Review Tesla Model 3 2019

25/09/2019

Share this post:

Tesla Model 3 2019

Editor rate:

Lihat promo

Pada tahun 2017 kemarin, Tesla memperkenalkan Model 3 yang diklaim sebagai mobil sedan listrik termurah. Meski termurah di jajaran lini mobil Tesla, mobil ini juga diklaim menawarkan sensasi berkendara menarik berpadukan kemewahan dan kecanggihan mobil jaman kini. Review Tesla Model 3 2019 bisa dilihat di bawah ini.

Review Tesla Model 3 2019
Review Tesla Model 3 2019
0 Gambar

Pengantar Tesla Model 3 2019

Mari kita simak spesifikasi Tesla Model 3 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Desain eksterior yang futuristik

Performa Mobil Elektrik layaknya Sports Car

Kekurangan

Harga masih mahal di atas Rp1 miliar

Tesla Model 3 2018 yang dikabarkan akan mulai diperkenalkan pada akhir tahun 2018

Tesla Model 3 2019 yang digadang-gadang sebagai mobil elektrik berperfoma tinggi 

Review Tesla Model 3 2019 - Dalam industri otomotif global, nama Tesla mungkin bisa dibilang masih 'new kids on the block'. Meski berusia masih muda, namun sejak 2008 Tesla gencar menelurkan lini mobil electric berperforma tinggi. Hingga saat ini Tesla memiliki portofolio Tesla Model S, Tesla Model X, dan Tesla Roadster. Namun kini ada lagi Tesla Model 3, yang menjadi entry level dari keluarga Tesla saat ini.

Mengingat banyak sekali kasus kecelakaan akibat kelalaian pengemudi, misalnya karena mengantuk atau sebagainya, maka Tesla hadir menjawab semua masalah itu dengan menyematkan fitur berkendara otonom baik ketika sedang berjalan atau hanya sekedar parkir. Fitur berkendara otonom ini sangatlah canggih meskipun untuk saat ini fitur berkendara otonom kemungkinan belum bisa dijalankan di Indonesia mengingat medan jalanan Indonesia yang tidak semuanya memiliki kontur jalan yang mulus.

Foto Tesla Model 3 diluncurkan prestige motorcars

Peresmian Tesla Model 3 di Indonesia

Tesla Model 3 sendiri sudah bisa dipesan konsumen di Indonesia per tahun 2019 ini. Adalah Prestige Image Motorcars yang menjadi importir umum dari Tesla di Indonesia, yang siap menghadirkan Tesla Model 3 dengan spesifikasi yang tak hanya lengkap, tapi juga tersedia dalam tiga versi tenaga motor listrik yang bisa dipesan oleh konsumen. Untuk lebih jelas mengenal mobil listrik asal Amerika Serikat ini, silakan simak review Tesla Model 3 2019 di bawah ini.

Eksterior Tesla Model 3 2019

Review Tesla Model 3 2019: Eksterior Depan

Foto menunjukkan bagian depan Tesla Model 3 2019

Bagian depan Tesla Model 3 2019

Eksterior depan Tesla Model 3 2019 menghadirkan kesan aerodinamika karena absennya grille, dan Tesla hanya menyediakan detil air intake di bagian bawah yang ukurannya juga kecil agar tidak mengganggu aerodinamika mobil secara keseluruhan. Headlight sudah mengadopsi LED dibekali Auto-Dimming High Beams yang akan menyala secara otomatis ketika suasana di depan terlihat begitu gelap. 

Review Tesla Model 3 2019: Eksterior Samping

Foto eksterior samping Tesla Model 3 2019

Eksterior samping Tesla Model 3 2019 

Eksterior samping Tesla Model 3 2019 memiliki tarikan garis bodi yang begitu dinamis khas sedan fastback. Ia dibalut aksen chrome pada area lis kaca samping mobil, dengan kaca di bagian atap menggunakan tinted glass roof. Pada pilar B terdapat sebuah sensor yang berfungsi untuk tap "kartu" akses Tesla Model 3, serta ada kamera kecil yang bisa berguna terhadap keamanan mobil karena mampu merekam kegiatan yang mencurigakan. Karena ia dilahirkan sebagai mobil sedan listrik futuristik, pada bagian pelek menggunakan ring 18 inci Aero Wheels, serta pada area dekat lampu belakang terdapat port charger yang bisa dibuka lewat apps atau  di dalam mobil, serta melalui sentuhan pada panel penutup port charger tersebut.

Review Tesla Model 3 2019: Eksterior Belakang

Foto eksterior belakang Tesla Model 3 2019

Eksterior belakang Tesla Model 3 2019

Eksterior belakang Tesla Model 3 2019 memiliki rear combination stop lamp berdesain futuristik yang  mengusung teknologi LED. Hiasan berupa reflektor pada bagian bemper belakang akan menaikkan aura sporty dan lekuk pintu bagasi khas ducktail bisa meningkatkan aerodinamika dan stabilitas pada mobil ini. 

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Tesla Model 3 2019

Review Tesla Model 3 2019: Dashboard dan Setir

Foto dashboard dan setir Tesla Model 3 2019

Bagian dashboard dan setir Tesla Model 3 2019

Kalau diperhatikan lebih seksama, dashboard Tesla Model 3 2019 mengusung kesan rapi dan minimalis. Hanya ada sentuhan aksen kayu dan detil panel berkelir silver yang dibuat horizontal mengikuti alur dashboard. Menariknya semua informasi seputar mobil, termasuk kontrol AC, sistem audio, dan fitur penunjang lainnya disajikan di sistem infotainment yang tersaji di layar sentuh LCD berukuran 15 inci yang diletakkan di bagian tengah dashboard. Dan Anda tidak akan menemukan adanya kisi-kisi ac terpisah, karena pada dashboard ini semua tersaji pada satu garis lubang horizontal yang memanjang dari ujung dashboard pengemudi dan penumpang.

Kokpit Tesla Model 3 2019 mengadopsi setir berbahan kulit dengan dua tombol multifungsi yang bisa digunakan untuk mengatur beragam program di sistem infotainment. Menariknya untuk pengaturan setir baik itu maju-mundur atau naik-turun dilakukan di secara elektris dan bisa di simpan dalam database profil pengemudi. Dan untuk informasi seputar kecepatan mobil dan hal teknis akan tersaji dalam instrument cluster berbentuk digital. 

Review Tesla Model 3 2019: Kursi

foto bagian kursi Tesla Model 3 2019

Kursi baris pertama Tesla Model 3 2019

Jok pada Tesla Model 3 2019 mengusung format 5 orang penumpang. Jok pada mobil listrik ini menggunakan material kulit, dengan pengaturan elektrik yang disimpan dalam database profil pengemudi, serta memiliki fitur penghangat jok. Menariknya pada jok belakang menggunakan kontur serupa dengan jok depan, tapi pada area tengah tersedia armrest terlipat.

Review Tesla Model 3 2019: Bagasi

bagian bagasi Tesla Model 3 2018 berkapasitas 424 liter

Bagasi Tesla Model 3 2019 yang cukup luas untuk seukuran mobil sedan 

Bagasi Tesla Model 3 memiliki kapasitas total sebesar 424 liter yang cukup luas untuk seukuran mobil sedan, dan diposisikan pada area bonnet depan dan area bagasi belakang. Jika butuh ruang bagasi lebih luas, cukup lipat kursi baris kedua yang memiliki konfigurasi 60:40.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Tesla Model 3 2019

Review Tesla Model 3 2019: Fitur Keselamatan

fitur keselamatan Tesla Model 3 2018 terlihat dari konstruksi bodi yang kokoh

Kerangka bodi Tesla Model 3 2019 yang menjadi fitur keselamatan pasif 

Fitur keselamatan yang tersedia di Tesla Model 3 2019 banyak ditunjang oleh aspek konstruksi bodi, serta penyematan fitur keselamatan aktif dan pasif. Dari segi aspek konstruksi bodi, Tesla Model 3 2019 menggunakan material aluminum dan baja yang dilengkapi dan impact protection rails and center pillar reinforcements yang menjaga Tesla Model 3 2019 tetap aman dalam mereduksi energi tubrukan.

Untuk sistem keselamatan aktif pada Tesla Model 3 2019 sepenuhnya dikendalikan melalui Electronic stability & traction control, Four-wheel antilock disc brakes dengan electronic parking brake, serta terdapat 8 kamera, radar depan, serta 12 ultrasonic sensor yang menunjang Active Safety Technology milik tesla, dimana beberapa fitur di antaranya adalah collision avoidance dan automatic emergency braking.

