Review Mitsubishi Xpander Cross 2019: Penantang Baru Di Kelas LSUV

13/11/2019
editor rate: 4,0 user rate: 5,0
Inilah varian terbaru dari Mitsubishi Xpander di Indonesia. Mitsubishi Xpander Cross 2019 yang tak hanya menjadi penantang di kelas small MPV, namun juga langsung menantang kelas LSUV. Ia akan bersaing langsung dengan Toyota All New Rush, Daihatsu All New Terios dan Honda BR-V.

PENGANTAR Mitsubishi Xpander Cross 2019

Gambar menunjukkan emblem Mitsubishi Xpander Cross 2019

Xpander Cross akan melawan All New Toyota Rush, Daihatsu All New Terios dan Honda BR-V

Review Mitsubishi Xpander Cross 2019 - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kembali memberi kejutan ke konsumen Indonesia. Alih-alih meluncurkan sebuah mobil yang masuk ke kelas Low Sport Utility Vehicle (LSUV) untuk melengkapi jajaran line up Mitsubishi, mereka malah meluncurkan Mitsubishi Xpander Cross yang merupakan varian tertinggi dari Mitsubishi Xpander yang merupakan penantang utama kelas Small MPV di Indonesia. Apakah mobil ini justru dapat menjadi penantang baru di kelas LSUV?

Gambar menunjukkan tampilan Mitsubishi Xpander Cross 2019

Apakah dengan tambahan aksesoris beraura SUV mampu menarik peminat konsumen Indonesia?

EKSTERIOR Mitsubishi Xpander Cross 2019

Review Mitsubishi Xpander Cross 2019: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Mitsubishi Xpander Cross 2019

Tampilannya Xpander Cross gagah dan macho 

Mitsubishi Xpander Cross 2019 hadir dengan kesan tangguh. Itu terpancar dari desain facia depan dynamic shield khas mobil-mobil modern Mitsubishi. Dipadu dengan penggunaan grill dan bumper depan baru yang menyiratkan kesan gagah. Ornamen berwarna silver di bumper bagian bawah mobil ini juga turut mempertegas aura machonya.

Gambar menunjukkan headlamp Mitsubishi Xpander Cross 2019

Headlamp kini sudah mengadopsi bohlam jenis LED demikian juga foglampnya

Meskipun secara desain, headlamp dan foglamp depan pada mobil ini sepintas tak ada yang berubah. Namun, ternyata jika ditilik lebih dalam, ada juga mendapatkan ubahan. Karena kini lampu depan dari Mitsubishi Xpander Cross 2019 ini menggunakan teknologi LED, demikian juga dengan foglampnya.

Review Mitsubishi Xpander Cross 2019: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Mitsubishi Xpander Cross 2019

Panjang Xpander Cross ini bertambah 25 mm dan lebih lebar 50 mm dari Xpander biasa

Dilihat dari samping mungkin tak terlalu terlihat jika Mitsubishi Xpander Cross 2019 ini lebih besar dibandingkan dengan Mitsubishi Xpander 'biasa'. Xpander Cross ini lebih panjang 25 mm dari Xpander biasa, serta lebar serta tingginya masing-masing bertambah 50 mm dari Xpander biasa.

Gambar menunjukkan ban dan pelek Mitsubishi Xpander Cross 2019

Pelek alloy two tone ini punya diamter lebih besar 1 inch dari Xpander

Keberadaan wheel arch molding alias overfender pada Xpander Cross ini semakin memperkuat kesan crossover dari mobil ini. Demikian pula dengan penggunaan pelek 17 inch bermotif two tone baru serta aplikasi roof rails di bagian atap, membuat aura mobil ini jadi terlihat lebih menggugah untuk diajak berpetualang.

Review Mitsubishi Xpander Cross 2019: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Mitsubishi Xpander Cross 2019

Bumper belakang menambah aura crossover dari Xpander Cross ini

Bumper belakang Mitsubishi Xpander Cross 2019 ini makin terlihat gagah dengan penggunaan desain yang kekar khas crossover sejati. Sama seperti bumper bagian depannya, bumper belakang ini juga dilengkapi dengan ornamen warna silver yang mempertegas aura macho dari mobil ini.

Gambar menunjukkan tampilan belakang frontal Mitsubishi Xpander Cross 2019

Kaca belakang dilengkapi deffoger dan antenna sudah mengadopsi model sirip hiu

Kendati tidak terlalu terlihat oleh mata, namun kaca belakang Mitsubishi Xpander Cross 2019 ini kini dilengkapi dengan defogger kaca belakang, yang berfungsi untuk menghalau embun kala terjadi perbedaan suhu antara kabin mobil dengan bagian luar. Pun begitu dengan penggunaan shark fin antenna yang modelnya terlihat rapi.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Mitsubishi Xpander Cross 2019

Review Mitsubishi Xpander Cross 2019: Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor Mitsubishi Xpander Cross 2019

Kelir interior lebih gelap menambah aura sporty di kabin Xpander Cross ini

Secara umum layout dasbornya tidak ada yang berubah dari Xpander biasa. Desain dasbornya tetap menawan. Bahkan kini lebih sporty lagi, karena menggunakan padu padan warna yang lebih gelap senada dengan kursinya dibandingkan dengan Xpander biasa. Selain tidak membuat kabin cepat terlihat kotor, warna gelap tidak memantulkan sinar matahari sehingga tidak silau serta lebih nyaman saat digunakan di siang hari yang terik.

Review Mitsubishi Xpander Cross 2019: Kursi

Gambar menunjukkan kursi Mitsubishi Xpander Cross 2019

Kursinya nyaman, sayang hanya tersedia 6 headrest dari 7 kursi yang tersedia

Mitsubishi Xpander terkenal dengan kenyamanan kabinnya dan leganya kursi. Baik penumpang depan, penumpang baris kedua, hingga penumpang baris ketiga. Dan berita baiknya, itu juga dapat dirasakan di Mitsubishi Xpander Cross 2019. Tapi bukannya tanpa kekurangan, headrest yang tersedia tidak untuk semua penumpang, hanya 6 penumpang yang mendapatkan jatah headrest. Khusus untuk varian Xpander Cross tertinggi, yaitu Xpander Cross Premium Package, pemilik mendapatkan kursi berbalut kulit.

Review Mitsubishi Xpander Cross 2019: Bagasi

Gambar menunjukkan bagasi Mitsubishi Xpander Cross 2019

Bagasi Xpander Cross ini luas dan pelipatan kursinya bisa rata

Warisan dari Mitsubishi Xpander juga terbawa di Mitsubishi Xpander Cross 2019. Anda akan mendapat bagasi yang luas dengan pelipatan kursi rata. Ini tentunya akan menyenangkan jika ingin membawa banyak barang di kabin Mitsubishi Xpander Cross 2019. Sayangnya, bibir bagasi yang tinggi akan sedikit merepotkan saat Anda hendak memasukkan barang dengan bobot yang berat.

>>> Baca juga:

FITUR Mitsubishi Xpander Cross 2019

Review Mitsubishi Xpander Cross 2019: In-Car Entertaiment System

Gambar menunjukkan In-Car Entertaiment System Mitsubishi Xpander Cross 2019

 

Head unit yang digunakan di Mitsubishi Xpander Cross 2019 ini punya bentang layar 7 inch dan sudah dapat tersambung ke ponsel pintar. Kami sudah mencoba audio mobil ini, dan reproduksi suaranya terdengar cukup baik. Suara vokal maupun treble cukup pas. Berkat adanya 4 speaker plus 2 tweeter. Opsi pengaturan audio di head unit ini juga cukup lengkap meski tanpa adanya prosesor khusus untuk meningkatkan kualitas suara.

Review Mitsubishi Xpander Cross 2019: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan Tombol VSC Mitsubishi Xpander Cross 2019

Fitur safety cukup lengkap, sayangnya hanya tersedia 2 buah kantung udara

Mitsubishi tidak ingin mengorbankan reputasinya sebagai pabrikan yang jago membuat mobil aman dan memiliki daya tahan. Pada Mitsubishi Xpander Cross 2019 sudah tersedia double SRS Airbag, rem dengan sistem ABS dan EBD, serta Active Stability Control yang berfungsi menjaga laju mobil saat bermanuver sehingga tidak mudah tergelincir. Pun begitu dengan fitur Hill Start Assit yang akan menjaga mobil di tanjakan agar tidak mundur saat kondisi diam.

Review Mitsubishi Xpander Cross 2019: Multi Information Display

Gambar menunjukkan multi information display Mitsubishi Xpander Cross 2019

Tampilan MID Xpander Cross ini cukup menarik

Pada layer multi information display di Mitsubishi Xpander Cross 2019 ini sama seperti Xpander biasa, dan cukup banyak data yang ditampilkan, mulai konsumsi BBM real time, konsumsi BBM rata-rata, kecepatan rata-rata, jumlah jarak tempuh trip A & B, lama waktu berkendara, sisa jarak yang dapat ditempuh berdasarkan kalkulasi dari jumlah BBM di tangki.

Review Mitsubishi Xpander Cross 2019: Cruise Control

Gambar menunjukkan Cruise Control Xpander Cross 2019

Melaju di jalan bebas hambatan jadi lebih nikmat

Adanya fitur cruise control pada mobil Mitsubishi Xpander Cross 2019 ini menjadikan saat melaju di jalan bebas hambatan jadi lebih nyaman. Dengan mengaktifkan fitur cruise control ini, Electronic Control Unit (ECU) akan memerintahkan TPS (Throttle Position Sensor) untuk menahan bukaan pada derajat tertentu guna menahan laju mobil pada kecepatan tertentu yang sudah ditentukan.

>>> Baru Punya Anak? Ini Pilihan Interior Xpander Yang Paling Tepat untuk Anda

OPERASI Mitsubishi Xpander Cross 2019

Gambar menunjukkan mesin 4A91 Mitsubishi Xpander Cross 2019

Mesin berkode 4A91 ini responsif dan cukup hemat BBM

Mobil Mitsubishi Xpander Cross 2019 ini dilengkapi dengan mesin berkonvigurasi 4 silinder berkode 4A91 berkapasitas 1,499 cc dengan teknologi pengaturan katup variabel MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing and lift Electronic Control). Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 104 Ps di putaran 6,000 rpm serta torsi 141 Nm di kitiran 4,000 rpm.

Gambar menunjukkan tuas transmisi Mitsubishi Xpander Cross 2019

Perpindahan gigi transmisi otomatisnya halus

Teknologi katup variabel MIVEC ini dikembangkan oleh Mitsubishi untuk mendapatkan tenaga yang optimum di perkotaan maupun di jalan bebas hambatan. MIVEC secara teori menyerupai prinsip kerja VTEC di Honda. Dengan mengatur lift camshaft di rocker arm, membuat MIVEC punya jarak main katup hingga 10 mm di atas putaran mesin 3.500 rpm.

Gambar menunjukkan kaki-kaki belakang Mitsubishi Xpander Cross 2019

Suspensi belakang mendapat racikan baru

Mesin ini juga punya karakter overstroke, dimana langkah piston pada siklus pembakaran lebih panjang dari diameter piston-nya. Karakter seperti ini sangat membantu mesin mobil mengail torsi di putaran yang relatif rendah, sehingga untuk proses stop and go lebih dimudahkan dengan karakter mesin seperti ini.

Gambar menunjukkan kaki-kaki depan Mitsubishi Xpander Cross 2019

Ketangguhan mobil-mobil racikan Mitsubishi tidak diragukan lagi

Tenaga mesin tersalur ke kedua roda depan melalui pilihan transmisi otomatis 4-percepatan atau manual 5-percepatan. Berdasarkan pengalaman kami menggunakan Mitsubishi Xpander, akselerasi pada putaran bawah mobil terasa responsif, begitu juga dengan perpindahan giginya yang halus pada varian bertransmisi otomatis. Perpindahan gigi pada varian bertransmisi manualnya juga terasa presisi.

>>> Komparasi Biaya Aftersales Avanza vs Xpander, Mana Lebih Hemat?

spesifikasi Mitsubishi Xpander Cross 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Mitsubishi Xpander Cross 2019.

Mesin Mitsubishi Xpander Cross 2019
Seri mesin

4A91, 4 Silinder, MIVEC, DOHC

Jumlah Katup 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)
Tenaga Maksimum 102,5 Hp (104 Ps) @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum 141 Nm @ 4.000 rpm
Kapasitas Silinder 1,499 cc
Bore X Stroke 75,0 mm X 84,8 mm
Tipe Transmisi Otomatis 4 Percepatan & Manual 5 Percepatan, Front Wheel Drive
Rangka Mitsubishi Xpander Cross 2019
Panjang X Lebar X Tinggi 4.500 mm X 1.800 mm X 1.750 mm
Jarak Sumbu Roda 2.775 mm
Berat Maksimum Kendaraan 1.840 Kilogram
Ground Clearance 225 mm
Kapasitas Tangki 45 Liter
Suspensi/Kaki-Kaki Mitsubishi Xpander Cross 2019
Suspensi Depan & Belakang MacPherson Strut with Coil Spring & Torsion Beam
Sistem Kemudi Electronic Power Steering, Rack And Pinion
Rem Depan & Belakang Disc & Drum
Teknologi Sistem Pengereman ABS, EBD, HSA
Teknologi Safety Sasis Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) Body
Struktur Sasis Monokok, B-Segment
Pelek Two-tone Alloy Wheel, 17 Inch
Jenis Ban Dunlop Enasave, 205/55 R17

kelebihan & kekurangan Mitsubishi Xpander Cross 2019

Setelah membahas semua tentang Mitsubishi Xpander Cross 2019 ini, inilah beberapa kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Xpander Cross 2019:

Kelebihan Kekurangan
Ground Clearance 225 mm Tertinggi Di Kelasnya

Airbag Hanya 2 Buah

Mesin Relatif Hemat Dan Responsif

Harga Mahal Dibanding Rival

Akomodasi Kabin Yang Lapang Dan Praktis

Hanya Terdapat 6 Headrest

daftar harga Mitsubishi Xpander Cross 2019

Mitsubishi Xpander Cross 2019 memiliki 3 varian, yakni L M/T, L A/T, dan L Plus A/T. Yakni 1.5L M/T, 1.5L A/T, & 1.5L Premium A/T. Inilah daftar harga Mitsubishi Xpander Cross 2019:

Tipe mobil

Harga Mitsubishi Xpander Cross

Mitsubishi Xpander Cross Premium Package A/T

Rp. 286.700.000

Mitsubishi Xpander Cross A/T

Rp. 277.700.000

Mitsubishi Xpander Cross M/T

Rp. 267.700.000

>>> Simak program promosi terbaru Mitsubishi Xpander Cross 2019 di sini

Video Mitsubishi Xpander Cross 2019

KESIMPULAN Mitsubishi Xpander Cross 2019

Gambar menunjukkan sebuah mobil Mitsubishi Xpander Cross 2019

Ibarat Mitsubishi Xpander ikutan member gym dan berhasil kekar, layakkah ia untuk dimiliki?

Tawaran harga Rp 286 juta kami rasa cukup layak untuk mobil in. Bila yang Anda cari adalah sebuah mobil keluarga dengan keleluasaan dan kepraktisan kabin layaknya MPV, namun dengan cita rasa sebuah SUV, maka Xpander Cross ini jadi salah satu pilihan yang sulit untuk ditinggalkan. Jika Anda membandingkan dengan rival di kelas Small MPV, mobil ini jelas memiliki keunggulan, namun di kelas LSUV dimana rival terkuatnya menawarkan DNA sebuah SUV yang lebih kental, maka Mitsubishi masih memerlukan waktu untuk membuktikannya.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil