Review DFSK Gelora E 2020: Mobil Listrik Serbaguna Pertama Di Kelasnya

14/03/2020

Share this post:

DFSK Gelora 2020

Editor rate:

Rp175.000.000

Lihat promo

Pabrikan asal Tiongkok tak henti-hentinya menggempur pasar mobil Indonesia, salah satunya DFSK yang jadi pionir di kelasnya, berikut adalah review DFSK Gelora E

Review DFSK Gelora E 2020: Mobil Listrik Serbaguna Pertama Di Kelasnya
Review DFSK Gelora E 2020: Mobil Listrik Serbaguna Pertama Di Kelasnya
0 Gambar

Pengantar DFSK Gelora 2020

Mari kita simak spesifikasi DFSK Gelora 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Kabin lebih lega dari rivalnya

Torsi 200 Nm pada varian elektrik tak ada lawan

Sistem elektrifikasi canggih

Kekurangan

Harga mahal

Jarak tempuh hanya 300 kilometer

Tidak ada fitur AC dual blower pada tipe minibus

Gambar menunjukkan launching DFSK Gelora E di GIICOMVEC 2020

 Launching DFSK Gelora E 2020

Review DFSK Gelora E 2020 - Kami yakin bukan hanya Anda yang kaget, namun hampir seluruh peserta, jurnalis maupun pengunjung ajang GIICOMVEC 2020 lalu tercengang dengan kehadiran mobil ini. DFSK Gelora E 2020 adalah mobil listrik serbaguna pertama yang hadir di kelasnya. Alih-alih hadir dengan varian diesel, DFSK Indonesia justru dengan percaya diri menghadirkan Gelora bertenaga elektrik. Langsung saja agar Anda tidak penasaran kami akan hadirkan review DFSK Gelora E 2020 ini.

Gambar menunjukkan logo baterai pada DFSK Gelora E 2020

 Logo baterai pada DFSK Gelora E 2020

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua
DFSK Gelora

DFSK Gelora

Rp 169.000.000

Eksterior DFSK Gelora 2020

Review DFSK Gelora E 2020: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan DFSK Gelora E 2020

Desain bagian depan DFSK Gelora E 2020

Tampilan eksterior depan pada DFSK Gelora E 2020 ini sendiri mengingatkan kami dengan tampang van legendaris di Eropa yakni Ford Transit. Hal itu terlihat dari bagian depan dengan lampu utama yang desain nya memanjang horizontal. Namun itu bukan berita buruk, karena desain seperti itu tergolong timeless untuk sebuah mobil niaga alias tak mudah termakan zaman.

Gambar menunjukkan headlamp DFSK Gelora E 2020

Headlamp dan grill depan DFSK Gelora E 2020

Uniknya, meski mobil ini bertenaga listrik namun nyaris semua lampu yang terpasang masih menggunakan bohlam berjenis halogen, bukan bohlam LED (Light Emitting Diode) yang hemat daya listrik, lebih terang, dan punya respon cepat. Grill maupun bumper depan mobil ini juga sudah dicat sewarna dengan bodi. O ya, karena belum dijual secara resmi, mobil ini sementara hanya punya satu pilihan warna yaitu putih.

Review DFSK Gelora E 2020: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping DFSK Gelora E 2020

Bagian samping DFSK Gelora E 2020

Lanjut ke tampilan eksterior samping mobil ini, aura boxy kian kental dengan desain atap yang tinggi. Tak heran, dimensi tinggi mobil ini adalah 2.000 mm alias 2 meter, jauh mengungguli lawan-lawan mobil ini asal Jepang maupun sesama Tiongkok. Mobil ini punya 2 tipe bodi, yakni blind van dan minibus seperti pada mobil tes kami kali ini. Kedua tipe mobil punya satu kesamaan yakni pintu geser di belakang.

Gambar menunjukkan pintu geser di DFSK Gelora E 2020

 Pintu geser pada DFSK Gelora E 2020

Satu yang agak kami sayangkan adalah bukaan pintu mobil ini yang tergolong berat. Disinyalir ini disebabkan oleh tebalnya pelat bodi yang digunakan oleh DFSK Indonesia terhadap mobil ini. Satu yang kami suka dari Gelora varian elektrik ini adalah penggunaan dop roda yang tidak tersedia pada DFSK Gelora bermesin bensin, meski itu hanya sentuhan ringan namun cukup berpengaruh positif pada tampilan mobil ini.

Review DFSK Gelora E 2020: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan DFSK Gelora E 2020

Bagian belakang DFSK Gelora E 2020

Nuansa desain mengkotak diteruskan hingga bagian belakang eksterior DFSK Gelora E 2020 ini, meski tampilan mobil jadi terlihat kaku, namun desain seperti ini akan berefek pada leganya interior DFSK Gelora ini. Terdapat high mount stop lamp pada tampilan belakang mobil ini yang menggunakan bohlam halogen biasa. Uniknya, ia juga dilengkapi dengan 2 buah sensor parkir dan sebuah kamera mundur. Fitur yang tidak akan ditemukan pada rival-rival sekelasnya.

Gambar menunjukkan stoplamp DFSK Gelora E 2020

Desain stoplamp DFSK Gelora E 2020

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior DFSK Gelora 2020

Review DFSK Gelora E 2020: Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor DFSK Gelora E 2020

Desain interior DFSK Gelora E 2020

Masuk ke interior Anda akan disambut dengan layout dasbor yang fungsional. Untuk varian elektrik ini sudah mendapatkan head unit dengan layar sentuh dengan satu fitur unik yakni built in calculator. Memang, semua material yang ada di dasbor ini keras, namun itu cukup baik untuk mengejar daya tahannya, sayang tak terdapat cup holder sama sekali pada dasbor ini.

Review DFSK Gelora E 2020: Setir

Gambar menunjukkan setir DFSK Gelora E 2020

Lingkar kemudi DFSK Gelora E 2020

Lingkar kemudi DFSK Gelora E ini menggunakan model 3 spoke, material campuran plastik dan polyurethane membuat permukaan setir ini tidak licin ketika digenggam oleh tangan. Meski enak digenggam dan lingkar diameternya pas, namun setir ini tidak dapat diatur posisinya, tapi itu tidak jadi masalah, mengingat di kelasnya juga tidak ada rivalnya yang mengadopsi fitur tilt steering apalagi telescopic.

Review DFSK Gelora E 2020: Konvigurasi Jok

Gambar menunjukkan kursi depan DFSK Gelora E 2020

Kursi DFSK Gelora E 2020

DFSK Gelora E yang kami review ini adalah tipe bodi minibus, tak heran ia punya 2 baris lagi jok di belakang. Duduk di kursi depan, Anda akan merasa cukup nyaman meski ketika digunakan untuk perjalanan jauh kenyamanannya agak kami ragukan. Bukan karena busa joknya tipis, tapi juga karena joknya kurang menyangga paha dengan baik. Pengaturan kursi depannya juga hanya tersedia sliding dan reclining saja.

Gambar menunjukkan kursi baris kedua DFSK Gelora E 2020

Kursi baris kedua mobil DFSK Gelora E 2020

Anda mungkin bertanya mengapa DFSK Gelora varian bensin untuk tipe minibus mendapatkan kursi lebih banyak yakni 11 kursi, sementara mobil ini notabene lebih mahal Rp300 jutaan hanya mendapat 7 kursi. Jawabannya adalah agar kenyamanannya tetap terjaga, sebab pada versi listrik ini tidak mendapatkan dual blower. Alasan DFSK jika ditambah AC dual blower adalah akan mengorbankan range (jarak tempuh) mobilnya.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur DFSK Gelora 2020

Review DFSK Gelora E 2020: In-Car Entertaiment System

Gambar menunjukkan head unit DFSK Gelora E 2020

Bagian head unit DFSK Gelora E 2020

Satu hal yang unik pada DFSK Gelora varian elektrik ini adalah ia tersedia head unit touchscreen terintegrasi dengan bentang layar 8 inch. Head unit ini dapat memutar berbagai source musik kekinian seperti bluetooth hingga membaca input AUX dan USB. Meski kualitas reproduksi suara yang dihasilkan sangat biasa karena besarnya kabin dan minimnya speaker di mobil ini, namun ia dilengkapi dengan satu fitur unik yakni kalkulator.

Review DFSK Gelora E 2020: Multi Information Display

Gambar menunjukkan Multi Information Display DFSK Gelora E 2020

Multi Information Display Gelora E 2020

Khusus untuk DFSK Gelora varian elektrik ini juga dilengkapi dengan Multi Information Display (MID) yang menyatu dengan cluster speedometer. MID ini berisi berbagai informasi seperti sisa jarak yang dapat ditempuh, kapasitas baterai, dan jam. Ini merupakan satu-satunya di kelasnya, tapi menurut kami seharusnya layar MID itu bisa dibuat lebih besar lagi ukurannya agar memudahkan pemantauan.

Review DFSK Gelora E 2020: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan ban dan pelek DFSK Gelora E 2020

Ban dan pelek Gelora E 2020

Di kelasnya, ia merupakan mobil niaga dengan fitur keselamatan terlengkap, karena ia merupakan satu-satunya di kelasnya yang menggunakan rem bersistem ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution). Semakin aman, karena DFSK Gelora E 2020 ini juga dilengkapi dengan sistem double anti collision yang dapat menyerap benturan sehingga mempertahankan kabin depan dalam keadaan utuh dan tidak terjadi deformasi sehingga pengemudi dan penumpang depan akan aman.

>>> Virus Corona Mewabah di Tiongkok, DFSK Berikan Bantuan Hingga Rp1 Miliar

Operasi DFSK Gelora 2020

Gambar menunjukkan inverter DFSK Gelora E 2020

 Inverter mobil Gelora E 2020

DFSK Gelora E 2020 ini menggunakan baterai berkapasitas 42 kWh dengan tipe baterai Lithium-ion. Digabungkan dengan dinamo berjenis Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) yang dapat berputar hingga 9.000 rpm. Output yang dihasilkan oleh motor listrik ini adalah 60 kWh atau sekitar 80,46 Hp dan torsi 200 Nm. Tenaga dan torsi tersebut tersalur ke roda belakang. 

Gambar menunjukkan selector electric DFSK Gelora E 2020

Selector electric mobil Gelora E 2020

Ada alasan khusus mengapa motor listrik berjenis PMSM banyak digunakan pada kendaraan listrik. Pertama motor listrik ini lebih efisien, kedua motor listrik ini dapat menghasilkan torsi yang besar serta stabil, yang ketiga motor listrik PMSM lebih minim power loss bila dibandingkan dengan motor listrik tipe induksi, karena rotornya cenderung lebih dingin. Tak heran DFSK mengandalkan motor listrik jenis ini.

Gambar menunjukkan motor listrik DFSK Gelora E 2020

Motor listrik mobil DFSK Gelora E 2020

>>> Beda Kelas SUV Wuling Almaz vs Glory 560, Siapa Paling Layak Dibeli?

Spesifikasi DFSK Gelora 2020

Berikut ini adalah spesifikasi DFSK Gelora E 2020:

Penggerak DFSK Gelora E 2020

 Jenis Dinamo Elekrik

 Permanent Magnet Synchronous Motor

 Jenis Baterai & Kapasitas Maksimum Baterai

 Ternary Lithium-ion Battery & 42 kWh

 Rated Power (kWh@rpm)

 30 kWh@3600 rpm

 Peak Power (kWh@rpm)

 60 kWh@9000 rpm

 Rated Torque

 200 Nm

 Charging Time

 Quick Charge: 20%-80% dalam 80 menit / 0-100% dalam 2,5 jam

 Standart Charge: 0-100% dalam 8 jam

 Tipe Transmisi

 Otomatis Single Gear dengan Penggerak Roda Belakang

Rangka DFSK Gelora E 2020

 Panjang X Lebar X Tinggi

 4,500 mm X 1.680 mm X 2,000 mm

 Jarak Sumbu Roda

 3,050 mm

 Radius Putar Minimum  10,5 Meter

 Jarak Terendah Ke Tanah

 200 mm

 Jumlah Tempat Duduk

 Minibus : 7-seats

 Blind Van : 2-seats

 Kapasitas Kargo (Khusus Tipe Blind Van)

 Panjang: 2,550 mm

 Lebar: 1,480 mm

 Tinggi: 1,280 mm

Suspensi/Kaki-Kaki DFSK Gelora E 2020

 Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Independet Suspension with Stablilizer

 Belakang: 5 Leaf Spring, Non-independet Suspension with Stabilizer

 Sistem Kemudi

 Electronic Power Steering, Rack And Pinion

 Rem Depan & Belakang

 Disc Brake & Drum Brake

 Teknologi Sistem Pengereman

 ABS & EBD

 Teknologi Safety Sasis

 Double Anti Collision Crumple Zone

 Struktur Sasis

 Ladder Frame, Commercial Segment

 Pelek

 Steel with Dop, 14 inch

 Jenis Ban

 Dunlop Maximiller, 185/80R14

Daftar Harga DFSK Gelora 2020

Mobil niaga andalan DFSK Indonesia ini belum dijual secara resmi, pada ajang GIICOMVEC 2020 lalu hanya perkenalan saja. Berikut ini adalah prediksi harga jual DFSK Gelora 2020 untuk semua variannya:

Tipe mobil

Prediksi Harga DFSK GELORA 2020

 DFSK GELORA BLIND VAN

 Rp175.000.000 - 179.000.000

 DFSK GELORA MINIBUS

 Rp185.000.000 - 189.000.000

 DFSK GELORA E BLIND VAN  Rp469.000.000 - 479.000.000

 DFSK GELORA E MINIBUS

 Rp489.000.000 - 499.000.000

>>> Dapatkan informasi terlengkap tentang mobil DFSK lainnya dengan klik sini

Kesimpulan DFSK Gelora 2020

Gambar menunjukkan kesimpulan review DFSK Gelora E 2020

DFSK Gelora E 2020: Mobil Listrik Serbaguna Pertama Di Kelasnya

Apa Anda rela membelanjakan uang nyaris Rp500 jutaan untuk sebuah van serbaguna? Itu semua kembali ke Anda, jika Anda adalah seorang pecinta lingkungan yang tidak ingin ‘mengotori’ bumi ini, maka mungkin Anda harus membeli DFSK Gelora E 2020 ini. Namun, saran kami sebaiknya Anda tunggu regulasi pemerintah akan mobil listrik sampai benar-benar fixed. Siapa tahu, di tahun 2021 atau 2022 harga mobil listrik sudah setara LCGC (Low Cost Green Car)?

>>> Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Toyota Granvia 2019: Van Mewah Menawan Harga Berteman

27/05/2019

Editor rate:

Setelah memperkenalkan Lexus LM yang super mewah beberapa waktu lalu, Toyota juga tak ketinggalan merilis van baru. Meskipun tidak semewah LM, namun Toyota Granvia 2019 akan jauh lebih murah untuk orang-orang yang menginginkan kemewahan selama perjalanan.

Lihat juga

Review Nissan NV250 2019: Desain Van Unik Beraneka Rasa nan Murah Meriah

28/05/2019

Editor rate:

Nissan NV250 2019 adalah van kompak baru dan serbaguna yang dipasarkan sebagai kendaraan niaga. Memiliki berbagai kustomisasi berkat pilihan powertrain, gaya tubuh dan opsi konversi, mobil ini akan dijual di seluruh Eropa mulai September 2019.

Lihat juga

Review KIA Travello 2006: Paket Lengkap Untuk Pebisnis Travel dan Sewa Mobil

19/03/2019

Editor rate:

Sesuai namanya, Travello memang dirancang oleh pabrikan KIA untuk menjadi kendaraan Travel. Ketimbang kakaknya yakni Pregio, KIA Travello terbilang lebih lega jika dilihat dari segi dimensi. Bahkan, kapasitas tampung kursinya terbilang besar di angka 12 orang, berbeda dengan Pregio yang hanya 8 orang saja. Ingin membeli mobil ini? Ada baiknya untuk menyimak review KIA Travello 2006 dari kami.

Lihat juga

Review Toyota Hiace 2019: Mobil Travel Juga Bisa Mewah

21/02/2019

Editor rate:

Kabar menggembirakan kini datang dari Filipina. Baru-baru ini, Toyota Motor Philippines (TMP) meluncurkan generasi keenam dari Toyota Hiace. Segala halnya dikemas baru mulai dari lini eksterior hingga kapabilitasnya sebagai mobil bisnis. Tentu sebagian dari Anda sudah tak asing mendengar namanya. Seperti apakah sosoknya? Mari kita saksikan bersama dalam review Toyota Hiace 2019.

Lihat juga

Review Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005

31/07/2018

Editor rate:

Apakah Anda mencari kendaraan yang dapat menjadi modal bisnis Travel? Kami punya rekomendasi terbaik untuk kebutuhan Anda seperti Toyota Hi-Ace Commuter yang akan dibahas kali ini. Bahkan kapasitasnya mampu menampung hingga 16 orang sekaligus. Apakah mobil ini layak untuk Anda miliki? Mari kita cari tahu bersama dalam review Toyota Hi-Ace Commuter Manual 2005.

Lihat juga