Tips Beli Mobil Listrik, Pilih Baru atau Bekas?

10/10/2019

Jual beli

5 menit

Tips Beli Mobil Listrik, Pilih Baru atau Bekas?
Ketika Anda memiliki hasrat untuk beli mobil listrik, maka pilihannya adalah beli mobil baru atau bekas. Simak beberapa keuntungan dan kerugiannya berikut ini.

Tren mobil listrik, baik hybrid maupun full electric kini sudah mulai bergaung di Indonesia. Sebagian besar produsen mobil pun telah menyediakan opsi varian yang menggunakan mesin motor listrik.

Nah jika ada keinginan meminang sebuah mobil listrik, perlu memperhatikan beberapa tips beli mobil listrik berikut ini. Perlukah membeli mobil listrik baru, atau cukup yang bekas saja?

1. Beli Mobil Listrik Baru

mobil listrik Tesla

Mobil baru banyak kelebihannya

>>> Tips Membeli Mobil Baru

Ketika memutuskan untuk membeli mobil listrik dalam kondisi baru, tentu harga yang ditawarkan oleh pihak diler terbilang tinggi. Mungkin bisa beda Rp20 juta hingga Rp50 juta dibanding varian tertinggi yang menggunakan mesin konvensional untuk model yang sama.

Tetapi tentunya, sama ketika Anda memutuskan beli mobil baru, ada banyak keuntungan yang bisa didapat. Yaitu mobil cenderung masih dalam keadaan sempurna. Semua komponen di dalamnya belum ada yang menunjukkan gejala kerusakan. Sehingga kemungkinan ada komponen yang perlu diperbaiki sangat kecil.

Selain itu, membeli mobil listrik produksi saat ini juga memiliki beberapa keuntungan dibanding beli mobil listrik bekas. Antara lain kinerja dan daya tahan baterai listrik telah disempurnakan oleh produsen mobil tersbeut. Sehingga lebih baik dibandingkan tipe sebelumnya. Contohnya adalah kemampuan jelajah baterai tersebut yang bisa lebih jauh dibanding baterai pada mobil model sebelumnya.

>>> Promo mobil baru lainnya ada disini

Kemudian mobil listrik terbaru umumnya memiliki fitur pengisian daya yang lebih cepat dibanding mobil listrik lawas. Antara lain kemampuan pengisian baterai hingga 80 persen cukup dengan waktu kurang dari sejam.

Namun kerugiannya, beli mobil listrik baru maka Anda harus-siap-siap mengalami depresiasi harga yang tinggi. Kondisi ini akan terjadi manakala Anda akan menjual kembali mobil tersebut.

2. Beli Mobil Listrik Bekas

mobil listrik Toyota Prius

Mobil bekas cenderung lebih murah

Membeli mobil dalam kondisi bekas pakai tentu mempunyai kelebihan, yaitu bisa lebih hemat. Termasuk juga saat beli mobil listrik bekas. Terlebih lagi, harga jual kembali mobil listrik yang cenderung anjlok, maka Anda bisa mendapatkan mobil bermesin motor listrik dengan harga lebih terjangkau.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Sayangnya, saat ini, apalagi di Indonesia, masih sangat jarang orang atau diler mobil bekas yang menjual mobil listrik. Sehingga Anda harus mencari ekstra keras guna mendapatkannya. Kalau pun ada, mungkin model serta unitnya sangat terbatas, sehingga tidak bisa membandingkan kondisi satu dengan lainnya.

Selain itu, teknologi pada baterai listrik di mobil listrik bekas juga tidak akan sebaik mobil produksi saat ini. Misalnya saja jarak tempuh baterai yang cenderung lebih singkat. kemudian bisa jadi, mobil tersrbut belum dilengkapi fasilitas fast charging.

Terakhir, beli mobil listrik bekas maka Anda paham akan risikonya. Yaitu keungkinan ada komponen yang sudah harus diganti akibat usia pakai, atau mungkin kecerobohan si pemakai terdahulu. Sehingga Anda wajib siapkan dana ekstra saat akan beli mobil listrik bekas. Apalagi biaya perbaikan mobil listrik tidaklah semurah mobil mesin konvensional.

>>> Tips menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top