum

170 hp

Torsi Maksimum

184 Nm

Kapasitas Baterai

42.2 kwh

Jarak Tempuh

241,4 km (claim)

Transmisi Tipe

Otomatis

Dimensi BMW i3 2019

Panjang Keseluruhan

4.020 mm

Lebar Keseluruhan

1.775 mm (with mirror)

Tinggi Keseluruhan

1.598  mm

Jarak Poros Roda

2.570 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

140 mm

Suspensi/Kaki-Kaki BMW i3 2019

Suspensi Depan

Strut Suspension

Suspensi Belakang

Multi-Link

Ukuran Ban

155/70R19 (front), 175/60R19 (rear)

kelebihan & kekurangan BMW i3 2019

Setelah membahas eksterior, interior, fitur, hingga mesin atau operasi BMW i3, kini kita akan melihat kelebihan dan kekurangan BMW i3 2019. Simak daftarnya di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan BMW i3 2019

Kelebihan

Kekurangan

Efisien karena sepenuhnya tenaga listrik

Ruang kabin kecil

Desain eksterior dan interior unik

Jarak tempuh terbilang rendah

Interior menggunakan material bagus

Akan sangat mahal jika dijual di Indonesia

daftar harga BMW i3 2019

Kepastian BMW i3 masuk Indonesia memang belum jelas, walau BWM telah memasarkan produk lainnya dari kategori produk yang sama. Harga BMW i3 2019 yang kami sajikan di sini sifatnya masih berupa konversi dari harga jualnya di Amerika Serikat.

Harga BMW i3 2019

($1 = Rp14.269)

BMW i3 2019 120 Ah

$44,450 / Rp634.257.050

BMW i3 2019 120 Ah s

$47,650 / Rp679.917.850

BMW i3 2019 120 Ah w/ Range Extender

$48,300 / Rp689.192.700

BMW i3 2019 120 Ah w/ Range Extender s

$48,395 / Rp690,548,255

>>> Lihat semua mobil BMW yang dijual di bursa mobil CintaMobil.com!

Video BMW i3 2019

Tonton kilasan video review BMW i3 2019 di bawah ini.

>>> Cari mobil hatchback yang cocok untuk di perkotaan? Temukan produk dengan harga terbaik di sini!

KESIMPULAN BMW i3 2019

Kesimpulan dari review BMW i3 2019 kali ini ialah adanya penambahan kapasitasi baterai otomatis membuat mobil listrik ini mampu menjelajah lebih jauh. Produknya sendiri cocok bagi mereka yang ingin menerapkan konsep ramah lingkungan dalam mobilitas sehari-hari. Kendati demikian publik Tanah Air yang menaruh minat pada BMW i3 masih harus bersabar menunggunya dijual secara resmi. Walaupun, mobil ini sudah beberapa kali muncul ke hadapan publik lewat pameran. Dimensi mobil yang ringkas rasanya sangat cocok untuk berkendara di kota-kota besar, seperti Jakarta. Hal yang bikin khawatir mungkin salah satunya adalah banjir dan tagihan listrik rumah yang siap-siap saja melonjak ketika memiliki BMW i3.

>>> Temukan mobil impian kamu dengan harga terbaik di CintaMobil.com!

Prastya
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil