Komparasi Suzuki XL7 vs Toyota Rush vs Mitsubishi Xpander Cross, Pertarungan Panas Mencari LSUV Terbaik

18/02/2020
Inilah pertarungan terpanas tahun ini, kami mencari LSUV terbaik di Indonesia, mana yang lebih layak untuk dipilih? Apakah XL7, Rush atau Xpander Cross?

Gambar menunjukkan komparasi Suzuki XL7 vs Toyota Rush vs Xpander Cross

Mampukah Suzuki XL7 menjadi LSUV terbaik di komparasi kali ini?

Persaingan di kelas LSUV (Low Sport Utility Vehicle) kini semakin panas dengan kehadiran Suzuki XL7. Jagoan baru PT Suzuki Indomobil Sales ini, masuk ke pasar otomotif yang gemuk dengan bermodalkan tampilan fresh dan harga kompetitif. Namun, perjuangan Suzuki XL7 untuk menjadi LSUV terbaik tidak akan mudah, sebab rival-rivalnya yang terlebih dahulu eksis siap menghadang. Mampukah Suzuki XL7 menaklukkan dominasi Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander Cross? Mari simak komparasinya untuk mencari LSUV terbaik di Indonesia.

1. HARGA

Parameter pertama dalam komparasi LSUV terbaik ini adalah harga jualnya. Di sektor ini Suzuki XL7 2020 dengan mudah menjadi yang terbaik di komparasi mencari LSUV terbaik ini, sebab ia dijual paling murah di antara para pesaing lainnya. Suzuki XL7 tipe Zeta dengan transmisi manual dijual dengan harga Rp230 juta. Sementara pesaing lainnya semisal Toyota Rush, paling murah dibanderol Rp244,5 juta, dan Xpander Cross tipe termurahnya dilego Rp267,7 juta.

Tipe

Harga Suzuki XL7 (OTR)

Suzuki XL7 Zeta 2020 MT

Rp230.000.000

Suzuki XL7 Zeta 2020 AT

Rp240.500.000

Suzuki XL7 Beta 2020 MT

Rp246.500.000

Suzuki XL7 Beta 2020 AT Rp257.000.000
Suzuki XL7 Alpha 2020 MT Rp256.500.000
Suzuki XL7 Alpha 2020 AT Rp267.000.000

>>> Review Suzuki XL7 2020: Bukan Sekadar Ertiga Ganti Muka

Bukan hanya menjadi yang termurah, Suzuki XL7 2020 juga unggul dalam jumlah varian, jagoan Pulo Gadung ini memiliki 3 tipe besar dan total ada 6 tipe yang dapat dipilih dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan. Ketiga tipe tersebut yakni Zeta, Beta, dan Alpha. Sementara rivalnya dari Sunter (Toyota) hanya punya 2 tipe yakni G dan TRD Sportivo, begitu juga Xpander Cross yang hanya punya 2 tipe yakni Premium Package dan 'biasa'.

Tipe Mobil

Harga All New Toyota Rush 2019

(OTR)

Harga All New Toyota Rush G 2020 M/T

IDR. 244.250.000

Harga All New Toyota Rush G 2020 A/T

IDR. 254.250.000

Harga All New Toyota Rush TRD SPORTIVO 2020 M/T

IDR. 255.650.000

Harga All New Toyota Rush TRD SPORTIVO 2020 A/T

IDR. 265.650.000

>>> Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018, Spesifikasi dan Harga

Banyaknya pilihan tipe di masing-masing varian ini cukup mempengaruhi keleluasaan dalam memilih. Jadi Anda hanya tinggal menyesuaikan budget yang dimiliki untuk meminang salah satu model mobil ini. Suzuki XL7 2020 unggul mutlak pada parameter ini, selain karena ia memiliki lebih banyak tipe, harga yang ditawarkan juga paling terjangkau dibandingkan rival lainnya, lantas apakah itu sudah cukup memenangkan persaingan dalam komparasi LSUV terbaik ini? Tentu saja perang belum berakhir...

Tipe mobil

Harga Mitsubishi Xpander Cross (OTR)

Mitsubishi Xpander Cross M/T

Rp267.700.000

Mitsubishi Xpander Cross A/T

Rp277.700.000 

Mitsubishi Xpander Cross Premium Package A/T

Rp286.700.000

>>> Review Mitsubishi Xpander Cross 2019: Penantang Baru Di Kelas LSUV

2. DESAIN

  • Tampilan Depan

Gambar menunjukka tampilan depan Suzuki XL7 2020

Tampilan depan Suzuki XL7 begitu kekar dengan grill yang terinspirasi dari Suzuki Katana

Dari depan, kesan gagah sudah sangat terlihat di Suzuki XL7. Hal ini berkat penerapan desain grill, lekuk pada kap mesin, desain headlamp hingga bumper yang berotot. Suzuki Indonesia menyebut desain ini sebagai muscular design. Kesan tebal dan gagah begitu terlihat. Lampu depan serta DRL (Daytime Running Light) nya juga sudah menganut bohlam berjenis LED (Light Emitting Diode) dan lampu kabut (foglamp) masih menganut bohlam halogen biasa.

Gambar menunjukkan tampilan depan Toyota Rush TRD Sportivo 2020

Masih terasa nafas 'keen look' pada tampilan depan Toyota Rush ini

Sementara pada tampilan depan Toyota Rush penuh dengan lekuk-lekuk tajam membuatnya punya kesan agresif. Khusus di tipe TRD Sportivo seperti di foto ini, desain bumper depannya mendapatkan lebih banyak aksen mengkurva dan terdapat underguard dengan embos TRD sehingga menimbulkan kesan gagah. Headlamp sendiri sama seperti para rivalnya sudah menganut LED begitu juga dengan DRL-nya, foglampnya sama seperti XL7 masih menggunakan bohlam halogen. 

Gambar menunjukkan tampilan depan Mitsubishi Xpander Cross 2020

Desain dynamic shield khas Mitsubishi tetap dipertahankan pada Xpander Cross

Pada Mitsubishi Xpander Cross juga tidak mau tertinggal dari kedua rivalnya sesama Jepang dalam komparasi LSUV terbaik ini. Xpander Cross tetap mempertahankan ciri desain dynamic shield khas Mitsubishi yang out of the box. Under guard di bumper depan bagian bawah membuatnya terlihat tangguh. Belum lagi desain grill yang lebih maskulin dari saudaranya Xpander. Untuk headlamp dan foglamp di Xpander Cross ini sudah menganut LED sehingga pancaran cahayanya terang dan juga hemat daya.

>>> Sama-Sama Punya Dashcam, Pilih DFSK Glory 580 atau Suzuki XL7 Alpha?

  • Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Suzuki XL7 2020

Overfender besar, roof rail dan diameter pelek besar memperkuat aura SUV di XL7

Lanjut ke bagian samping, overfender besar yang mengelilingi pelek two tone lansiran Enkei dengan diameter ukuran 16 inch di Suzuki XL7 memperkuat aura SUV di mobil ini. Belum lagi corak kisi pada kap mesin yang terinspirasi dari SUV Suzuki lawas yakni Escudo dan Grand Vitara seakan mempertegas kesan gagah di XL7. Roof rail juga membuat tampilan samping XL7 ini kian kokoh.

Gambar menunjukkan tampilan samping Toyota Rush TRD Sportivo 2020

Lekuk-lekuk tajam di bagian samping Toyota Rush TRD Sportivo menjadikan rival kuat LSUV Terbaik

Di Toyota Rush tipe TRD Sportivo pelek machining two tone polished yang digunakan lebih besar dari XL7, yakni 17 inch. Meski sama-sama menggunakan overfender dan roof rail, namun desain overfender serta roof rail di LSUV andalan Toyota ini tampak lebih menyatu dengan body Rush. Side body guard juga diaplikasikan untuk melindungi bodi samping dari benturan.

Gambar menunjukkan tampilan samping Mitsubishi Xpander Cross 2020

Aura SUV juga terpancar dari penerapan wheel arch molding di Xpander Cross

Jagoan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI)  yang merupakan mobil termahal dalam komparasi LSUV terbaik kali ini juga dilengkapi dengan overfender dan pelek alloy 17 inch seperti Toyota Rush. Hanya saja, untuk desain side guard bodynya lebih mencerminkan kesan kokoh dan SUV dibandingkan kedua pesaing lainnya. Salah satu detail menarik juga tersaji di bagian samping Xpander Cross ini, yaitu gagang pintu berlapis krom dan roof rail dengan kelir silver. 

  • Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Suzuki XL7 2020

Spoiler dari Suzuki Sport mencerminkan kesan sporty pada Suzuki XL7 ini

Bagian Buritan Suzuki XL7 2020 ini juga tampak kekar, desain bumper belakang yang lebih sporty dan dilengkapi dengan mata kucing agar visibilitas lebih baik saat malam hari. Selain itu, meski desain lampu belakang serupa dengan saudara MPV-nya, Suzuki Ertiga, namun telah mengadopsi bohlam jenis LED, jadi selain dapat menyala lebih terang juga punya respon cepat serta hemat daya listrik. Cladding di bagian bawah bumper belakang juga makin memperkokoh tampilannya.

Gambar menunjukkan tampilan belakang Toyota Rush TRD Sportivo 2020

Lampu belakang memanjang terlihat harmonis dengan lekuk-lekuk agersif di bodi Toyota Rush

Bodi belakang Rush terlihat cukup gahar dan maskulin dengan beberapa lekukan dan tonjolan maskulin khas Toyota. Nuansa sporty, juga tidak lupa dihadirkan pada sisi belakangnya dengan kehadiran Rear Spoiler. Selain fungsinya yang mempermanis bodi belakangnya, Rear Spoiler ini juga dikemas dengan lampu stop yang berguna untuk memberikan notifikasi kepada pengendara doi belakang ketika Anda melakukan pengereman. 

Gambar menunjukkan tampilan belakang Mitsubishi Xpander Cross 2020

Tampilan belakang Xpander Cross tetap terasa gagah dan keren berkat penggunaan cladding khas SUV

Bumper belakang Mitsubishi Xpander Cross ini makin terlihat gagah dengan penggunaan desain yang kekar khas crossover sejati. Sama seperti bumper bagian depannya, bumper belakang ini juga dilengkapi dengan ornamen warna silver yang mempertegas aura macho dari mobil ini. Desain memang masalah selera, dan itu kembali lagi kepada minat Anda, lebih cocok desain XL7 yang fresh, desain Rush yang maskulin, atau Xpander Cross yang macho.

>>> Suzuki Indonesia Bangkitkan Kembali Nama XL7, Dengan Meluncurkan Suzuki XL7 2020

3. INTERIOR, FITUR & AKOMODASI

  • Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor Suzuki XL7 2020

Kabin sporty ditunjang setir flat-bottomed dan aksen serat carbon yang menjadikannya salah satu pilihan LSUV terbaik

Layout dashboard bawaan Suzuki Ertiga tetap dipertahankan karena sudah punya kepraktisan kabin yang baik dan juga berdesain menarik. Bedanya, untuk Suzuki XL7 dasbor dilabur warna hitam agar makin mencerminkan kesan sporty. Pun begitu dengan ornamen di bagian tengah dasbor yang di Ertiga di pasang corak wood panel, sementara untuk XL7 ini digunakan motif serat karbon yang sporty.

Gambar menunjukkan layout dasbor Toyota Rush TRD Sportivo 2020

Layout dasbor Toyota Rush TRD Sportivo tampak modern dan informatif

Berbeda dengan XL7, saat masuk ke dalam kabin Toyota Rush trim TRD Sportivo, Anda akan terasa dasbor ini ekslusif hanya dibuat untuk Rush saja. Anda akan langsung disambut layout dashboard yang modern dan memberikan kesan luas. Paduan warna two tone dipadu dengan aksen dark chrome tipis selain memberi aura mewah juga dapat membantu meningkatkan mood Anda. Head unit dengan layar sentuh berukuran 7 inci telah dibekali dengan sistem koneksi bluetooth dan USB.

Gambar menunjukkan Layout dasbor Mitsubishi Xpander Cross 2020

Layout dasbor Mitsubishi Xpander Cross masih serupa Xpander 'biasa' dengan kelir gelap

Sama seperti XL7 yang layout dasbornya serupa Ertiga, untuk Xpander Cross ini juga tidak ada yang berubah dari Xpander biasa. Desain dasbornya tetap menawan. Bahkan kini lebih sporty lagi, karena menggunakan padu padan warna yang lebih gelap senada dengan kursinya dibandingkan dengan Xpander biasa. Selain tidak membuat kabin cepat terlihat kotor, warna gelap tidak memantulkan sinar matahari sehingga tidak silau serta lebih nyaman saat digunakan di siang hari yang terik.

  • Fitur Unik & Unggulan

Gambar menunjukkan Smart E-Mirror Suzuki XL7 2020

Fitur Smart E-Camera merupakan unique selling point Suzuki XL7 dibanding rivalnya

Salah satu fitur istimewa di kabin Suzuki XL7 2020  tipe Alpha adalah Smart E-Camera ini. Sebab, fitur ini satu-satunya di kelas LSUV. Spion tengah multifungsi ini dapat digunakan beragam fungsi. Mulai menjadi dashcam dengan memori 32 GB (dapat diupgrade hingga memory 64 GB) untuk merekam perjalanan Anda, menggunakannya sebagai kamera parkir ketika hendak mundur bahkan membantu memperbaiki visibilitas saat hujan. Kamera ini tak tersedia di trim lain selain Alpha.

Gambar menunjukkan pengaturan AC Digital Climate Control Toyota Rush TRD Sportivo 2020

Pengaturan AC sudah digital dengan auto climate control di Toyota Rush

Untuk fitur unik di bagian kabin yang utama pada Toyota Rush tipe TRD Sportivo adalah AC dengan kemampuan auto climate control. Dengan adanya fitur ini Anda hanya tinggal menekan tombol AUTO saja untuk mengaktifkan fitur ini. AC akan segera mendinginkan kabin sesuai dengan temperature yang telah diset. Selain memberikan kesan modern, fitur ini juga memberi kemudahan dalam hal pengoperasiannya.

Gambar menunjukkan Cruise Control Mitsubishi Xpander Cross 2020

Hanya Mitsubishi Xpander Cross LSUV yang dilengkapi dengan fitur cruise control

Adanya fitur cruise control pada Xpander Cross menjadikan ia unggul di banding rival-rivalnya pada sektor fitur. Sebab, hanya Xpander Cross saja yang punya fitur ini. Cruise control ini menjadikan saat melaju di jalan bebas hambatan jadi lebih nyaman. Saat cruise control aktif Electronic Control Unit (ECU) akan memerintahkan TPS (Throttle Position Sensor) untuk menahan bukaan pada derajat tertentu guna menahan laju mobil pada kecepatan tertentu yang sudah ditentukan.

  • Akomodasi

Gambar menunjukkan kursi depan Suzuki XL7 2020

Kursi Suzuki XL7 paling empuk diantara para rivalnya dalam komparasi mencari LSUV terbaik ini

Saat Anda duduk di kursi pengemudi maupun penumpang depan Suzuki XL7 2020 Anda dijamin tidak akan protes. Sebab, selain busa joknya empuk dan nyaman menyangga tubuh. Apalagi untuk kursi pengemudi sudah dilengkapi dengan height adjuster guna menaik-turunkan ketinggian kursi. Selain itu kursi ini sudah dibalut dengan kombinasi kulit sintetis dan fabric sehingga memberikan aura mewah di kabin XL7 ini.

Gambar menunjukkan Kursi depan Toyota Rush TRD Sportivo 2020

Posisi duduk tinggi membuat duduk di Rush terasa commanding dan menyenangkan

Berbeda dengan Suzuki XL7 dan Xpander Cross, duduk di kursi pengemudi Toyota Rush terasa tinggi khas SUV sejati. Namun, itu bukanlah berita buruk, mengingat mobil ini berlaga di kelas LSUV maka posisi duduk yang tinggi tadi membuat terasa commanding dan hal ini menyenangkan untuk wanita. Sayang sekali, meski joknya tetap empuk, namun posisi setir hanya dapat diatur naik turun (tilt) saja, tanpa pengaturan telescopic (maju-mundur).

Gambar menunjukkan kursi depan Mitsubishi Xpander Cross 2020

Setir Xpander Cross sudah bisa diatur secara tilt dan telescopic

Pada komparasi mencari LSUV terbaik kali ini, posisi duduk ternyaman ada di kabin Mitsubishi Xpander Cross, sebab meski joknya tidak seempuk rivalnya, namun pengaturan kursi pengemudi dan setirnya jadi yang terlengkap. Height adjuster akan membuat pengaturan kursi menjadi lebih mudah untuk berbagai postur tubuh. Sementara hadirnya fitur telescopic pada setir akan membuat pengaturan posisi duduk semakin fleksibel.

4. PERFORMA

Gambar menunjukkan mesin K15B Suzuki XL7 2020

Mesin K15B milik XL7 mendapat ECU yang berbeda dari Ertiga

Mesin K15B milik Suzuki XL7 mendapatkan setup ECU (Electronic Control Unit) yang berbeda dari Suzuki Ertiga sebagai basisnya. Meski output mesinnya sama-sama 104,7 PS atau sekitar 102,3 HP di putaran 6.000 rpm serta torsi 138 Nm di 4.400 rpm, namun akselerasinya terasa lebih padat dibandingkan Ertiga. Figur tenaga ini merupakan yang terkuat di tes kali ini, meski torsinya masih kalah dari mesin 4A91 yang dipakai Xpander Cross.

Gambar menunjukkan mesin 2NR-VE Toyota Rush TRD Sportivo 2020

Jantung mekanis 2NR-VE yang digendong Toyota Rush merupakan yang tercanggih di tes kali ini

Mesin Toyota berkode 2NR-VE dibalik bonnet Toyota Rush merupakan yang tercanggih pada tes kali ini. Jika rival lainnya hanya menggunakan single katup variabel, yakni VVT (Variable Valve Timing) di XL7 dan MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing and lift Electronic Control) di Xpander Cross, maka Toyota Rush sudah mengadopsi Dual VVT-i, yang mampu mengatur bukaan katup buang dan masuk lebih presisi berdasarkan kebutuhan mesin.

Gambar menunjukkan mesin 4A91 Mitsubishi Xpander Cross 2020

Mesin berkode 4A91 di Xpander Cross merupakan yang terbaik di komparasi mencari LSUV terbaik ini

Mesin ini Toyota Rush itu menghasilkan tenaga sebesar 104 PS (102,5 HP) di putaran 6.000 rpm dan torsi 136,5 Nm pada 4.200 rpm. Figur terbaik sebenarnya ada pada mesin 4A91 punya Xpander Cross, meski output tenaganya sama dengan Rush yakni 104 PS (102,5 HP) di putaran yang sama (6.000 rpm), tapi torsi yang disemburkan lebih besar dari rivalnya yaitu 141 Nm di kitiran 4,000 rpm (lebih rendah 200 rpm dari Rush dan 400 rpm dari XL7).

Agar Anda lebih jelas, kami sajikan spesifikasi teknis dari masing-masing mobil yang kami komparasi untuk mencari LSUV terbaik kai ini.

    Mesin
 Tipe mobil  Suzuki XL7 2020  Mitsubishi Xpander Cross 2020  All New Toyota Rush TRD Sportivo 2020
Seri mesin     K15B, 4 Silinder Segaris, DOHC, VVT 4A91, 4 Silinder, MIVEC, DOHC 2NR-VE, 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i
Jumlah Katup  16 Katup, 4 silinder segaris  16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)  4 Katup Per Silinder (2 Inlet & 2 Outlet)
Pasokan Bahan Bakar  Multi Point Injection Electronic Injection  Electronic Fuel Injection
Tenaga Maksimum  102,3 Hp (104,7 Ps) @ 6.000 rpm  102,5 Hp (104 Ps) @ 6.000 rpm  102,5 (104 Ps) @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum  138 Nm @ 4.400 rpm  141 Nm @ 4.000 rpm  136,5 (13.9 Kgm) @ 4.200 rpm
Kapasitas Silinder  1.462 cc  1,499 cc  1,496 cc
Bore X Stroke  74,0 mm X 85,0 mm  75,0 mm X 84,8 mm  72,5 mm X 90,6 mm
Tipe Transmisi  Otomatis 4 Percepatan & Manual 5 Percepatan, Penggerak Roda Depan  Otomatis 4 Percepatan & Manual 5 Percepatan, Front Wheel Drive Otomatis 4 Percepatan & Manual 5 Percepatan, Penggerak Roda Belakang
Rangka 
Panjang X Lebar X Tinggi  4.450 mm X 1.775 mm X 1.710 mm  4.500 mm X 1.800 mm X 1.750 mm  4.435 mm x 1.695 mm x 1.705 mm
Jarak Sumbu Roda  2.740 mm  2.775 mm  2,685 mm
Berat Maksimum Kendaraan     1.730 Kilogram 1.840 Kilogram 1.670 Kilogram
Jumlah Tempat Duduk  7-Seats  7-Seats  7-Seats
Radius Putar  5,1 Meter  5,2 Meter  5,2 Meter
Ground Clearance  200 mm  225 mm  220 mm
Kapasitas Tangki BBM  45 Liter  45 Liter  45 Liter
Suspensi/Kaki-Kaki 
Suspensi Depan & Belakang  MacPherson Strut with coil spring & Torsion Beam with coil spring  MacPherson Strut with Coil Spring & Torsion Beam  MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer & 5 Link Lateral Rod with Coil Spring and Stabilizer
Sistem Kemudi  Rack And Pinion with Electronic Power Steering  Electronic Power Steering, Rack And Pinion  Electronic Power Steering
Rem Depan & Belakang  Ventilated Disc & Drum  Disc & Drum  Disc Brake 16 inch & Drum
Teknologi Sistem Pengereman  ABS, EBD ABS, EBD, HSA ABS, EBD
Teknologi Safety Sasis Heartect  Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) Body  Side Impact Beam
Struktur Sasis  Monokok, B-Segment  Monokok, B-Segment  Semi Monokok
Pelek  Alloy, 16 inchi  Two-tone Alloy Wheel, 17 Inch  Machining Alloy, 16 inch
Jenis Ban  Dunlop Enasave EC300+, 195/60 R16  Dunlop Enasave, 205/55 R17 Dunlop Grantrek H/T atau GT Radial Savero SUV, 215/65 R16

>>> Tinggal 1 klik segera terima tips dan trik jual beli mobil. Yuk cepat klik

5. KESIMPULAN

Gambar menunjukkan kesimpulan komparasi LSUV

Xpander Cross mampu mengungguli Rush dan XL7 dan jadi LSUV terbaik, apa sebabnya?

Sebagai yang terbaru, Suzuki XL7 memberikan kesegaran tampilan. Selain itu, bagi Anda yang pernah merasakan kenyamanan Suzuki Ertiga, maka XL7 ini mewariskan hal tersebut. Jadi meski Anda mendapatkan sosok sebuah SUV, namun sebagai pilihan mobil keluarga, XL7 dapat menyuguhkan kenyamanan dalam berkendara. Berada di balik kemudinya juga terasa lebih sporty dibandingkan kedua rivalnya berkat penggunaan setir model flat-bottomed dan juga aksen serat karbon yang membalut bagian dashboard. Hadirnya Smart E-Camera menjadi pembeda bagi XL7, fitur ini bisa memberikan nilai lebih dalam hal keselamatan berkendara.

Sementara Toyota Rush, sejatinya merupakan pemain lama di kelas ini. Selama hampir 14 tahun Toyota Rush bersama saudara kembarnya Daihatsu Terios dikenal sebagai pemain dominan di pasar LSUV. Tak heran jika saat generasi keduanya diperkenalkan pada 2017, sudah banyak konsumen yang mencinntainya. Dengan sosok yang semakin modern dan memiliki karakter kuat sebuah SUV, Rush banyak didukung oleh besarnya nama Toyota yang memayunginya. Jaminan layanan purna jual yang luas, resale value yang tinggi, serta komunitas yang sudah loyal membuat mobil ini menjadi "pilihan mudah" untuk dimiliki. Fitur, kenyamanan, performa dan daya tahan yang tidak banyak dikeluhkan menjadikan Rush pilihan LSUV terbaik yang paling aman di kelasnya.

Pada akhirnya Mitsubishi Xpander Cross yang menjadi pilihan yang kami anggap sebagai LSUV terbaik dalam komparasi kali ini. Mengapa? Bukan hanya karena mobil ini memiliki keunggulan fitur dibanding kedua rivalnya, tapi kami anggap respon mesin Xpander Cross merupakan yang terbaik di antara para rivalnya. Selain itu, dalam hal kenyamanan berkendara Xpander Cross menyuguhkan keunggulan karena kekedapan kabin yang lebih senyap, keleluasan kabin yang lebih lapang, serta kepraktisannya. Soal pengendaraan, kami sempat mencoba mengendarai ketiganya dan merasakan bahwa suspensi Xpander Cross lebih menyuguhkan karakter SUV tanpa menghilangkan kenyamanan sebuah mobil keluarga. Meski begitu, Anda memang perlu maklum jika keunggulan yang dimiliki oleh Mitsubishi Xpander Cross sebagai LSUV terbaik tersebut harus dibayar dengan banderol harga yang lebih mahal. 

>>> Klik sini untuk lanjut baca tips dan trik yang berguna lainnya

Arfian Alamsyah

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
8

berita lain