Review Tesla Model 3 2019: Fitur Penunjang Berkendara

fitur enhanced autopilot Tesla Model 3 2018 yang mampu membuat mobil dapat berkendara secara otonom

Fitur Enhanced Autopilot Tesla Model 3 2019

Fitur penunjang berkendara pada Tesla Model 3 2019 terfokus pada sistem Enhanced Autopilot yang membuat mobil listrik ini mampu berkendara dengan secara otonom, dan Prestige Image Motorcars selaku Importir Tesla di Indonesia sudah memastikan bahwa fitur ini layak digunakan di jalanan Indonesia.

Seperti apakah sistem Enhanced Autopilot yang dimiliki Tesla Model 3 2019? Secara sederhana, sistem ini menggabungkan beberapa fitur seperti Autosteer, Lane Change, Side Collision Warning, Automatic Parking, dan Emergency Braking. Fitur ini memungkinkan pemilik Tesla Model 3 2019 bisa melakukan kegiatan parkir dan berkendara di jalanan secara otonom, sekalipun tetap disarankan untuk awas terhadap kondisi jalan sekitar, sehingga Anda bisa segera mengambil alih kontrol mobil dalam kondisi yang menurut Anda tidak kondusif dan bahaya.

>>> Review mobil-mobil lainnya oleh Cintamobil.com bisa Anda lihat di sini

Operasi Tesla Model 3 2019

baterai Tesla Model 3 2018 berkapasitas 400 kWh

Baterai Tesla Model 3 2019 yang siap dibawa melaju hingga 345 km

Tesla Model 3 2019 memiliki tiga versi performa, yang menandakan kapasitas baterai dan motor elektrik yang digunakan.

Untuk versi "Standard Range Plus", menggunakan motor elektrik tunggal di as roda belakang dengan kemampuan jelajah 409 km, serta memiliki output 283 HP yang memungkinkan mobil ini berlari dari 0-100 km/jam dalam waktu 5.3 detik dan top speed 225 km/jam. Sedangkan versi "Long Range", menggunakan motor elektrik ganda di as roda depan dan belakang, dengan kemampuan output tenaga 412 HP dan daya jelajah sejauh 560 km, serta bisa berlari 0-100 km/jam dalam waktu 4.6 detik dan top speed 233 km/jam. 

Sedangkan untuk versi paling kencang, yakni Tesla Model 3 Performance, memiliki format serupa versi Long Range dengan tambahan performa menjadi 472 HP dengan kemampuan berjalan sejauh 531 km, serta bisa dipakai berlari dari 0-100 km/jam dalam waktu 3.4 detik beserta top speed 261 km/jam.

Terkait pengisian daya baterai, pada saat pembelian mobil baru ini sudah termasuk dengan instalasi pemasangan charger rumah untuk mobil Tesla. Terkait waktu pengisian daya tergantung arus daya listrik di tempat tinggal, apakah masih AC atau sudah bisa aliran DC. Berdasarkan klaim Prestige, untuk pengisian daya menggunakan Home Charging Tesla bisa dilakukan dalam jangka waktu 4 jam dari 0 sampai 100%, dengan estimasi biaya yang dikeluarkan per sekali charging penuh sekitar Rp70 ribu.

>> Tersedia berbagai macam merk dan tipe mobil yang disediakan oleh Cintamobil.com

Spesifikasi Tesla Model 3 2019

Spesifikasi Tesla Model 3 2019 bisa dilihat di tabel berikut.

Spesifikasi Tesla Model 3 2019

Baterai

400 kWh

Motor Elektrik

Rear Wheel Drive atau Dual Motor All Drive

Panjang

4.694 mm

Lebar

1.885 mm

Tinggi

1.435 mm

Jarak Sumbu Roda

2.870 mm

Jarak Pijak Depan/Belakang

1.579 mm

Ground Clearance

140 mm

Berat Kosong

1.847 kg

Suspensi Depan

Double wishbone, virtual steer axis with coil over twin-tube shock absorbers and stabilizer bar

Suspensi Belakang

Independent multi-link with twin-tube shock absorbers and stabilizer bar

Daftar Harga Tesla Model 3 2019

Harga Tesla Model 3 2019 di Indonesia bisa disimak di tabel berikut ini.

Tipe

Harga Off-The-Road

Harga Tesla Model 3 Standard Range Plus

Rp1.500.000.000
Harga Tesla Model 3 Long Range Rp2.500.000.000
Harga Tesla Model 3 Performance Rp2.700.000.000

*Catatan: Setiap pembelian mobil Tesla Model 3 di Prestige Image Motorcars sudah termasuk 2 tahun warranty (spare part & service), 8 tahun warranty (battery), dan free towing untuk Jakarta. Untuk warna mobil yang tersedia adalah Pearl White Multi Coat, Solid Black, Midnight Silver Metallic, Deep Blue Metallic, Red Multi Coat.

>>> Simaklah promosi mobil lainnya dengan klik sini

Kesimpulan Tesla Model 3 2019

Untuk sebuah mobil listrik, Tesla Model 3 menjanjikan kecanggihan teknologi berkendara dan performa mobil elektrik yang cukup membuat para pengemudi sejati tersenyum puas. Meskipun di satu sisi harus diakui, kalau bicara soal sensasi berkendara mobil bermesin listrik lebih terasa 'instan', cukup tekan pedal gas dalam dan mobil pun langsung melesat bagai kilat. 

Tapi pertanyaannya, apakah mobil ini layak digunakan di Indonesia? Jika Anda cenderung menggunakan mobil untuk mobilitas dalam kota, rasanya Tesla Model 3 sudah sangat cukup untuk menggambarkan status Anda sebagai penikmat mobil ramah lingkungan. Apalagi baru di Jakarta saja tersedia tempat  pengisian baterai mobil listrik, dan di kota-kota lain belum tersedia dengan banyak. Mungkin jika pemerintah semakin serius menjalankan trend mobil listrik, serta memberikan insentif pengurangan pajak kendaraan listrik, bisa jadi di masa depan mobil ini akan jadi raja jalanan yang cinta lingkungan.

>>> Jangan lupa klik sini untuk cepat dapat mobil impian Anda

Hafizh Fauzan
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Prestige Motor

DKI Jakarta

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

Review lain

Review Tesla Model Y 2019: Penantang Baru SUV Kompak Bertenaga Listrik

24/03/2019

Editor rate:

CEO Tesla, Elon Musk membuat drama baru setelah meluncurkan kendaraan terbaru, Tesla Model Y 2019 yang telah lama ditunggu-tunggu. SUV kompak yang meminjam beberapa sentuhan Model 3 yang lebih dahulu populer diprediksi mampu menyaingi penjualan mobil listrik Tesla lainnya.

Lihat juga

Review Porsche Taycan Turbo S 2019: Sedan Elektrik Rasa Sportscar Berdarah Jerman Siap Kalahkan Tesla

11/09/2019

Editor rate:

Setelah melalui serangkaian riset dari Porsche Mission E sejak tahun 2015, akhirnya sosok mobil listrik Porsche pun tiba. Ya, Porsche Taycan resmi hadir menjawab tantangan elektrifikasi di dunia otomotif dengan menjadi pionir dalam beberapa aspek teknis, pun secara bersamaan mampu mengimplementasikan karakter sportscar ke dalam sedan berwajah futuristik ini. Seperti apa sosok Porsche Taycan Turbo S 2019?

Lihat juga

Review Toyota Corolla Altis Hybrid 2019: Mid-Size Sedan Toyota Semakin Tampil Ramah Lingkungan & Asyik Dikemudikan

13/09/2019

Editor rate:

Generasi keempat Toyota Corolla Altis kini siap hadir ke Indonesia membawa dua inovasi besar-besaran. Inovasi ini ialah teknologi mesin hybrid dan arsitektur Toyota New Generation Architecture (TNGA). Apakah dua inovasi ini siap membawa sedan medium Jepang ini menjadi salah satu penantang penting di pasar mobil baru di Indonesia?

Lihat juga

Review Maserati Ghibli 2019: Metamorfosa Sempurna Grand Tourer Bertubuh Sedan Dari Tanah Italia

28/08/2019

Editor rate:

Terlahir dari Grand Tourer berformat Coupe, Maserati Ghibli kini menjelma menjadi mid-size luxury sedan yang menjanjikan pengalaman berkendara memikat. Seperti apa rasanya saat Cintamobil.com saat Test Drive Maserati Ghibli 2019? Simak penjelasannya berikut ini.

Lihat juga

Review BMW 530i M Sport 2019: Sentuhan Karakter Sporty Kuatkan Citra BMW 5 Series

1,249,000,000

04/08/2019

Editor rate:

Minat besar konsumen Indonesia terhadap mid-size luxury sedan yang memiliki paras agresif dan sporty kini siap dipenuhi oleh tipe terkini dari BMW 5 Series, BMW 530i M Sport 2019. Apakah ia siap menggoda kaum eksekutif sukses di Indonesia?

Lihat juga
back to top